3 Jenis Makanan Yang Tinggi Protein Untuk Mencegah Sakit Pinggang

 

Jenis makanan yang tinggi protein

3 Jenis makanan yang tinggi protein untuk mencegah sakit pinggang. Sakit pinggang terlebih sakit pinggang belakang sering menjadi keluhan terutama mereka yang memiliki tingkat aktivitas dan mobilitas yang cukup tinggi. Pekerja kantoran atau di pabrik, karyawan, Ibu rumah tangga, mahasiswa atau profesi lain nya dan usia dewasa atau remaja tidak terkecuali.

Sebetulnya apa sih penyebab sakit pinggang? dan bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi sakit pinggang?

Definisi dan Penyebab Sakit Pinggang


Menurut Wikipedia, Lumbago (low back pain) adalah nyeri pinggang yang sering terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot punggung. Adapun penyebab terjadinya sakit pinggang beragam, tergantung aktivitas dan kondisi tubuh. Namun secara umum, sakit pinggang paling banyak disebabkan oleh salah posisi tubuh, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Selain karena kegiatan fisik, sakit punggung juga dapat disebabkan oleh gangguan dari dalam tubuh, seperti infeksi, ginjal atau masalah tulang belakang.

Mereka yang berusia 30 tahun ke atas, kurang berolahraga , kurang minum air putih serta memiliki berat badan berlebih adalah yang paling beresiko mengalami sakit pinggang.


Gejala Sakit Pinggang


Gejala sakit pinggang beragam, tergantung pencetus utamanya. Namun secara umum sakit pinggang belakang memiliki gejala seperti dibawah ini :

  1. Rasa pegal di seluruh atau sebagian pegal
  2. Nyeri saat membungkung atau meregangkan pinggang
  3. Pinggang terasa kaku
  4. Jika duduk atau berbaring terlalu lama akan merasakan nyeri
  5. Agak sulit bergerak

Cara Mencegah Sakit Pinggang


Sebelum sakit pinggang terasa dan menghambat aktivitas kita sehari - hari, berikut beberapa cara untuk mencegah munculnya sakit pinggang.

  1. Minum air yang cukup ( 8 gelas sehari )
  2. Rajin berolahraga minimal 20 menit sehari
  3. Lakukan pola hidup sehat
  4. Rajin berolahraga
  5. Kurangi mengangkat benda atau benda berat
  6. Perbaiki posisi saat duduk dan berbaring
  7. Konsumsi makanan makanan yang tinggi protein


Tiga Jenis makanan yang tinggi protein Untuk Mencegah Sakit Pinggang


Untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi serta menghindari munculnya sakit pinggang maka kita perlu memenuhi asupan nutrisi yang tepat. Makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah makanan yang banyak mengandung protein baik protein hewani maupun nabati.

Mengapa harus protein? karena protein dapat membantu proses pemulihan tulang dan otot di area pinggang. Berikut 3 jenis makanan yang tinggi protein, yaitu :

1. Buah dan Sayuran


Buah dan sayur dipercaya umumnya mengandung zat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada sendi serta otot manusia. sehingga sangat tepat dikonsumsi bagi anda yang mengalami sakit pinggang.

Beberapa jenis buah - buahan yang mengandung protein tinggi dapat menjadi salah satu cara mencegah munculnya sakit pinggang atau mengurangi sakit pinggang ketika hal itu terjadi. Buah - buah dan sayur yang tinggi protein diantaranya adalah kacang merah, brokoli, lentil, kacang polong, asparagus, jagung manis dan kentang. Juga termasuk di dalamnya jeruk, alpukat, aprikot, pisang, nangka dan kurma.

2. Daging

Daging ayam, sapi dan kambing adalah tiga jenis daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kriga jenis daging ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein yang terkandung dalam daging mampu menjaga kesehatan otot , memperkuat tulang dan menjaga kesehatan tulang.

3. Produk Susu


Untuk mencegah terjadinya sakit pinggang, ada baiknya mengkonsumsi susu karena dalam segelas susu terkandung sekitar protein yang dibutuhkan oleh tubuh . Terdapat 2 jenis protein yang terkandung di dalam susu, yaitu kasein dan whey. Selain itu, protein pada susu juga mengandung asam amino yang sangat baik untuk kesehatan otot.

Yuk konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein untuk mencegah dan mengobati sakit pinggang terutama sakit pinggang belakang.

14 komentar:

  1. Karena sudah mulai banyak keluhan dengan pinggang, lutut dan pegal-pegal saya sekarang udah mulai minum susu khusus nih
    Ga ada istilah terlambat ya ...
    Kan pengen sehat juga hehehe

    BalasHapus
  2. Tips ini sangat ampuh ya kak, memperhatikan pola makan dgn protein yg cukup.hal ini dapat mencegah sakit pinggang

    BalasHapus
  3. aku punya masalah sama punggung. olahraga dan pola makan tinggi protein emang paling ampuh buat ngobatinnya.

    BalasHapus
  4. Pe-er aku itu adalah memperbaiki posisi duduk kak. Kadang kan seenaknya aja duduk, senyamannya padahal salah wkwk.. Alhasil banyakan duduk efenya sakit pinggang.

    BalasHapus
  5. mantap aku suka gtu kalo lagi bungkuk. entah karena habi slahiran dengan SC atau yang lain.

    aku mau memprakikan tipssnya
    duh olehraga ini yang agaknya gak konsiten di lakukan hiks
    makasih mbak

    BalasHapus
  6. Mantap sekal sih ini..jadi tahu mana mana aja yg harus dimakan Krn aku kebetulan pernah sakit pinggang.. hehehehe

    BalasHapus
  7. makanan yang tinggi protein ternyata bagus ya buat pemulihan sakit :) dan penting juga nih dipenuhi biar gak gampang sakit, apalagi sakit tulang huhu

    BalasHapus
  8. Plus air putih yang cukup ya kk. Berasa banget itu ngaruh ke pinggang

    BalasHapus
  9. Aduh, masalah aku banget nih, teh. Karena suka sakit back bonenya, keknya kurang gerak nih, dan harus minum susu juga, hihi

    BalasHapus
  10. Aduuh ini aku banget mba udah mulai sakit pinggang :(( mudah2an aku bisa istikamah nih nerapin inii

    BalasHapus
  11. kadang aku sakit pinggang dan punggung nih, mbak. keknya karena aku masih kurang minum 2 liter perhari plus masih suka begadang

    BalasHapus
  12. Aku udah mulai sering sakit pinggang nih. Kayanya karena kurang mengonsumsi tiga jenis makanan di atas. Otw request ke katering aah, hihi.

    BalasHapus
  13. Aku susu yang kadang masih ketinggalan mba hehehe, pas mam udah kenyang eh lupa minum susu. Padahal penting banget menjaga tulang ya Mba.

    BalasHapus
  14. Kalau saya jarang sih sakit pinggang, biasanya yang cuman sakit cuman bagian perut bawah saja. Jangan lupa juga untuk selalu istirahat dan yang cukup :)

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.