artjoka

Tips Memulai Bisnis Rumahan Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga

38 komentar
Tips Memulai Bisnis Rumahan
Tips Memulai Bisnis Rumahan 


Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa berkarya dan berdaya dari rumah? Tentu saja bisa. Bisnis rumahan kreatif untuk ibu rumah tangga bisa menjadi salah satu upaya untuk ibu bisa berkarya dan berdaya dari rumah.

Bisnis rumahan adalah segala jenis usaha yang dijalankan di rumah dimulai dari kegiatan administrasi, kegiatan operasional, proses produksi, transaksi jual beli, pemasaran produk, gudang, dan lain sebagainya. Ibu rumah tangga dapat memulai bisnis rumahan dengan keuntungan tidak perlu membayar sewa tempat karena semua kegiatan ekonomi dan produksi dilakukan di rumah.

Terdapat banyak jenis bisnis rumahan, salah satunya adalah bisnis rumahan kreatif. Lantas apa itu  bisnis rumahan kreatif? Bagaimana tips memulai bisnis rumahan kreatif untuk ibu rumah tangga? Yuk baca selanjutnya.


Definisi dan Peluang Bisnis Rumahan Kreatif


Definisi bisnis rumahan
Definisi Bisnis Rumahan kreatif


Bicara soal bisnis rumahan kreatif maka tidak akan lepas dari industri kreatif dan juga ekonomi kreatif, mengapa? Karena bisnis kreatif merupakan bagian dari industri kreatif dalam ruang lingkup kegiatan ekonomi kreatif.

Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Sementara itu, menurut John Howkins dalam buku The Creative Economy: How People Make Money from Ideas menyatakan bahwa, ekonomi kreatif merupakan aktivitas masyarakat dalam menghasilkan ide kreatif dan terus berkreasi untuk mencapai kemajuan dalam aspek ekonomi.

Lantas kegiatan pengembangan ekonomi kreatif diimplementasikan dalam industri yang menghadirkan produk kreatif. Industri kreatif berfokus pada menciptakan barang dan jasa dengan bermodalkan keterampilan dan keahlian, minat, bakat, serta kreativitas dalam prosesnya. Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif dan menjadi subsistem dari ekonomi kreatif. Industri kreatif merupakan mekanisme dalam menghasilkan nilai ekonomi pada ekonomi kreatif.

Bahkan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, menyatakan bahwa industri kreatif merupakan industri yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif. semua yang melibatkan kreativitas manusia dan melakukan komodifikasi ide-ide kreatif tersebut menjadi sesuatu yang bisa dijual dan menjadi bisnis kreatif.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, 
Bisnis rumahan kreatif merupakan usaha kreatif yang bermodalkan ide, gagasan unik dan inovatif, keterampilan & keahlian yang dilakukan di rumah. 
Lantas apakah bisnis rumahan kreatif dapat menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan? Tentu saja. Keunikan dan value inovatif dari produk atau layanan yang dihasilkan dalam bisnis kreatif memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh bisnis konvensional sehingga mampu menarik perhatian konsumen.


Ide Bisnis Rumahan Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan


Bisnis rumahan yang menjanjikan
Bisnis rumahan yang menjanjikan


Terkadang kita membutuhkan inspirasi ketika hendak memulai bisnis rumahan. Anda dapat mempertimbangkan ide bisnis rumahan dalam artikel ini. Berikut ide bisnis rumahan yang saya rangkum dari situs www.yukjualanonline.com yang terdiri dari dua jenis, yaitu bisnis rumahan kreatif berbasis produk dan bisnis rumahan kreatif berbasis layanan.

Bisnis Rumahan Kreatif Berbasis Produk


Bisnis rumahan kreatif berbasis produk adalah bisnis rumahan yang berfokus pada menciptakan produk yang orisinil, inovatif dan berbeda dengan produk yang sudah ada. Berikut beberapa ide bisnis rumahan kreatif berbasis produk, yaitu :

1. Inovasi produk makanan atau minuman


Anda pernah mendengar inovasi makanan cemilan keripik seperti pikset, maicih dan keripik kulit bawang? Ketiganya merupakan inovasi produk makanan yang tengah hits, Berawal dari kreativitas dan inovasi yang tidak biasa, bahan makanan yang umum bahkan tidak dihiraukan ternyata bisa menghasilkan pundi - pundi rupiah dan menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.

Anda bisa mencoba menggali ide membuat cemilan unik dari mangga yang dijadikan keripik, atau inovasi berbagai jenis kue atau makanan tradisional. Anda juga bisa membuat kue lebaran, brownies low sugar, Pastry atau menjual minuman kekinian. 

Tidak hanya snack, cemilan atau minuman kekinian, anda juga bisa membuka bisnis mie seperti bakmi atau ramen yang diolah dan diracik dengan bumbu resep sendiri. Sesuaikan dengan lidah target konsumen dengan aneka toping dan paket mie yang menarik. 

2. Membuat produk fashion sendiri


Bagi anda yang menyukai industri fashion dan gemar menjahit, membuat produk atau ingin memiliki brand fashion sendiri, membuat produk fashion sendiri bisa menjadi pilihan bisnis ibu rumah tangga yang anda coba. Tidak hanya fashion, anda juga bisa membuat produk aksesories, perhiasan, dan tas dengan desain unik dan material yang tidak biasa. 

Anda bisa memanfaatkan material seperti kulit, batu alam, logam, kayu, kain dan plastik untuk membuat aksesoris dan perhiasan. Akan lebih menarik jika anda mengkombinasikan material tersebut, misalnya membuat jam tangan dengan strap rajutan namun jam terbuat dari bahan kayu. Menarik bukan?

3. Membuat produk daur ulang atau produk ramah lingkungan


Isu pemanasan global telah menjadi perhatian penuh banyak masyarakat saat ini. Menyediakan produk daur ulang dan ramah lingkungan tidak hanya merupakan aksi nyata membantu mengatasi permasalahan pemanasan global dan isu lingkungan, namun juga memiliki peluang bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda dapat membuat produk berbahan ramah lingkungan seperti sabun yang terbuat dari bahan alami (handmade), spons untuk mandi dan cuci piring dari gambas hingga produk sustainable fashion dengan konsep eco print dan eco material.

4. Membuat kriya


Anda hobi membuat kerajinan tangan seperti gelas, mug, mangkok, piring atau vas bunga dari tanah liat? Atau anda hobi membuat kerajinan berbahan dasar logam, kulit dan kayu? Maka bisnis kriya merupakan salah satu bisnis ibu rumah tangga yang dapat anda coba. 

Ide bisnis rumahan kreatif berbasis kriya misalnya, Kerajinan tanah liat, kerajinan bambu, kerajinan pelepah daun pisang, kerajinan daun pandan atau rotan. Contoh lainnya, kerajinan dari kayu mahoni atau jati belanda yang tengah hits saat ini karena cocok dengan desain interior minimalis atau desain skandinavian. 

5. Bisnis Tanaman


Selama pandemi, bisnis tanaman merupakan salah satu bisnis rumahan yang terbilang sukses. Tren bisnis tanaman lantas berlanjut hingga sekarang. Anda bisa berjualan tanaman hias dalam pot atau bunga hias potong.

Bisnis Rumahan Kreatif Berbasis Layanan


Bisnis rumahan kreatif berbasis layanan adalah bisnis rumahan yang berfokus menyediakan layanan jasa yang tidak lepas dari minat dan hobi serta keterampilan dan keahlian. Bisnis rumahan kreatif berbasis layanan bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil bahkan nyaris tanpa modal usaha (uang) karena modal utamanya adalah keterampilan dan keahlian.

1. Layanan Grafis 


Bagi ibu rumah tangga yang hobi menggambar, berketerampilan dalam mendesain poster atau membuat logo, senang membuat video, mampu membuat dan mengedit video, anda sangat berpeluang memiliki bisnis rumahan modal kecil yang menjanjikan. Bisnis rumahan seperti membuka jasa desain grafis dan ilustrasi, membuka jasa editing foto dan video serta membuka bisnis percetakan adalah contoh bisnis rumahan yang bisa anda miliki.

2. Layanan Edukasi


Hobi mengajar atau berprofesi sebagai guru? Mengapa tidak mencoba memulai usaha bisnis edukasi seperti membuka jasa kursus online? Cukup menarik bukan sebagai bisnis rumahan hampir tanpa modal? Anda layak mencobanya.

3. Layanan Fotografi


Membuka jasa fotografi di rumah? Mengapa tidak? Terlebih bagi anda yang hobi dan memiliki keterampilan fotografi. Sekarang ini masyarakat banyak yang membutuhkan jasa layanan fotografi untuk berbagai keperluan, mulai dari pas foto, foto keluarga, foto wisuda, foto pertunangan atau pernikahan, foto bersama teman hingga foto produk. Peluang ide bisnis rumahan fotografi tentu besar bukan?

Ide Bisnis Rumahan
Ide Bisnis Rumahan


Tips Memulai Bisnis Rumahan Kreatif


Berikut tips memulai bisnis rumahan kreatif untuk ibu rumah tangga yang dapat dicoba, yaitu :

1. Tentukan hobi, minat atau passion yang akan digeluti


Menentukan minat atau passion yang akan anda jalani sebagai bisnis rumahan akan menentukan keberlangsungan bisnis rumahan itu sendiri di masa yang akan datang. Dengan memilih bisnis rumahan berdasarkan minat dan passion, hal ini akan membuat anda memiliki semangat yang tinggi untuk berusaha agar bisnis yang dijalani berkembang dan sukses serta anda tidak akan ragu ketika mencoba membuat inovasi.

2. Pilih bisnis rumahan yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan


Selain minat atau passion, skill dalam bidang tertentu juga diperlukan. Misalnya anda memiliki hobi olahraga dan ingin membuka bisnis rumahan produk sendiri yang menyediakan pakaian olahraga namun anda tidak memiliki kemampuan produksi. Maka anda perlu mengambil kursus menjahit. Atau seperti saya misalnya yang membuka jasa ilustrasi, mengandalkan hobi saja tidak cukup maka untuk membuat karya lebih baik saya harus upgrade skill dengan mengikuti kursus menggambar. Anda bisa upgrade skill yang anda miliki dengan mengambil kursus offline atau kursus di platform edukasi.

3. Tentukan Keunikan produk dan buat segmentasi pasar


Pisang yang diolah menjadi pisang goreng tentu bukan hal yang baru bukan? Anda perlu membuat keunikan dan inovasi terbaru dari mengolah pisang goreng. Misalnya menjadi cake bolu pisang, brownies pisang, atau ide segar lainnya. Disinilah dibutuhkan daya kreatifitas dalam membuat ide produk yang unik dan inovatif. Dengan demikian akan mudah bagi anda dalam membuat target pasar dan membantu anda mengerucutkan untuk siapa produk anda dipasarkan seperti jenis kelamin, rentang usia, lokasi dan harga.

4. Bergabung dengan eCommerce yang mampu mendukung perkembangan bisnis rumahan yang dijalani


Bisnis rumahan bisa anda miliki dengan membuka offline store atau workshop bagi anda yang memiliki bisnis fashion, kriya atau produk ramah lingkungan dan bisnis tanaman. Namun bergabung dengan eCommerce akan membantu bisnis rumahan anda dalam menjangkau konsumen lebih luas. Pilihlah platform eCommerce untuk jualan online nomor 1 di Indonesia yaitu Lazada untuk membantu bisnis rumahan anda semakin berkembang.

5. Memisahkan keuangan rumah tangga dengan keuangan bisnis rumahan


Salah satu penyebab sulitnya berkembang bisnis rumahan adalah tidak memisahkan keuangan rumah tangga dengan keuangan bisnis rumahan. Dengan tidak memisahkan keuangan rumah tangga dan bisnis rumahan akan berdampak pada resiko keuangan seperti :
  • Kesulitan mengatur cash flow bisnis rumahan
  • Mengalami kesulitan ketika melakukan laporan pajak
  • Mengalami kesulitan ketika hendak mengajukan pembiayaan atau menerima investasi
  • Resiko keuntungan bisnis rumahan terpakai biaya hidup sehari-hari
Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk memiliki pembukuan keuangan terpisah antara rumah tangga dan bisnis rumahan yang akan anda jalani.

6. Perluas koneksi dan relasi


Koneksi dan relasi dapat menjadi modal usaha diluar modal rupiah. Berawal dari koneksi dan relasi  anda dapat memulai bisnis rumahan modal kecil hanya dengan memanfaatkan relasi yang anda miliki. Tidak hanya memperoleh calon klien, relasi juga dapat membantu anda memperoleh bantuan proses produksi, memperoleh bahan baku dan peralatan dengan lebih mudah serta marketing secara tak langsung melalui koneksi dan relasi.

7. Upgrade skill dan Menambah Pengetahuan Bisnis 

Sebelum memulai usaha ada baiknya kita mengetahui apa saja skill yang kita miliki sehingga kita bisa upgrade skill kekurangan. Kamu juga bisa menambah pengetahuan bisnis terutama yang berhubungan dengan jenis usaha yang akan kamu jalani.

Kamu bisa upgrade skill melalui platform edukasi atau membaca artikel yang sangat lengkap di situs yuk jualan online dari Lazada. 

Manfaat Membaca Artikel di Situs ww.yukjualanonline.com


Bisnis ibu rumah tangga di Lazada
Situs www.yukjualanonline.com membantu bisnis ibu rumah tangga berkembang


Jika anda membuka online shop untuk bisnis rumahan anda di Lazada, anda akan memperoleh banyak benefit. Salah satu kelebihan dari platform eCommerce Lazada adalah, hadirnya situs situs Yuk Jualan Online yang disediakan Lazada untuk membantu seller Lazada terkait tips mengenai ilmu, wawasan dan strategi digital marketing dalam menjalani jualan online. Situs Yuk Jualan Online dari Lazada memiliki fitur menarik seperti :
  • Panduan dan bimbingan berjualan di Lazada
  • Informasi inspirasi seputar ide jualan, tren Bisnis dan cerita seller
  • Informasi yang dapat menambah wawasan seller seperti tips jualan dan Lazada University
  • Lazada menyediakan Komunitas bernama Lazada Club yang merupakan komunitas seller Lazada tempat berkumpul dan belajar bersama seputar bisnis dan eCommerce.
  • Lazada mengakomodasi pengembangan ekosistem ekonomi digital melalui program AKAR Digital

membaca artikel di situs yukjualanonline.com
Membaca artikel di situs yukjualanonline.com



Sebagai seller di Lazada, saya sangat terbantu dengan hadirnya artikel di situs yukjualanonline.com. Berikut manfaat manfaat yang saya rasakan setelah membaca artikel dan tips di blog yuk jualan online, diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Artikel yang disediakan cukup banyak dan mengangkat topik yang menjadi perhatian seller saat ini
  • Saya bisa mengetahui bagaimana cara membuat inovasi produk untuk memenangkan persaingan kompetitor
  • Saya bisa mengetahui tips bagaimana cara meningkatkan skala usaha melalui fitur Tips Jualan
  • Saya bisa mengetahui apa itu live streaming dan bagaimana tips membuat live streaming. Karena jujur saya kurang paham terkait hal ini.
  • Mendapat informasi dan pengetahuan bagaimana berjualan di Lazada melalui fitur wawasan seller
  • Mengetahui tren bisnis saat ini untuk menyesuaikan dengan inovasi produk dan strategi pemasaran melalui fitur Tren Bisnis
  • Mendapat inspirasi usaha dan juga semangat untuk terus membuat inovasi melalui fitur Cerita Seller
Sangat inspiratif sekali bukan artikel yang tersedia di situs yukjualanonline.com? Saya sih terinspirasi dan sangat terbantu ketika saya sedang  ingin mencari ide segar, strategi marketing tertentu atau memperoleh update tren bisnis. 

Upgrade skill bisnis rumahan di situs www.yukjualanonline.com
Upgrade skill bisnis rumahan di situs www.yukjualanonline.com

Tips memulai  bisnis rumahan
Tips memulai bisnis rumahan

Cara Berjualan Online di Lazada


Cara berjualan online di Lazada
Cara berjualan online di Lazada

Salah satu kunci sukses dalam memulai bisnis rumahan kreatif adalah adaptasi dengan teknologi digital yang salah satunya dengan berjualan online di Lazada. Mengapa Lazada? Karena Lazada merupakan platform eCommerce untuk jualan online nomor 1 di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2012.

Berikut keuntungan bagi ibu rumah tangga yang  berjualan online di Lazada, yaitu :
  1. Gratis
  2. Proses pendaftaran mudah
  3. Memiliki platform seller tersendiri
  4. Memiliki program yang akan menaikan skala usaha di Lazada seperti :
  5. Pendampingan new seller selama 90 hari
  6. Inkubasi produk baru
  7. Voucher promosi produk
  8. Komisi 0%
  9. Dapat Paket #NaikKeLaz untuk Jualan
  10. Gratis ikut campaign Lazada
  11. Memperoleh subsidi ongkir dan iklan di Lazada ( syarat dan ketentuan berlaku)

Manfaat jualan online di Lazada
Manfaat jualan online di Lazada

Waaah, keuntungannya banyak sekali ya. Tertarik berjualan online di Lazada? Yuk ikuti langkah cara jualan di Lazada berikut ini :

  1. Daftar akun seller baru di situs yukjualanonline.com lalu klik MULAI BERJUALAN
  2. Anda juga daftar akun seller baru melalui aplikasi Lazada Seller Centre yang bisa diunduh melalui playstore
  3. Daftar sebagai seller dengan input nomor handphone dan lakukan verifikasi OTP melaui Whatsapp
  4. Langkah selanjutnya adalah mengikuti petunjuk verifikasi akun seller dengan mengisi formulir yang tersedia seperti alamat, nama akun, nama toko, dan mengunggah KTP. Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu 24 jam. Setelah terverifikasi anda dapat mulai upload produk.
  5. Selamat berjualan di Lazada!

Cara jualan online di Lazada
Cara jualan online di Lazada

Proses daftar akun seller dan membuka toko online di Lazada mudah bukan? Selain itu, platform seller centre juga memiliki layout yang mudah dan lengkap dengan fitur seller seperti upload produk, informasi campaign, informasi edukasi, analisa performa dan penjualan toko dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat mendekorasi online shop anda sesuai dengan tema atau desain yang sudah anda miliki.


Kesimpulan


Bisnis rumahan kreatif merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang bisa anda coba. Tren ekonomi kreatif yang semakin meningkat di tahun 2023 membuka peluang bisnis kreatif semakin terbuka lebar.

Agar bisnis rumahan yang anda mulai berkembang dan menjangkau lebih banyak pelanggan, anda perlu beradaptasi dengan teknologi digital dan bergabung dengan eCommerce seperti Lazada. Pola dan perilaku belanja konsumen masa kini tidak lagi mengandalkan sistem konvensional, namun memanfaatkan teknologi digital. Untuk itulah perlunya berjualan online untuk produk dari bisnis rumahan kreatif anda di Lazada. Dengan demikian bisnis rumahan kreatif yang anda jalani akan mengalami kesuksesan seiring dengan waktu secara signifikan.

Teruslah berinovasi dan berkreasi karena inovasi merupakan kunci utama dalam bisnis kreatif. Selain itu, anda juga perlu mempertahankan kualitas produk Produk dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Belajar strategi bisnis rumahan di situs www.yukjualanonline.com
Belajar strategi bisnis rumahan di situs www.yukjualanonline.com


Jangan lupa untuk upgrade skill dan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis rumahan di situs  www.yukjualanonline.com juga ya. Yuk berkarya dan berdaya dari rumah dengan memulai bisnis rumahan sekarang juga!

Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

38 komentar

  1. aku tuh pengen banget asli punya bisnis rumahan gitu, lelah banget jadi budak korporat huhuu, kayanya harus coba praktekkin tips2 dari dirimu nih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp kak sambil kerja sambil punya bisnis rumahan juga bisa, jadi kita bisa punya dua pintu penghasilan. bisnis rumahan juga ada yang bisa dijalanin nyambi kok

      Hapus
  2. Banyak ide untuk memulai bisnis seperti ini. Tinggal dilihat aja ya bakatnya ke arah mana, atau yang sedang digandrungi dan si pelaku bisnisnya punya wawasan pada bidang tersebut, bisa nih memulai bisnisnya di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, bener banget. bisnis based on bakat dan minat tuh jadi lebih semangat menjalani bisnisnya

      Hapus
  3. Kadang, ide-ide kreatif bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Berawal dari mencoba melakukan eksperimen mengolah makanan, eh malah menghasilkan inovasi camilan yang kreatif, kayak Maicih.

    Beruntung ya sekarang udah ada website yuk jualan online yang menyajikan banyak sekali tips dan trik berbisnis maupun jualan online. Jadi lebih mudah bagi pemula untuk memulai bisnis dari nol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, ide kreatif yang kadang gak disangka-sangka bisa mendatangkan cuan yang lumayan. buat cari ide, bener banget nih baca baca deh artikel di yukjualanonline

      Hapus
  4. Bermodalkan kreativitas bisa diubah jadi cuan ya Teh Eka.
    Walau bisnis skala rumahan tapi kalau ditekuni pasti berhasil dan membuat banyak keuntungan. Untung sekarang bisa jualan di Lazada sehingga makin banyak buyernya. Menurutku Lazada itu aplikasi belanja yang paling user friendly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget teh, kreativitas bisa apa aja bebas ya sesuai dengan minat dan hobi. jadi lebih semangat kan ya menjalani bisnisnya. aku puas sih jadi seller lazada sekaligus sering juga belanja di lazada, hahaha

      Hapus
  5. Di zaman yang serba digital seperti saat ini berbisnis bisa dilakukan di rumah saja dengan ide bisnis rumahan kreatif dan Lazada bisa jadi rekomendasi untuk kita bekerja sama dalam memasarkan produk yang akan kita jual dengan banyak keuntungan ketika bergabung didalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul banget kak. Bisnis rumahan kreatif jaman sekarang sebetulnya luas banget dan idenya lebih dari yang aku paparkan di atas sih. tinggal di ulik aja

      Hapus
  6. Ternyata kalau kita mau memikirkan soal kreativitas, ada banyak sekali ide yang bisa kita eksekusi untuk menjadi ide bisnis rumahan ya. Sayangnya, ada yang nggak bisa konsisten sih dalam usahanya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaah ini dia tantangannya mba yuni, konsisten. agar konsisten gimana nih? tentu saja banyak sharing, baca artikel di yukjualanonline dan disipilin sih

      Hapus
  7. Bisnis rumahan dengan modal kecil bisa menghasilkan banyak ya. Asalh mau berproses dan mau konsisten dalam menjalani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss betul banget kak, konsisten adalah kunci keberhasilan ya

      Hapus
  8. Ibu rumah tangga juga bisa tetap menghasilkan cuan ya mbak
    Dengan menbuat bisnis rumahan kreatif dari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul kak, tinggal di ulik nih minatnya ke arah mana

      Hapus
  9. Wow ibu rumah tangga juga bisa berdaya dari rumah ya mba. Apalagi sekarang ada Lazada untuk jualan online ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lazada bantu banget bisnis rumahan kreatif loh mba, bisa jual apa aja di lazada. produk sendiri apalagi, campaignnya banyak banget

      Hapus
  10. Zaman sekarang hal yg kreatif bisa jadi cuan ya, teh. Hehe.. Apalagi ada Lazada sama situs Yuk Jualan Online nya nih yg bisa jadi panduan buat pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, asal kreatif. caranya gimana biar kreatif? banyak banyak baca, jalan-ajalan dan sharing. eh jangan lupa baca juga artikel di yukjualanonline

      Hapus
  11. Menjalankan bisnis rumahan dan join jadi seller Lazada, ini merupakan keputusan tepat. Gabung di Lazada banyak keuntungan dan jangkaunnya luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja kak, yuk cobain kak mulai bisnis rumahan kreatif dan jualan juga di lazada

      Hapus
  12. Wah harus ikutan coba nih bisnis rumahannya. Siapa tahu bs menghasilkan pendapatan lbh dr pekerja kantoran. Pelan2 sambil belajar tuh. Apalagi dibimbing langsung ama Lazada shg bisnis kita akan diawasi hingga berkembang. Harus ikutan jg nih cara jualan di Lazada biar omzet kita naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak sih pembisnis rumahan yang omsentnya ngalahin pegawai kantoran, hehehe. tapi kerjaan kantoran juga better gak di tinggalin. karena emang bener sih, seller lazada dibantu banget sama lazada seller

      Hapus
  13. Bisnis rumahan ini cocok banget buat ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan dari rumah. Buat yang baru mau terjun, harus banget cobain jualan di Lazada karena Lazada memiliki situs yang dapat membantu seller dalam mengembangkan bisnisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget kak, ibu rumah tangga juga bisa banget punya penghasilan dengan mulai bisnis rumahan terlebih ada lazada yaaa yang bisa bantu bisnis rumahan berkembang

      Hapus
  14. jualan makanan dan minuman emang udah paling gampang deh. aku punya temen yang di kompleknya tuh hampir semua ibu-ibunya jualan gitu, jadi kayak nyari apa aja tinggal chat. langsung dikirim ke rumah :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiih iyaaa ibu rumah tangga sekarang tuh sebetulnya kreatif - kreatif yaaa, apalagi komunitasnya kan banyak. peluang banget buat bisnis, hehehe

      Hapus
  15. wah aku juga baru cobain daftar lazada mba, aku baru di tahap upload ktp, hihi.. semoga lancar ya membuka toko online dan offline..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahhh mantap nih mba, semangat mba! semoga lancar memulai bisnis rumahannya yaaa

      Hapus
  16. Lazada keren karena sellernya yang oemula kayak berasa dibimbing nggak dibiarkan sendirian jalan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kan ada lazada university juga yukjualanonline yang bisa bantu seller memulai bisnis ya

      Hapus
  17. Ternyata asyik banget ya jualan di Lazada itu. Proses pendaftarannya pun gampang dan ada pendampingan bagi seller.

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftarnya gampang banget dan prosesnya cepet. paling lama 1 hari karena proses verifikasi kartu ID aja, selebihnya upload dan lain sebagainya gampang banget

      Hapus
  18. Iya lo, sekarang industri rumahan apalagi makanan dan minuman bisa menjadi pilihan karena lebih fleksibel dari waktu dan waktu pengerjaan juga sekaligus menyajikan makanan sehat untuk buyer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide nya bagus nih, bisnis rumahan makanan sehat. masih jarang loh mba, yuk cobain mba

      Hapus
  19. Wah iya juga ya, ibu-ibu bisa bisnis yang eco friendly atau eco material gitu. Bisnis tanaman juga kayaknya menyenangkan.Sekarang kalau mau jualan jadi sat set juga kalau jadi seller Lazada ya kak. Banyak keuntungannya, apalagi banyak artikel edukasinya di blog yuk jualan onlinenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisnis eco friendly lagi bagus nih mba dan peluangnya oke banget

      Hapus

Posting Komentar