Halo, Alhamdulillah TANOS CHALLENGE yang pertama, yaitu GRATITUDE CHALLENGE telah usai. Sebelumnya, saya ingin berterimakasih pad...

(Tanos) Review #GratitudeChallenge





Halo,
Alhamdulillah TANOS CHALLENGE yang pertama, yaitu GRATITUDE CHALLENGE telah usai. Sebelumnya, saya ingin berterimakasih pada parthner saya renovrainbow juga kepada teman - teman artjoka semua yang dengan setia "kepo" dengan selalu berkunjung ke blog kami, membaca jurnal kami dan memberi komentar. Terimakasih atas support yang sangat besar ini.

PENGALAMAN

Biasanya saya mudah sekali bikin jurnal harian, tinggal ketik aja dan semua isi kepala keluar dengan sendirinya. Tapi lain halnya dengan Gratitude Journal ini, selain "curhat" saya juga harus mencoba mencari celah bersyukur di setiap curhatan saya. Sungguh, sebuah tantangan baru.

Tetapi, saya sangat bersyukur karena di #Gratitudejournal kali ini, jurnal saya di awali dengan berita menggembirakan dimana tulisan saya yang berjudul "Melepas Impian" memperoleh juara pertama sayembara paidguestposts#1 yang di selenggarakan oleh kak eno melalui Blog pribadinya yang bertajuk CREAMENO.

Suatu prestasi besar bagi saya yang baru kembali menulis nulis di Blog setelah hiatus cukup lama. Juga hadiah setelah berulang kali gagal mengikuti lomba menulis. Sejak hari bahagia itu, hidup saya tidak sama lagi. Hidup saya menjadi lebih semangat untuk menulis dan berbagi.

Melalui #Gratitudejournal, saya menjadi lebih banyak mensyukuri hidup bahkan untuk hal yang sangat kecil, sederhana dan "receh". Selain itu, saya juga menemukan fakta baru mengenai diri sendiri dimana ternyata saya, sangat kurang meng-apresiasi diri sendiri ( self-esteem). Mungkin kami akan melakukan challenge terkait ini, nanti, hehehe.

Selain itu, ada fakta baru juga dimana ternyata saya merasa mudah kelelahan karena aktivitas yang padat. Seperti yang saya ceritakan di #Gratitudejournal Day 7 dimana saya curhat betapa mudah lelahnya badan saya karena jarang sekali ber-olahraga.

Oleh sebab itu, saya dan kak renovrainbow, akan kembali mengadakan TANOS challenge dengan tajuk #Walkingchallenge bulan depan. Tantangan apa itu? seperti namanya, yaitu JJC alias jalan - jalan cantik, hehehe. Jadi kita akan menantang diri sendiri untuk meluangkan waktu sehari minimal 20 menit untuk olahraga sederhana, yaitu JALAN KAKI.

Wah, pasti seru ya. Bagi teman - teman yang mau ikutan challenge selanjutnya, HAYU BANGET! silahkan hubungi saya atau kak renovrainbow untuk info selanjutnya. Atau tunggu kabar dari kami, karena pasti akan kami kabari mengenai tantangan TANOS selanjutnya.

Terimakasih banyak tak terhingga saya ucapkan kepada semua sahabat dan teman - teman saya yang mendukung saya dan kak renovrainbow selama menjalani program TANOS kali ini. Terimakasih karena sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca jurnal kami setiap hari dan memberikan dukungan berupa komentar di setiap postingan, juga like di akun instagram kami. Saya tidak akan pernah bisa berhenti bersyukur karena memiliki teman - teman yang baik dan berharga seperti kalian semua. Gomawoooo

KESULITAN


Kesulitan selama mengikuti #Gratitudechallenge ini hanya satu, masalah waktu. Iya, waktu untuk menulis jurnal setiap hari dan mempersiapkan ilustrasi untuk postingan. Cukup memakan waktu. 

Karena, waktu produktifitas saya menulis setiap hari adalah pukul sembilan malam, sehingga saya merasa seperti dikejar-kejar sementara besok harus sudah posting di blog, ig dan share sosmed. cukup menyita waktu karena saya tidak membuat list ceklist dan adaptasi dengan schedule saya sebelumnya. sehingga, untuk challenge kali ini saya bolong-bolong laporannya di sosmed dan agak telat posting di blog.

Tetapi, melalui tantangan ini saya jadi mengharuskan diri sendiri untuk selalu membuat jurnal bersyukur agar tidak lupa dengan hal kecil yang saya miliki juga menjadikan bersyukur sebagai bagian baru dari kebiasaan sehari-hari saya.

Jadwal harian saya memang jadi kacau balau, tugas domestik sedikit terbengkalai dan saya agak merasa seperti di kejar-kejar tukang kredit, hahahaha. Itu karena ternyata saya tidak membuat ceklist dan jadwal baru meng-adaptasi jurnal bersyukur harian ini. 

Benefit yang luar biasa, dimana menambahkan kegiatan positif baru di jadwal harian dan membuat jadwal baru. Hal ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi saya untuk memperbaiki jadwal harian saya. Apalagi, TANOS akan selalu mengadakan tantangan setiap bulannya. Jadi, siap - siap aja merubah jadwal dan belajar adaptasi dengan kebiasan baru yang positif ini. 

Semangat!!

BENEFIT

Kalau bicara soal manfaat dari #Gratitudechallenge ini banyak sekali. Dampak yang paling terasa adalah, walau saya banyak mengeluh mengenai kesibukan dan rasa lelah menjadi ibu rumah tangga, di akhir hari saya tetap merasa brsyukur atas hal kecil yang saya alami [ada hari itu. sehingga mood saya lebih terkontrol untuk happy atau di batas seimbang.

Ini sungguh perubahan yang besar bagi saya dimana seperti yang teman - teman lihat di MY MOOD di setiap jurnal selalu ber-fluktuatif. Biasanya, di penghujung hari mood saya di angka 5 bahkan dibawahnya.

REVIEW

Setelah mengikuti challenge TANOS kali ini yang ber-tema #Gratitudejournal, saya ingin melanjutkan menulis jurnal bersyukur di blog saya. Tetapi mengingat kesulitan saya mengejar waktu tayang posting jurnal, maka saya akan melanjutkan membuat jurnal bersyukur di setiap minggu. Semoga saya bisa konsisten disana nanti ya. Do'akan saya teman-teman (^__^)



18 komentar:

  1. Ka aku baca semuanya lho dari day 1 sampai day 7 😍😍😍😍 suka banget. Banyak pelajaran berharaga. Sebenarnya bahagia itu mudah, cukup dengan menyukuri setiap moment-moment. Biarpun kadang bikin emosi kita jungkir balik. Tapi itulah yg namanya kehidupan. Terimakasih sudah menginspirasi (virtual hug)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo shifa,
      waaahh makasih ya udah baca semua #gratitudejournal-kuuu...iya betul, bahagia itu kita yang ciptakan, salah satunya dengan tertawa geli ngeliat kelakuan absurd si kilan atau keenan, hahaha


      sama-sama shifa. virtual hug (^___^)

      Hapus
  2. Aku slalu tunggu loh mba, jurnal gratitudenya :). Beneran, dengan membac.itu, aku sendiri jd berusaha untuk mengingat apa yg bisa aku syukuri di hari ini. Pandemi ini bikin stress, semua pasti mengiyakan. Tp kembali lagi ke kita, utk ttp berfikir positif dan bersyukur msh bisa melewati hari2.

    Tulisanmu di blog mba Eno, itu baguuus . Layaaak banget untuk menang :). Lagi2 diingatkan bahwa apapun rencana kita, sehebat dan sedetil apapun planning yg sudah kita buat, semua harus kembali ke yang Maha Kuasa, apa akan dikabulkan untuk terealisasi, ato ga. Aku sempet merasa marah Krn planning traveling yg aku buat setahun ini kacau balau. Nth brp banyak trip yg hrs cancel, tapi membaca tulisanmu ,jd sadar, itu bukan hak ku utk marah menentang yg udah terjadi :). Terima aja, kalo apapun keputusan Tuhan , pastinya akan jauuh LBH baik untuk semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ka fanny,
      salam kenal yaaa
      waaahhh....makasih ya kak undah selalu nunggu #gratitudejournal saya, maafkan kalo telat posting ya, huhuhuhu

      makasih atas apresiasi kakak terhadap tulisan saya di bloknya kak eno. saya setuju dengan kakak, kita bikin plan agar tujuan kita terarah tapi hasil akhirnya, Tuhan yang menentukan.

      aku udah berkunjung ke rumah kakak, tapi belum meninggalkan jejak komen nih baru kepo aja, hehehe. nanti menyusul yaa...
      seneng deh liat kakak bisa travel kesana kesini, mauuuuuu...

      pandemi memang berimbas pada kita semua ya, termasuk kakak yang harus cancel beberapa rencana travel. semoga pandemi ini segera berakhir biar kakak bisa trave lagi dan berbagi cerita dengan kita....

      salam hangat kak

      Hapus
  3. Yaayyy, congrats mba sudah berhasil menjalankan gratitude journal 😆 hehehe. Saya cukup mengikuti tulisan mba Eka untuk challenge yang satu ini, dan saya merasa senang plus belajar banyak bahwa bahagia itu ada (meski sederhana) untuk siapapun yang mau bersyukur pada hidupnya 😍

    Hehehe jadi nggak sabar mau baca walking journal, semoga next challenge-nya berjalan lancar. Good luck and keep sharing, mba 💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak eno,
      makasih lhooo udah BW lagi ke blog aku, hihihi
      makasih kak enooo, aku bersyukur akhirnya bisa menyelesaikan tantangan yang satu ini. tinggal sisanya nih yang jadi pe er, menjadikan jurnal ini jadi habit sehari-hari, hehehe

      makasih kak eno atas supportnya. postingan soal challenge selanjutnya, udah ada di HOME (^__^)

      makasih kak,
      salam hangat
      eka artjoka

      Hapus
  4. Saya baru-baru ini mampir di blognya mbak eka. salam kenal ya mbak.. 😊Suka banget sama blognya yang bikin mata ceria. Jadi saya juga baru paham soal tanos challenge ini, seru banget mbak kayaknya. Bisa nambah motivasi buat nulis juga. Jadi penasaram sama challenge selanjutnya nih😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak astria,
      makasih kak atas apresiasinya (^__^)
      challenge selanjutnya udah ada lho kak, kakak juga bisa ikutan, hehehe
      selamat menyimak ya kak

      salam hangat
      eka artjoka

      Hapus
  5. Wah, aku terlewat informasinya, nih. Mau ah baca jurnal bersyukur Mbak Eka terdahulu. Kayaknya bisa jadi inspirasi, karena memang sebetulnya penting ya untuk menghitung apa yang kita terima agar kita selalu ingat bahwa Allah sudah memberikan anugerah yang berlimpah setiap harinya, kita aja yang kadang terlewat melihatnya. Penasaran juga sama tantangan berikutnya, hmmm kalau di dalam rumah aja boleh, kan, ya? Eh tapi semoga September sudah lebih leluasa deh buat jalan-jalan keluar rumah, aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak leila,
      gpp telat yang petnting akhirnya mampir, hehehehe
      betul kak, jurnal bersyukur mengingatkan kita terlebih saya untuk selalu mensyukuri hal yang kecil dan sederhana. terlebih kalau sudah silau sama hijaunya rumput tetangga, hihihihi

      hayu ikutan tantangan selanjutnya kak, dirumah aja juga bisa tapi pegel kali ya 20 menit jalan kaki di rumah aja, hahahaha

      Hapus
  6. aku belum telat ngucapin selamat kan teh? hihi..

    Selamaaaat! akhirnya tim perdana TANOS berhasil dengan keren nih. Duo teteh panutanque, hihi.. Semoga bisa konsisten bikin jurnal bersyukur ya teh. Aku sepertinya masih rancu kalo harus bikin jurnal, huhu..

    Sekali lagi selamat dan semangat teh Ekaa :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum teh, hahahaha
      makasih ya. kak rizky nih FANS SETIA kami, hehehe. makasih supportnya ya kak

      Hapus
  7. ...betapa mudah lelahnya badan saya karena jarang sekali ber-olahraga...

    Saya pun juga gitu mbak, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, kita samaan ya....faktor usia juga berpengaruh lho! hahahaha

      Hapus
  8. Mau ikutan challenge tapi lagi menata jadwal dan hati hahaha apa sih. Semangat dan suksed selalu teh programnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ibu kafa,
      hahahaha, ibu bisa aja nih....gpp bu, nanti setelah jadwal dan hati sudah tertata bisa ikutan ya, hihihi

      makasih supportnya bu

      Hapus
  9. Omaigaaat, Mak. Never have I ever imagined gratitude journal bisa jadi bahan tulisan di Blog. Sebenernya aku pun rutin loh nulis gratitude, tapi di bullet journal.
    Walking challenge! Aku juga lagi jalanin ini, Mak. @10 menit pagi & sore. Aku ikutan juga dong kalo boleh, buat accountability buddies hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak nyangka ya kak? hehehe, sama saya juga. awalnya grogi dan mikir panjanng banget sebelum nulis. eh ternyata bisa menemukan si intan permata bersyukur dari hal yang sederhana sampai hal yang besar.

      eh, aku juga suka bikin buljo, tapi sayangnya gak konsisten ngisinya! wkwkwkwkwk

      hayu kak, ikutan challenge selanjutnya. link untuk berpartisipasi ada di postingan aku yang terbaru ya.

      salam hangat
      eka artjoka

      Hapus