Post Page Advertisement [Top]




Sebagai ilustrator amatir, saya kepengen belajar tentang cara menggambar yang baik dan benar sebagaimana teorinya. Terlebih saya gak punya latar belakang pendidikan di fakultas seni atau DKV.
Iya sih pernah kuliah arsitektur dan dikasih materi kuliah yang terkait gambar. Tapi karena masa kuliah sudah terlewat 10 tahun lebih dan saya gak kerja di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, jadi semua materi dasar gambar dan desain…ambyaarrr.

Terus setelah nikah dan sibuk jadi emak-emak, ngegambar juga menjadi SAKA, SAKAINGET! wkwkwk. alias suka suka aja gitu.

Sekarang setelah serius lagi nge-drawing dan mencanangkan diri sebagai ilustrator, kayaknya kudu nih belajar lagi teori tentang dasar - dasar drawing. Ada yang satu keinginan dengan saya? atau beda kasus? misal, kamu gak punya latar belakang pendidikan seni tapi pengen belajar atau tahu tentang teori dasar menggambar? Yuk kita belajar sama - sam, belajar drawing otodidak.

Belajar Seni Di Kampus vs Belajar Drawing Otodidak


Emang sih dengan mengenyam pendidikan seni atau DKV di Universitas seyogyanya kita akan mendapatkan banyak sekali ilmu drawing secara lengkap, terstruktur dan komprehensif. Bukan itu saja, kita juga akan belajar langsung dengan dosen dan tim pengajar yang sudah berpengalaman dan ahli dibidangnya.
Menjadi mahasiswa fakultas seni rupa dan DKV adalah impian bagi mereka yang ingin menjadi seniman. Tetapi tidak semua dari kita punya privilege untuk bisa kuliah di jurusan seni atau DKV.

Bisa jadi karena tidak disetujui orang tua, gak lulus ujian masuk fakultas hingga gak bisa kuliah karena terbentur biaya. Tapi gak jadi soal, meski demikian kita masih bisa menjadi ilustrator kok dan menambah pengetahuan kita terkait menggambar dengan cara belajar secara otodidak.

Kelemahan belajar otodidak adalah kita gak belajar langsung sama ahlinya dan gak bisa tanya. Semua ilmu yang diperoleh kita kunyah sendiri dan asumsikan sendiri. Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya dan apa yang harus dipelajari. Setuju?

Materi Drawing Yang Bisa di Pelajari Secara Otodidak


Bingung gak sih materi drawing apa dulu yang harus dipelajari? berikut saya bagikan poin - poin materi dasar drawing yang perlu dipelajari untuk mengasah skill nge-drawing kita. Materi ini berdasarkan pengalaman saya selama mengikuti mata kuliah Nirmana dan Gambar Bentuk waktu kuliah dulu.

Pemahaman Dasar
  1. Apresiasi Seni
  2. Sejarah seni
  3. Filsafat seni
Dasar Menggambar
  1. Tarik garis, bidang dan mengarsir
  2. Gambar bentuk & Persfektif
  3. Anatomi anggota tubuh
  4. Objek benda mati
  5. Tumbuhan
  6. Hewan
  7. Nirmana datar
  8. Nirmana Ruang
Materinya cukup banyak ya? hehehe. Saran saya pelajari dari hal yang paling mendasar dulu, yaitu pemahan dasar baru lanjut ke dasar menggambar. Langkah selanjutnya adalah mencari sumber referensi materi drawing.

Belajar Gambar Otodidak Kemana dan Dimana


Materi dasar drawing yang harus dipejarai apa aja sekarang udah tau nih, terus harus nyari kemana kakak?

jadi, meski belajar drawing otodidak, sumber referensi belajar kita haruslah terpercaya atau kredibiltas ilmunya sudah terbukti. Kita bisa belajar drawing otodidak secara online ataupun offline.

Yang paling mudah adalah belajar drawing otodidak secara online. Karena bisa disesuaikan dengan waktu dan kesibukan kita. Tetapi belajar offline juga lebih oke. Karene ketemu langsung dan bisa borong pertanyaan sama ahlinya langsung.

Dimana sih kita bisa belajar drawing secara otodidak ? berikut pilihannya :

1. Buku online ( e-book )

Dengan menggunakan mbah Google dan mengetik keywrods : e-book dasar menggambar, maka kita bisa mendapatkan PDF gratis terkait teori drawing. Situs penyedia e-book ini diantaranya adalah epository.maranatha.edu , books.google.com , ebook-digi.com dan lainnya.

2. Website atau blog seniman ( Blogger Illustrator)

Blogger seperti kak ewa febri (ewafebriart.com) sering share tips tentang drawing di blog pribadinya. Bisa banget kita subscribe dan bookmark blognya kak ewa. selain blog pribadi kak Ewa, kita juga belajar drawing dari situs/blog artemedia.id dan ardra.biz. Selebihnya silahkan googling sendiri ya sesuai dengan teori dasar menggambar apa yang ingin kita pelajari.

3. Channel Youtube

Jangan tanya deh, banyak banget channel youtube yang ngasih tips dan ajak belajar ilustrator amatir untuk belajar ngedrawing bareng. Channel youtube seperti :
  • ARTUPIDA ( Ilustrator pro )
  • iannocent ( Ilustrator pro )
  • Renjaya Art Siahaan
  • Mitsuki art ( anime manga )
  • RIZKYAMOM
  • simple drawing tutorial
  • Schaefer Art
  • Proko
  • New Masters Academy
  • Alphonso Dunn
  • DrawingWIffWaffles
Saya pribadi paling sering pantengin channel youtubenya ARTUPIDA dan iannocent. Channel youtube diatas bisa banget kamu subscribe ya.

4. Seminar atau Zoom terkait belajar seni dan desain

ikuti akun instagram yang sering membahas drawing atau ilustrasi untuk mendapat informasi seminar atau zoom tentang drawing atau ilustrasi. Akun apa aja?
  • ilustra.see
  • Lapakcoret
  • ou_creative
  • carrotacademy
  • dionmbd
  • kelir_circle ( komunitas )
  • kreavi
  • tempo.institute
  • moretalk.id
  • ilustratorindonesia ( komunitas )
  • illustratorsfest.id ( komunitas )
5. Beli Buku

Materi drawing dari buku menurut saya cukup lengkap, bisa dibaca berulang dan praktis. Rekomendasi buku belajar drawing otodidak dari saya adalah sebagai berikut :
  • Buku Sketsa Pensil by Thomas C.Wang
  • Menggambar Bagi Pengembangan Bakat, Gerhard Gollwitzer
  • Cara Mudah Menggambar Dengan Pensil, Veri Apriyatno

Buku belajar drawing otodidak
Buku referensi belajar drawing otodidak


6. Belajar Drawing Otodidak Offline

Selain belajar secara online, kita juga belajar secara offline dengan cara ikutan workshop offline yang biasanya diselenggarakan oleh komunitas atau ilustrator seperti EMTE. Buat cari informasi workshop, follow akun intagram ilustrator atau komunitas

Ruh Menghargai Seni


Sebagai catatan, dasar pemahan juga perlu kita pelajari untuk memahami seni lebih dalam. Satu hal yang saya ingat dalam mata kuliah APRESIASI SENI adalah memahami bentuk atau desain dan menghargainya sebagai sebuah karya.

Maksudnya?

Dosen saya kala itu menggambarkan seperti ini, perhatikan sebuah pulpen. Katakanlah pulpen pilot. Coba amati, bentuknya, warnanya hingga konstruksi pulpen. Kenapa bentuknya seperti itu? kenapa ada bentuk ulir di ujung puplen? kenapa handle gripnya seperti itu? kenapa warnanya hitam?

Lalu analisa, oh ternyata handle gripnya yang seperti itu agar user nyaman saat menggunakan pulpen pilot. Setelah meneliti, menelisik dan mencoba memahami desain dan fungsi si puplen pilot, secara gak sadar hati kita berdecak kagum lalu berkata, “ wah pintar juga yang bikin desain pulpen pilot ya. puplen pilot setelah diamati ternyata cantik juga”.

Itulah apresiasi seni, dalam ruang lingkun sederhana di kehidupan sehari- hari. Apa yang dosen saya analogikan atas sebuah apresiasi seni, ternyata juga sudah saya praktekan setiap kali saya mengunjungi pameran lukisan.

Tapi berkat dosen saya, setiap benda atau pemandangan hingga hal apapun yang luput dari pandangan, jadi semakin terlihat keberadaannya dan bisa terheran kagum karenanya.

Mulai Sketching Sekarang Juga!


sketchbook latihan drawing otodidak
Sketchbook artjoka

Pelajari poin - poin per poin dari materi dasar drawing diatas ya. Cari referensi secara online di google, e-book atau youtube. Download videonya lalu buat resume. Lebih oke kalau beli buku drawing juga. Rajin ikutan workshop online atau offline.

Jangan lupa untuk membuat resume dari hasil pencarian atau workshop dan seminar. Bisa di MS Words atau google doc. Lalu pratekan.

Selebihnya, untuk dasar menggambar ya tinggal praktek saja dan terus LATIHAN! bikin challenge biar skill menggambar kita makin terasah. Latihan yang saya maksud bukan nge-drawing di tablet atau hp ya bestie. Tapi di atas kertas, entah itu sketchbook atau HVS. Mulai Sketching Sekarang Juga!

Lebih asoy sih kalau bisa gabung komunitas sketchwalk atau ilustrasi. Sehingga kita punya support system untuk melatih sketch drawing kita.

Kalau gak, ya sepeti yang saya katakan diatas, latihan drawing sendiri. Kalau bisa setiap hari. Sediakan buku khusus untuk latihan drawing ( atau dalam instilah saya, nge-sketch). Lagi santay, lagi nemenin anak main, lagi jalan-jalan….itu yang namanya sketchbook , drawing pen dan pinsil gak pernah lupa dibawa. Apapun yang nampak didepan mata dan menurut saya punya nilai estetik atau menyentuh perasaan saya, ya saya gambar.

Itu latihan paling efisien menurut saya untuk upgrade skill menggambar.. Setelah terbiasa menggunakan pinsil dan drawing pen, akan lebih mudah sketchwalk mengunakan media lain seperti spidol, crayon, cat air atau pensil warna.

Kalau nge-sketchwalk udah lihai dan terbiasa, urusan menggunakan media lain atau bahkan beralih ke digital bukan hal yang sulit. Yuk, Mulai Sketching Sekarang Juga!

16 komentar:

  1. Mba, tapi sebenernya bakat sangat mempengaruhi ga di seni melukis, menggambar ini? Aku dulu sempet belajar kok ttg teknik2 menggambar, pas zaman SD -SMP. Krn sebenernya aku sukaaa bgt melihat lukisan, melihat gambar2 yang menurutku bagus. Tapi ketika hrs menggambar itu sendiri, langsung kacau 🀣🀣🀣. Dan tetep hasil gambarku setelah bbrp THN ikutan kursus, ga ada progress, yg bikin Mama akhirnya stop kursus nya πŸ˜…. Di situ aku mikir, kayaknya memang aku ga bakat sih dalam bidang menggambar ini πŸ˜‚.

    Pernah loh aku berdoa, kalo seandainya Tuhan ngasih bakat ke manusia beda2, aku pengennya Diksh bakat melukis aja. Kayaknya adeeem aja kalo udah ngeliat lukisan, apalagi ttg alam. Kalo abstrak aku ga suka 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo kak Fanny :)
      ehhmm soal bakat aku sih ya aku percaya ada orang yang berbakat di bidang tertentu. tapi kalau punya bakat tapi gak pernah diasah ya gak akan berguna juga. tapi emang ada juga yang gak pernah latihan tapi si bakat tetep muncul. nah kalo ini sih udah anugerah namanya, hehehe.

      poin penting yang menurutku cukup mendasar adalah SUKA. iya, suka. kalau suka menggambar si skill bakal terasah dengan sendirinya karena sering kan ngegambarnya. kalo jadi seniman itu sense of art nya sih yang kudu muncul. menurutku ini bakat yang sesungguhnya. kalo kursus atau belajar di fakultas seni sebagai penunjang aja kita belajar teorinya sebagaimana mestinya.

      jadi intinya sih, apa yang dilakukan secara terus menerus bakal jadi bakat itu sendiri. jadi kalau kak fanny pengen bisa gambar ya terus aja menggambar. jangan insecure karena gambarnya gak bagus, karena setiap ilustrator berprogress. justru itu seni nya. seneng banget kalo ngelihat progress sendiri dari jaman pertama kali ngegambar terus dibandingkan dengan sekarang. kadang geli juga, iiihh gambar gue kok jelek amat ya? wkwkwkwk.

      lukisan abtsrak juga aku kurang paham sih mba, ada ilmunya sendiri. dulu banget aku juga ilustrator botanical gitu, suka gambar hewan, tumbuhan dan pemandangan yang real. sekarang lebih ke surealis, pikiran dan mood nya mulai banyak ngawang-ngawang, hahahaha

      Hapus
  2. sebagai orang yang gak ngerti sama sekali seni lukis, saya cuma bisa terkagum-kagum dengan orang yang bisa buat macam-macam jadi indah dan keren. mungkin jatah saya memang jadi penikmat saja ya. sukses selalu buat karya-karyanya

    BalasHapus
  3. Waaa. Selama ini kalau gambar, pasti buka yutub. Tapi setelah baca ini. Ada teori yang bisa digunakan. Thanks kak.

    BalasHapus
  4. Sy awam banget kalau seni lukis, pernah ikut psikotes dsuruh buat pohon (tpi tidak boleh beringin), hal hasil bingung mau gambar apa... Tapi sy prnah sering liat trend paling minati itu ntn dri Channel Youtube, karna lebih lengkap, langsng prakt juga.

    BalasHapus
  5. Sebenarnya kita perlu bersyukur hidup di zaman sekarang yang teknologinya sangat maju. Karena segala sesuatu bisa diketahui dan dipelajari via internet.

    Seperti untuk belajar drawing, tinggal cari channel youtube yang bisa mengajarkan teknik drawing secara detail dan gratis. Pengalaman pribadi, saya pernah ingin belajar merajut sendiri. Saat lihat buku tidak paham, tapi setelah lihat tutorial di Youtube jadi paham.

    BalasHapus
  6. Skill yang sampau saat ini saya masih kurang pd untuk menggambar, hehehehe.. tapi manteb neh buat informasi baru bagi saya, terima kasih

    BalasHapus
  7. Jiwa seni. Sepertinya hampir setiap orang punya yah, kak? apalagi jika diarahkan sesuai dengan yang paling menarik perhatiannya. Kak artjoka ini sepertinya konsisten di bidang tersebut, kapan nih ngadain webinar, kak? :)

    BalasHapus
  8. Suka banget liat buku sketch bookmuuu. Saya juga suka menggambar, tapi talenta saya ini kurang terasah terutama ketika kerja di Jakarta. Pas udah di Surabaya udah beli buku sketsa corat-coret gitu. Tapi karena otodidak bingung mau mulai darimana.hihihi.

    BalasHapus
  9. Otodidak aja keren gini. Apa kabar sungguh2 berguru wkwk. Aku jg suka nggambar otodidak teh. Bedanya, ak ga belajar teorinya. Sama sekali, kaya anatomi dll. Nggambar as expresive mood aja wkwk

    BalasHapus
  10. Wah lengkap banget mba infonya, aku yang nggak bisa gambar jadi pengin belajar otodidak. Aku bookmark ah, nanti aku mau intip chanel YouTube-nya satu-satu. Soalnya aku tipe orang yang lebih gampang belajar via video.

    BalasHapus
  11. Mbakk keren banget sih. Aku jadi inget perjalananku jadi design grafis padahal bukan ananak design grafis kuliahnya haha dan kerjanyapun bukan dibidang tersebut tapi karensa suka ngulik eh skrg malah jadi sunber peghasilan tapi ya giti emang ahrusbterus diasah

    BalasHapus
  12. Sambil tambah skill, gali kreativitasnya lewat otodidak ya. Sekalian juga ceki-ceki di medsos sehingga tambah banyak juga referensi dalam menggambar

    BalasHapus
  13. aku waktu kecil suka banget gambar kak, tapi bisa gambar bagus kalau ada contohnya. jadi sebenernya gak bisa gambar dan punya ide gambar gitu kak, lemah banget deh :"D

    BalasHapus
  14. Menurut aku drawing itu biasanya akan terlihat bagus saat kita suka dan memang ada bakatnya di sana. Aku pernah melukis gambar kartun yg aku sukai waktu kecil dan itu momen yg selalu diingat apalagi gambarnya itu bagus klo diliat saat skrg ini ketika tidak lgi bisa drawing seperti dlu, hehe. Nah, sepertinya aku perlu mengasah skill itu lewat channel YT yg direkomendasikan di artikelny Mbak...

    BalasHapus
  15. Wah terima kasih banyak kak tips nya bisa dipraktekkan suatu saat nanti apalagi saya suka hal-hal baru

    BalasHapus

artjoka - blogger illustrator

Bottom Ad [Post Page]