KiriminAja, Aplikasi Kirim Paket yang Mendukung UMKM Go Digital

16 komentar
KiriminAja, Aplikasi Kirim Paket Mendukung UMKM Go Digital
KiriminAja, Aplikasi Kirim Paket Mendukung UMKM Go Digital ( Idok. pribadi dibuat menggunakan canva)


Usaha aku kok mandek ya? Gak berkembang dan omset malah menurun, kenapa ya? “ Keluh salah satu teman yang juga menjalani bisnis fashion seperti saya,

Coba deh usaha usaha kamu jadi Go Digital, adaptasi dengan teknologi digital. Kamu coba deh punya online shopnya. Terus pakai sistem transaksi digital, pakai aplikasi gitu pembayarannya. Terus, kamu coba juga pakai aplikasi kirim paket biar lebih mudah kirim paketnya” Jawab saya,

Ohh gitu ya, emang ngaruh ya?” Tanyanya agak sanksi,

Ngaruh dong! Nih kayak aku nih yang sekarang jualannya di sosmed. Aku gak perlu sewa toko jadi modal yang dikeluarkan gak besar kan? Terus aku juga pakai aplikasi kirim paket. Jadi aku gak perlu lagi dateng ke cabang ekspedisi, lebih efisien kan?" Jawabku dengan percaya diri,

Kalau usaha aku juga Go Digital bisa nambah omset ya?” Tanyanya penasaran,

Tentu dong! Omset aku lumayan naik sih meski belum terlalu besar karena masih berproses. Tapi seenggaknya usaha aku bisa bertahan bahkan jadi penyelamat keuangan keluarga waktu pandemi dan terus berlanjut hingga sekarang”

Wah, aku juga mau dong usaha aku jadi Go Digital” Jawabnya antusias.

Percakapan di atas hanya satu dari sekian temuan saya terkait keluhan sesama pelaku UMKM saat ini. Teman saya yang lain bahkan lebih dari sekadar mengalami omset yang menurun,  tetapi usaha yang dijalaninya terpaksa gulung tikar selama pandemi.

Kok bisa?  Terdapat banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah menurunnya penjualan selama pandemi dan teman enggan beradaptasi dengan teknologi digital untuk mempertahankan bisnis dan usahanya. Akibatnya, pelanggan beralih ke UMKM lain yang memiliki online shop dan eCommerce. 

Hal ini mengisyaratkan bahwa hadirnya teknologi internet berdampak signifikan terhadap atmosfer ekosistem bisnis termasuk UMKM. Era digital telah melahirkan budaya baru tidak hanya terkait penerimaan informasi tetapi juga pola dan perilaku belanja konsumen. 

Secara tidak langsung hal ini juga berdampak terhadap bisnis dan usaha konvensional yang pada akhirnya mau tidak mau pelaku UMKM harus mengikuti perubahan dan beradaptasi dengan teknologi digital agar mampu bertahan dan bersaing di era digital.

Hadirnya eCommerce membantu UMKM untuk memiliki online shop beriringan dengan munculnya beragam jasa ekspedisi dan aplikasi kirim paket yang membantu proses pengiriman produk lebih efektif dan efisien.


KiriminAja aplikasi kirim paket
KiriminAja, aplikasi kirim paket


Dengan hadirnya aplikasi kirim paket pelaku UMKM akan mendapat dukungan penuh terkait pengiriman paket produknya hingga ke tangan konsumen di seluruh wilayah di Indonesia. 

Lantas apa itu UMKM Go Digital? Apa Manfaat jika UMKM milik kamu menjadi Go Digital? Bagaimana dukungan aplikasi kirim paket KirminAja membantu UMKM agar Go Digital? Yuk Baca selanjutnya.

Apa itu UMKM Go Digital dan Bagaimana Cara Agar UMKM Go Digital?


Dikutip dari situs sobatpajak menyatakan, UMKM go digital adalah proses adanya perubahan ekosistem bisnis yang bersifat konvensional menjadi virtual digitalisasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses berjalannya usaha.

Namun demikian, UMKM yang sudah kamu jalankan secara konvensional seperti usaha coffe shop misalnya, bukan berarti mati suri dengan hadirnya teknologi digital dalam ekosistem bisnis UMKM. 

Namun, jika tidak segera Go Digital maka terdapat kemungkinan usaha yang kamu jalankan stagnan atau bisa jadi mengalami kemunduran mengingat pola dan perilaku konsumen sekarang yang sudah menggunakan teknologi digital.

Tidak ada salahnya kok jika kamu sebagai pelaku UMKM menjadi Go Digital karena ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh UMKM jika menerapkan Go Digital.

Manfaat UMKM Bertranformasi Menjadi UMKM Go Digital


1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Bisnis konvensional tentu memiliki kelemahan jangkauan pasar yang terbatas. Dengan UMKM Go Digital masalah tersebut dapat terpecahkan. Kamu dapat memanfaatkan teknologi digital seperti eCommerce, platform social media hingga aplikasi agregator logistik seperti KiriminAja untuk mempermudah pengiriman produk.

2. Mempertahankan konsumen loyal

Tidak sedikit konsumen loyal yang tidak lagi loyal dikarenakan sistem pembayaran dan transaksi yang konvensional. Salah satu alasannya adalah sistem transaksi yang tidak digitalisasi. Dengan menggunakan sistem transaksi atau pembayaran digital seperti sistem pembayaran menggunakan Qris dan transfer melalui mobile banking atau aplikasi pembayaran lainnya serta sistem kasir. hal ini tentu dapat mempertahankan konsumen loyal bukan?

3. Efektivitas pengelolaan bisnis

Dengan hadirnya aplikasi agregator logistik, platform eCommerce, aplikasi kasir dan sistem pembayaran digital tentu akan membantu dalam mengelola bisnis UMKM lebih efisien. Tidak hanya efektivitas dalam sistem pengaturan stok barang, tapi juga dalam melakukan analisis penjualan, laporan keuangan hingga efektivitas sistem pengiriman barang dimana kamu dapat menggunakan sistem pick up dalam proses pengiriman produk. Sangat efektif bukan?

4. Efisiensi Biaya

Efektivitas pengelolaan bisnis secara tidak langsung akan berdampak terhadap efisiensi biaya seperti biaya ongkos menuju cabang ekspedisi, biaya sewa lahan/kios bagi pelaku UMKM yang fokus pada online shop.

Lantas bagaimana agar UMKM Go Digital? Pertanyaan yang sama yang dilontarkan oleh salah satu teman saya di atas bukan?

Cara Agar UMKM Go Digital 


1. Miliki Online Shop

Untuk menjangkau pasar lebih luas dan mempertahankan konsumen loyal, pelaku UMKM bisa memiliki online shop dengan cara bergabung dengan eCommerce atau memiliki website sendiri.

2. Gunakan sistem pembayaran digital

Gunakan sistem pembayaran digital seperti platform pembayaran, Qris dan mobile banking. Dengan menggunakan sistem pembayaran digital tentunya akan memudahkan pelanggan loyal maupun pelanggan baru untuk melakukan pembayaran produk.

3. Gunakan aplikasi kirim paket terpercaya

Salah satu hal yang cukup penting dalam menjalani UMKM Go Digital adalah penggunaan aplikasi kirim paket. Dengan demikian proses pengiriman hingga pelosok Indonesia dapat dengan mudah dilakukan secara efektif dan efisien. KiriminAja adalah satu aplikasi kirim paket yang memiliki fitur lengkap dengan pilihan sistem pembayaran beragam.

KiriminAja dan Dukungan Terhadap UMKM Go Digital


Sebagai pelaku UMKM yang sudah Go Digital dan memiliki online shop untuk berjualan produk fashion, kehadiran aplikasi kirim paket saya rasakan sangat membantu dalam pengiriman produk hingga ke tangan pelanggan.

Sebelumnya saya menggunakan sistem pengiriman konvensional dengan mendatangi cabang ekspedisi langganan (drop off). Tidak hanya itu, saya biasanya menggunakan cara mengunjungi situs jasa kurir untuk mengetahui berapa ongkos kirim yang harus dibayar oleh konsumen dan cara ini dirasa kurang efisien karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Lantas, saya bertemu dengan KiriminAja yang merupakan aplikasi kirim paket yang menjadi agregator logistik yang memberikan kemudahan untuk pengiriman paket COD & Non COD. Saya bisa mengirim paket dengan lebih efisien hanya dalam satu genggaman gadget saja. Saya pun bisa menjalani bisnis fashion yang saya dan pasangan jalani dengan lebih tenang dan nyaman.

KiriminAja, nyatanya menjadi aplikasi kirim paket yang sangat mendukung UMKM Go Digital karena mempermudah proses pengiriman paket yang terlihat dari layanan yang disediakan KiriminAja lewat aplikasinya.

Logistik merupakan salah satu faktor penting dalam bisnis online. Hal ini karena logistik berkaitan dengan proses pengiriman produk ke pelanggan. Jika proses pengiriman tidak berjalan lancar, maka dapat berdampak negatif pada kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis.

Melalui tagline "Connect to make impact"  KirminAja secara nyata mendukung UMKM Go Digital dimana KiriminAja berperan sebagai agregator logistik yang berintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman Untuk membantu UMKM mengatasi masalah logistik, sehingga UMKM dapat mengirimkan produknya ke berbagai wilayah di Indonesia dengan mudah dan efisien.

Keunggulan KiriminAja yang Mendukung UMKM Go Digital


Lebih dari sekedar mengirim paket, KiriminAja juga memiliki berbagai keunggulan yang mendukung UMKM Go Digital, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Meningkatkan efisiensi proses pengiriman

KiriminAja dapat membantu UMKM menghemat waktu dan tenaga dalam proses pengiriman. UKM tidak perlu lagi melakukan perbandingan harga dan layanan dari berbagai jasa pengiriman secara manual.

2. Berintegrasi dengan ekspedisi terbaik

Melalui fitur KIRIMIN di aplikasi KiriminAja, pelaku UMKM dapat melakukan pengiriman dengan mudah dengan pilihan jasa pengiriamn yang disesuaikan dengan kebutuhan atau kehendak konsumen. 

Melalui fitur KIRIMIN yabg terdapat di beranda aplikasi, kamu dapat juga mengetahui berapa nominal ongkos kirim yang harus dikeluarkan oleh konsumen dengan pilihan berbagai jasa ekspedisi. Lebih mudah dan efisien bukan? 

Cek ongkir tidak lagi membutuhkan proses yang panjang dengan mengakses satu per satu situs jasa ekspedisi. Hanya dengan menggunakan aplikasi KiriminAja, kita dapat mengetahui berapa ongkir dari berbagai jasa ekspedisi.


Cek resi di KirminAja
Cek resi di KirminAja ( Referensi situs KirminAja)


Saat ini, KiriminAja sudah bekerjasama dengan berbagai jasa pengiriman diantaranya NSC, Sentral cargo. anteraja, Ninja express, ID Express, Lion Parcel, j&t cargo, RPX, paxel. Pos Indonesia, Go send, Grab express, Borzo, JNE, J&Tt express, sicepat,

Selain itu, KiriminAja juga memiliki dua jenis pilihan pengiriman yaitu layanan kirim instan dan reguler. Melalui fitur ini kamu dapat mengirim paket dengan durasi sangat cepat atau instan dengan pilihan platform jasa kurir seperti Go Send, Grab Express dan Borzo.

3. Memiliki Layanan Otomatis

Kamu dapat mencetak resi / AWB, tracking, saldo COD dan banyak fitur lainnya untuk kemudahan proses dan laporan pengiriman.

4. Tersedia Laporan Aktual

Di KiriminAja kamu akan mendapat Kemudahan pantau paket, pencairan COD, saldo, semuanya. Selain itu, KiriminAja juga memiliki layanan cek resi yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan paket teraktual dan terupdate.

5. Menyediakan Pencairan COD Tercepat

Tidak perlu menunggu lama untuk mendapat Layanan pencairan COD di KiriminAja karena prosesnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam setelah paket sampai di tangan pelanggan.

6. Memiliki Fitur Undelivery

Masalah paket tidak terkirim atau terhenti di satu poin tidak akan terjadi karena KiriminAja akan memastikan paket tidak langsung kembali (hold package) dan bisa diantar ulang sampai ke pelanggan.

7. Customer Service yang Fast Respon

KiriminAja memiliki customer service yang fast respon dan tersedia setiap hari tanpa libur mulai dari pukul 09.00 - 23.00 dan yang selalu terhubung dengan pihak jasa pengiriman.


Keunggulan KiriminAja yang mendukung UMKM Go Digital
Keunggulan KiriminAja yang mendukung UMKM Go Digital ( infografis dok. pribadi)


Cara Daftar dan Kirim Paket di Aplikasi KiriminAja


Kamu hanya perlu mendownload aplikasi KiriminAja yang tersedia di Playstore untuk daftar dan mulai kirim paket menggunakan beragam pilihan jasa kurir di aplikasi KiriminAja. Bagi kamu pengguna IOS kamu juga dapat mendownload melalui apple store. Cukup mudah bukan?

Berikut cara daftar dan kirim paket di aplikasi KiriminAja :
  1. Download melalui Playstore atau Apple Store
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi form data seperti nama, alamat dan nomor telepon
  3. Lakukan verifikasi identitas
  4. Klik fitur Kirimin yang terdapat di beranda aplikasi atau klik saja ikon + yang terdapat di menu bawah aplikasi
  5. Pilih jenis pengiriman, paket instant atau regular
  6. Input nama penerima, no telepon, alamat dan informasi barang serta tipe pengiriman ( COD atau Non COD). Melalui fitur ini kamu juga bisa memilih opsi penjemputan, apakah pick up atau drop off. Lalu pilih ekspedisi yang akan digunakan
  7. Klik proses sekarang
  8. Pilih metode pembayaran
  9. Selesai dan menunggu jadwal pick up jika kamu memilih opsi penjemputan pick up

Cara daftar dan kirim paket di aplikasi KiriminAja
Cara daftar dan kirim paket di aplikasi KiriminAja (Dok. pribadi)

Cara daftar di aplikasi KiriminAja
Cara daftar di aplikasi KiriminAja  (Dok. pribadi)

cara daftar dan kirim paket di aplikasi KiriminAja
Cara daftar dan kirim paket di aplikasi KiriminAja (Dok. pribadi)

cara  kirim paket di aplikasi KiriminAja
Cara kirim paket di aplikasi KiriminAja ( Dok. Pribadi)

Kesimpulan : UMKM Sukses dan Berkembang Bersama KiriminAja


UMKM Go Digital kini tak lagi menjadi kendala. Kamu bisa mulai melakukan reformasi usaha menjadi Go Digital mulai dari menggunakan KirminAja yang secara nyata dapat mendukung operasional usahamu.

Lebih dari sekedar mengirim paket, KiriminAja berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pengembangan bisnis UMKM dengan menyediakan pelayanan dan inovasi yang dibutuhkan dalam sistem pengiriman paket UMKM. Jangan ragu untuk menjadi UMKM Go Digital dan raih kesuksesan bersama KiriminAja.


Tagline KiriminAja mendukung UMKM Go Digital
Tagline KiriminAja mendukung UMKM Go Digital


Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

16 komentar

  1. Menguntungkan banget ya aplikasi kiriminaja ini memudahkan pelaku bisnis. Jadi kita engga perlu ribet anter ke ekspedisi gitu ya? Tinggal tunggu jadwal pickup, terus bisa terpantau deh barang kita sudah sampai tujuan atau belum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba aku pernah pakai juga aplikasi ini. Apalagi bisa pick up pake beberapa jasa antar yang berbeda misal customer request minta jasa kirim yang berbeda

      Hapus
  2. menurutku aplikasi kiriminaja ini termasuk paket lengkap dan komplit banget. bagi UMKM pun jadi makin terbantu krn ada layanan otomatis, traking paket yang terhenti hingga pengiriman paket COD,

    BalasHapus
  3. UMKM hari gini juga harus berkembang dong seiring majunya teknologi digital. Bener kalo banyak yang ngeluh omset turun ya karena pasarnya itu2 aja.
    Kalo jualan online mah bisa menjangkau daerah lebih luas, apalagi ada kirimin aja yang bantu ngirimin produk jualan kita.

    BalasHapus
  4. Seneng bgt ada jasa ekspedisi yg memudahkan UMKM kirim paket. Smkn bnyk pilihan, kita jg bs menyenangkan pembeli. Mereka bs pilih ekspedisi termurah. Salut buat KiriminAja yg bikin jasa pengiriman brg makin bersaing.

    BalasHapus
  5. Jaman yang sudah berkembang dengan digitalisasi ini memang kudu dimanfaatkan nih, gak hanya pembayarannya aja tetapi juga dalam hal jasa pengirimannya juga.
    Cari yang praktis, seperti ini, bisa dipantau pula statusnya di mana. Jadi membuat mudah bisnis yang dijalankan ya

    BalasHapus
  6. Aku juga sebenernya di circle pengusaha. Suka salut banget bagi yang bisa dengan cepat adaptif berjualan online, sehingga membuka kemungkinan untuk dikenal secara lebih luas dan untuk pengiriman, mengandalkan KiriminAja.

    Yang buyer tau adalah paket sampai dengan selamat. Tapi dari sisi seller tentu memikirkan banyak hal secara mendetail seperti keuntungan saat menggunakan jasa KiriminAja di atas yaa..

    BalasHapus
  7. Ini jadi enak yaa kalo paket pun mereka bisa pickup ke tempat penjual jadi hemat waktu juga untuk packing dan pengirimannyaa hihi.. kiriminAja thebest sih emang

    BalasHapus
  8. wah banyak sekali ya ternyata keunggulannya, cara daftarnya juga mudah sekali, bakal jadi sahabat para UMKM atau pemilik bisnis pastinya, apalagi sekarang semua yang UMKM mulai go digital,

    BalasHapus
  9. UMKM Go Digital ini penting banget ya sekarang biar ga terlibas persaingan. Pemilik bisnis harus mau mulai mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya dengan maksimal. Lalu harus selektif juga bekerja sama dengan kurir pengiriman. Untungnya sekarang udah ada kiriminaja ini.

    BalasHapus
  10. Kirim Aja seolah mengumpulkan berbagai ekspedisi pengiriman di dalam satu wadah alias satu aplikasi pengiriman yang bikin banyak UMKM bisa Go Digital karena urusan menyampaikan barang pesanan konsumen jadi lebih mudah ya. Pas sih buat dilirik para pelaku bisnis saat ini.

    BalasHapus
  11. Hadirnya Kiriminaja pastinya mempermudah para UMKM dalam mengirimkan produknya ke customer. Apalagi sekarang pengiriman cepat dengan biaya terjangkau menjadi kuncinya

    BalasHapus
  12. Kehadiran aplikasi KiriminAja sangat memudahkan para UMKM ya terutama yang baru go digital, nggak perlu ribet lagi ke kantor ekspekdisi, tinggal atur pengiriman dari rumah dan kurirnya yang akan langsung menjemput paketan.

    Praktis banget mah ini so kalau mau kirim barang jualan ya di KiriminAja

    BalasHapus
  13. KiriminAja makin unggul nih. Apalagi dukung UMKM Go Digital, jadi bisa bikin sama-sama maju dan berkembang kan ya.

    BalasHapus
  14. Kirimin aja memang pas buat dijadikan tempat pengiriman barang. Bisnis gak mandeg lagi deh

    BalasHapus
  15. UMKM kudu punya kirim ke Kiriminaja daftarnya gampang, dan mudah dalam pengoperasianya. Sy kasih tau temen ya kak, thanks infonya,

    BalasHapus

Posting Komentar