Tips Menjaga Kesehatan Mulut dari Sariawan

Posting Komentar
cara menjaga kesehatan mulut




Ketika saya masih kecil, masih teringat jelas dalam ingatan dimana ayah saya kerap mengalami sariawan. Ketika saya tanyakan kepada beliau mengapa ayah sering mengalami sariawan? Jawaban ayah saya hanya satu, kekurangan asupan Vitamin C.

Saya merasa kurang yakin saat itu tapi mempercayai ucapan ayah saya sehingga setiap kali saya mengalami sariawan, hal pertama yang saya lakukan adalah mengisap tablet Vitamin C agar sariawan saya sembuh. Namun nyatanya, sariawan saya tak kunjung sembuh. Kalaupun sembuh membutuhkan waktu yang cukup lama.

Setelah saya berusia remaja dan mulai banyak membaca buku, akhirnya saya tahu bahwa penyebab utama munculnya sariawan tidak hanya disebabkan kekurangan Vitamin C. Melainkan beberapa faktor kesehatan lainnya.

Lantas apa itu sariawan? Apa penyebab sariawan dan bagaimana cara nyembuhin sariawan? Yuk baca selanjutnya.

Sariawan adalah


Sebagian dari kita umumnya mendefinisikan sariawan sebagai benjolan yang meradang di bibir, bagian dalam mulut dan lidah. Namun secara ilmiah, menurut wikipedia sariawan adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut (lesi) yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

sariawan adalah
pengertian sariawan

Penyebab Munculnya Penyakit Sariawan


Umumnya penyakit sariawan yang dialami di area bibir, mulut, gusi dan lidah terjadi akibat penyebab - penyebab sebagai berikut :
  1. Kurangnya menjaga kesehatan mulut dan gigi
  2. Mengalami stres berlebih
  3. Hormon tidak seimbang seperti menstruasi
  4. Tubuh mengalami defisit nutrisi
  5. Infeksi bakteri atau virus
  6. Daya tahan tubuh lemah
  7. Sering mengalami trauma fisik pada area mulut dan gigi seperti menyikat gigi terlalu keras atau kebiasaan buruk menggigit bibir
  8. Mengalami radang usus kronis
Dengan demikian, setiap sariawan yang muncul pada setiap orang berbeda - beda penyebab dan cara mengobatinya. Namun kita dapat melakukan pertolongan pertama ketika mengalami sariawan dengan berkumur dengan air dingin atau mengonsumsi obat anti inflamasi jika terasa sangat sakit.

Jenis - Jenis Sariawan


Terdapat empat jenis sariawan berdasarkan penyebabnya, yaitu :
  1. Sariawan Celiac, adalah sariawan yang muncul disebabkan oleh rendahnya daya tahan tubuh.
  2. Sariawan tropikal, adalah sariawan yang disebabkan oleh peradangan pada usus kecil yang mengakibatkan kurang terserapnya nutrisi makanan oleh tubuh. Umumnya, Sariawan tropikal sering terjadi di daerah tropikal seperti India, Afrika, Asia Tenggara dan Karibia.
  3. Sariawan nontropikal, adalah sariawan yang belum diketahui secara pasti penyebabnya namun sering terjadi pada orang dewasa yang tinggal di daerah beriklim panas
  4. Stomatitis aphthous berulang (sariawan tukak aphthous) adalah sariawan yang muncul menyerupai bisul di dalam mulut, terasa sakit dan umumnya terjadi pada anak-anak. Sariawan Stomatitis Aphtous/Ulcer umumnya disebabkan oleh kurangnya Vitamin C dalam tubuh dan alergi terhadap asam, daya tahan tubuh lemah dan trauma fisik pada gigi.
Ternyata sariawan memiliki beragam jenis berdasarkan jenisnya. Untuk mengetahui jenis sariawan yang dialami tentu tidak dapat dilakukan dengan menganalisis sendiri atau self diagnose ya. Kita perlu mengunjungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

Selain tiga jenis sariawan di atas, juga terdapat jenis sariawan berdasarkan ukurannya, yaitu :
  1. Sariawan kecil, yaitu sariawan dengan diameter kurang dari satu sentimeter
  2. Sariawan besar, yaitu sariawan dengan diameter lebih dari satu sentimeter
  3. Sariawan herpetiform, yaitu sariawan yang muncul sebagai berkelompok

Jadi, apa yang pernah dialami oleh saya yang menurut pendapat beliau akibat kekurangan Vitamin C ada benarnya ya. Namun untuk mendiagnosa apakah sariawan yang dialami ayah saya adalah jenis sariawan stomatitis aphtous atau bukan tentunya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menemui dokter ya.

Gejala Munculnya Sariawan

Umumnya, sariawan muncul selama kurang lebih selama 7 hingga 10 hari dan memiliki gejala awal sebagai berikut :
  • Muncul benjolan atau luka berwarna kemerahan lalu berwarna putih
  • Rasa sakit pada bagian luka yang mengalami peradangan
  • Sakit saat menelan
  • Mulut terasa tidak nyaman
Gejala sariawan di atas merupakan gejala yang paling umum terjadi. Biasanya sariawan yang disebabkan trauma fisik akan sembuh dengan sendiri dalam kurun waktu 7-10 hari dan salah satu tanda sariawan akan sembuh adalah rasa nyeri yang teramat sangat hingga akhirnya lesi mengering, peradangan berkurang dan hilang.

penyebab sariawan
penyebab munculnya  sariawan

gejala sariawan
Gejala munculnya  sariawan



Cara Mengobati Sariawan Yang Tepat


Sariawan yang tiba-tiba muncul memang membuat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sariawan, yaitu :
  1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan rajin menggosok gigi dan menggunakan mouthwash
  2. Kurangi mengonsumsi makanan panas dan pedas
  3. Berkumur menggunakan air dingin untuk meredakan nyeri atau mengonsumsi obat anti inflamasi untuk mengurangi rasa sakit
  4. Berhenti merokok
  5. Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
  6. Mengunjungi dokter jika sariawan terus berlangsung lebih dari 7 hari

cara nyembuhin sariawan
cara nyembuhin sariawan

Kesimpulan


Penyakit sariawan adalah salah satu penyakit yang terjadi pada area bibir, mulut, gusi dan lidah yang disebabkan oleh banyak faktor. Namun saya pribadi sering mengalami sariawan akibat kebiasaan buruk seperti menggosok gigi terlalu cepat, panas dalam, defisit Vitamin C dan makan terlalu cepat sehingga bibir tergigit saat mengunyah.

Biasanya saya segera mengunjungi dokter jika sariawan sudah lebih dari tiga hari karena sangat mengganggu aktivitas sehari - hari. Dengan bertemu dengan dokter saya tidak sungkan bertanya mengenai sariawan dan mengetahui penyebab dan menerima pengobatan medis yang tepat.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

Posting Komentar