Ketika pertama kali bisa menggambar, keenan baru bisa gambar coretan gak karuan atau bola kusut. setelah sering menggambar, objek ...

Mengapa Anak Kecil Suka Menggambar Orang?


Ketika pertama kali bisa menggambar, keenan baru bisa gambar coretan gak karuan atau bola kusut.
setelah sering menggambar, objek selanjutnya yang seneng dia gambar adalah orang atau anggota keluarganya atau temennya. kenapa ya?
menurut theasianparent.com :
" Saat anak sering menggambar anggota keluarga, dan dalam gambarnya anak juga ada di samping anggota keluarga yang lain, bisa memperlihatkan perasaannya bahwa anak Anda merasa dekat dengan anggota keluarga. Jika gambar anak juga memperlihatkan eskpresi wajah berbeda-beda pada gambar anggota keluarga, sebenarnya gambar ini bisa menunjukkan bagaimana anak melihat sosok anggota keluarga. "
wah, emang bener begitu, saya seneng bisa mengetahui kenapa keenan suka sekali gambar orang atau anggota keluarga, sebagai emak saya merasa dicintai anak saya sepenuhnya! hihihi

etapi, masih ada lagi lho. kita juga "mendeteksi" karakter anak kita lewat gambar orang yang dibuat anak kita, ini menurut today.line.me  :
" Sebagian besar balita masih menggambar orang dalam bentuk sederhana, seringkali menyerupai korek api. Meski begitu, bentuk tubuh, perbandingan ukuran, serta kelengkapan bagian tubuh dari gambar orang tadi ternyata bisa menunjukkan beberapa sifat balita " , seperti: 
  1. Anak pencemas: Sering menggambar orang tanpa mata, disertai gambar awan, hujan, dan burung yang sedang terbang.
  2. Anak pemalu: Orang yang digambar biasanya berukuran pendek dan kecil dengan kedua tangan yang berada dekat dengan tubuh, tetapi tidak disertai mata atau hidung
  3. Anak pemarah: Menggambar orang dengan jari dan gigi yang besar, lengan yang panjang, dan mata menyilang.
  4. Anak insecure: Menggambar orang dengan ukuran tubuh besar tapi memiliki kepala kecil, tanpa tangan, dan posisi tubuh cenderung miring.

tapi, kalo liat daftar diatas, gambar keenan dibawah ini masuk kategori yang mana ya? hemmm ....

\
 " gambar orang lagi pipis" , kata keenan

16 komentar:

  1. Gambarnya keenan kenapa orang lagi pipis 😂😂😂. Kalau anakku lagi senneng gambar kapal katanya walau yang terlihat itu adalah balon gembung

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ngerti aku juga mba, hehehehe, dia mah gambar suka suka dia

      Hapus
  2. Anak ku kurang suka menggambarkan. Masih asik mewarnai aja. Gambar diatas ga keliatan dari 4 contoh karakter itu menurutku.bagus brarti ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mba, mewarnai juga bagus. anak jaid lebih mudah mengenal warna. keenan mah gak suka mewarnai, jadi lebih doyan gambar

      Hapus
  3. Liat gambar keenan jadi ketawa, emaknya pake cepol, pipis nya sesuai dengan realita nak lanang kalo lagi pis yah, wkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehehehe, aku bingung waktu pertama liat ini," ken ini apa? kamu lagi mancing ya" bagus-bagus!" , terus dia jawab," bukan mah, itu keenan lagi pipis"
      wkwkwkwk

      Hapus
  4. Waaah, nurun bakat mamah nya ini sih, hihi..

    BalasHapus
  5. Bener mom. Hasil gambar anak memang mencerminkan pribadinya. Jadi dulu tuh aku sempet gak sengaja beli buku yg bahas soal dunia menggambar anak, ya isinya penjelasan terkait pribadi anak yg bisa diliat dari hasil gambarnya. Padahal waktu itu aku masih kuliah dan belum menikah. Sampai sekarang bukunya belum tuntas2 aku baca haha.. tapi kayaknya bakal bermanfaat banget utk aku baca lagi nanti saat sudah menikah

    BalasHapus
  6. Anakku kalo gambar orang slalu banyakan.. Diabilang ini papa mama andien bude pakde mbahuti mbah kakunv sama ponakan semua digambar.. Ramerame.. Itu knapa ya.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, itu artinya dia ngerasa dicintai mba, percayalah, hehe

      Hapus
  7. Wah jadi penasaran nih. Saya baru tahu loh dari gambar bisa melihat karakter seseorang. Seruu banget hehe. Makasih ya mba sharingnya

    BalasHapus
  8. loh komenku semalem kok ga masuk ya :(
    yauda tulis lagi deh...


    pas baca terakhirnya bikin ketawa kak. Kenapa Keenan gambar orang lagi pipis sih? Hahaha
    Terus gambarnya Keenan ga masuk ke dalam list itu. Berarti Keenan bukan pribadi yang begitu kali y (yang berarti bagus)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehehe, kok bisa ya? sinyal kali kak.amiinnn....semoga itu tanda dia sayang keluarga ya

      Hapus