artjoka

Keuntungan Layanan Penyimpanan Cloud

22 komentar

Keuntungan Layanan Penyimpanan Cloud


Halo sahabat artjoka,

Di era perkembangan dan kemajuan teknologi digital saat ini, penyimpanan cloud menjadi hal yang banyak digunakan dalam berbagai keperluan sektor baik industri bisnis, maupun pribadi. Terlebih bagi anda yang bekerja berkaitan erat dengan digitalisasi dan komputerasisasi pengolahan data seperti penulis yang terbiasa menulis artikel tentu membutuhkan penyimpanan data bukan?

Penyedia layanan cloud juga semakin banyak dan mudah ditemukan, salah satunya NeuCloud. Secara garis besar, layanan cloud banyak membantu berjalannya kehidupan manusia mulai dari menyimpan, memproses, dan mengolah data.


Tentang Penyimpanan Cloud


Layanan cloud merupakan solusi yang sangat menguntungkan terutama bagi sebuah perusahaan, lembaga, atau individu dalam penyelesaian masalah penyimpanan dan pengolahan data. Semakin banyak pengguna layanan ini menandakan bahwa cloud merupakan solusi yang sangat relevan dengan perkembangan kemajuan teknologi digital.

Secara harfiah, penyimpanan cloud adalah penyimpanan berbasis cloud. Layanan penyimpanan dan pengolahan di mana data diproses, dikelola, dan dipelihara dengan sistem jarak jauh yang memungkinkan diakses oleh banyak pengguna melalui jaringan internet. Istilah cloud ini dipopulerkan pada tahun 2006 oleh Eric Schmidt yang kemudian terus berkembang dengan pesat hingga saat ini.

Bagaimana mekanisme penyimpanan cloud? Disadur dari wikipedia, Penyimpanan awan atau cloud storage merupakan model penyimpanan data komputer di mana data digital disimpan dalam kumpulan yang logis. Penyimpanan fisik disimpan dalam server dengan jumlah yang banyak dan dikelola oleh perusahaan hosting. Penyedia penyimpanan awan (perusahaan hosting) bertanggung jawab untuk menjaga agar data tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik terlindungi dan berjalan.



Penyimpanan cloud adalah
Definisi Penyimpanan cloud (Dok.Pribadi, image Linkedin Eric Schmidt)


Salah satu penyedia layanan cloud adalah NeuCloud yang fleksibel, dapat dikembangkan, dan dibuat khusus memenuhi kebutuhan Anda, dari berbagai penggunaan, pengembangan berskala ultra, hingga berbagai penyesuaian, dengan kapabilitas Infrastructure as a Service (IaaS), cloud diterapkan dalam dua model; private cloud dan public cloud.

NeuCloud menawarkan opsi pembayaran dengan menyesuaikan penggunaan layanan. Tidak hanya dalam infrastruktur, NeuCloud juga hadir dengan layanan purna jual dan dukungan teknis dengan keandalan yang besar serta fleksibel yang relevan untuk segala jenis bisnis.


NeuCloud penyedia layanan penyimpanan cloud
NeuCloud penyedia layanan penyimpanan cloud (Dok,pribadi, image dari situs mycarrier.telkom )


Keuntungan Layanan Cloud



Penggunaan layanan penyimpanan cloud yang semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan, lembaga, industri, maupun pribadi. Keuntungan layanan cloud di antaranya:

1. Menghemat biaya


Penggunaan layanan cloud yang menggunakan sistem komputasi awan membuat pengguna tidak memerlukan ruang penyimpanan dalam bentuk fisik yang mana penyimpanan bentuk fisik akan memakan biaya seperti perangkat storage, ruangan penyimpanan, perangkat server, hingga biaya perawatan atau maintenance yang secara dasar akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pengguna layanan ini secara umum hanya perlu membayar biaya software yang disesuaikan dengan besarnya kapasitas dan jangka waktu berlangganan layanannya. Pengguna juga tidak perlu membayar pekerja profesional di bidang IT yang bertugas untuk me-maintenance data dari kerusakan.

2. Keamanan data lebih terjaga


Keuntungan dalam keamanan data yang terjaga menjadi salah satu keunggulan layanan cloud yang menjadi alasan utama pengguna memilih layanan ini. Berbeda dengan perangkat keras yang digunakan untuk penyimpanan maupun pengolahan data, seperti Hard Disk Drive (HDD) yang memiliki risiko kerusakan fisik dan kehilangan yang membuat data menjadi riskan. Sementara itu, layanan cloud lebih memiliki keamanan yang lebih terjaga dari risiko kerusakan maupun kehilangan karena secara keseluruhan, data disimpan dalam jaringan internet.

3. Manajemen pengolahan data yang lebih mudah


Kelebihan dari layanan cloud untuk penyimpanan dan pengolahan data berikutnya adalah kemudahannya dalam akses data. Kemudahan ini membuat pengguna dapat mengontrol, mengolah, dan berbagi data dari jarak jauh dengan cepat dan tetap aman. Saat data disimpan dalam server perusahaan, memungkinkan semua pekerja di perusahaan dapat mengakses data tersebut secara mudah meskipun berada dalam jarak jauh.

4. Kapasitas yang besar dan tidak terbatas


Jika menggunakan perangkat penyimpanan data yang berbentuk fisik, pengguna akan membutuhkan banyak perangkat karena fisik memiliki keterbatasan dalam kapasitas penyimpanan. Semakin banyak data yang disimpan, akan semakin banyak perangkat penyimpanan yang dibutuhkan. Dengan layanan cloud, pengguna memiliki kapasitas penyimpanan hingga ukuran Terabytes (TB).


Keuntungan Penyimpanan cloud adalah
Keuntungan Penyimpanan cloud (Dok. pribadi)


Kesimpulan

Bagi anda yang membutuhkan penyimpanan data berkapasitas besar, baik untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis anda, penyimpanan cloud merupakan pilihan tepat. Tidak hanya data dokumen namun juga berbagai jenis file termasuk file film favorite anda. Dengan berbagai keuntungan pun akan anda dapatkan mulai dari hemat biaya, manajemen penyimpanan yang lebih baik, segi keamanan dan tentu saja yang paling dibutuhkan yaitu kapasitas penyimpanan yang besar dan tidak terbatas.

Salah satu penyedia layanan cloud, saya sarankan anda untuk menggunakan NeuCloud yang merupakan salah satu solusi penyimpanan dan pengolahan data yang memiliki keuntungan seperti yang disebutkan di atas.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

22 komentar

  1. Buat diriku yang emang banyak kerjaan online, penyimpanan cloud ini sangat dibutuhkan. Biar gampang diakses dari mana mana baik diriku dan juga klien. Jadi lebih gampang dan sat set sat set. Kerja aman dan nyaman, klien senang!

    BalasHapus
  2. Wah ini baru lagi nih cloud service. Sekarang semakin banyak pilihan ya untuk menyimpan data berbasis cloud. Layanan ini saat ini memang sangat dibutuhkan sekali, terutama bagi yang sering beraktivitas digital, kayak blogger ataupun influencer.

    Salah satu yang direkomendasikan adalah NeuCloud dengan berbagai keunggulannya yang akan membantu memudahkan proses penyimpanan data secara online. Terima kasih atas artikelnya yang bagus banget ini !!

    BalasHapus
  3. Seiring dengan banyaknya pekerjaan, memang perlu sekali penyimpanan data yang besar ya, Mbak. Selain itu, juga harus aman. Makanya bagus sekali menggunakan layanan penyimpanan cloud ini.

    BalasHapus
  4. pastinya data kita lebih terjaga dan kita ga perlu khawatir lagi memori kita akan cepat habis ya, biaya juga lebih hemat, semua keunggulannya pastinya yang dicari oleh para pelanggannya

    BalasHapus
  5. penyimpanan cloud itu bisa jadi solusi untuk data kita yang banyak yaa mba, biasanya mudah diakses juga dimanapun tanpa repot2 bawa hardisk external lagi

    BalasHapus
  6. Keren ya sekarang bisa nyimpen file tanpa perlu report bawa ke mana-mana. Apalagi keamannya terjaga, buat dokumen2 penting gitu. Cocok buat yang kerjanya digital. Malah lebih hemat biaya juga dan ngga repot maintenance.

    BalasHapus
  7. Layanan penyimpanan cloud memberikan banyak kemudahan bagi kita ya, kak. Bisa kita akses dari mana saja, dan pastinya ini makin mudah, ga ribet juga

    BalasHapus
  8. Buat kreator konten pasti bermanfaat nih, karena file konten berupa gambar maupun video dapat disimpan dengan aman tanpa takut kehabisan memori

    BalasHapus
  9. Penting banget punya penyimpanan cloud untuk yang bekerja tak lepas dengan komputer atau laptop seperti konten kreator. Bahan-bahan konten bisa jadi tersimpan dengan aman dengan adanya penyimpanan cloud ini

    BalasHapus
  10. Ga pernah menyangka menyimpan data makin praktis dgn cloud ini. Dulu kita msh menyimpan data pake flashdisk hingga HDD. Bayangin aja brp harga HDD saat itu. Plus penyimpanannya hrs rapi dan ga blh kebanting2. Ribet deh kl ga ada cloud.

    BalasHapus
  11. Bener banget ini kak Eka, ini kurasa penting banget setelah temenku kehilangan semua datanyaa hahaha.. eman2 banget, nangis kalo aku mah. Nah skrg untung ada cloud ini kan, jadi lebih tenang kalo punya

    BalasHapus
  12. Zaman sekarang penting banget ya penyimpanan cloud, data lebih aman juga dan tidak takut memorinya penuh. Dan pastinya lebih praktis, tidak ribet.

    BalasHapus
  13. Aku tuh sama suami sering berbincang hal2 seputar kekinian khususnya berkaitan dg perkembangan teknologi salah satunya penyimapan data gini.

    Tapi saat dia jelasin kenpa aku makin bingumg haha. Baca ini lebih mudah

    BalasHapus
  14. Sekarang saya juga beralih ke cloud karena penyimpanan digital macam cloud lebih fleksibel

    BalasHapus
  15. Iya, kalau pakai cloud untuk penyimpanan akan lebih mudah bagi kita ya mbak
    Nggak bingung lagi mau simpan data dimana

    BalasHapus
  16. Penting banget saat ini sebuah penyimpanan digital dalam bentuk clouds.
    Selain aksesnya mudah, penyimpanan luas dan tetap aman. Apalagi terkait pekerjaan, cloud ini akan sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  17. Cloud itu memang bermanfaat banget. Apalagi sekarang punya banyak data yang berada dimana-mana. Kalau pakai cloud bisa satu tempat.

    BalasHapus
  18. Penyimpanan dengan cloud memang praktis dan memudahkan. Fileau segede apa enggak perlu ragu atau takut karena memakan space.

    BalasHapus
  19. kayanya aku kudu pakai ini deh buat simpen data, recomended banget ya jadi lebih praktis dan memudahkan

    BalasHapus
  20. betuuul. dengan hadirnya cloud ngebantu banget ya ngurangin space di hp/laptop, tapi data tetep aman

    BalasHapus
  21. Sistem penyimpanan berbasis cloud jadi bikin makin mudah kita dalam mengakses data dari manapun, dan kapanpun. Jadi ga perlu ribet goting hardisk lagi

    BalasHapus
  22. Zaman sekarang emang enak banget nyimpen data aman tanpa khawatir di cloud. Gak perlu lagi backup di CD wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar