Silaturahmi Tanpa Batas Dengan Sajian Lebaran Khas Keluarga


Silaturahmi Tanpa Batas Dengan Sajian Lebaran Khas Keluarga
Ilustrasi Dibuat dengan Canva

Siapa sih yang gak seneng ketemu lebaran? Semua umat islam pasti seneng banget. Karena Lebaran memang selalu menjadi saat yang tepat untuk silaturahmi tanpa batas dengan keluarga, kerabat, sahabat dan teman.
Saudara yang lama tak bertemu dan kawan yang lama tak berkabar tiba-tiba datang berkunjung kerumah. Biasanya sih lebaran pertama kami stay di rumah dan menerima tamu. Lebaran kedua baru kami jalan-jalan mengunjungi keluarga dan teman.
Tradisi mengunjungi dan dikunjungi oleh keluarga, sahabat dan teman pun menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain sebagai saat yang tepat untuk saling memaafkan juga media temu kangen dan memanjangkan tali silaturahmi. Emang sih udahan silaturahmi kaki dan pipi pegal karena banyak jalan dan banyak senyum, wkwk. Tapi sebanding dong ya dengan bisa bersilaturahmi.
Selain itu juga bisa saling mencicipi sajian lebaran masing-masing keluarga atau ketika berkunjung ke rumah teman. Meski menu nya sama, tapi rasanya berbeda. Ini yang bikin pengalaman lebaran jadi lebih menarik dan menyenangkan.
Tapi kalau gak bisa berkunjung atau mengunjungi keluarga dan teman yang jaraknya jauh, kami bisa telponan via whatsapp atau video call. Berkat internet, silaturahmi pun jadi lancar. Memang ya internet menyatukan Indonesia banget.
Agar tali silaturahmi terasa semakin erat, beragam sajian makanan khas lebaran pun disajikan oleh chef keluarga kami. Tim persiapan memasak menu lebaran keluarga kami terdiri dari tiga anggota, yaitu saya sebagai chef utama, ibu mertua sebagai chef cemilan dan IndiHome sebagai pawang koneksi internet.
Wah kok bawa-bawa IndiHome sih? Terus menu lebaran apa sih yang biasa saya dan keluarga sajikan? Ikuti terus cerita saya menyajikan menu lebaran bersama Indihome dibawah ini ya.

Sajian Menu Lebaran Khas Chef Keluarga


Saya tinggal dengan suami dan anak-anak dan ibu mertua. Karena ayah mertua sudah terlebih dahulu meninggalkan kami tahun lalu, jadi saya dan suami tinggal bersama dengan ibu mertua.
Lalu siapa sih chef andalan keluarga kami saat lebaran? chef keluarga kami adalah saya dan ibu mertua. Ibu mertua khusus menyiapkan cemilan seperti ranginang dan kudapan tradisional sementara saya memasak menu utama.
Urusan belanja keperluan sajian lebaran biasanya dilakukan secara berkala selama seminggu sebelum hari H. Lalu saya dan ibu mertua masak H-1 dari pagi sampai sore hari. Buka puasa terakhir pun menyantap hidangan lebaran, hhmm nikmat.
Sajian Menu utama lebaran yang biasa saya sajikan diantaranya adalah :
  1. ketupat atau lontong
  2. Kari daging sapi
  3. Opor ayam
  4. Ase Cabe
  5. Sambal goreng kentang
  6. Semur daging sapi
  7. menu andalan yaitu Empal Daging atau gepuk


gepuk sajian lebaran
Sumber gambar Cookpad


Aneh bukan menyajikan Gepuk di hari lebaran?Tapi keluarga besar dan teman yang berkunjung ke rumah kami sangat menyukai cita rasa gepuk andalan keluarga kami. Keluarga dan teman yang berkunjung bilang gepuk buatan saya beda dengan yang lain dan bikin nagih.
Selain sajian utama, kami juga menyediakan beragam kue khas lebaran seperti kue nastar, kue keju, kue lidah kucing dan putri salju. Tapi karena saya gak begitu pandai bikin kue, saya pesan ke adik ipar saya yang kebetulan memang punya online shop Cake & Bakery. Jadi gak pakai ribet bikin, tinggal beli aja, wehehe.
Alhamdulillah kue lebaran pun laris manis. Sambil ngobrol sambil ngemil kue lebaran, tau-tau abis aja isi toplesnya.

Indihome dan Gepuk Lebaran


internet menyatukan indonesia


Gepuk khas buatan saya dibuat khusus berdasarkan resep turun temurun dari nenek dan ibu saya. Tahun lalu saya kebagian jatah lebaran di rumah ibu dan menyiapkan menu lebaran . Jadi urusan bikin gepuk gak terlalu kesulitan. Kalau saya lupa resep tinggal colek ibu saya, hehe.
Beda lagi dengan tahun ini dimana saya memasak di rumah sendiri. Karena saya jarang memasak gepuk di hari-hari biasa, saya agak-agak lupa resep membuat gepuk apa aja. Otomatis saya harus colek ibu saya dong sebagai master chef gepuk keluarga kami. Telpon whatsapp dan video call pun dilakukan berkali-kali, karena saya pelupa, hehehe.
Nah disinilah peran IndiHome sebagai penyedia internet stabil sangat diperlukan. Kenapa IndiHome sih? Karena IndiHome merupakan provider internet menyatukan Indonesia yang punya koneksi internet stabil. Gak ada tuh video call pecah – pecah gambarnya atau delay. Video call atau telponan via whatsapp lancar jaya.
Jadi, bener banget deh kalau internet menyatukan Indonesia. Urusan komunikasi dan silaturahmi dengan keluarga, kerabat dan teman yang gak bisa ketemu atau seperti saya yang harus videocall ibu soal resep gepuk pun lancar dan gak terkendala.
Resep gepuk pun aman saya abadikan dalam paririmbon buku resep saya. Untung banget deh pake IndiHome. Apalagi hari-hari menjelang lebaran Bandung diguyur hujan terus. Petir menyambar pun gak jadi halangan koneksi internet. Kecuali kalau tiba-tiba mati listrik, yaa pasrah lah kami.
Btw, mau tau gak resep gepuk andalan keluarga kami? Boleh banget dong di contek nih rahasia resep gepuk keluarga kami. Selamat mencoba ya.

resep gepuk artjoka
Infografis dibuat dengan Canva


Gimana nih dengan menu lebaran khas keluarga anda? Pasti unik dan menarik juga ya. Share dong menu khas lebaran keluarga anda di kolom komentar, sekalian bagi resepnya juga, hehe. Selamat Lebaran dan silaturahmi tanpa batas ya.

68 komentar:

  1. kerjasama yg mantap ya... saling berperan dalam rangka menyambut lebaran. termasuk peran indihome... btw. daging empalnya enak banget kayaknya

    BalasHapus
  2. Wah iya, perlu kerjasama ya agar lebaran jadi makin meriah dengan hidangan khasnya
    Menggiurkan menu lebarannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebaran identik dengan hidangan yang lezat-lezat ya Mbak,, termasuk gepuk sapi ini nih,, udah tau resepnya dari Mba Eka, thank you for sharing ^^

      Hapus
  3. Wah menu gepuknya menggugah selera ya. Boleh dicoba ini mah. Lebaran emang asik buat kumpul2.

    BalasHapus
  4. Lebaran memang momen ditunggu-tunggu. Kuliner khas lebaran yang tak boleh kelewat, apalagi kalau bukan opor ayam.

    BalasHapus
  5. Aq sedih tahun in lebaran tanpa ibu dan tdk bisa merasakan lagi masakan beliau, huhu

    BalasHapus
  6. Keluarga aku gda menu khusus sih kalau lebaran. Cuma menu standar aja pas lebaran. Kaya opor balado ati dll.

    BalasHapus
  7. Aihh baca ini subuh2 auto laperr loh aku wkwkw, kayaknya enak banget nih Cheff Artjoka hihi.. bisa nih ntar lebaran bikin ini jugaa

    BalasHapus
  8. Wakakak, pengalaman pribadi juga. Berhubung saya masih belajar masak, kalau pengen masak sesuatu yang baru, buka inet dulu

    BalasHapus
  9. lebaran tahun ini belum berani kumpul keluarga besar.. tapi keluarga kecil... ya terobati kangennya... makan ketupat bersama... diselingi cerita dan canda tawa..

    BalasHapus
  10. Apakah gepuk termasuk empal, btw jadi ngiler lihatnya kayak daging rendang. Resepnya harus dicoba nih buat percobaan nyaur hutang puasa nanti

    BalasHapus
  11. saya suka banget dengan gepuk mba, rasanya tuh beda aja dari yang lain, enak banget dan lembut

    BalasHapus
  12. Wah, nikmat banget makan gepuk di kala Lebaran ya mba. Aku udah lama gak makan gepuk karena biasanya daging sapi di rumah diolah menjadi kelem atau rendang mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mau ngajakin toss kak, soalnya olahan daging di rumah juga kerap kali bikin rendang atau dendeng.
      Pengen juga bikin gepuk

      Hapus
  13. IndiHome dan lebaran saling melengkapi, adanya kuliner dan suppor

    BalasHapus
  14. Ase cabe itu apa, Mbak? Btw momen memasak bersama itu memang luar biasa, ya. Jadi merasakan banget indahnya kebersamaan itu.

    BalasHapus
  15. baru tahu nih cara membuat gepuk, ternyata simpel banget ya teh. bisa nih kapan-kapan aku recook buat dijual di sini, hihi.. met lebaran teh. maaf lahir bathin ya

    BalasHapus
  16. Menu lebaran di rumah biasanya by request. Urusan request adalah urusanku. Jadi, aku yang request. Sementara yang memasak adalah emakku. Kalau kue, ya belilah paling aman mah. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar, hidangan lebaran ini kadang membuat kumpul jadi menarik. Sementara yang belum bisa berkumpul secara dhohir bisalah menggunakan teknologi. Pake video call gitu. Yang pasti dilancarkan dengan Indihome.

      Hapus
  17. Wah thanks resep empal gepuknya. Menggoda sekali untuk dicoba. Bener banget IndiHome bikin video call ga putus2 ya mbak

    BalasHapus
  18. Menu lebaran di rumah ibu saya opor, sambal goreng kentang sama rawon hehe..yummy banget

    BalasHapus
  19. Sebagai pengguna IndiHome sejak masih Speedy merasa setuju sekali adanya internet ini bisa menyatukan silaturahmi kita, dimana pun berada. Selamat lebaran ya ...

    BalasHapus
  20. duh ini mah menu lebarannya menggoda semua kak, apalagi ada gepuk pula duh suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak menggoda, karena daku pengen coba buat langsung mamam tanpa buat sendiri eh, hehe

      Hapus
  21. Wah, jadi pingin coba deh Gepuk ini,, di tempatku lebaran identik dengan rendang sapi, yg mirip Gepuk ini dendeng kali ya, makin semarak deh lebaran tanpa batas dengan IndiHome

    BalasHapus
  22. Gepuk selalu enak! Soal hidangan Lebaran aku malah kangen makanan di rumah eyangku (udah meninggal sih sekarang): GADO-GADO. Ahaha...itu favorit banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyaa...ngomongin soal kuliner, gado-gado ini favorit aku banget. Saladnya orang Indonesia yang rasanya otentik banget..duh..serba pengen ya kalau bicara makanan

      Hapus
  23. keren banget mbak lebaran bisa bikin macam-macam. kalau aku lebaran cuma bikin makanan buat keluarga aja trus habis itu langsung ke rumah mama buat silaturahmi. heu

    BalasHapus
  24. rese p baru dan sesuatu hal yang baru, resep gepuknya cakep. bisa dimakan bareng kelurga di rumah,. didukung dengan internet indihome, tiada batas untuk beraktivitas selama lebaran. Meski tidak mudik, alhamdulillah berkat interneet yang stabil komunikasi jadi mudah ya

    BalasHapus
  25. Tampilan gepuknya sangat menggoda mbak. Saya simpan dulu resepnya, ntar kalau pas senggang waktu dan duitnya buat beli daging mau coba bikin.

    Chef utama dan chef pendukung berkolaborasi menciptakan menu lebaran yang enak banget nih. Kompak banget ya...

    BalasHapus
  26. Kayaknya gepuk ini menu baru buat saya. Belum pernah makan deh. Perlu dicoba ..

    BalasHapus
  27. Pas kasih tahu ini ke suami dia auto pengin lho kak Eka wkwkw aku jadii ikutan ngiler dan pengen coba jadinyaaa

    BalasHapus
  28. Gepuk endes banget, dilebaran menu khas seperti itu byk dijumpai. Sekarang lebaran tlah usai, kencangkan ikat pinggang, diet mode on.

    BalasHapus
  29. Di rumah saya juga ada ketupan pasti ketika lebaran Idul Fitri aja, karena kalau Idul Adha, menu makan lebarannya semur jengkol...

    BalasHapus
  30. Baru tahu nih makanan gepuk. Namanya lucu ya. Gepuk kan artinya mukul. Wkwkwk. Kalau di tempat saya makanan khas lebaran ya ketupat lontong. Enak semua

    BalasHapus
  31. Momen lebaran dan menu khas lebaran emang paling enak dan menjadi salah satu momen yang di tunggu-tunggu.

    BalasHapus
  32. Wah boleh banget mau nyobain resep Gepuknya teh Eka. Aku pun kalau lebaran ga pernah masak, karena kebagian di rumah mertua atau rumah ibu di kampung. Kalau di rumah sendiri masak boleh lah aku ngintip resepnya ini teh.

    BalasHapus
  33. Kerempongan memasak jelang lebaran yang cukup melelahkan dari pagi hingga sore namun amat menyenangkan ya mba. Saya pun merasakannya kemarin di rumah mertua.

    BalasHapus
  34. Sepertinya saya belum pernah makan gepuk, dari gambarnya aja udah sangat menarik untuk dimakan 😍

    BalasHapus
  35. Wah Chef Artjoka masakannya enak banget kelihatannya, dagingnya empuk yaaa, namanya aja gepuk wkwkwk

    BalasHapus
  36. Dengan internet, kita dapat mendekatkan yang jauh. Begitu juga soal makanan lebaran, kita tinggal browsing aja menu lebaran orang lain dan kita tiru deh. Namun tahun ini lebaran di rumahku ngga buat makanan aneh2. Cukup buat pentol dan sambalnya, itu udah auto ludes dalam hitungan jam setelah sholat ied. Hehe..

    BalasHapus
  37. keluarga-keluarga mestinya udh pada berpencar yaa bisa sama pasangannya masing-masing atau masih stay di tanah rantau, klo lebaran emang jadi penting banget nih jalin silaturahmi by phone lagi pada berjauhan

    BalasHapus
  38. Emang gitu serunya silaturahmi
    Selalu ada hidangan khas lebaran yang sangat menggugah selera ya kak

    BalasHapus
  39. Duh, ngiler aku lihat gepuknya. Cobain bikin juga, deh, sama chef di rumah. Hehe... Kalau lebaran aku paling suka hidangan ketupat dengan saus kacang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. urusan masak dan makan-makan enak emang ga bisa dipisahin ya mba. karena belakangan ini aku nemuin kasus anak2 jaman sekarang ga dilibatkan sama aktivitas masak di rumahnya, sampe akhirnya ga tahu bumbu-olah bumbu, dsb, beda banget sama jamanku, aku tuh jadi mikir, skill masak tuh padahal bisa jadi basic skill bertahan hidup loh

      Hapus
  40. waaaa...,..ase cabe, Lebaran tahun ini gak nemu ase cabe
    baca tulisan ini rasa ase cabe langsung menggulung lidah, hehehe
    besok bikin ah
    bikin gepuk juga gak ya? ,,,,,,,,,, :D

    BalasHapus
  41. Kalau bikin resep Ibu itu sulit dan pasti membutuhkan waktu beberapa kali eksperimen.
    Sama kaya aku telp ibu minta resep bikin bakso. Kayanya gak sulit yaah.. Kalau as Ibu yang bikin.

    Tapi ternyata banyak triknya dari mulai memilih daging, cara menggiling hingga membentuk bulatan baksonya.
    Sungguh sambungan internet lancar saat ini sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  42. Asyik benar mba, bisa masak bersama bareng mertua kompak gitu, betul sekali dengan adanya internet sekarang silahturahmi gak terkendala jarak lagi kan bisa video call dg kerabat di tempat jauh

    BalasHapus
  43. Sebagai pelanggan IndiHome saya jadi terbantu sehingga bisa dengan mudah terkoneksi dengan keluarga bahkan untuk urusan menanyakan dan mengajari menu masakan lebaran lewat video call. Lancar jaya sinyalnya.

    BalasHapus
  44. Wah harus cobain bikin gepuk ini, menggiurkan sekali Mbak. Apa sama dengan rendang yaa? Kalau di rumah karena orang Padang jadi emg selalu bikin rendang setiap lebaran. Dan memang indihome jadi andalan banget saat berkomunikasi dg sanak saudara yg berjauhan yaa Mbak...

    BalasHapus
  45. Ah iya, saat lebaran yang dikangenin nggak hanya silaturahmi nya saja, tapi juga hidangan khas lebaran ya mbak

    BalasHapus
  46. Ajang silaturahmi pas lebaran kemarin memang momen yang gak boleh dilewatkan yah, btw aq kmrn mau pasang IndiHome cuma gak tau katanya blm tersedia jaringannya, huhu sedihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indihome memang internet andalan Indonesia
      Sayang ya KLO blm bisa pasang Indihome

      Hapus
  47. Jadi penasaran euy pengen coba gepuk buatan Chef Artjoka hihi. Foto gepuknya terlihat menggoda. Keliatan empuk banget. Dimakan sama nasi putih anget enak banget tuh. Dan thanks buat resepnya. kayaknya saya pengen coba bikin juga ah di rumah.

    BalasHapus
  48. Berkat Indihome , gepuk resep ibu yang maknyus pun berhasil dimasak. Selamat Lebaran dengan gepuk yang maknyus .

    BalasHapus
  49. Lebaran menjadi momen yg ditunggu oleh banyak orang, dan bisa berkumpul bersama keluarga besar. Apalagi ditambah dengan pilihan makanan yang tersedia, sambal balado kentang hati sapi, rendang, opor ayam, sambal hati, gepuk dan sebagainya bisa membuat kenangan yang sulit dilupakan
    Apalagi jika disantap bersama keluarga besar ya, hanya saja untuk tahun ini saya tidak bisa mudik karena ada pekerjaan yg gak bisa ditinggal. Sedih.

    BalasHapus
  50. Duh, enak banget itu kari dagingnya. Jadi pengen nyicip, hehehe. Semoga kita bisa berjumpa ya, mbak, kali saja bisa mencoba menu masakan khas keluargamu ini, aamiin

    BalasHapus
  51. mantap kompak dengan mertua mbak. urusan perdapuran kelihatannya remeh padahal lama dan menghabiskan banyak energi, lelah hayati kalau dikerjakan sendiri
    btw saya main ke rumah ya mbak, incip gepuknya hehe
    kalau di keluarga kami nasi kuning yang disajikan saat lebaran, favorit anak-anak dan ponakan

    BalasHapus
  52. Masya Allah, spesialnya moment lebaran. memang selain ketemu sama keluarga atau orang-orang spesialnya, makanan spesialnya juga dikangenin ya buat dicoba :)

    BalasHapus
  53. Yes.... Sejujurnya nuansa lebaran itu memang identik dengan namanya ketupat, plus menu hidangan khas keluarga... Jadi ingat dulu waktu masih kecil, kalau ke rumah bude selalu disediakan opor ayam yang enak... Untuk anak-anak... Silahturahmi antar keluarga memang penting

    BalasHapus
  54. Internet IndiHome internetnya Indonesia, mendekatkan yang jauh dengan internet dan jaringan bagus.

    BalasHapus
  55. IndiHome membuat silaturahmi lancar dan keluarga terasa dekat.

    BalasHapus
  56. Pagi-pagi liat status makanan tuh apalagi di-share resep gepuk daging, jadi bikin ingin buat gepuk deh, tp kalau malas mau beli aja aaaahhh
    Hidangan lebarannya hampir mirip kaya dirumah, mungkin sesama orang Bandung Raya ya teh jadi mirip. Paling khas itu ace cabe, bikin nambah mulu

    BalasHapus
  57. Menul tuh emang ngangenin, gepuk aku suka juga. Cuma dikeluarga seringnya bikin ulen dicocolin ke rendang. Kadang bikin masakan Jawa, ketupat sama sayur brongkos atau kari. Memang ya IH membantu kita untuk tetep bersilaturahmi online dalam hal berkomunikasi.

    BalasHapus
  58. Coba kalau gak pakai indihome pasti silaturahmi virtual bakal sering ngadat ya mbak. Btw, saya pernah makan gepuk, dan memang enak juga kok makanan satu ini

    BalasHapus
  59. Ase. Mendengar nama makanan itu pertama kali dari Grandys hehe. Kalo gepuk aku juga baru tau, selama ini taunya ayam gepuk XD

    BalasHapus
  60. Wah asyik dapat resep baru. Daging biasanya cuma kutongseng sama di masak sate aja atau direndang.
    Hehe. Bisa nih masak empal gepuk. Silaturahmi keluarga makin oke dengan IndiHome ya

    BalasHapus
  61. Silahturahmi harus selalu dilakukan dan menjamu tamu ketika datang ke rumah menjadi hal wajib. Terima kasih resepnya mba

    BalasHapus