Cek Di sini, Apa Saja Persiapan Pelatihan Pengembangan bagi Karyawan UMKM

48 komentar
Persiapan Pelatihan Pengembangan bagi Karyawan UMKM
Persiapan Pelatihan Pengembangan bagi Karyawan UMKM



Pelatihan karyawan merupakan aktivitas peningkatan serta pengembangan kinerja karyawan yang sering dilakukan oleh perusahaan. Namun hal ini juga perlu dilakukan bagi karyawan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

UMKM sudah menjadi bagian dari roda perekonomian di Indonesia yang memiliki peranan cukup penting. Tidak hanya mendukung pergerakan ekonomi, UMKM juga mampu menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau warga sekitar di mana UMKM tersebut mendirikan dan menyelenggarakan operasional usahanya.

Agar UMKM mampu berkembang dan mengalami peningkatan skala usaha, katakanlah menjadi sukses maka UMKM perlu memperhatikan aspek kualitas karyawan atau SDM yang dimilikinya. Karena, dengan memiliki karyawan atau SDM yang berkualitas maka hal ini akan menjadi kekuatan bagi kesuksesan UMKM itu sendiri.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pelaku UMKM terkait aspek kualitas karyawan adalah memberikan program upskill untuk karyawan atau training karyawan sebagai bagian dari pelatihan pengembangan karyawan.

Lantas apa saja persiapan pelatihan pengembangan bagi karyawan UMKM? Yuk baca selanjutnya.


Korelasi Karyawan Berkualitas dengan Pengembangan Usaha UMKM


Saya dan Suami pernah menjalani usaha UMKM makanan selama 5 tahun dan memiliki 3 karyawan tetap. Sekarang setelah usaha UMKM kami gulung tikar, selain karena pandemi juga karena kami tidak melakukan pelatihan pengembangan bagi karyawan kami secara maximal dan optimal. Dampaknya, salah satu cabang UMKM yang kami jalani mengalami gulung tikar dalam waktu singkat.

Memang, terdapat beberapa faktor penyebab gulung tikarnya cabang usaha kami. Bisa dikarenakan faktor lokasi yang kurang strategis, inovasi makanan  yang kurang, harga kurang bersaing atau strategi marketing kami belum tepat. 

Namun ternyata, selain kemungkinan di atas setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi, kurangnya skill karyawan dalam berhubungan dengan konsumen,  kelemahan dalam hal penghitungan kembalian, dan penampilan yang kurang dijaga (tidak rapi) ternyata menjadi salah satu faktor penyebab sepinya cabang kami. 

Lantas dimana letak zonknya? Apakah kesalahan sepenuhnya milik karyawan atau kami? Tentu saja kami sebagai pemilik UMKM. Hal ini menjadi well noted besar bagi kami bagi kami ketika akan merekrut karyawan baru bagi usaha UMKM Fashion yang sedang kami jalani sekarang.

Kami menyadari bahwa, di era globalisasi dengan persaingan yang semakin ketat, Pelatihan karyawan merupakan investasi bagi kesuksesan UMKM kami. Karena dengan memiliki karyawan yang bermotivasi tinggi, berkompeten dengan hard skill serta soft skill yang relevan dengan jenis usaha UMKM yang kami jalani, karyawan kami bisa turut serta dalam mengembangkan usaha kami.

Pentingnya pelatihan pengembangan karyawan UMKM
Ilustrasi pentingnya pelatihan pengembangan karyawan UMKM


Pelatihan karyawan juga dapat membantu karyawan dalam menguasai pekerjaan, memiliki motivasi bekerja dan berkarya, memiliki loyalitas dan mampu memberikan ide terkait pengembangan usaha.

Sejalan dengan apa yang dinyatakan oleh Daeli (2006) yang menjelaskan bahwa, 
kualitas sumber daya manusia mempunyai pengaruh positif terhadap perkembangan UMKM serta merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja UMKM.


Pentingnya Persiapan Pelatihan dan pengembangan SDM Karyawan UMKM


Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan kompeten memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan termasuk UMKM karena dapat memberikan efek positif pada karyawan maupun perusahaan atau UMKM itu sendiri.

Bagaimana cara membentuk hingga memiliki SDM karyawan UMKM yang memiliki kinerja yang baik, berkompeten dan berkualitas? Caranya adalah dengan memberikan pelatihan SDM melalui program pelatihan dan pengembangan bagi setiap karyawan UMKM.

Dengan demikian maka pelatihan karyawan menjadi hal yang cukup penting yang sejalan dengan pendapat Kasmir (2016:125) yang menjelaskan bahwa pelatihan merupakan suatu proses dalam membentuk dan melengkapi seorang karyawan melalui pengetahuan, kemampuan, perilaku dan keahliannya.

Sutrisno (2016) pun menjelaskan bahwa pelatihan merupakan keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan potensi, produktivitas, disiplin dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu dengan jenjang kualifikasi atau pekerjaan

Lantas apa saja manfaat pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap kesuksesan UMKM ? Berikut manfaatnya :
  1. UMKM dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan lokal dan global di masa yang akan datang
  2. UMKM mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan perubahan pasar
  3. UMKM mampu bersaing dengan kompetitor
  4. UMKM mampu memberikan pelayan produk atau jasa kepada pelanggan
  5. UMKM dapat memiliki budaya kerja sehat dan positif
  6. UMKM mampu memberikan kemandirian kepada karyawan sehingga karyawan dapat mendirikan cabang baru atau kelak membuat usaha sendiri

Manfaat pelatihan dan pengembangan karyawan bagi UMKM
Manfaat pelatihan dan pengembangan karyawan bagi UMKM


Adapun manfaat pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan UMKM itu sendiri di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Karyawan akan memiliki kinerja dan produktivitas kerja yang tinggi
  2. Karyawan mampu memahami serta memiliki bertanggung jawab terhadap beban tugas atau job desk yang diberikan
  3. Kemampuan hard skill dan soft skill karyawan akan meningkat dan berkembang
  4. Karyawan memiliki kemampuan menangkap peluang dan turut serta dalam pengembangan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan UMKM
Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan UMKM



Persiapan Pelatihan Pengembangan Karyawan UMKM


Lantas apa saja persiapan pelatihan SDM UMKM? Berikut tiga tahap persiapan pelatihan pengembangan karyawan yang bisa anda coba, yaitu :

1. Mengevaluasi Kebutuhan Pelatihan Pengembangan Karyawan


Dengan melakukan evaluasi kebutuhan pelatihan SDM, maka anda dapat menentukan tujuan dan rencana pelatihan yang sesuai dengan skill karyawan yang anda miliki saat ini.

Misalnya, setelah dilakukan evaluasi karyawan anda ternyata memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan. Maka anda bisa melakukan pelatihan pengembangan karyawan terkait komunikasi dengan pelanggan agar kemampuan berkomunikasi karyawan semakin meningkat.

Atau ternyata karyawan belum mampu mengoperasikan aplikasi digital jasa kurir dan pembayaran sehingga setiap ada transaksi digital, pelanggan tidak menjadi membeli karena tidak membawa uang cash. Maka anda bisa memberikan pelatihan terkait pentingnya digitalisasi dan bagaimana menggunakan aplikasi kasir, jasa kurir dan pembayaran.

Intinya, anda perlu melakukan evaluasi kinerja, skill yang dimiliki, skill yang perlu dikembangan serta kekurangan yang dimiliki oleh karyawanmu. Dengan demikian anda dapat dengan mudah membuat rencana pelatihan yang sesuai dengan kemampuan dan kekurangan mereka dan terarah sesuai dengan jenis usaha yang anda miliki.


2. Membuat Rencana Pelatihan


Setelah evaluasi kebutuhan pelatihan pengembangan karyawan sudah diidentifikasi, maka langkah selanjutnya anda bisa membuat rencana pelatihan secara detail yang meliputi, materi, jadwal dan metode Pelatihan dan pengembangan SDM yang dibutuhkan.

Tidak hanya hard skillanda juga perlu memberikan soft skill kepada karyawan agar mereka memiliki pribadi yang termotivasi, semangat, berpikiran terbuka, loyal dan solid.

3. Menentukan Metode Pelatihan


Memberikan training karyawan dengan metode tertentu dapat membantu proses pelatihan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan dengan output kualitas karyawan yang kompeten.

Training karyawan dapat diberikan dengan menggunakan metode pelatihan secara langsung seperti :

  • Pemberian materi secara langsung oleh anda sebagai pemilik usaha sekaligus atasan
  • Mendatangkan pemateri khusus
  • Mengikutsertakan karyawan dalam kegiatan seminar offline

Anda juga bisa memberikan pelatihan pengembangan Program upskill untuk karyawan secara online seperti :

  • Mengikutsertakan karyawan dalam Lembaga pelatihan karyawan melalui platform atau aplikasi edukasi
  • Mengikutsertakan karyawan dalam Program upskill untuk karyawan melalui seminar atau webinar online

Hadirnya platform pendidikan dan pembelajaran dapat membantu anda dalam memberikan pelatihan pengembangan karyawan secara efektif dan efisien. Karena platform edukasi memiliki materi yang beragam dengan kualitas pengajar yang mumpuni dan kelebihan lainnya, materi dapat diakses secara berulang. Bahkan platform seperti QuBisa memiliki program kelas bootcamp yang merupakan program pelatihan dan pembelajaran secara intensif.

Seperti QuBisa yang merupakan lembaga pelatihan karyawan misalnya yang pada bulan oktober mengadakan Bootcamp Pelatihan Karyawan yang sangat cocok bagi karyawan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan usaha yang anda jalani.

Bahkan pada bulan November mendatang QuBisa akan mengadakan bootcamp Digital Marketing Accelerated Bootcamp - Batch IV  yang sangat tepat bagi pengembangan skill terkait marketing digital untuk pengembangan usaha yang anda miliki.


Persiapan Pelatihan Pengembangan Karyawan UMKM
 Persiapan Pelatihan Pengembangan Karyawan UMKM



Kesimpulan


Ternyata, penting sekali mengikutsertakan karyawan kita dalam program upskill untuk karyawan UMKM karena secara signifikan karyawan yang memiliki skill mumpuni dan berkompeten dapat membantu pengembangan usaha yang anda jalani.

Anda  bisa memberikan pelatihan pengembangan skill karyawan dengan mengikutkan mereka pelatihan yang disediakan oleh QuBisa. Hal yang menarik adalah, QuBisa memberikan pembelajaran berupa seminar dan bootcamp secara gratis dan berbayar dengan harga terjangkau. Menarik bukan?

Anda bisa mengunduh Aplikasi QuBisa untuk iOS baik di smartphone pribadi dan karyawan atau mengunduh Aplikasi QuBisa untuk Android sehingga mereka dapat mengakses kelas kapan saja.


Program upskill untuk karyawan di QuBisa
Program upskill untuk karyawan di QuBisa ( Sumber Instagram QuBisa)


Program Bootcamp QuBisa
Program Bootcamp QuBisa  ( Sumber Instagram QuBisa)


Sebagai pelaku UMKM, tentu kita menginginkan usaha yang kita jalani mengalami peningkatan skala usaha dan sukses hingga mampu bertahan di tengah persaingan lokal dan global. Untuk itu, mari kita sadari bersama bahwa betapa pentingnya memberikan pelatihan pengembangan kepada karyawan yang kita miliki agar karyawan memiliki skill baik hard skill maupun soft skill yang dapat membantu pengembangan usaha kita.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

48 komentar

  1. Ada banyak sekali manfaat pelatihan karyawan. Apalagi pada dasarnya karyawan tuh sebagai pilar juga untuk kemajuan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget kak, kualitas karyawan tuh menentukan kemajuan perusahaan

      Hapus
  2. Kalau buat pengembangan pribadi buat upgrade skill sendiri bisa ga ya di Qubisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong kak, QuBisa punya banyak kelas, webinar atau bootcamp yang bisa kakak ikutin untuk upgrade skill. coba cek deh situs atau donlot aplikasinya kak

      Hapus
  3. Nah ini nih, sepakat saya Kak. Saat bicara pelatihan karyawan, uang terpikir sukanya perusahaan gede. Padahal SDM UMKM juga bisa dan perlu mengembangkan diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa, relate sih dengan apa yang pernah saya alami. kadang hal ini yang ter-skip oleh pemilik UMKM. padahal pelatihan karyawan tuh penting untuk kemajuan UMKM itu sendiri ya

      Hapus
  4. Qubisa itu segala macam kebutuhan ada ya untuk individu/kelompok untuk mengembangkan skillnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess, betul banget mba ovi. buat upgrade skill pribadi banyak banget pilihan kelas dan webinarnya di QuBisa

      Hapus
  5. UMKM nih keren. Sudah terbukti, ketika perekomian Indonesia lagi anjlok, UMKM yang jadi "penyelamat". Apalagi kalau pemilik UMKM-nya concern pada pengembangan skill karyawan. Insya Allah akan semakin kuat.

    BalasHapus
  6. Wah keren mbak punya usaha UMKM, tapi jadi belajar banyak dari situ ya mbak. Kadang yang tak terlihat justru point pentingnya. Meski terbilang masih skala UMKM, tetap saja pelatihan karyawan itu penting banget. Karena karyawan berhubungan langsung dengan pelanggan. Ayo mbak diterusi lagi UMKM-nya.

    BalasHapus
  7. Buat UMKM jadi makin semangat pastinya dengan dukungan ini, karena mereka dapat meningkatkan kualitas para karyawannya. Apalagi banyak pelatihan bidang di Qubisa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya

    BalasHapus
  8. Setiap UMKM itu pastinya ingin terus maju dan berkembang ya, Mbak. delain inovasi produk, skill atau kemampuan akryawannya juga harus ditingkatkan. karena UMKM ini mengikuti juga dengan perkembangan zaman. Dan keren ya, di QuBisa ada pelihan untuk karyawan UMKM juga. Jadi tidak menganggu waktu kerja karyawan juga. Mereka bisa menyimak materi saat bebas kerja. Di mana saja, kapan saja.

    BalasHapus
  9. UMKM justru jadi penyelamat ekonomi negara saat pandemi kemarin kan ya. Apalagi kalau karyawannya diberi pelatiham di QuBisa, pasti makin bisa bersaing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Memang kudu berkala memberikan pelatihan untuk karyawan di suatu perusahaan ya, sehingga kan nanti feedback positif nya ya ke perusahaan itu juga

      Hapus
  10. Kalau karyawan umkm diberi pelatihan, maka keahliannya bisa digunakan untuk mengembangkan umkm itu sendiri ya mbak
    Biar makin melejit omzetnya

    BalasHapus
  11. Keren sih QuBisa ini dia sampe ada bootcampnya juga lhoo, paket komplit bangett. Soalnya 2 tahun lalu ikutan kursusnya di public speaking hihi, ngerasain banget gimana manfaatnyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, keren. Jadi pengen ikutan juga akutuh. Nambah skill banget pasti yah.

      Hapus
  12. Pelatihan karyawan emang penting buat UMKM. Kalau karyawan pny skill yg yg mumpuni, dampaknya nanti ya usaha UMKM bs berkembang dan maju.

    BalasHapus
  13. qubisa ini memang bagus bgt, aplagi buat pelaku umkm yg pengen naik kelas, jd bs belajar online deh biar bs catching up sm yg lg hype

    BalasHapus
  14. Tapi memang penting sih kompetensi karyawan itu dipenuhi dengan berbagai jenis pelatihan. Salah satunya bisa dengan QuBisa ini. Apalagi pelatihan yang disediakan beragam

    BalasHapus
  15. Segala sesuatunya akan berjalan lebih baik jika tertata
    Begitu juga kalau UMKM ingin sukses
    Karyawannya kudu digembleng dengan pelatihan intensif
    Untunglah ada QuBisa yang memudahkan semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, Mbak Amma. Kalau SDM-nya sudah oke, maka akan bisa menjalankan proses dengan baik. Akhirnya UMKM akan maju berkembang.

      Hapus
  16. Pntg bgt sih buat ningkatin skills di masing2 lini bidang kerja UMKM. Kalo ada pelatihan yg bermanfaat buat karyawan gini, plus jamnya bs ditentukan sndiri, perusahaan/UMKM pun bakal lbh untung. Mereka ga perlu bikin seminar pelatihan seharian. Tentu budgetnya bs gede bgt. Ini digelar online dan karyawan bs bebas ikut pelatihannya. Kereen QuBisa

    BalasHapus
  17. Gimana pun, karyawan adalah tonggak kokohnya perusahaan.
    Kalau punya karyawan yang bisa diandalkan karena selalu upgrade ilmu juga bisa meningkatkan value perusahaan. Bersama Qubisa, membangun kerjasama dan tempat belajar online untuk peningkatan skills yang terbaik.

    BalasHapus
  18. Wah pemilik UMKM harus mantengin jadwalnya QuBisa nih, siapa tau bootcamp nya sesuai dengan kebutuhan usahanya.

    BalasHapus
  19. Penting banget mbak, karyawan dapat pelatihan begini, selain untuk upgrade diri, juga menjadi nilai plus bagi perusahaan. Dan juga bisa jadi persiapan untuk masa purna nanti.

    BalasHapus
  20. Seneng banget deh kalau ada pelatihan UMKM tuh mbak. Apalagi kalau pelatihannya bootcamp online kayak di QuBisa, jadi peserta pelatihan UMKM nya bisa dari berbagai daerah di Indonesia ya.

    BalasHapus
  21. Sepakat banget mba. Punya usaha online maupun offline sebaiknya perlu pengembangan diri dan keterampilan. Tinggal disesuaikan saja metode dan budgetnya sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  22. UMKM sekarang banyak yang sudah berkembang dan selalu mengedepankan skill mereka kok ya. Nah UMKM pun harus terbuka dalam melakukan berbagai pelatihan yang dapat memajukan usahanya

    BalasHapus
  23. Sepakat sekali sdh seharusnya karyawan umkm bisa berkembang hard skill dan soft skillnya supaya bisa mengembangkan umkm tersebut. Sekarang juga banyak metode pelatihan yang bisa dilakukan dimana saja

    BalasHapus
  24. Ini bootcampnya untuk perorangan atau kelompok UMKM tertentu gitu? Menurutku kalau bisa berkelompok sesuai perusahaan masing-masing bakal bagus banget karena materi bisa disesuaikan kondisi tiap perusahaan

    BalasHapus
  25. umkm jangan mau kalah untuk mengembangkan skill karyawannya agar bisa bersaing dengan usaha lain, kalau bisa bisa bersaing secara global dan internasional, karena bisa mendukung umkm juga

    BalasHapus
  26. Wah dulu jual makanan apa, Teh Eka?
    UMKM emang berperan penting dalam perekonomian negara ta karena mayoritas bisnis di Indonesia berada dalam level kecil dan menengah.

    Semoga dengan pelatihan SDM maka UMKM makin maju.

    BalasHapus
  27. betul banget dengan adanya pelatihan-pelatihan untuk para UMKM sehingga mereka menjadi lebih maju dna berkembang dalam usahanya, selain itu karyawan juga yang diberikan pelatihan akan semakin merasa diperhatikan dalam pengembangan dirinya sehingga pelatihan-pelataihan untuk mengembangkan karyawan sangat penting dan harus menjaid agenda terencana dalam sistem budgeting perusahaan termasuk perusahaan UMKM

    BalasHapus
  28. Pelatihan karyawan UMKM memang penting banget, mereka dapat mengikuti program upskill. Sehingga mempunyai skill yang mumpuni dan berkompeten yang dapat membantu pengembangan usaha kita. Nah, sekarang ada QuBisa nih, ada pula program bootcamp nya. Menarik banget, pokoknya.

    BalasHapus
  29. Hebat, ka Eka.
    Untuk memulai bisnis pastilah butuh keberanian dan modal. Kerennya, ka Eka langsung evaluasi apa yang menjadi penyebab dan menemukan salah satu solusinya dengan pelatihan karyawan di Qubisa.

    BalasHapus
  30. pelatihan sangat penting untuk updated skill apapun kerjanya, apalagi untuk pelatihan karyawan, karyawan dengan skill yang bagus tentu akan membuat usaha kita berkembang lebih pesat

    BalasHapus
  31. Setuju sih kak, pelatihan untuk UMKM itu berguna banget untuk upgrade skill yang nantinya pasti bisa digunakan untuk memajukan usaha UMKM

    BalasHapus
  32. bener nih, setuju pelatihan untuk UMKM juga tidak kalah penting khususnya untuk mengupgrade para karyawan supaya skill, inisiatis, motivasi serta motivasi mereka makin bertambah dan pastinya dapat memajukan UMKM itu sendiri,

    BalasHapus
  33. Penting bgt sih pelatihan karyawan gini. Ini jd investasi besar bg perusahaan yang menganggap karyawan itu sebagai aset. Soalnya bnyk jg perusahaan yg menganggap karyawan itu sbg liabilitas tp ada jg yg menganggap sbg beban. Mknya pintar2 kita memilih perusahaan sbg tempat bekerja. Kalo perudahaannya benar, mk kita akan dianggap sbg aset. Dan bakal bnyk pelatihan2 skill yg bermanfaat bg kita dan perusahaan tentunya.

    BalasHapus
  34. umkm sekarang kalo mau naik kelas tuh yaa memang harus mikirin pengembangan karyawan, apalagi sekarang banyak bgt lembaga pelatihan yg banyak pilihan materi pelatihannya

    BalasHapus
  35. Untuk pelatihan karyawan memang perlu dipersiapkan dengan baik. Sehingga bisa sesuai dengan yang direncanakan dan dibutuhkan oleh lembaga. Persiapan paling awal adalah melihat kebutuhan perusahaan dan mengevaluasi kinerja karyawan. Sehingga ada prioritas untuk mengikuti oelatihan SdM.

    BalasHapus
  36. Kualitas karyawan memang juga menjadi faktor penting yaa dalam berkembang tidaknya usaha termasuk UMKM. Untung saat ini ada banyak yaa pelatihan untuk meningkatkan skill-skill tertentu seperti Qubisa biar naik kelas.

    BalasHapus
  37. bagus nih menurutku kalau ada pelatihan buat UMKM. soalnya memang tantangan UMKM itu berat.. ya pengembangan produk atau jasa, kompetitor, dan usaha untuk mengahdapi tantangan global serta digital

    BalasHapus
  38. Sepakaat, penting di masa sekarang punya SDM yang berkualitas. Maka mau tidak mau pemilik bisnis, bahkan yang masih skala UMKM dan UKM, menyiapkan pelatihan untuk karyawan. Apalagi kan saat ini sudah tersedia berbagai platform pelatihan karyawan, seperti QuBisa, misalnya

    BalasHapus
  39. Pelatihan karywaan memang sebuah hal yang penting banget buat dia sendiri maupun untuk kemajuan karyawan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang melihat potensi karyawannya

    BalasHapus
  40. makin senang kalau banyak pelatihan untuk umkm begini. biar SDM kita semakin berkualitas ya, jadi hasil produknya pun makin bernilai :)

    BalasHapus

Posting Komentar