Review HP EliteBook 1040 G10 untuk Pekerja Kreatif di Era Digital

20 komentar
Review HP EliteBook 1040 G10  untuk  Pekerja Kreatif di Era Digital
Review HP EliteBook 1040 G10  untuk  Pekerja Kreatif di Era Digital


Laptop merupakan gadget yang menjadi bagian dari keseharian para pekerja kreatif dalam berkarya, terlebih di era digital seperti sekarang. Laptop dengan performa tinggi disertai fitur yang mampu mendukung produktivitas sangat dibutuhkan, seperti laptop komersial HP yaitu HP EliteBook 1040 G10.

HP EliteBook 1040 G10 hadir sebagai laptop yang mengoptimalkan produktivitas dan kinerja, audio, dan video yang dirancang berdasarkan pengalaman kecerdasan kontekstual yang inovatif dengan material casing 90% magnesium daur ulang.

Lantas apa saja keunggulan HP EliteBook 1040 G10 yang mampu mendukung produktivitas pekerja kreatif di era digital? Yuk baca review HP EliteBook 1040 G10 berikut ini. 

Aktivitis Pekerja Kreatif di Era Digital


Pekerja kreatif menggunakan HP EliteBook 1040 G10
Pekerja kreatif menggunakan HP EliteBook 1040 G10


Era Revolusi Industri 4.0 yang sedang berjalan saat ini, berdampak terhadap perubahan-perubahan teknologi digital di berbagai bidang termasuk industri dan bisnis kreatif yang secara berbanding lurus juga mempengaruhi tidak hanya pola melainkan cara kerja pekerja kreatif. 

Bahkan profesi di industri dan bisnis kreatif pun berkembang. Jika dulu kita hanya mengenal profesi pengrajin, seniman dan grafis desainer sebagai pekerja kreatif,  maka sekarang kita mengenal profesi pekerja kreatif yang baru seperti Content Creator, Content writer, Vlogger, Bloger, Web Developer, Youtuber, Data Analyst, UI/UX Designer dan lain sebagainya. 

Profesi - profesi baru tersebut diatas  juga masih berada dalam ruang lingkup profesi pekerja kreatif ya, mengapa? Karena baik content creator, video creator maupun Web developer, mereka bekerja dan memperoleh penghasilan dari kreativitas, kebudayaan, dan atau pekerjaan artistic-based. Profesi - profesi tersebut sangat berkaitan erat dengan perkembangan teknologi digital dan internet serta penggunaan platform social media dalam ruang lingkup pekerjaan. 

Maka dari itu, pekerja kreatif di era teknologi digital tentu saja membutuhkan alat kerja yang mampu mendukung produktivitas dalam membuat karya yaitu gadget terutama laptop. 

Begitupun bagi saya yang bekerja sebagai freelancer pekerja kreatif yaitu menulis, menggambar dan graphic design, laptop bagi saya sudah menjadi gadget yang wajib saya miliki. Bahkan jauh sebelum saya memutuskan untuk menjadi pekerja lepas di bisnis kreatif, hobi saya menulis sudah ada sejak dulu.

Sehingga, pada tahun 2009 saya memutuskan untuk membeli laptop pertama saya dari salary yang saya dapatkan ketika masih bekerja di perusahaan waralaba. Laptop pertama saya adalah Netbook HP Mini Note 210. Laptop mini memang yang cocok dan sesuai dengan hobi saya untuk menulis dan menonton film favorit. Namun kini saya membutuhkan laptop HP yang lebih “gahar” dengan performa powerful yang mampu menunjang produktivitas dan aktivitas saya sebagai pekerja kreatif. 

Tidak hanya saya, namun juga bagi anda yang berprofesi sebagai pekerja kreatif di era teknologi digital juga membutuhkan laptop yang mampu mendukung aktivitas pekerjaan seperti : 
  1. Menulis dan memposting artikel di blog pribadi, platform portal berita dan atau social media
  2. Membuat infografis menggunakan platform dan atau software grafis
  3. Menggambar menggunakan software menggambar digital
  4. Membuat desain grafis menggunakan software grafis seperti Photoshop, Corel Draw, InDesign, Sketchup, Photoscape, video editing dan beberapa software penunjang lainnya.
  5. Mengedit video 
  6. Coding atau pemrograman
  7. Menggunakan fitur Google untuk bekerja dan data seperti Gmail, Google foto, google drive, Google worksheet, Google Document, Google Keep, dan fitur Google lainnya, dan lain sebagainya.

Ketujuh aktivitas pekerja kreatif diatas sangat erat kaitannya dengan penggunaan laptop bukan? Ya begitulah memang ruang lingkung pekerja kreatif di era teknologi digital. Oleh ebab itu, memilih laptop memerlukan perhatian khususu terutama spesifikasi dan fitur yang di usung oleh sebuah laptop.

Saat ini saya sendiri menggunakan laptop HP Envy 4 Notebook PC dengan prosesor Intel(R) Core(TM) i3-2367M dan RAM 4.00 GB, Graphics Integrated Intel HD Graphics 4000, Display Internal 14.0-inch diagonal HD LED BrightView (1366 x 768) slim (3.2 mm) External Up to 32-bit per pixel color depth serta HDMI 1.4 port supports up to 1080p, 1920 x 1080 at 60 Hz.


laptop HP Envy 4 Notebook PC
Laptop HP Envy 4 Notebook PC yang saya gunakan saat ini


Dengan spesifikasi HP Envy 4 Notebook PC yang saat ini saya miliki sebenarnya cukup untuk pekerjaan saya sebagai penulis, namun ketika mengerjakan pekerjaan grafis seperti penggunaan software adobe atau corel sayangnya kurang menunjang karena dibutuhkan prosesor dan grafis yang lebih support. HP EliteBook 1040 G10  menjadi laptop pilihan saya karena memiliki banyak keunggulan terutama spesifikasi laptop yang saya butuhkan untuk membuat karya. 

Laptop yang Dibutuhkan Pekerja Kreatif Di Era Digital


Mengingat kinerja dan produktivitas pekerja kreatif yang cukup tinggi terhadap penggunaan teknologi digital, maka pekerja kreatif membutuhkan laptop yang memiliki kecepatan prosesor, grafis dan RAM yang besar.

Selain itu, laptop haruslah ringan namun powerful sehingga mampu memudahkan mobilitas pekerja kreatif dalam membuat karya.  Berikut spesifikasi laptop yang dibutuhkan pekerja kreatif dalam bekerja dan membuat karya, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Memiliki desain layar yang bisa dilipat hingga 360 derajat
  2. Memiliki spesifikasi dan fitur yang tepat dan sesuai untuk membuat karya gambar, editing video, dan audio
  3. Memiliki performa tinggi dengan prosesor generasi terbaru
  4. Memiliki kapasitas memori besar minimal 16GB LPDDR5 dan SSD 512GB
  5. Memiliki desain Fleksibel, Tipis, dan Ringan
  6. Memiliki konektivitas Cepat dan memiliki teknologi Thunderbolt 4
  7. Memiliki Stylus Pen
  8. Memiliki layar sentuh dengan resolusi Tinggi

Laptop dengan spesifikasi tersebut diatas akan mampu menunjang produktivitas pekerja kreatif dalam membuat karya, terutama membuat konten tulisan, video dan audio serta gambar dengan resolusi tinggi. HP EliteBook 1040 G10 menjadi pilihan laptop yang saya butuhkan.

Review Keunggulan HP EliteBook 1040 G10 untuk Pekerja Kreatif


Keunggulan EliteBook 1040 G10 dalam Mendukung Produktivitas Pekerja Kreatif
Keunggulan EliteBook 1040 G10 dalam Mendukung Produktivitas Pekerja Kreatif 


EliteBook 1040 G10 merupakan laptop yang tepat untuk mendukung aktivitas pekerja kreatif dalam bisnis kreatif. Berikut review HP EliteBook 1040 G10 dan keunggulan apa saja yang dimiliki EliteBook 1040 G10 dalam mendukung produktivitas pekerja Kreatif .

1. EliteBook 1040 G10 dibekali Prosesor dengan Performa Tinggi


Komponen utama sebuah laptop adalah prosesor yang merupakan “otak” operasional laptop itu sendiri karena semua perintah dimulai dari processor. Oleh sebab itu, sangat penting mempertimbangkan jenis prosesor yang dimiliki sebuah laptop terutama bagi pekerja kreatif.

Aktivitas pekerja kreatif menggunakan laptop seperti menulis, membuat karya grafis (gambar, video dan audio) serta berselancar di internet dan pekerjaan multitasking, membutuhkan laptop dengan prosesor yang mampu memproses seluruh aktivitas dengan lancar tanpa kendala.

Prosesor Intel® Core™ i7-1355U (up to 5.0 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 12 MB L3 cache, 10 cores, 12 threads yang dimiliki EliteBook 1040 G10 mampu mendukung operasional pekerja kreatif karena prosesor Intel® Core™ i7-1355U memiliki performa yang mendukung pengalaman display yang lebih tajam, detail dan tidak pecah dengan resolusi mencapai 8K, dengan HDR 4x4K.

Prosesor Intel® Core™ i7-1355U yang dimiliki EliteBook 1040 G10 juga memiliki CPU speed 1.81x lebih cepat yaitu 2 x 1.7GHz & 8 x 1.2GHz dan memiliki kecepatan ram 5200MHz. Dengan EliteBook 1040 G10, membuat karya baik ilustrasi maupun grafis dengan file yang rumit dengan detail dengan ukuran besar tidak lagi menjadi kendala.

2. EliteBook 1040 G10 Memiliki Spesifikasi Display berkalitas High End dan Audio Powerful


EliteBook-1040-G10 Silver
EliteBook-1040-G10 Silver



Layar yang lebar, gambar tajam dengan resolusi tinggi dan menampilkan range warna yang lengkap menjadi kebutuhan utama dalam menunjang produktivitas pekerja kreatif dalam bekerja membuat karya. HP EliteBook 1040 G10 memiliki display layar 14" diagonal, WUXGA (1920 x 1200) touchscreen, IPS, anti-glare, 400 nits, 100% sRGB[17,18,19,43] yang mampu mendukung produktivitas pekerja kreatif secara optimal dan maximal tanpa kendala. 

Pertama, WUXGA (Wide Ultra Extended Graphics Array) merupakan jenis resolusi layar paling tinggi yang memiliki banyak piksel dengan kualitas gambar yang tajam kualitas dengan resolusi 1920 x 1200.

Jenis layar WUXGA yang dimiliki HP EliteBook 1040 G10 mampu mendukung pekerja kreatif bekerja dengan nyaman karena mampu menampilkan video dan gambar berukuran FHD. Layar WUXGA mampu menampilkan visual dengan jernih, visual gambar lebih tajam, dan bidang pandang lebih luas.

Kedua, Selain dibekali layar WUXGA, HP EliteBook 1040 G10 juga dibekali layar anti glare yang mampu mengurangi pantulan cahaya pada layar laptop dan mengurangi perih dan iritasi pada mata selama bekerja menggunakan HP EliteBook 1040 G10 selama berjam-jam.

KetigaHP EliteBook 1040 G10 juga memiliki Panel IPS yang memiliki kecepatan refresh yang lebih tinggi melebihi 200Hz dengan waktu respons yang sangat rendah.

KeeempatHP EliteBook 1040 G10 memiliki display dengan nits 400 yang artinya layar memiliki tampilan yang terang mengalahkan pantulan sinar matahari. Hal ini menjadi penting ketika bekerja kreatif bekerja di luar ruangan.

Kelima, bagaimana dengan kualitas warna pada gambar dan video? HP EliteBook 150 G10 memiliki ruang warna 100% sRGB, salah satu gamut warna standar warna yang mampu menampilkan warna senyata mungkin.

Keenam, aktivitas pekerja kreatif lainnya yang berkaitan dengan memproses file dan data juga membutuhkan proses rendering file seperti gambar, video, dan audio berukuran besar yang cepat tanpa kendala. Dengan kartu grafis Intel® Iris® Xᵉ Graphics, HP EliteBook 1040 G10 mampu ekspor file hingga 4K secara cepat dan mudah.

Laptop komersil HP
Laptop HP EliteBook 1040 G10 


Ketujuh, selain bertugas untuk mempermudah proses rendering data, Intel® Iris® Xᵉ Graphics pada HP EliteBook 1040 G10 juga mampu melakukan pekerjaan desain dan multifungsi dan mensupport masa pakai baterai lebih tahan lama. Intel® Iris® Xᵉ Graphics sudah disempurnakan dengan mesin AI dan didukung oleh Intel Deep Learning Boost sehingga dapat menghindari lag atau macet saat laptop digunakan.

Kedelapan, satu lagi kelebihan dari HP EliteBook 1040 G10, yaitu memiliki layar touchscreen yang dapat dilipat dan dilengkapi dengan HP Stylus Pen. Bagi anda pekerja kreatif yang berprofesi sebagai ilustrator, hal ini menjadi keunggulan tersendiri dimana anda dapat menjadikan HP EliteBook 1040 G10 sebagai tablet drawing yag ringan karena bobot HP EliteBook 1040 G10 hanya 1.18 kg saja!

Kesembilan, anda juga dapat menikmati bekerja dengan mendengarkan musik atau menonton video dengan kualitas audio terbaik yang dimiliki HP EliteBook 1040 G10 yang dibekali Audio by Bang & Olufsen, dual stereo speakers, dual microphones enhanced by AI noise reduction.


3. EliteBook 1040 G10 Memiliki Kapasitas Memori 16 GB DDR5-5200 MHz dan Internal drive 512GB dan Dilengkapi External I/O Ports Thunderbolt™ 4


Full size backlit spill-resistant keyboard HP EliteBook 1040 G10
Full size backlit spill-resistant keyboard HP EliteBook 1040 G10


Agar pekerja kreatif dapat melakukan aktivitas multitasking maka dibutuhkan kapasitas memori laptop atau RAM yang besar. Hal ini berpengaruh terhadap tingkat kecepatan proses data atau loading pada laptop sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan semakin cepat . RAM tinggi juga membantu proses membaca data, penyimpanan sementara dan membantu performa grafis (gambar dan video) serta pengolahan data tanpa kendala.

Dengan Kapasitas Memori 16 GB DDR5-5200 MHz yang dimiliki HP EliteBook 1040 G10, pekerja kreatif dapat menjalankan software grafis seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop hingga platform grafis seperti Canva dengan cepat dan lancar. DDR5 - 5200 MHz mampu meningkatkan kecepatan, kinerja dan efisiensi dengan bandwidth tinggi sehingga HP EliteBook sangat tepat digunakan untuk pemakaian aktivitas multitasking pekerja kreatif.

Selain itu, dengan memori penyimpanan Internal drive yang mencapai 512 GB tentu akan memudahkan anda menyimpan data baik berupa file dokumen, gambar, video dan audio berukuran besar tanpa merasa khawatir memori internal tidak mencukupi kebutuhan penyimpanan data.

Salah satu aktivitas multitasking pekerja kreatif adalah membuat karya dengan penggunaan perangkat luar. Dibekali dengan external I/O Ports Thunderbolt™ 4, pekerja kreatif dapat melakukan aktivitas multitasking dengan menghubungkan perangkat luar berkecepatan tinggi. Dengan Thunderbolt™ 4 yang memiliki bandwidth 40 Gbps, proses transfer data dapat dilakukan dengan cepat sekaligus memberikan daya ke perangkat kompatibel secara bersamaan.

4. EliteBook 1040 G10 dilengkapi dengan  Security software license HP Wolf Pro Security 


Security software license HP Wolf Pro Security
Security software license HP Wolf Pro Security 

Pekerja kreatif yang memang bekerja dalam ranah teknologi digital, tentu membutuhkan keamanan data dan file. Untuk itu, HP EliteBook 1040 G10 dilengkapi HP Wolf Pro Security yang merupakan platform pengelolaan dan analisis yang menyediakan data penting mengenai perangkat dan aplikasi yang dilengkapi dengan layanan antivirus generasi baru, perlindungan kredensial dengan memblokir serangan phishing dan kontrol berbasis cloud.

5. Baterai Tahan Lama dengan HP Long Life 3-cell, 51 Wh Li-ion


Baterai laptop yang tahan lama dan dapat digunakan diluar ruangan selama berjam-jam tentu menjadi keunggulan sebuah laptop tersendiri. HP EliteBook 1040 G10 memiliki baterai tahan lama dengan HP Long Life 3-cell, 51 Wh Li-ion

Dengan lima keunggulan diatas, HP EliteBook 1040 G10 mampu produktivitas anda sebagai pekerja kreatif sehingga anda dapat bekerja dan menghasilkan karya yang inovatif dan kreatif tanpa kendala.

Kesimpulan 


Agar produktivitas serta kreativitas anda yang berprofesi sebagai pekerja kreatif di era teknologi meningkat serta mampu menghasilkan karya yang original, inovatif dan kreatif maka EliteBook 1040 G10 merupakan laptop komersil HP yang sangat tepat bagi anda. Untuk lebih jelas, anda dapat melihat spesifikais lengkap dari  EliteBook 1040 G10 dibawah ini.
 

Spesifikasi laptop HP EliteBook 1040 G10
Spesifikasi laptop HP EliteBook 1040 G10


Disamping memiliki spesifikasi display berkualitas high end dan memori besar, pekerjaan yang dilakukan secara cepat, mudah, tidak ngeLag menjadi poin penting bagi pekerja kreatif dalam bekerja dan H P EliteBook 1040 G10 mamberikan semua itu  Semoga Review HP EliteBook 1040 G10  untuk  Pekerja Kreatif di Era Digital di artikel ini bermanfaat. 
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

20 komentar

  1. Sekarang mah emang banyak banget pilihan pekerjaan kreatif. Tinggal kita akan fokus ke mana. Lantas memilih tools yang mumpuni kayak HP Elitebook ini.

    BalasHapus
  2. kayanya keren tuh mbk tapi sayang spesufikasinya sulit untuk di baca thanks ya mbk

    BalasHapus
  3. Laptop memang jadi senjata saya dalam menulis, Mbak. Makanya laptop harus mobile, bisa dibawa ke mana-mana, agar bisa menyelesaikan tugas menulis dengan cepat. Dan HP Elitebook ini bisa nih, diajak untuk bertempur menulis.

    BalasHapus
  4. suka banget dengan laptop HP dari dulu karena desainnya tuh tipis-tipis banget sehingga bagi saya yang mobilisasinya tinggi sangat bermanfaat karena ga berat diabwa kemana-mana, apalagi memang speknya mumpuni banget

    BalasHapus
  5. Memori besar, gak ngelag, plus batrei tahan lama itu sesuatu banget yang dibutuhkan oleh para pekerja kreatif kayak kita. Bisa nih laptop HP EliteBook 1040 G10 jadi incaran.

    BalasHapus
  6. Punya laptop yang tepat untuk mendukung aktivitas apapun memang bikin semangat untuk berkarya. Apalagi dengan spek yang ciamik ini ya, dan terbilang gak berat pula

    BalasHapus
  7. Aku ngerasain banget gimana rasanya pake gadget yang memori atau RAM kurang, pasti auto ngelag. Laptop HP ini bisa jadi pilihan ya untuk pekerja kreatif yang anti ngelag

    BalasHapus
  8. HP EliteBook 1040 G10 bakalan jadi idaman buat kita-kita para pekerja kreatif. Baterainya irit jadi bisa nih tahan lama dan bisa kerja di luar ruangan.

    Selain itu, layarnya bisa touchscreen. Kan mantaap bangett.

    BalasHapus
  9. Laptop hp memang sangat bisa diandalkan. Kerja jadi lebih lancar tanpa gangguan yang bikin emosi dan kuat diajak maraton kerja.

    BalasHapus
  10. Semua keunggulan yang dimiliki oleh laptop HP Elitebook ini emamg sangat mendukung para pekerja kreatif ya mbak
    Jadi makin produktif dan kreatif pastinya

    BalasHapus
  11. Tjakep bener dah nih speknya si Laptop HP Elitebook 1040 G10, bikin pekerja kreatif makin nyaman berpikir. hehe..

    BalasHapus
  12. Speknya keren nih... Sangat mumpuni buat pekerja kreatif. Jadi pengin beli juga, tp musti nabung dulu nih.

    BalasHapus
  13. Waaah sama tuh kak. Laptop pertama buat kerja aku dulu jg HP. Yg msh mungil bgt meski udh 11 inch. Emg laptop HP, apalagi yg seri terbaru ini, udh pny fitur mumpuni. Speknya sangat keren sekali utk melibas tugas2 berat seorang konten kreator. Wajib beli nih kak biar cuan kita makin bnyk.

    BalasHapus
  14. kesan pertama, aku suka bgt sm sleek desainnya, keren sih, memang cocok juga nih speknya buat para pekerja kreatif, buat ditenteng juga kece kalo pas WFC or WFA

    BalasHapus
  15. Speknya keren yaa mbaa. Desainnya juga classy. Bisa nih jadi pertimbangan kalo mau ganti laptop

    BalasHapus
  16. Cakep banget HP Elitbook.
    Pangling liat HP nih.. Sekarang ada yang speknya khusus untuk pekerja kreatif dan anak muda.

    BalasHapus
  17. Sangat butuh ya laptop yang menunjang pekerjaan
    Saya pun ini menanti diberi laptop HP
    Soalnya yang lama bisa dipake anak buat coding
    Kalau kerja dengan laptop yang punya spesifikasi andal bisanya akan memudahkan dan akan lebih produktif

    BalasHapus
  18. Mupeng dengan Laptopnya secara aku belum.punya...menulis blog membuat konten hanya memaksimalkan dari hp aja... Nabung dulu semoga di beri rejeki beli laptop khusus buat kerja emak. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  19. Wah iyaa ini HP kayak laptopnya ayahku, sejak 2010 lhoo bayangin, skrg 2023 dan performanya masih buagusss banget, dipake buat kerja, presentasi, itu sihhh dan memang ngga untuk ngegame hihi makanya sampe skrg pun performa baterai masih bagusss

    BalasHapus
  20. Jadi pengen beli laptop HP Elitebook 1040 G10 nya kak.
    Desainnya keren, dan premium, tapi harga belum masuk kategori kantong nih kak.
    Hahahah

    BalasHapus

Posting Komentar