ruangbelajar, Layanan belajar online terbaik dari ruangguru Membuat PJJ Makin Menyenangkan

ruangbelajar






ruangbelajar, Layanan belajar online terbaik dari ruangguru Membuat PJJ  Makin Menyenangkan . Halo Moms, apa kabar? seru ya sebentar lagi anak - anak kita akan segera memasuki Tahun ajaran baru . Saya sih excited, karena tahun ini Keenan akan menjadi siswa sekolah dasar setelah kemarin lulus dari Taman kanak - kanak.

Tetapi meski saya excited, ada hal yang agak membuat sedih yaitu fakta bahwa Keenan akan memulai masa sekolah dasarnya dengan belajar menggunakan sistem PJJ atau pembelajaran jarak jauh. Hal ini tentu terkait dengan masa pandemi yang masih kita alami saat ini.

Saya sempat mendapat informasi bahwa tahun ini sekolah akan mulai pembelajaran tatap muka, tetapi siapa yang menyangka penyebaran covid sebulan terakhir ini mengalami lonjakan yang cukup tinggi, sehingga wacana pembelajaran tatap muka kembali menjadi sekadar wacana.

Tentu bukan keinginan kita semua, tetapi demi menjaga kesehatan dan menghindari terpapar virus tentu wacana sekolah tatap muka harus dikaji ulang atau bahkan ditiadakan untuk sementara waktu. Sehingga para siswa akan kembali belajar dengan sistem PJJ atau pembelajaran jarak jauh.

Saya yakin bukan hanya para orangtua, tetapi juga anak - anak akan merasa bosan dan jenuh dengan sistem PJJ ini. Tetapi demi keselamatan jiwa, sebagai orangtua sebisa mungkin kita memberikan pengertian dan pemahaman kepada anak - anak kita mengenai situasi yang tengah kita hadapi bersama terkait pandemi.

Terkait perihal PJJ, Sebagai orang tua saya cukup “kenyang” membersamai Keenan selama satu tahun terakhir selama masa pendidikan di Taman kanak-kanak. PJJ dengan semua dilema dan permasalahannya tentu sudah saya alami dan lalui.

Tetapi, PJJ untuk siswa TK dan SD tentu jauh berbeda. Siswa TK tidak diwajibkan menyelesaikan semua task dan para guru biasanya menyediakan layanan video pembelajaran sehingga orang tua lebih mudah membersamai anak belajar.

Tetapi tidak sama halnya dengan siswa SD, SMP atau bahkan SMA. Berdasarkan pengalaman orangtua yang lebih dulu membersamai anaknya yang SD, tidak semua guru menyediakan layanan video materi pembelajaran. Terkadang guru hanya memberikan tugas yang harus dikerjakan siswa karena berbenturan dengan kurikulum yang harus diselesaikan tepat waktu.

Hal ini tentu menjadi fokus utama saya, bagaimana cara saya mempersiapkan diri untuk kembali membersamai Keenan selama PJJ di Sekolah Dasar kelas satu nanti hingga masa yang belum bisa ditentukan hingga pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan.

Bagaimana caranya agar Keenan masih mau belajar PJJ, tidak merasa bosan, semangat belajar dan mudah memahami materi dari sekolahnya?

Saya sempat bingung dan ragu, mampukah saya membersamai anak saya belajar selama masa PJJ sekolah dasar nanti? persiapan apa yang harus saya lakukan?


Persiapan Membersamai Anak Selama Masa PJJ


Agar Keenan semangat belajar dan mudah memahami materi mata pelajaran sekolah selama masa PJJ, maka saya harus mempersiapkan hal - hal sebagai berikut :

  1. Persiapan mental saya sebagai pengganti guru dirumah. Sebagai pengganti guru dirumah, tentu saya harus mempersiapkan mental untuk siap membersamai Keenan selama masa PJJ
  2. Membuat jadwal rutin harian kegiatan PJJ
  3. Mempelajari materi pelajaran sekolah Keenan sebelum memberikan materi tersebut kepada Keenan. Artinya, saya harus belajar dan memahami materi pelajaran sekolah Keenan.
  4. Mempersiapkan ruangan belajar yang menyenangkan dan kondusif. Seperti menyiapkan meja belajar, papan tulis dan media pendukung belajar lainnya seperti alat tulis, buku dan komputer atau hp sebagai media belajar lewat video.
  5. Menyiapkan jadwal materi pelajaran sekolah harian yang disesuaikan dengan jadwal yang diberikan oleh sekolah

Terkait mempersiapkan diri sebagai pengganti guru dirumah, saya mengalami sedikit kendala. Saya agak kebingungan, bagaimana cara saya agar dapat memahami materi pelajaran sekolah Keenan nanti? Apakah dengan belajar kembali? Menyiapkan materi semalam sebelum materi tersebut diberikan pada Keenan atau bagaimana ya?

Karena saya termasuk orang tua yang agak straight soal pendidikan. Bagi saya, PJJ bukan sekedar anak selesai mengerjakan tugas harian dari sekolah. Saya tidak ingin Keenan sekadar mengerjakan tugas lantas gugur kewajiban kepada lembaga sekolah.

Keenan juga harus memahami materi pelajaran sekolahnya. Jika sekolah hanya soal mengerjakan tugas, lantas apa makna sekolah dimana anak belajar dan memahami suatu ilmu?

Kalau soal mengerjakan tugas, saya khawatir anak jadi berfikiran sekolah itu hanya mengerjakan tugas dan bukannya menimba ilmu. Oleh sebab itu, segala persiapan selama PJJ ini harus disiapkan sedemikian rupa, agar baik orang tua maupun anak bisa belajar bersama dengan situasi yang kondusif dan menyenangkan.

Ditengah kebingungan yang tengah saya rasakan terkait saya yang menjadi pengganti guru dirumah,, saya bertemu dengan layanan belajar online yaitu ruangguru.

Mengapa harus menggunakan layanan belajar online untuk membantu saya mempersiapkan PJJ Keenan?

Mengapa tidak ambil bimbel atau kursus saja? Lebih praktis kan? Tentu, tapi saya punya pertimbangan lain, apakah itu? Yuk simak penjelasan saya selanjutnya.


Mengapa Memilih Layanan Belajar Online

Kegelisahan dan kebimbangan saya sebagai orangtua yang sangat peduli terhadap pendidikan anak tentu akan dirasakan juga oleh sebagian orang tua. Sistem pembelajaran saat ini yang memaksa anak belajar secara PJJ atau pembelajaran jarak jauh tentu akan menjadi masalah baru yang dilalui baik oleh orang tua, anak bahkan guru di sekolah.

Permasalahan yang paling umum dialami adalah minimnya pemahaman orangtua terhadap materi sekolah, anak-anak yang enggan belajar selama masa PJJ karena membosankan dan hanya seputar mengerjakan soal - soal dan bonding antara orangtua dan anak yang menjadi kurang.

Selama masa PJJ, Orangtua tidak lagi hanya sebagai wali siswa yang menitipkan anak-anaknya untuk belajar di lembaga pendidikan sekolah, tetapi orang tua juga harus memiliki kapasitas setingkat guru di sekolah yang mampu membersamai, membimbing dan menuntun anak-anaknya dalam belajar mempelajari mata pelajaran sekolah.

Oleh sebab itu orangtua akan sangat membutuhkan support dari pihak lain baik dari pihak sekolah maupun bantuan dari layanan lembaga pendidikan lain.

Orangtua tentu bebas memilih lembaga pendidikan lain untuk membantu membersamai anak dalam belajar, misalnya lembaga les atau kursus. Tetapi untuk bisa menggunakan layanan ini tentu orangtua harus merogoh kocek yang tidak murah, waktu yang tidak flexible dan berbenturan dengan rasa nyaman anak ketika belajar.

Saya selalu percaya kalau rumah adalah madrasah aula atau sekolah pertama bagi anak-anak. Jadi, sebisa mungkin saya membersamai anak secara langsung selama proses belajar.

Oleh sebab itu, saya memilih menggunakan layanan belajar online untuk membantu saya memahami materi sekolah agar saya dapat membersamai anak dalam belajar selama masa PJJ nanti.

Mengapa harus layanan belajar online? Karena layanan belajar online memiliki fitur dan layanan dimana kita para orangtua juga bisa ikut belajar dan memahami materi pelajaran sekolah anak kita.


bimbel vs ruangguru



Sebelum kita memberikan materi pelajaran sekolah pada anak, kita bisa dengan mudah memahami materinya terlebih dahulu. Sehingga pada saat kita membersamai anak belajar kita sebagai bisa lebih mudah memberikan materinya. Bagi saya sih ini terasa sangat membantu tugas saya membersamai Keenan selama masa PJJ nanti.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah layanan belajar online ini sebetulnya untuk orangtua atau anak sih? Lantas layanan belajar online seperti apa yang tepat dan terbaik untuk membersamai anak belajar selama PJJ?

Bicara soal memilih layanan belajar online terbaik , tentu tidak lepas dari tujuan dari layanan belajar online itu sendiri. Nama saja sudah jelas, layanan belajar online. Maka layanan ini dapat digunakan baik oleh orangtua agar dapat memahami materi pelajaran sekolah anak dan juga digunakan oleh anak untuk membantu mereka memahami pelajaran sekolah.

Bagi saya yang anaknya baru akan memasuki sekolah dasar, tentu akan sangat terbantu dengan adanya layanan belajar online.

Selain saya bisa ikut belajar dan memahami materi, fitur yang disediakan aplikasi belajar online, terutama video materi yang interaktif tentu akan sangat disukai oleh Keenan yang lebih menyukai belajar secara audio visual.

Selain itu, layanan belajar online pasti dilengkapi catatan pencapaian anak dalam memahami materi melalui kuis dan bank soal sesuai dengan tahapan pembelajaran. Saya sebagai orang tua tentu akan lebih mudah dalam memonitoring perkembangan pemahaman Keenan.

Pertanyaan selanjutnya yang paling penting adalah, bagaimana cara memilih layanan belajar online terbaik? Jawabannya adalah tentu dengan melihat kredibilitas layanan belajar online itu sendiri, terpercaya, lengkap, mudah diakses dan harga yang terjangkau.

Memang ada ya layanan belajar online terbaik yang sedemikian rupa? Tentu ada dong Mom's. Salah satu layanan belajar online yang terbaik, lengkap, mudah diakses dan harga paket program yang terjangkau yaitu program ruangbelajar dari layanan belajar online terbaik yaitu ruangguru.

Moms, pasti pernah dengar layanan belajar online terbaik yang satu ini kan? pastinya dong. Nah, ruangguru ini adalah layanan belajar online berupa aplikasi yang fokus terhadap layanan pendidikan anak.

Sebagai layanan belajar online terbaik, ruangguru memiliki banyak program yang menunjang orangtua untuk memahami materi pelajaran sekolah anak dan menunjang kebutuhan anak dalam memahami lebih dalam materi sekolah mereka.

ruanggguru memiliki banyak produk unggulan, salah satu produk unggulan yang bisa membantu kita para Moms yang peduli terhadap pendidikan anak, yaitu ruangbelajar


Kenalan dengan ruangguru, Layanan Belajar Online Terbaik



app ruangguru


Sebetulnya apa sih ruangguru? pasti sebagian Moms ada yang bertanya demikian meski pernah mendengar aplikasi yang satu ini lewat iklan di televisi.

Jadi Moms, ruangguru merupakan layanan belajar online terbaik berupa aplikasi startup yang didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman yang berfokus pada layanan pendidikan.

Jumlah pengguna layanan belajar online ruangguru hingga saat ini sudah mencapai 15 juta pengguna terdaftar lho. Keren ya, ada yang lebih keren lagi, layanan belajar online ruangguru bahkan telah dipercaya oleh 32 dari 34 Pemerintah Provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

Bahkan, layanan belajar online ruangguru menjadi salah satu layanan belajar online berupa aplikasi terpopuler di Indonesia berdasarkan Google Play User’s Choice Award 2018. Mantap kan? melihat prestasi dari ruangguru yang segini hebatnya tentu gak ragu kan menggunakan layanan belajar online ruangguru untuk membantu Moms membersamai anak selama masa PJJ nanti karena dalam memilih layanan aplikasi pendidikan saya yakin tentu Moms tidak asal pilih, karena hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan anak.


Belajar Makin Seru dengan Program ruangbelajar


Layanan belajar online ruangguru memiliki beberapa produk unggulan, salah satunya adalah ruangbelajar. ruangbelajar merupakan salah satu produk yang menawarkan paket pembelajaran untuk siswa SD, SMP dan SMK.

Paket pembelajaran seperti apa sih? jadi, ruangbelajar merupakan paket pembelajaran yang menyajikan layanan pembelajaran melalui video beranimasi, latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis serta try out persiapan ujian dimana semua layanan dapat di-download.




Contoh video interaktif untk siswa SD

ruangbelajar memilki layanan puluhan ribu video belajar beranimasi yang diajarkan oleh Master Teacher terbaik dari ruangguru dan juga terdapat kuis dimana Siswa dapat menguji pemahaman akan materi yang telah ditonton, lengkap dengan pembahasannya. Selain itu, ruangbelajar memiliki program dan fitur pembelajaran yang sangat lengkap yang dapat menunjang perkembangan anak dalam memahami materi pembelajaran, seperti :

  1. ruangguru PET
  2. ruangguru adventure
  3. jadwal belajar
  4. asah otak
  5. bank soal
  6. laporan belajar
  7. fitur baru rilis awal Juli 2021 mendatang


Fitur terbaru yang akan rilis bulan Juli mendatang merupakan fitur tambahan yang dapat mendukung media pembelajaran anak-anak menjadi lebih mudah dan lengkap. Fitur yang akan rilis pada bulan Juli mendatang akan rilis via sosmed ruangguru yaitu di https://www.instagram.com/ruangguru/ . Apa saja sih layanan dan fitur yang akan rilis Juli mendatang dari ruangbelajar ?

1.  Adapto

Siswa dan orangtua dapat memilih materi belajar sendiri berdasarkan hasil nilai kuis. Materi yang diberikan sangat interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Tujuan fitur ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Selain itu, Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif


2. Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Melalui fitur dan layanan playlist belajar, siswa dapat memilih sendiri memulai pembelajaran dari mana. Tidak harus dari video awal, tetapi dari materi yang sudah mereka pahami atau ingin mereka pelajari lebih dulu. Tujuan dari fitur ini adalah :
  • menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu
  • Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah
  • Untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti


3. Subtitle Video


Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran. Tujuan fitur ini adalah Transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

4. Fitur Pencarian


Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

5. Pet Mission


Pet mission atau Misi hewan peliharaan adalah fitur game online untuk menambah semangat belajar anak/siswa. Game ini merupakan daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, siswa nantinya akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

6. Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tujuan fitur ini adalah : 

  • Tes ini yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri.
  • Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif. Dan reasoning.
  • Hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat anak/siswa yang ditunjang oleh bakat yang dimiliki.

Melihat layanan dan fitur dari ruangbelajar yang begitu lengkap, saya yakin deh kalau ruangbelajar akan dapat membantu saya membersamai Keenan selama masa PJJ sekolah dasar nanti. Karena layanan dan fitur yang tersedia maka persoalan materi yang membosankan, jarak, ruang, dan waktu untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam dan memahami berbagai mata pelajaran tidak akan menjadi permasalahan lagi.

Berikut beberapa contoh fitur dan layanan yang terdapat di paket langganan ruangbelajar. 

fitur ruangbelajar
Fitur dan layanan di ruangbelajar




video ruangbelajar
Contoh video mater yang interaktif





Harga Paket Langganan Program ruangbelajar


Salah satu Keunggulan ruangbelajar selain layanan dan fitur yang lengkap dan mudah diakses juga harga yang terjangkau. Moms bahkan bisa mulai berlangganan hanya dengan Rp 1000/hari. Tidak percaya? coba kita lihat daftar harga paket pembelajaran yang disediakan oleh program ruangbelajar dari ruangguru berikut ini :











Harganya sangat terjangkau kan Moms? Moms bisa memilih paket yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Moms membersamai anak belajar selama masa PJJ. Bisa satu bulan atau satu tahun. Bahkan untuk Moms yang memilki anak yang sedang menempuh pendidikan SMA atau SMK terdapat paket dalam mempersiapkan SBMPTN.


Cara Memperoleh Layanan Program ruangbelajar dari Layanan Belajar Online ruangguru


Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa ruangguru merupakan sebuah aplikasi, sehingga untuk memperoleh layanan terbaik dari ruangguru, Moms bisa mendownload aplikasi ruangguru di playstore secara gratis. Tidak hanya melalui download gratis di playstore, Moms juga bisa mendownload program ruangguru untuk bisa diakses melalui laptop atau PC. Link download untuk program ruangguru dapat Moms peroleh melalui situs resmi ruangguru, yaitu https://www.ruangguru.com/





Berikut step by step mendownload dan daftar di Aplikasi ruangguru
  1. Buka Playstore
  2. Ketik ruangguru di fitur search aplikasi
  3. Download
  4. Daftar melalui akun facebook atau google
  5. Silahkan memilih jenjang pendidikan anak
  6. Silahkan memilih paket langganan ruangbelajar yang diinginkan


Tunggu Apalagi Moms


Yess, tunggu apalagi Moms? sebentar lagi masa pembelajaran tahun ajaran baru akan segera dimulai. Yuk segera berlangganan paket ruangbelajar dari ruangguru sekarang juga. Agar kita bisa membersamai anak belajar selama masa PJJ dan anak-anak dapat lebih memahami materi pelajaran sekolah mereka dengan lebih seru, menyenangkan dan lebih mudah dipahami tentunya.

Salam Artjoka.

15 komentar:

  1. Sebagai seorang istri yg suaminya guru, saya juga agak was was kalau benar tahun ajaran baru sekolah akan kembali dibuka, horor ya covid makin merajalela. Kayaknya gpp deh PJJ aja dulu dan ruangguru bantu banget ya utk para orangtua bs mendampingi anaknya PJJ secara maksimal

    BalasHapus
  2. Harus banyak persiapan ya anak-anak naik kelas ini mulai masuk SD kita memang bakal jadi guru pengganti mereka di rumah. Mangkanya bersyukur banget ada ruang guru. Ngebantu kita para orangtua.

    BalasHapus
  3. Belajar pake ruangbelakar malah kulihat lebih seru teh. Cara belajarnya le ih menyenangkan dgn penyampaian materi yg yaknkalah seru. Bahkan bisa melwtih disiplin anak ya karena bisa atur jadwal sendiri

    BalasHapus
  4. Aku kira bisa didownload dari smartphone saja ternyata skrng udah ada versi desktopnya ya mbak. Keren banget memang ruangguru bikin orang tua ga stress lagi

    BalasHapus
  5. Sempat happy banget karena tahun ajaran ini ada wacana tatap muka. Anak TK mah sulit banget kalau harus daring terus. Tapi lihat lonjakan covid bikin parno juga. Kayanya ruangbelajar dari ruang guru bisa jadi solusi deh.

    BalasHapus
  6. Sebenarnya lebih ke was-was sih sama nasib sekolahan untuk ajaran baru nanti..
    Lumayan murah juga ya biayanya, nggak sampe JT kukira malah segituan harganya hehehe

    BalasHapus
  7. Semangat teh eka jdi guru buat anak2 dirumah, dgn adanya ruang belajar cukup membantu ya...apalagi biayanya terjangkau

    BalasHapus
  8. Udah lamaa banget nggak mampir ke blognya kak Eka, eh dapet info penting soal PJJ. Di rumah udah ada yg sekolah sih, tapi coba kuinfoin soal ruangbelajar ini ke ponakan2 yah, soalnya sering kena curhat sepupu ribet ngurusi belajarnya anak mkwkw

    BalasHapus
  9. Kangen belajar aku ini kak ekaa. kira-kira bisa ngga yaa ikutan wkwkw. Tapi aku beneran pernah ikutan lhoo kak, nyamar jadi murid gitu dan beneran enak banget metodenya. Maunya si nyontoh gitu yaa metodenya gimana kalau belajar PJJ biar anak pada betah.

    BalasHapus
  10. Ruangbelajar semakin lengkap ya. Plus harganya juga sangat terjangkau. pastinya orangtua pun senang dan tenang anak anaknya belajar di ruang guru, cdan ini sangat membantu mereka.

    BalasHapus
  11. Bener banget nih. Anak saya juga bakal butuh untuk kelas 2 nanti.

    BalasHapus
  12. PJJ memang jadi tantangan bagi orang tua. Alhamdulillah ruangbelajar bisa membantu anak-anak belajar di rumah. Semangat untuk para orang tua...

    BalasHapus
  13. Happy banget aku bacanya teh. Lengkap banget fitur fiturnya. Semoga msh bs saya nikmati nanti pas anak sy sudah msk usia sekolah. Semangat membersamai anak belajar ya teh.

    BalasHapus
  14. Kalo harganya transparinya terlihat begini jadi orangtua bisa mikir ambil yang mana sesuaikan budgt dan kebutuhan anak ya mbak

    BalasHapus
  15. Aplikasinya kok kece banget sih. Dengan adanya fitur gamifikasi, seru banget sih. Anak-anak jadi bisa belajar dengan santuy tapi tetap dapat ilmunya. Bakal aku share ke temen2 yang mulai pusing sama PJJ nih.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.