REVIEW RDL Sabun Papaya Brightening Soap dan RDL Babyface Face Cleanser

73 komentar
REVIEW RDL Sabun Papaya Brightening Soap dan RDL Babyface Face Cleanser,


Memasuki usia 40 tahun membuatku berfikir betapa aku membutuhkan perawatan kulit wajah agar aku bisa memiliki kulit wajah layaknya usia 30an.  Karena,  wajahku saat ini mulai menampakan keriput di sudut dan bibir, kulit wajah agak terlihat kusam, terdapat bekas jerawat, black spot, milia, tidak cerah dan memiliki pori-pori besar.


Skincare yang aku pakai selama ini memang minimalis dan terlalu apa adanya. Hanya menggunakan facial wash (kalau ini rutin ya sehari dua kali), serum brightening yang hanya dipakai kalau ingat, pelembab standar, bedak biasa, eyeliner dan maskara.


Gak ada tuh pakai facial cleanser,  peeling, pakai essence, toner apa lagi maskeran. Alasannya sederhana sih, karena tak bisa menyempatkan waktu apalagi kalau berada dalam situasi terburu-buru seperti terlambat mengantar anak sekolah atau ketiduran di malam hari karena kelelahan. 


Tapi ternyata, melakukan perawatan kulit wajah  lebih dari sekadar memiliki kulit wajah sehat dan bright tapi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sebagai bentuk self love. Karena menurut penuturan Dr. Egie Praja, dokter estetika, dalam sebuah webinar komunitas parapuan,


“Kalau merawat kulit kan bentuk self-love, perlu dilakukan sedini mungkin untuk menjaga kulit kita. Seperti investasi mencegah penuaan. Bukan untuk melawan kodrat yah, tapi lebih menghargai diri kita sendiri,”


Gimana mom? Setuju gak? Setuju ya. Oleh sebab itu, aku mulai nih secara konsisten melakukan daily routine skincare dan dimulai dari yang paling dasar, yaitu membersihkan wajah dengan melakukan double cleansing. 


Lantas apa sih manfaat double cleansing dan produk apa yang aku gunakan? Yuk baca selanjutnya. 


Pentingnya Double Cleansing untuk Wanita Usia 40 Tahun


Yes! Aku setuju dengan apa yang dinyatakan oleh Dr Egie Praja bahwa menjaga kulit kita merupakan manifestasi menghargai diri sendiri. Oleh sebab itu, selain sebagai wujud menghargai diri sendiri, aku juga ingin tampil lebih cerah dan menarik dimata suami, ahiiww! hihihihi


Apalagi saat memasuki usia 40 tahun ke atas, tanda-tanda penuaan mulai muncul tuh seperti kulit kusam, muncul kerutan atau garis-garis halus, kendur, dan kering. Oleh sebab itu, penting banget untuk mulai melakukan perawatan kulit wajah agar sehat dan mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini. 


Oke! Bicara soal skincare-an terutama untuk usia 40 tahun, apakah Mom tahu dasar skincare itu apa? Membersihkan wajah? Yes! Tepat sekali.


Gak mungkin juga kan langsung pakai serum terus moisturizer tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu? Auto jerawatan dan ngapain susah-susah skincare-an kalau hasilnya jauh dari yang diharapkan malah kulit wajah menjadi tidak sehat?


Dampak dari tidak membersihkan wajah sebelum skincare-ran cukup berat loh. Kulit wajah kita  bisa menjadi gatal, kering dan bersisik akibat penumpukan kotoran, sel kulit mati, dan minyak di permukaan kulit wajah. And so, membersihkan wajah sebelum skincare-ran hukumnya adalah WAJIB ya Mom!


Lantas, sabun pencuci wajah apa sih yang bagus? Terutama untuk Mom yang punya permasalahan kulit cukup kompleks seperti kusam, ada bekas jerawat dan ada tanda penuaan dini seperti aku?


Jawabannya adalah rangkaian double cleansing dari produk RDL yaitu RDL Papaya Brightening Soap dan RDL Babyface Facial cleanser. 


Wah double perawatan ya? Apa gak repot tuh? Ribet amat sih? Gak dong! Demi mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat, saya rasa double cleansing itu perlu dilakukan loh Mom.


Karena dengan melakukan double cleansing maka wajah kita akan bersih dari penyumbatan pada pori-pori wajah di lapisan pertama kulit dan disempurnakan dengan mencuci wajah dengan sabun untuk melunturkan dan membersihkan sisa-sisa kotoran setelah dibersihkan oleh facial cleanser. 


Bahkan halodoc menyatakan bahwa, “Dengan melakukan double cleansing maka wajah akan dibersihkan secara menyeluruh sehingga kulit wajah  terhindar dari masalah kulit. "


Pentingnya double cleansing untuk usia 40 tahun
Pentingnya double cleansing untuk usia 40 tahun (Dok.Pribadi)



Sekarang sudah paham kan Mom? Yuk kita cari tahu lebih lanjut mengenai review RDL Sabun Papaya Brightening Soap dan RDL Babyface facial cleanser. 



Sekilas Mengenai RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC 


Logo RDL


Sebetulnya, aku gak terlalu asing dengan produk RDL karena sering melihat salah satu produknya yaitu RDL sabun Papaya di shelving skincare supermarket langganan. Namun RDL sendiri merupakan produk dari mana, nah ini yang akhirnya membuat saya mencari tahu.


Jadi, RDL merupakan brand skincare dari Philipina yang diproduksi oleh RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC  yang sudah berpengalaman memproduksi produk skincare selama 30 tahun. Wahhh sudah lama ya? Saya yakin dengan pengalaman selama itu RDL memiliki produk skincare yang berkualitas. 


Untuk parthner di Indonesia, RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC menunjuk PT RDL Distribusi Indonesia untuk mengembangkan brand dan distribusi produk dan menjadikan seorang influencer, model dan MUA yaitu  Nita Gunawan sebagai Brand Ambassador produk RDL. 


Produk Skincare RDL, Ada Apa Aja sih?


Ternyata, RDL gak hanya punya RDL Sabun Papaya saja, tapi juga beberapa produk lainnya. Apa aja sih produk nya RDL ini? Berikut produknya : 


1.  RDL Brightening Soap

  • RDL Papaya Brightening Soap
  • RDL Cucumber Brightening Soap
  • RDL Avocado Brightening Soap
  • RDL Kalamansi Brightening Soap
  • RDL Kojic Brightening Soap

2.  RDL Babyface Facial Cleanser 

  • RDL Babyface Facial Cleanser  with Papaya Extract
  • RDL Babyface Facial Cleanser with Cucumber Extract
  • RDL Babyface Facial Cleanser with Avocado Extract
  • RDL Babyface Facial Cleanser with Kalamansi Extract
  • RDL Babyface Facial Cleanser Cleanser Plain
3. RDL SureWhite Microexfoliant
4. RDL Cream with Moisturizer
5. RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15


Aku pengen banget nih nyobain yang RDL Cream with Moisturizer dan toner SureWhite-Nya RDL. Next deh, aku beli lagi. 

 

Selain itu, banyak juga ya produk yang dimiliki RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC bahkan bisa dikatakan lengkap sebagai basic skincare, tinggal serumnya nih ya. Semoga kedepannya RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC bisa menghadirkan serum wajah juga ya. Nah, biar terus update produk-produk RDL, kita kepoin aja Instagram @official.rdl dan Tiktok RDL yang baru di @official.rdl


Bicara soal serum, aku tegaskan RDL gak punya SERUM ya. Ada beberapa produk RDL PALSU di luar sana. Jadi hati-hati ya, Mom. Untuk berjaga-jaga, aku share nih beberapa foto produk RDL PALSU agar tidak tertipu ya. 


Gambar produk RDL Palsu
Gambar produk RDL Palsu (sumber akun facebook RDL)



Save image-nya ya Mom, agar tidak salah membeli produk RDL. Pastikan hanya membeli produk RDL ASLI di akun shopee resmi.


Okeee, back to topic kali ini aku pengen bahas dua produk double cleansingnya RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC, yaitu RDL Babyface Facial Cleanser  with Papaya Extract dan RDL Papaya Brightening Soap. 


Karena kebetulan aku emang lagi rajin maskeran menggunakan buah-buahan, yaitu pepaya dan mentimun. Kenapa sih maskeran pakai pepaya? Apa manfaatnya?


Manfaat Pepaya untuk Kulit Wajah


Berdasarkan informasi yang aku baca di situs Halodoc, bahwa pepaya Buah pepaya punya kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit wajah seperti vitamin C, asam pantotenik, asam folat, provitamin A, beta karoten, niacin, folat, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, polifenol, danielone, kalium, magnesium, kalsium, enzim papain, dan sebagainya.


Manfaat pepaya untuk kecantikan di antaranya adalah:

  • Mencegah Jerawat
  • Mencerahkan Kulit
  • Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat
  • Mencegah Tanda Penuaan
  • Melembabkan Kulit Wajah
  • Menghilangkan Noda dan Flek Hitam pada Wajah
  • Mengecilkan Pori-pori Wajah


Dengan segudang manfaat buah pepaya untuk kulit wajah terutama untuk aku yang sudah berusia 40 tahun, cocok banget memang perawatan kulit wajah dengan buah pepaya. Bisa dilihat ya manfaatnya diatas terutama untuk mencerahkan kulit, mencegah tanda penuaan, menghilangkan noda dan flek hitam serta mengecilkan pori-pori wajah yang merupakan permasalahan kulit wajah yang aku alami saat ini.


Manfaat pepaya untuk kulit wajah
Manfaat buah pepaya untuk kulit wawjah (Dok.Pribadi)


Menggunakan masker pepaya lalu double cleansing dengan dua produk RDL yang akan aku bahas memang menjadi paket perawatan kulit wajah usia 40 tahun yang sempurna sih menurut aku. 



Urutan Double Cleansing dan Basic Skincare dengan Produk RDL


Jangan bingung, risau dan galau karena aku akan share apa sih urutan double cleansing menggunakan produk RDL. 


  1. Cuci tangan hingga bersih terlebih dahulu
  2. Gunakan RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract
  3. Gunakan RDL Sabun Papaya Brightening Soap
  4. Gunakan RDL SureWhite Microexfoliant
  5. Gunakan RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15


Nah, itulah urutan menggunakan double cleansing dengan produk RDL dan basic skincare setelahnya. Untuk lebih jelas, Mom bisa menonton video dibawah ini ya.


Tahapan basic skincare  produk RDL
Tahapan basic skincare  produk RDL (Dok, pribadi)
 


Review RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract


review RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract
RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract (dok.pribadi)


Pertama, sebelum daily routine skincare kita bersihkan wajah terlebih dahulu dengan RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract. 


Sebelum lanjut, aku mau tanya nih,  tau gak apa bedanya facial cleanser dengan facial wash? Sama gak sih facial cleanser dengan toner? Kita harus  tahu perbedaannya untuk mengetahui fungsi dari setiap jenis produk cleanser. 


Pertama, Face cleanser adalah tahapan awal untuk membersihkan kotoran dan minyak di wajah terutama riasan wajah. Umumnya face cleanser  tidak mengandung bahan yang bisa mengiritasi kulit sehingga terasa lebih lembut di kulit wajah.


Kedua, Facial wash adalah  tahapan selanjutnya setelah menggunakan face cleanser yang merupakan sabun pembersih wajah berbahan dasar air dan diformulasikan bentuk batangan, busa atau gel. Facial wash ampuh membersihkan wajah setelah dibersihkan menggunakan facial cleanser terutama untuk membersihkan wajah dari sisa polusi, kotoran, debu dan minyak. 


Memang boleh ya menggunakan facial cleanser bersamaan dengan facial wash? Boleh namun tergantung bagaimana kita menggunakan riasan wajah atau durasi aktivitas luar ruangan. 


Jika Mom sering menggunakan riasan wajah, maka menggunakan face cleanser sebelum facial wash sangat disarankan. Begitu juga untuk Mom yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan. 


Lantas apakah facial cleanser sama dengan toner? TIDAK SAMA! 


Menurut silvimedika, Cleanser dan toner memiliki  bentuk fisik, fungsi, dan komposisi, mereka yang berbeda. Cleanser adalah pembersih yang diaplikasikan sebelum cuci muka, sedangkan toner digunakan setelah cuci muka. 


Fungsi Toner berbeda dengan facial cleanser meski tujuannya sama, yaitu membersihkan wajah. Tapi, penggunaan toner memiliki tujuan lain yaitu membuat  kulit wajah lebih terhidrasi dan ternutrisi dengan baik serta mengembalikan pH wajah.. Mom bisa menggunakan toner setelah menggunakan produk double cleansing-nya RDL ya.


Oke sekarang paham ya, yuk lanjut bahas RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract.


Manfaat dan Komposisi RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract


Jadi, RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract adalah produk facial cleanser dengan ekstrak buah pepaya yang memiliki manfaat baik untuk kulit wajah terutama untuk usia 40 tahun yaitu sebagai berikut : 


  • Membersihkan wajah
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mencegah penuaan dini


RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract memiliki komposisi sebagai berikut : 

Aqua Demineralisata, denatured ethyl, alcohol, Carica Papaya (Fruit) Extract, allantoin, boric acid, D-Panthenol, fragrance, menthol, PEG 40 Hydrogenated Castor oil, PEG 40 Hydrogenated Castor Oil, Benzalkonium Chloride,  CI 15985 (Yellow Sunset).

Dengan kandungan aktif Allantoin, D-Panthenol 50 dan ekstrak Pepaya pada produk RDL Babyface Facial Cleanser sangat efektif membantu merawat, mencegah jerawat yang timbul di wajah dan melembabkan kulit.


Kandungan aktif dan manfaat RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract
Kandungan aktif dan manfaat RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract (dok. pribadi)


Cara Pakai RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract

  1. Tuangkan secukupnya RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract menggunakan kapas
  2. Usapkan ke seluruh wajah dan leher secara perlahan dan bersih
  3. Gunakan pada pagi dan malam hari sebelum tidur secara rutin untuk hasil maximal
  4. Lanjutkan menggunakan RDL Sabun Papaya Brightening Soap


Cara menggunakan RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract
Cara menggunakan RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract (dok. pribadi)



Packaging, Texture, Aroma dan Warna RDL Babyface Facial Cleanser


Packaging RDL Babyface Facial Cleanser ini berbentuk botol berukuran 150 ml berwarna oranye khas warna buah pepaya. RDL Babyface Facial Cleanser punya texture ringan, cairan encer dan beraroma wangi buah pepaya.


Packaging-nya menurutku simple dan lucu, berbentuk agak lonjong gendut kesamping dan hand handling nyaman sehingga mudah dibawa kemana-mana. 


Packaging, texture dan aroma RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract
Packaging, texture dan aroma RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract (dok. pribadi)


Testimoni Pemakaian Selama 7 Hari


Setelah aku coba memakai RDL Babyface Facial Cleanser selama 7 hari, aku bisa merasakan kulit wajah terasa lebih segar cerah, gak kusam dan sehat. Aku suka aroma RDL Babyface Facial Cleanser karena gak terlalu menyengat malah terasa segar. Apalagi aku langsung maskeran buah pepaya setelah double cleansing dengan produk RDL dan hasilnya lebih maksimal sih.



Review RDL Sabun Papaya Brightening Soap


Review RDL Sabun Papaya Brightening Soap
                                     RDL Sabun Papaya Brightening Soap ( dok. pribadi)


Setelah membersihkan wajah Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract, langkah selanjutnya adalah menggunakan RDL Sabun Papaya Brightening Soap.


Jadi, RDL Sabun Papaya Brightening Soap adalah facial wash berbentuk batangan yang fungsinya membersihkan kulit wajah dari kotoran, polusi, minyak dan melembabkan wajah, mencegah penuaan dini, menyamarkan bekas jerawat serta mencegah timbulnya jerawat. 


RDL Sabun Papaya Brightening Soap  memiliki komposisi sebagai berikut : 

Water, Coconut acid, Sodium palmitate, Sodium etidronate, Sodium cocoate, Titanium dioxide, Glycerin, Carica papaya extract, Vitamin A palmitate, Sodium ascorbyl, Phosphate, Tocopheryl Acetate, Cocodiethanolamide, Benzophenone 3, Fragrance, D & C orange no.5.


RDL Sabun Papaya Brightening Soap punya bahan aktif ekstrak pepaya, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E yang berfungsi sebagai berikut : 


  1. Ekstrak pepaya pada RDL Sabun Papaya Brightening Soap mampu mengatasi masalah kulit berjerawat, mengangkat sel kulit mati, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini sekaligus mencerahkan kulit wajah
  2. Vitamin A pada RDL Sabun Papaya Brightening Soap berfungsi mencegah muncul jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, Vitamin A juga dapat membantu mengurangi kerutan serta mencegah penuaan dini.
  3. Vitamin C pada RDL Sabun Papaya Brightening Soap berfungsi Merangsang produksi kolagen alami di wajah dan mengurangi kerutan di wajah sekaligus mencerahkan wajah. Yang paling penting, kandungan Vitamin C ini dapat melindungi kulit dari sinar UV.
  4. Vitamin E pada RDL Sabun Papaya Brightening Soap dapat mengatasi permasalahan hiperpigmentasi pada kulit wajah dan membantu menyamarkan bekas jerawat. Kandungan Vitamin E juga bisa membuat kulit terasa i lebih kenyal


Dengan melihat fungsi bahan aktif dari RDL Sabun Papaya Brightening Soap, produk ini memang cocok digunakan untuk Mom usia 40 tahun ya karena bisa dikatakan anti aging juga yaitu mengurangi kerutan, mencegah penuaan dini dan merangsang produksi kolagen. 


Bahan aktif dan manfaat RDL Sabun Papaya Brightening Soap
Bahan Bahan aktif dan manfaat RDL Sabun Papaya Brightening Soap (dok. pribadi)



Cara Pakai RDL Sabun Papaya Brightening Soap


Untuk membantu agar sabunnya tidak cepat habis dan terbuang percuma, berikut tipsnya :

  1. Cuci tangan terlebih dahulu
  2. Basahi RDL Sabun Papaya Brightening Soap dengan air hingga  berbusa
  3. Usapkan sabun ke seluruh wajah, kecuali sekitar area mata dan biarkan selama 3 menit
  4. Bilaslah dengan air bersih

For note ya, pakai airnya sedikit juga cukup kok karena RDL Sabun Papaya tuh punya busa dengan daya sebar cukup luas. Terus, jangan lupa pijat lembut keseluruh wajah dan leher. Boleh didiamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. 


By the way,  ini kali pertama loh aku pakai facial wash bentuk batangan dan terasa agak aneh, hahaha. Tapi gak apa-apa, karena aku suka texturenya diwajah aku. Tapi karena size agak besar dan aku pengen simple, jadi aku potong vertikal RDL Sabun Papaya Brightening Soap menjadi dua bagian lalu potong horizontal sehingga menghasilkan delapan bagian kecil RDL Sabun Papaya Brightening Soap. 


RDL Sabun Papaya Brightening Soap yang aku gunakan yang potongan kecil itu dan sisanya aku simpan di wajah ditempat yang kering. Lebih praktis ya, hehe. 


Cara pakai RDL Sabun Papaya Brightening Soap
Cara pakai RDL Sabun Papaya Brightening Soap (dok.pribadi)



Packaging, Texture, Aroma dan Warna RDL Sabun Papaya Brightening Soap


Packaging RDL Sabun Papaya Brightening Soap ini berbentuk box kardus dengan berat sabun 135 gr dan bagian  kanan kirinya di lem seperti box sabun mandi pada umumnya. 


Namun berbeda dengan packaging sabun mandi umumnya, kemasan RDL Sabun Papaya Brightening Soap ini memiliki pelindung kemasan plastik dengan tulisan RDL sehingga sangat terjamin kesterilannya. Sabun RDL Sabun Papaya Brightening Soap berwarna oranye khas warna buah pepaya. 


Texture RDL Sabun Papaya Brightening Soap Brightening Soa  terasa creamy banget diwajah aku, lembut banget dengan aroma mirip jejamuan tapi ada aroma buah pepaya nya. Buatku pribadi, aroma RDL Sabun Papaya Brightening Soap gak ada masalah sih, gak terasa nyegak sama sekali. 


Terus aku juga suka sama RDL Sabun Papaya Brightening Soap karena  sabun nya mudah meleleh ketika berinteraksi dengan air dan ketika dibilas  busa nya cepat luluh dengan bilasan air bersih dan wajah bersih cepat seketika. 


Intinya, love banget deh sama texture, aroma, setelah dibilas dan after effect memakai RDL Sabun Papaya Brightening Soap.


Packaging, texture dan aroma RDL Sabun Papaya Brightening Soap
Packaging, texture dan aroma RDL Sabun Papaya Brightening Soap ( Dok.pribadi)


Testimoni Pemakaian RDL Sabun Papaya Brightening Soap Selama 7 Hari


Ketika pertama kali memakai RDL Sabun Papaya Brightening Soap aku gak ngerasain efek apapun selain kulit wajah terasa bersih dan kencang. Ini beneran ya. Aku suka banget sama after effect pemakaian RDL Sabun Papaya Brightening Soap karena kulit wajah gak oily lagi.


Aku pribadi sangat menyarankan menggunakan RDL Sabun Papaya Brightening Soap sih karena manfaatnya diatas dan hasil yang aku rasakan selama 7 hari pemakaian.


Kesimpulan : Miliki Kulit Wajah Usia 40 Tahun lebih sehat dan terawat dengan Double Cleansing menggunakan Produk RDL


Yes, ini judul kesimpulan yang panjangnya sepanjang jalan kenangan ya? Hehehe. But it's true kalau melakukan double cleansing dengan RDL Babyface Facial Cleanser dan RDL Sabun Papaya Brightening Soap tuh, kita yang sudah masuk geng the 40’s bakalan punya kulit wajah yang lebih sehat dan terawat. 


Apalagi kalau dilanjutkan dengan rangkaian skincare dengan menggunakan RDL SureWhite Microexfoliant dan RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15. 


Karena kompisisi utama yang dimiliki produk double cleansingnya RDL ini emang bertujuan untuk mengatasi masalah jerawat, pori -pori wajah, mencegah penuaan dini dan kerutan serta pelindung dari sinar UV yang memang sangat dibutuhkan oleh kulit wajah usia 40 tahunan. 


Terus, hasilnya yang aku rasakan juga lumayan terasa dan mulai sesuai harapan meski belum sepenuhnya karena masih berproses. 


Nah, untuk Mom yang juga sedang mulai melakukan perawatan kulit wajah di usia 40 tahun aku rekomen banget untuk basic skincare nya menggunakan double cleansing RDL aja ya. 


Selain sudah terdaftar BPOM dengan nomor IJIN BPOM NA 40160500312 NOT101104838K  produk RDL juga sudah memiliki LABEL HALAL FILIPINA.


Mom, bisa membeli produk RDL Babyface Facial Cleanser dan RDL Sabun Papaya Brightening Soap  di akun resmi di https://shopee.co.id/rdlofficial ya untuk mendapatkan produk RDL yang asli seharga 30rb saja. Karena saking bagusnya produk RDL, banyak tuh yang KW nya jadi kita harus hati-hati.


Mom, mulai sekarang jangan abai lagi dengan kesehatan dan perawatan kulit wajah ya terutama untuk kita yang sudah masuk geng the 40’s. Karena dengan merawat kulit wajah, kita akan lebih percaya diri. Merawat kulit wajah juga bentuk menghargai diri sendiri dan membahagiakan suami dan keluarga dengan menghadirkan kulit wajah cerah berseri diikuti dengan hati yang bahagia karena mencintai diri sendiri. Setuju ya? 

quote perawatan kulit wajah usia 40 tahun
quote perawatan kulit wajah usia 40 tahun (dok. pribadi)



Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

73 komentar

  1. RDL sabun pepaya ini memang sudah terkenal sejjak dulu ya, Mbak. Dan juga terbukti bagus membersihkan wajah dan aman. Makanya ibu saya saja sampai sekarang masih pakai LDR sabun pepaya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah, saking setianya sama RDL dan sudah lama merasakan manfaatnya ya Mas makanya ibunda nggak mau berpaling ke pembersih muka yang lain.

      Hapus
  2. Tante saya dari mudanya sampai sekarang pakai sabun ini Kak, dan kulitnya sampai sekarang bersih banget glowing gitu, dan fleknya itu sama sekali ga ada jadi makin penasaran pengen cobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu tante saya juga mba di masa muda pas saya kecil rutin pakai sabun ini. KAlau dipakai di wajha jerawatan bisa berkurang jerawatnya

      Hapus
  3. Ternyata banyak juga produk RDL nih. Aku kira cuma bahan dasar pepaya aja. Taunya ada cucumber, avocado, calamansi. Selain itu ada sabun dan face cleanser. Lengkap banget...Dijamin bersih...sih...sih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan banyak variannya bisa digunakan sesuai kebutuhan kulit ya kak. Jadi dapat manfaatnya lebih optimal

      Hapus
  4. Super lengkap nih testimoni tentang produk RDL PApaya ini banyak ya. Kandungan ynag ada emang sebagus itu karena alami jadi aman buat kulit dan yang pasti kalau digunakan rutin dan teratur bakalan bisa menghempas kulit kusam dengan baik

    BalasHapus
  5. Review nya lengkap sekali Teh Eka, from every angel. Perfect.
    Pasti makin banyak yang suka dengan sabun papaya yang legend dari RDL ini, apalagi ditambah cleanser nya pasti makin klop ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang produk RDL tidak hanya sabun papaya, tapi juga sudah lengkap pembersih wajahnya, Mas. Jadi membersihkan wajah semakin maksimal. Wajah jadi sehat dan cerah.

      Hapus
  6. Berarti saya kudu pakai sabun RDL nih, secara usia sudah 41 tahun, wkwkwk... Apalagi sering beraktivitas di luar rumah, jadi muka tuh tebel sama debu, kotoran dan keringet. Pengen deh nyobain pakai sabun pembersih RDL, biar muka juga enggak kusam-kusam amat, hehehe. Makasih info dan ulasannya ya...

    BalasHapus
  7. rangkaian skincare RDL tuh banyak Dan lengkap ya, tapi yang legend emang sabun Papaya nya sih, udh pake sejak remaja juga hihi

    BalasHapus
  8. Pepaya nggak cuma enak dimakan ya ternyata berkhasiat juga untuk kulit. Pakai sabun RDL lebih praktis ketimbang maskeran sendiri pake pepaya.

    BalasHapus
  9. Saya suka banget wangi RDL sabun papaya ini, tak hanya itu bahan-bahan yang terkandung banyak banget manfaatnya bagi kulit wajah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Facial Cleanser-nya bikin nagih
      Aku pakai terus tiap hari kelihatan efeknya
      Makanya senang kenal dengan RDL

      Hapus
  10. 40 tahun ke atas juga cocok yaa pakai ini..Dulu saya pakai sabun RDL memang bikin jerawat jadi berkurang..lumayan biar pede kalo jalan2..wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok juga kok. Buat laki-laki juga bisa. Enak kan yaak satu sabun bisa dipakai bersamaa jadinya hemat hehehe.

      Hapus
    2. Jrg ada nih skincare utk usia senja spt kita. Haha. Pdhl cuma pake sabun dan facial cleanser loh. Udah berasa kayak treatment di salon terkemuka deh. Kalo pake RDL ini, jd hemat biaya tp hasil terbukti nyata.

      Hapus
  11. Wah kak Eka berarti seusia kakak daku yg nomor tiga nih.
    Perawatan wajah harus dilakukan rutin ya kak. Apalagi ini asiknya mengandung buah pepaya yang manfaatnya bisa membuat kulit lebih sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apalagi harganya 30K itu bikin makin semangat merawat kulit wajah karena tidak terlalu kepikiran sama biaya perawatan mahal

      Hapus
  12. Rdl ini ternyata lengkap juga ya skincare nya. Dulu saya kira cuma sabun papaya aja, ternyata sudah lengkap rangkaian skincare nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu emang cuma ada sabunnya doang deh mbak. Alhamdulillah ya sekarang udah lengkap ada face cleansernya juga.

      Hapus
    2. Saya juga baru tahu, Kak Anggi, kalau RDL ini selain sabun nya, ada juga cleanser papaya. makin komplit ya buat perawatan kulit wajah

      Hapus
    3. Sama, Kak. Dulu memang setau saya cuma produk sabunnya saja dan beberapa cream, saat ini sudah lengkap ya ternyata dan bisa pilih sesuai kebutuhan.

      Hapus
  13. Ga menyangka ada skincare yg bs dipake utk usia 40 tahun ke atas. Emg usia ini rawan banget butuh perawatan. Biar kita tetap awet muda dan glowing tiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu saya yang usianya 70+ masih pakai RDL sabun papaya ini, Mas. Karena bahan alami, jadi aman. Wajah terus jadi glowing.

      Hapus
  14. aku baru tahu belakangan kalo ada banyak jenis skincare RDL. aku kira cuma sabun papaya aja. variannya juga ternyata banyak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan kak Dea. dikira cuma varian papaya aja, ternyata lumayan beragam banget ya produk-produk dari RDL ini, jadi banyak referensi pilihannya

      Hapus
    2. Aku pun, kemarin kirain cuma sabun mandinya ajaa ternyata ada yang buat face cleanser jugaa hihi. komplit ternyata

      Hapus
  15. Iya lho Kak, menjaga dan merawat kesehatan dan kecantikan kulit kita itu memanglah bentuk self love. Berasa banget ketika kulit wajah sehat terawat tuh, sukses naikin level kepercayaan diri juga ketika harus berurusan sama banyak kegiatan di luar rumah. Btw si sabun papaya ini ya, aku suka wanginya. Beneran seperti wangi buah pepaya manis segar gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak Acha, karena dengan menjaga dan merawat kulit wajah sebagai bentuk rasa sayang sekaligus syukur kita kepada Maha Pencipta ya kak

      Hapus
  16. Semenjak pakai RDL sabun Papaya kulit wajahku jd terasa lebih halus. Praktis juga sabunnya, krn bs buat wajah dan badan.

    BalasHapus
  17. Ih, pake RDL Sabun Papaya juga nih, teh. Samaan dong kita. Enak dikulit bikin adem ya, teh.

    BalasHapus
  18. Usia yg tak lagi muda membuat kulit wajah sering bermasalah. Sabun RDL pepaya ini cocok buat sabun muka.

    BalasHapus
  19. wah ini baru banget kemarin aku coba. agak shock pertama kali karena ternyata sabun batangan ini bisa buat muka. tapi pas dicoba enak-enak aja sih di muka, seger.

    BalasHapus
  20. Jadi aware yah..kalau dikasih tau gimana produk RDL yang palsu. Sehingga prefer beli di official store atau di toko offline terpercaya. Happy banget ada produk yang selengkap RDL Sabun Papaya Brightening Soap Dan RDL Babyface Face Cleanser.

    BalasHapus
  21. Pepaya sangat bermanfaat
    Apalagi kalau jadi bahan kandungan untuk perawatan kulit wajah
    Makin cinta karena harganya terjangkau

    BalasHapus
  22. Aaaak, suka banget sama closing statement-nya. Tosss ah. Bagiku juga, merawat wajah tuh untuk membahagiakan diri sendiri. Anak-anak juga seneng kalo mamanya terlihat awet muda. Jadi masih kayak kakak-adek kalo jalan bareng :))

    BalasHapus
  23. setuju banget merawat tuh intinya membuat kebahagiaan utk diri kita sendiri kok, baru deh itu terpancar dari diri kita yg akan bikin org nyaman berada di dekat kita, thank u rekomen sabun papayanya ya

    BalasHapus
  24. RDL Baby face cleanser, duh jadi pengen coba ini sabun , Kak. Langsung ngebayangin setelah pemakaian beberapa waktu bisa punya kulit yang lembut seperti bayi nih

    BalasHapus
  25. terbukti sih bikin cepet glowing ya kalau rutin cleansing apalagi pakai rangkaian RDL ini :)

    BalasHapus
  26. Produknya banyak ternyata, aku tahunya cuma sabun doank awalnya mbak. Pengen nyoba yang facial cleansernya biar muka bisa bersih.

    BalasHapus
  27. duuh Mbak, saya aja yang baru 35an ini udah ada milia Mbak, secara yang rutin itu cuma cuci muka dan pakai sunscreen (itu juga kadang skip), jangan tanya deh kalau skincare malam, kadang iyah lebih sering nggaknya wkkwkwk.
    makanya sekarang pas tau kalau ternyata cuci muka dengan sabun saja tidak cukup, saya jadi lebih perhatian dikit dengan wajah untuk membersihkannya dengan cara yang benar, pakai cleanser dulu sebelum cuci muka dengan sabun, tentunya pakai RDL Papaya juga dong :)

    BalasHapus
  28. Line up product skin care-nya lengkap juga ya. Keren banget nih produk. Apalagi memanfaatkan ekstrak pepaya. Melihat tulisannya Papaya, hampir salah eja

    BalasHapus
  29. tulisannya kena banget di saya nih kak udah 40 plus nih jadi harus rajin merawat diri seperti double cleansing yg kaka sharing ini

    BalasHapus
  30. Aku juga pakai ini hihi.. alhamdulillaah cocok, dan ngga ada breakout segala macam lah.. perssis pas pertama kali sabun papaya pas SMA, ikut2an ayahku yg juga pake haha.. berasa nostalgia

    BalasHapus
  31. Akuu sudah 42🤭 jadi maluu dan masalah kulit wajah mulai muncul spt kerutan flek hitam kering kerontang kusam....boleh jg ni di coba RDL Papaya (gusti yeni)

    BalasHapus
  32. sabun lgen d dari zaman dahulu warnanya khas banget sehingga mudah diingat. ada saudara juga pakai ini setelah beberapa bulan kulitnya jadi glowing super bersih

    BalasHapus
  33. Tetangga aku jg udh pake sabun dan facial cleanser ini. Emg tiap hari makin glowing sih ya. Aku jd pgn coba jg ah biar kulitku mkn cerah sepanjang hari.

    BalasHapus
  34. Beneeeer, merawat kulit supaya sehat dan glowing itu bukan buat siapa-siapa, tapi buat membahagiakan diri sendiri, untuk self love. Aku pakai sabun papaya ini jadi bahagia karena kulitku jadi terasa lebih halus dan lembap.

    BalasHapus
  35. Wah paket basic rdl sabun pepaya ini emang cocok buat bersihin muka kita ya mbak
    Sabun dan cleanser, paket lengkap

    BalasHapus
  36. Produk RDL ini komplit juga ya, Kak. Selain varian papaya juga ada lainnya.

    Manfaatnya beneran terasa, saya juga memakainya.

    BalasHapus
  37. Jadi makin seneng nih dg facial tonernya ya kak. Hasilny tentu lebih maksiml nih..

    BalasHapus
  38. Belum pernah coba produk RDL, tapi pastinya baca review kak Eka, jadi penasaran sama RDL sabun Papaya Brightening. Ini rekomended banget ya.. Selain pemakaiannya yang mudah, juga manfaatnya merawat kulit dengan baik.

    BalasHapus
  39. RDL Papaya? Penasaran pengen cobain. Apalagi saat tahu manfaatnya begitu banyak. Oh iya, Apa produk ini cocok untuk segala jenis kulit, Kak?

    BalasHapus
  40. aku juga udah coba kak, dapat rekomendasi dari kakak. dan banyak blogger yang review juga jadi makin penasaran. suka karena harganya bersahabat. jadi bisa tetep bikin kulit muka cerah dengan budget yang cukup murah hihihi.

    BalasHapus
  41. Praktis banget deh bersihin wajah pake RDL ini. Gak males lagi saking banyaknya pekerjaan IRT ya. Aku pun pake RDL.

    BalasHapus
  42. Sabun papaya ini terjangkau bgt. Tapi sya blm pernah coba tonernya sih kak. Nanti pengen coba tonernya, kalau pakai sabun papaya kalau bisa harus sepaket sama tonernya

    BalasHapus
  43. Wah ada yang palsu juga ya. Harus hati hati nih. Pastikan beli RDL sabun papaya yang asli. Biar beneran merawat kulit

    BalasHapus
  44. Make rdl praktis banget, dan lama abisnya karena sabunnya bisa dipotong jadi kotak-kotak banyak. Pemakaiannya jadi hema deh

    BalasHapus
  45. Sabun favorit dari zaman masih anak remaja sampai sekarang tetap suka cuci muka dengan sabun ini karena cocok dan bikin wajah jadi lebih cerah dan fresh ya Mbak. Eh cuma yang cleansernya ini saya belum pernah coba. Jadi penasaran mau pake juga

    BalasHapus
  46. Kalau zaman now, glowing bisa dilakukan dengan cara yang lebih terjangkau. Kalau aku lihat harga dari sabun RDL dan Facial cleansernya ini cukup affordable ya kak. Keren :)

    BalasHapus
  47. Merawat wajah memang bagian dari mencintai diri sendiri. Selain jadi lebih enak dipandang orang lain kita juga jadi lebih percaya diri.

    BalasHapus
  48. Ngeri kalau sampai ada produk palsunya. Better langsunh ke official nya aja ya. Jangan tergiur harga murah

    BalasHapus
  49. RDL Sabun Papaya Brightening Soap Dan RDL Babyface Face Cleanser cocok dipake semua jenis kulit dan segala lapisan umur ya. beneran bersih dan bisa bikin mulus kulit. mantep sih

    BalasHapus
  50. Harganya terjangkau ya. Jadi mau cantik itu memang gak harus mahal. Pakaia RDL sabun papaya aja udah bisa bikin kulit bersih dan cantik.

    BalasHapus
  51. Ini sabun andalan banget, bahkan dari jaman ibuku masih muda. Paling senang tuh karena bahan-bahan yang digunakan dari bahan alami 🍊

    BalasHapus
  52. Ternyata dari kandungan buah pepaya, tersimpan banyak harta karun untuk merawat kulit wajah agar tetap cantik dan bersih ya.. Juga meregenasi kulit yang baru. Dan ini semua bisa diperoleh dari penggunaan aktif produk RDL Sabun Papaya Brightening Soap Dan RDL Babyface Face Cleanser.

    BalasHapus
  53. kandungan buah pepaya ternyata memang banyak dan bagus banget khasiatnya ya, yg jelas sih bagus buat kulit juga gak heran dijadiin sabun sejak dulu kala juga, rekomendasi bgt ya pakai sabun RDL ini buat yg mau kulitnya kinclong dan sehat

    BalasHapus
  54. Pakai sabun RDL papaya sepertinya memberikan kepuasan pada kita ynag punya impian memiliki kulit wajah yang bersih,segar dan tidak kusam ya, mbak. Pantes aja banyak yang pakain nih produk

    BalasHapus
  55. pengen coba RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15 :D

    BalasHapus
  56. konon produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, pasti hasilnya juga bakalan bagus ya
    buah pepaya juga bagus buat kesehatan, dan sekarang malah ada produk kecantikannya seperti sabun dan cleanser ini.

    BalasHapus
  57. Tos dulu kita, teh Eka. Aku juga pake RDL Sabun Papaya sama cleansernya nih. Bahkan sabunnya aku potong jadi 8 loh biar pakenya lebih gampil, xixixi..

    Seriusan yah bikin wajah bersih dan adem berkepanjangan.

    BalasHapus

Posting Komentar