Mengenal Desain Minimalis

mengenal desain minimalis





Mengenal Desain Minimalis. Pernahkah kalian melihat desain rumah dan interior yang sederhana, rapi dan bersih tapi bentuknya modern? atau web design yang minimalis dan clean? atau feed instagram yang sederhana tanpa banyak ornamen dan menggunakan tone warna yang soft? pasti pernah lah ya, ketiga pertanyaan diatas memiliki kesamaan yang sama, yaitu desain minimalis.

Desain minimalis saat ini menjadi tren dan digandrungi banyak orang. Desain minimalis memiliki kesan sederhana, clean, modern, elegan dan exclusive. Desain minimalis bisa dibilang memiliki pengaruh yang cukup besar dalam banyak bidang.

Desain minimalis tidak hanya terkait bidang arsitektur, tetapi juga interior, seni (Film, Videography, Ilustrasi, desain grafis, fotography ), desain otomotife, perangkat keras, game.

Lantas bagaimana sih sejarah kemunculan desain minimalis ini?


Sejarah Munculnya Desain Minimalis Modern


Faktanya, desain minimalis bukanlah hal yang baru. Seperti halnya sebuah tren, apa yang pernah ngehits di masa lalu akan kembali lagi di suatu waktu di masa yang akan datang. Begitu pula dengan desain minimalis.

Konsep desain minimalis sudah ada sejak tahun 1920. Wow banget ya? Konsep ini muncul pasca PD 1 meletus. Tidak hanya di bidang arsitektur, interior dan seni, konsep minimalis juga muncul dalam dunia desain grafis yang muncul dengan istilah desain swiss.

Di bidang arsitektur, sekitar tahun 1920 terjadi protes yang dilancarkan kepada beberapa aliran arsitektur yang dinilai berlebihan dan boros ketika menggunakan bahan untuk desain dan kontruksi bangunan. Karena hal ini dinilai akan mengganggu keseimbangan alam. Desain yang minimalis dinilai menjadi desain yang mengusung kesederhanaan namun masih memiliki nilai estetika tanpa merubah nilai kenyamanan.

Namun seiring perjalanan waktu, penggunaan istiliah Minimalis merujuk kepada minimalisme yang merupakan sebuah gerakan atau aliran seni yang muncul pada tahun 1960an. Aliran ini memiliki konsep mengurangi bentuk artistik atas dasar pertimbangan logika dan kesederhanaan.

Ternyata istilah Minimalisme merupakan istilah yang digunakan oleh seorang filsuf inggris pada tahun 1965 bernama Richard Wollheim yang menggunakan istilah ini ketika ia mengkritik kelompok seniman yang dinilai minimalis seperti aliran seni yang disebutkan diatas.

Tetapi jauh sebelum istilah minimalisme muncul pada bidang seni, dua orang arsitek yaitu Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier telah dulu menggembar - gemborkan istilah ini.

Ludwig Mies van der Rohe
Ludwig Mies van der Rohe , sumber : Wikipedia



Mereka berdua dikenal luas sebagai para perintis arsitektur Modern pada pasca PD 1 yaitu sekitar tahun 1920 an. Mereka menciptakan gaya arsitektur abad ke-20 dimana Karya bangunananya memanfaatkan material modern seperti baja industri dan kaca pelat untuk menentukan ruang interior. Konsep desain arsitektur yang mereka usung menciptakan arsitektur dengan sedikit kerangka struktur yang diseimbangkan dengan kebebasan ruang terbuka yang mengalir bebas (wikipedia) .

Bisa jadi memang arsitek jerman Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier telah dulu menggembar - gemborkan istilah ini, namun dalam dunia desain grafis istilah ini juga muncul dalam waktu yang bersamaan. Bahkan desain grafis memiliki istilah sendiri yaitu desain swiss, karena memang muncul di negara swiss. Bukan hanya desain grafis, tetapi juga desain interior yang dikenal dengan istilah desain skandinavia. 

Bukan hanya di Jerman dan Swiss, di paris bahkan berkembang design art deco pada masa tahun 1920 an yang mengusung konsep minimalis dan futuristik.

Baik desain minimalis di bidang arsitektur, interior serta grafis, ketiganya berkembang dalam waktu bersamaan juga, yaitu berkisar antara tahun 1960 - 1970.

Desain Minimalis bahkan berkembang di Indonesia pada kisaran tahun yang sama. Sehingga tidak aneh jika menemukan interior jadul seperti lemari, kursi hingga meja miliki kakek - nenek kita di gunakan kembali dan diberi sentuhan yang lebih modern, seperti pengecatan ulang sehingga mengikuti tren warna saat ini.

Dari pemaparan diatas, sudah dapatkan kita menarik kesimpulan apa definisi desain minimalis modern?

Desain Minimalis Adalah


Bicara soal desain minimalis modern maka bidang yang kita maksud adalah desain secara keseluruhan. Lantas apa definisi desain minimalis modern?

Tidak ada definisi tunggal terkait hal ini, karena setiap bidang memiliki konsep, prinsip dan ciri yang berbeda namun memiliki benang merah yang sama. Merujuk kepada situs resmi International design school,

Desain minimalis adalah salah satu tren desain yang tidak terlalu banyak meletakkan berbagai ornamen dan warna. Biasanya, hanya menyisakan elemen-elemen pentingnya saja.
Tujuan desain minimalis adalah untuk membuat konten atau bentuk yang menonjol dan menjadi titik fokus. Dari sudut pandang visual, desain minimalis dimaksudkan untuk membuat semuanya terlihat lebih tenang.

Prinsip Desain Minimalis


Jika dilihat dari konsep dasar serta sejarah munculnya istilah desain minimalis, maka prinsip desain minimalis dapat di definisikan sebagai berikut :

Desain minimalis adalah desain yang memiliki konsep kesederhanaan, natural, efisiensi, mengutamakan fungsi, bersih, stylish, minim ornament, tetapi masih memiliki nilai estetika dan kenyamanan baik secara visual, tekstur maupun Karakter serta mengikuti perkembangan tren.

Lantas seperti apa prinsip dasar desain minimalis? terdapat perbedaan terkait hal ini di setiap bidang namun tetap memiliki prinsip yang sama. Nanti akan saya bahas selanjutnya ya.

Kesimpulan


Desain minimalis memang sedang tren saat ini. Konsep ini merambah ke banyak bidang, arsitektur, interior, desain grafis, otomotif dan lain sebagainya. Konsep minimalis bahkan menjadi gaya hidup, yaitu hidup minimalis dimana menjadikan konsep minimalis sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Konsep desain minimalis menjadi tren dan pilihan saat ini dikarenakan nilai simplicity dan minimalis tetapi masih memiliki nilai estetika dan mengutamakan kenyaman baik secara visual maupun karakter dan visual.

Filosofi minimalisme dalam desain minimalis sejalan dengan filosofi dan konsep hidup minimalis, sehingga banyak digandrungi terlebih mereka yang memiliki gaya hidup minimalis. Karena dirasa mendukung gaya hidup mereka.

Disclaimer :

Tulisan ini ditulis berdasarkan informasi dari beberapa sumber dan disimpulkan oleh penulis, jika ada kekurangan, kesalahan dan informasi yang tidak update feel free untuk menambahkan di kolom komentar ya

22 komentar:

  1. Waaaah pas banget nih kak. Aku juga lagi belajar memulai hidup minimalis. Yang tadinya aku suka kalap belanja onleng. Sejak belajar minimalis aku jadi lebih bisa menahan diri.

    Btw, ini blog kk minimalis bangettt...nyaman deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah senang dapat komen pertama, makasih kak.
      waahh, asyik nih memulai hidup minimalis. semoga jadi lifestyle ya kak. urusan belanja emang bikin kalap apalagi liat diskon dan gratis ongkir, hihihihi. buku apa aja nih yang udah kakak baca? share dong, aku sendiri udah memulia hidup minimalis sejak lama tapi gak ngeh kalo itu teh hidup minimalis, hihihi. jadi pengen baca-baca buku hidup minimalis biar lebih tau lebih dalam.

      makasih kak, templatenya pakai yang gretongan! hihihi. senang kalo kakak nyaman berkunjung ke artjoka :)

      Hapus
  2. Ternyata udah dari 1920, seumuran kayak art deco, karena emang salah satu konsepnya minimalis juga. Tapi kalau soal tren kayaknya emang pasang surut, tiba-tiba booming, tapi kemudian ganti tren yg lain.

    Kalau soal minimalis, saya pun sukanya yg begitu, lebih karena kurang modal sih hehe.

    BalasHapus
  3. Menurut daku desain minimalis itu, memang lebih simple. Nggak terlalu banyak harus gini gitu, tapi modern dan luas. Salah satu impian daku nantinya dengan desain minimalis 😃

    BalasHapus
  4. Wow,, ternyata design minimalis udah ada sejak tahun 1920.. bener-bener enggak nyangka.
    Setelah dewasa, saya jadi suka konsep minimalis karena memang banyak manfaatnya. Bagus untuk lingkungan, (seharusnya) lebih hemat dan sesuai dengan ajaran Islam untuk itudak berlebihan. Impian banget bisa punya rumah dengan design minimalis.

    BalasHapus
  5. Aku pengen banget punya home studio dgn konsep minimalis kak. Dan herannya beberapa furniture minimalis itu harganya maksimalis yess wkkwkkw

    BalasHapus
  6. Aku pribadi kalo utk rumah sendiri suka dengan design minimalis Krn bersihinnya ga susah mba :D. Ga terlalu banyak pernak pernik. Tapiiiii kalo ngeliat rumah orang lain, ntah kenapa sukaaa dgn yg model klasik, ATO yg full ornamen ukiran dan kayu :D. Semakin rumit designnya, makin kagum. Mungkin Krn aku tahu ga bakal pakai gaya itu di rumahku. Jadi cukup menikmati dari rumah2 orang lain ATO hotel2 yg aku inapin. :D. Makanya kalo stay di hotel, aku jrg mau design minimalis.

    BalasHapus
  7. Aku juga tertarik sama desain minimalis. Bahkan pengen ngedesain interior rumah pake konsep minimalis gitu biar ngga semrawut tp harga yg harus dibayar lumayan ya. Hihi

    BalasHapus
  8. Minimalis itu memang cenderung lebih menarik. Nggak banyak barang tapi homey banget. Kelak saat punya rumah sendiri, aku juga menginginkan dengan desaign minimalis juga. Termasuk interior dan eksteriornya.

    BalasHapus
  9. Aku dan suami sangat suka dengan desain yang minimalis. Makanya dari awal punya rumah, lagi nyari-nyari referensi buat desain yang minimalis.

    BalasHapus
  10. Aku kalau nanti punya rumah juga maunya yang minimalis aja karena lebih bisa bikin ruangan keliatan lega dan gak sumpek. Kayaknya udah banyak banget juga sih rumah2 yang design-nya minimalis gini skrg jadi nyari refrensinya juga gak susah hehe

    BalasHapus
  11. Aku juga suka bgt desain minimalis gitu. Pakai warana putih atau warna-warna soft atau pastel

    BalasHapus
  12. Aku salah satu penggemar desain minimalis. Suka aja gitu karena nggak neko-neko. Simple tapi berkelas.

    BalasHapus
  13. desain minimalis, rumah minimalis, hidup minimalis emang lagi hype ya kak sekarang tuh, aku suka sama desain-desain dan pemilihan warna desain minimalis deh, berasa adem aja gitu liatnya.

    tapi sama sekali belum bisa hidup minimalis huhu

    BalasHapus
  14. Gaya hidup minimalis saat ini sedang digandrungi. Dapat inspirasi nih untuk ikut desain minimalis. tapi seminimalis apa pun itu, tetap butuh biaya ya. hehehe

    BalasHapus
  15. kalau bercerita tentang hidup minimalis. saya juga termasuk orang yang begituan. namun dirumah saya sendiri tidak bisa diterapkan sistem seperti itu

    BalasHapus
  16. Wah menarikk nih kak ekaa. Aku jg lagi pengen bangettt punya rumah dengan desain minimalisss.

    BalasHapus
  17. cantik ya minimalist tuh sebetulnya, hehe.. gak banyak macem-macem jadinya malah elegant gitu lhooo :)

    BalasHapus
  18. impian banget punya rumah minimalis dan berusaha hidup seminimalis mungkin

    BalasHapus
  19. Kalau menilik dari historinya seperti yang dirimu paparkan ini, berarti konsep minimalis ini semacam pemberontakan terhadap konsep sebelumnya yang dianggap berlebihan dan boros ya Mbak.

    Jadi, semacam mengurangi hal/aspek berlebih dan mengedepankan hal/aspek yg esensial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak Prim, iya betul kak. awalnya karena protes tapi seiring waktu malah menjadi tren tersendiri

      Hapus
  20. sekarang minimalis sudah jadi tren ya dimana-mana
    lebih simple dan gak boros tadi

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.