Tips Memilih Sandal Wanita yang Nyaman dan Kekinian

23 komentar
Tips Memilih Sandal Wanita


Bicara soal sandal, tentu saja salah satu produk alas kaki yang satu ini cukup krusial selain sepatu. Sandal digunakan untuk kegiatan sehari-hari, baik dirumah maupun kegiatan diluar rumah, termasuk liburan, bekerja atau bepergian.

Sandal yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, tentunya harus memilih sandal yang nyaman dengan desain kekinian. Namun, memilih sandal yang nyaman dan kekinian tidak semudah yang dibayangkan, karena kita perlu mempertimbangkan beberapa hal. Terlebih sandal kekinian memiliki berbagai model dengan desain unik, menarik dan cantik.

Lantas bagaimana memilih sandal wanita yang nyaman dan kekinian? Yuk baca selanjutnya.

Definisi dan Asal Usul Sandal


Kita semua tahu bahwa fungsi sandal adalah alas kaki untuk melindungi kaki dari kotoran, debu, benda tajam dan hal-hal yang membuat tidak nyaman saat berjalan kaki.

Namun tahukah anda apa definisi sandal sesungguhnya? 


Dikutip dari Wikipedia, Sandal adalah salah satu model alas kaki yang terbuka pada bagian jari kaki atau tumit pemakainya. Kata Sandal berasal dari bahasa Yunani yaitu Sandalion (Bahasa Yunani) lalu diserap ke dalam Bahasa Latin (sandalium), Bahasa Prancis (sandale), dan Bahasa Bahasa Belanda (Sandaal) yang kemudian diadopsi oleh bahasa Indonesia yaitu Sandal.

Penasaran Kah anda dengan siapa pencipta sandal pertama kali? Jika menelusuri sejarah, Sandal pertama kali ditemukan dari peninggalan suku primitif Indian Anasazi di Benua Amerika Sekitar 8.000 hingga 10.000 tahun lalu. Suku Anasazi pada masa itu sudah menggunakan sandal yang terbuat dari serat tanaman yucca yang dianyam sebagai alas kaki.

Penemuan sandal kuno dari suku Anasazi tidak menjelaskan siapa penggunanya, apakah pria atau wanita. Tapi para arkeolog berkesimpulan bahwa sandal yang digunakan bersifat unisex atau digunakan oleh pria dan wanita.

Lalu, penemuan sandal yang terbuat dari kulit binatang ditemukan dari peninggalan bangsa Sumeria sekitar 6000 SM.

Selain penemuan sandal kuno pada peninggalan Bangsa Sumeria, penemuan sandal kuno pun ditemukan pada hieroglif dari Mesir Kuno yang menampilkan kisah tentang pembuat sandal. Masyarakat mesir kuno sudah menggunakan sandal yang terbuat dari kayu, kulit kambing, atau serat dari tanaman papirus atau palem.

sandal adalah
Definisi sandal (wikipedai)


Sejarah sandal
Asal - usul sandal


Sandal kuno pun ditemukan dalam peradaban Yunani kuno dimana masyarakat Yunani kuno menggunakan alas kaki yang terbuat dari sol gabus, dengan penutup kulit yang disatukan dengan bagian alas dengan cara menjahitnya dan jari kaki dibiarkan terbuka, lalu dilengkapi dengan sabuk atau tali yang dililitkan hingga betis agar tidak terlepas dari kaki ketika digunakan.

Sejak saat itu penggunaan sandal sudah banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat dunia terlebih sejak dibukanya jalur sutra sejak 3000 SM.

Bagaimana dengan penemuan sandal di Indonesia?


Terdapat satu versi sejarah sandal kuno di Indonesia Yang menyatakan bahwa sandal sudah dikenal sejak zaman kerajaan Tarumanegara di Bogor sekitar pada abad ke-7 masehi yang dibuktikan dengan adanya penemuan batu tulis yang berisi tulisan dan telapak kaki raja yang ditafsirkan sebagai cetakan untuk pembuatan sandal raja oleh para arkeolog.

Versi sejarah sandal di Indonesia Yang satu ini masih diragukan, namun yang pasti di Indonesia, desain awal sandal memiliki bentuk dengan bagian alas (sol) dihubungkan dengan tali atau sabuk yang berfungsi sebagai penjepit (penahan) di bagian jari, punggung kaki, ataupun pergelangan kaki agar sandal tidak terlepas dari kaki pemakainya yang disebut sandal jepit.

Seiring dengan perkembangan tren fashion di Indonesia yang terpengaruh oleh tren fashion dunia, munculah desain sandal dengan berbagai model dan penggunaan bahan yang beraneka ragam bermunculan disesuaikan dengan tujuan penggunaan pemakaian.

Mengenal Jenis - Jenis Sandal Wanita


Seiring dengan berkembangnya trend fashion dan penggunaan material, sandal memiliki beragam jenis yang disesuaikan dengan bentuk dan kegunaan pemakaian, yaitu :
  1. Sandal Flip-Flop
  2. Sandal tali
  3. Sandal Flat
  4. Sandal Slip On
  5. Sndal selop
  6. Sandal Karet
  7. Sandal Heels
  8. Sandal Wedges
  9. Sandal Gladiator
  10. Sandal Platform
  11. Sandal Mules
  12. Sandal Slingback
  13. Sandal Slide
  14. Sandal Flatbed

jenis - jenis sandal wanita
Berbagai jenis - jenis sandal wanita

Dari sekian banyak jenis sandal, tentunya kita dapat memilih sandal sesuai dengan kebutuhan dan jenis penggunaan. Namun ketika memilih sandal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita dapat menggunakan sandal wanita dengan model kekinian dengan nyaman.

Tips Memilih Sandal Wanita Kekinian yang Nyaman 


Pentingkah Memilih Sandal Wanita yang Nyaman dan Kekinian? Tentu saja penting! Mengapa? Karena fungsi utama sandal adalah memberikan perlindungan pada kaki agar kaki nyaman saat berjalan dan terhindar dari kecelakaan dan penyakit.

Berikut beberapa tips memilih sandal wanita yang nyaman dan kekinian, yaitu:

1. Mempertimbangkan Tujuan Penggunaan Sandal

Sebelum memilih sandal wanita yang tepat, pertimbangkan tujuan penggunaan sandal berdasarkan jenis aktivitas. Misalnya, jika kita membutuhkan sandal untuk aktifitas luar ruangan maka sebaiknya memilih sandal dengan sol kuat, tebal, tidak licin dan tahan lama.

Pertimbangkan juga penggunaan sandal apakah digunakan untuk kegiatan luar dengan mengendarai sepeda motor atau mobil. Karena sandal yang digunakan untuk diluar ruangan dengan menggunakan motor sebaiknya menggunakan sandal agak tertutup seperti jenis sandal selop atau mules yang sering disebut juga sandal sepatu.

Namun jika menggunakan mobil, kita bisa menggunakan semua jenis sandal namun lebih nyaman menggunakan sandal jenis slip on, jepit, selop karet atau flip-flop. Namun akan nyaman juga ketika menggunakan sandal jenis wedges atau heels.

Berangkat ke bengkel mobil menggunakan sandal heels? Jangan dong! Sebaiknya menggunakan sandal jenis sepatu sandal agar lebih nyaman.


2. Pertimbangkan Kualitas Bahan yang digunakan

Kualitas bahan sandal berkaitan erat dengan daya tahan dan kenyamanan saat digunakan. Anda perlu memperhatikan bahan yang digunakan pada sandal yang anda pilih dan pastikan bahan yang digunakan berkualitas baik dengan jahitan dan konstruksi yang kuat.

Terdapat beberapa jenis bahan sandal yang dapat dipilih untuk kenyamanan saat digunakan, diantaranya :
  • EVA (Ethylene Vinyl Acetate) : Sandal EVA adalah sandal yang terbuat dari vinyl dan karet dengan karakteristik elastis, tahan segala cuaca terutama terhadap air, awet, kuat dan tidak mudah sobek, serta mudah dibersihkan. Salah satu jenis sandal wanita terbaik berbahan EVA adalah sandal dari brand Crocs yang menggunakan bahan EVA berteknologi terbaru yaitu Crosslite Synthetic yang merupakan resin busa yang terbuat dari polimer EVA.
  • Karet : Sandal dengan bahan karet umumnya digunakan sebagai insole sandal yang empuk dan memberikan kenyamanan pada telapak. Meski demikian, sandal dengan bahan karet cenderung lebih cepat kotor dan licin saat digunakan terutama jika terkena air.
  • Kulit Sintetis : Sandal dengan bahan karet dibuat melalui proses pengolahan unsur bahan kimia yang diberi campuran warna sehingga menghasilkan bahan menyerupai kulit asli bertekstur halus dan mudah dibentuk seperti Faux leather dan PU leather.
  • Kulit Binatang Asli : Sandal kulit binatang asli sudah tidak diragukan lagi kualitasnya mengingat penggunaan kulit untuk sandal sudah digunakan sejak zaman kuno.
  • Glossy : Sandal glossy umumnya digunakan untuk membuat sandal jenis wedges yang dibuat dari bahan sintetik dengan karakteristik mengkilap dengan insole tebal. Sandal glossy umumnya mudah dibersihkan dan tidak mudah mengelupas.

sandal wanita crocs
EVA, Bahan sandal wanita crocs yang nyaman dan kekinian

3. Sesuaikan Sandal dengan Ukuran Kaki


Menyesuaikan sandal dengan ukuran kaki bertujuan untuk membuat kaki anda lebih nyaman saat digunakan. Jangan memilih sandal dengan ukuran terlalu pas atau justru sebaliknya. Ada baiknya memilih sandal dengan ukuran lebih sedikit sekitar beberapa senti untuk memberi ruang pada jari kaki.

4. Perhatikan Jenis Sol dan Bahan Alas Kaki Pada Sandal Yang Digunakan


Penggunaan jenis sol dan bahan alas kaki pada sandal akan mempengaruhi kenyamanan kaki terutama tumit ketika digunakan. Terdapat beberapa jenis sol sandal diantaranya sol karet, sol karet busa, dan sol berbahan kulit.

Jika anda memilih sandal untuk digunakan luar ruangan dengan acara non formal, anda dapat memilih sandal dengan sol dan bahan alas kaki berbahan karet busa karena sandal dengan sol karet nyaman digunakan dan memiliki daya cengkram yang baik dan tahan lama.

Namun jika anda membutuhkan sandal untuk menghadiri acara, maka pilihlah sandal dengan sol dan bahan alas kaki kuat namun ringan dan fleksibel.

tips memilih sandal wanita nyaman
Tips memilih sandal wanita yang nyaman

5. Perhatikan Desan Kekinian Sandal


Memakai sandal pun bisa tampil trendy mengikuti perkembangan tren fashion. Anda dapat memilih sandal sesuai dengan jenis kegiatan dengan desain kekinian namun tetap memperhatikan jenis bahan sandal, sol dan dan bahan alas kaki sandal yang digunakan.

Jangan asal memilih sandal kekinian namun dengan bahan kurang berkualitas karena akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan daya tahan sandal itu sendiri.

6. Pilih Sandal Dari Merk Terbaik


Sandal bermerek umumnya menggunakan bahan, sol dan bahan alas kaki sandal terbaik, sudah teruji dan sesuai standar pembuatan sandal. Sandal bermerek sangat memperhatikan kualitas produknya dan akan terus melakukan pengembangan, inovasi dan tetap menjaga kualitas produknya. Dengan demikian, pilihlah sandal bermerk yang terpercaya dan memiliki testimoni baik dan pelanggan.

merek sandal wanita crocs
Merek sandal wanita terbaik Crocs, cocok digunakan untuk segala kebutuhan pemakaian

Kesimpulan


Memilih sandal wanita yang nyaman dan kekinian tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena berkaitan dengan kenyamanan. Tentunya kita tidak ingin mengalami lecet atau luka pada jari dan telapak kaki kita bukan?

Pilihlah sandal wanita dengan sol kualitas terbaik dan bahan alas kaki yang nyaman, tidak keras, empuk dan tidak licin namun kuat.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

23 komentar

  1. aku kalo milih sandal butuh waktu lama mbak, kadang hari ini ke mall, tapi masih bingung dan galau, ehh besoknya malah balik lagi
    kadang pas nyobain sandal di tokonya terlihat oke, tapi pas udah dipake dirumah kayak merasa kurang cocok

    BalasHapus
  2. Aku sukanya sandal yang solnya enggak tebal tapi nyaman. Ada enggak, ya?

    BalasHapus
  3. Cari sandal khususnya perempuan itu gampang-gampang susah ya. Apalagi cari yang benar-benar pas ukurannya. Udah dapat model pas, eh ukurannya ga tersedia. Dapat ukurannya,modelnya ga cocok dengan selera.

    BalasHapus
  4. Istriku kalau cari sendal itu bisa berjam jam, dan yang anehnya kalo di mall udah diliat pas awal masuk ga cocok. Ujungnya setelah muter maalah milih yang awal. huft

    BalasHapus
  5. Memilih sandal wanita yang tepat bukan hanya tentang gaya, tetapi juga tentang kenyamanan dan fungsionalitas. Kita juga kudu tahu bagaimana jenis dan bentuk kaki sehingga bisa beli sendal yang pas

    BalasHapus
  6. Sandal memiliki pengucapan yang mirip baik dari bahasa awalnya maupun yang berkembang di banyak negara, termasuk di Indonesia. Di Sunda sendiri sandal disebut sendal, walaupun banyak yang mengucapkan dengan kata senal.. :)
    Btw, jenis sendal wanita banyak banget jenis dan ragamnya, ya. Jadi banyak pilihan dibandingkan dengan sandal pria. Namun yang penting tetap kenyamanan dalam memakainya menjadi nomor satu, ya

    BalasHapus
  7. Kalau aku pribadi, dari semua sandal yang ada, paling nyaman pakai yang datar-datar kak. Pernah pengalaman pakai heels, eh keseleo dan sakit banget wkwkwk
    Sejak itu selalu nyari yang datar dan nyaman :D

    BalasHapus
  8. Ternyata oh ternyata, sejarah sandal sudah dimulai sejak ribuan tahun SM ya. Dan sekarang, bentuk dan jenisnya sudah bermacam-macam. Tapi yang jadi favorit saya masih Flip-flop sih.

    BalasHapus
  9. Sering banget beli sandal akhirnya nggak terpakai. Duh, penting banget sih milih sandal yang benar-benar nyaman dipakai bukan sekedar bagus modelnya.

    BalasHapus
  10. Penting banget buat milih sandal yang pas dan nyaman di kaki. Nggak cuma milih model bagus tapi akhirnya nggak dipakai karena nggak enak dipakai.

    BalasHapus
  11. gak nyangka sandal wanita banyak juga jenisnya huhu
    daku pikir cuma 1-3 gitu aja, hehe.
    Bener sih kalau urusan sandal kudu tahu mau dipakai buat apa, dan pahami jenis bahannya juga biar nyaman dikenakan

    BalasHapus
  12. Bagiku tuh sandal emang kudu nyaman, empuk dan nggak berat. Baiknya sih nggak perlu pakai heels. Hhehehe

    BalasHapus
  13. Dari sekian banyak jenis sandal wanita masa aku hanya punya sendal flipom dan wedges? Sendal jepit termasuk juga gak sih?
    Saya sendiri memang menguatkan kenyamanan, bukan cuma style

    BalasHapus
  14. Wah ternyata banyak juga ya macam-macam sendal. Aku pilih sendal yang nyaman sih nggak pernah ikut-ikutan yang kekinian yang penting dipakainya nyaman dan nggak bikin kaki sakit aja.

    BalasHapus
  15. Oooh.. yang sandal Crocs itu nama bahannya EVA ya? Baru tahu. Anak dan ponakanku suka pakai sandal itu. Kalo aku lebih suka sandal jepit. Hehe....

    BalasHapus
  16. Weeh jadi sandal mulanya dari suku Anasazi ya kak. Aku setuju sih kalau memilih sandal itu mesti yang nyaman dan cocok penggunaannya sesuai kebutuhan acara. Crocs emang nyaman banget sih, empuuuk

    BalasHapus
  17. Wah iya, ntar lagi lebaran nih
    Cocok untuk mencari sandal wanita yang nyaman dan kekinian seperti ini

    BalasHapus
  18. Urusan sandal ga cmn nyaman aja ya kak. Bnyk bgt yg hrs diperhatikan krn perempuan emg suka detail bgt.

    Sol sih emg yg utama bgt. Soalnya dr merek apa aja pasti yg pntg solnya dl.

    BalasHapus
  19. Baca artikel ini aku langsung bayangin pakai sandal jaman dulu. Terbuat dari kayu dan awet. Wkwkwk. Skrg masih ada gak ya sandal yang pertama kali dibuat?

    BalasHapus
  20. Anakku nih yang pake Crocs... Kalo dia lagi gak pake, aku pinjem.
    Hehehe.. memang nyaman banget. Manalah modelannya luttu banget kan yaa..
    Pecinta sandal lucu dan ringan, kudu sii punya.

    BalasHapus
  21. Penasaran sama sandal mules, ini bentuknya kayak apa ya? Hahaha, sampai belain browsing nih. Kalo aku lebih suka sandal jepitan kalo di rumah, sementara klo jalan yang dekat-dekat aja pakai sandal flat. Sisanya lebih banyak pakai sepatu

    BalasHapus
  22. Wah, bener banget nih, Mbak! Pemilihan sandal emang gak boleh sembarangan, ya? Kudu nyaman dan tetap kece sesuai tren fashion. Tipsnya lengkap banget, jadi lebih yakin deh buat pilih sandal yang pas buat doi. Makasih banyak ya udah sharing! 👡✨

    BalasHapus
  23. dulu jaman kuliah aku suka sekali dengan wedges dan flat shoes. sekarang aku lebih sering pakai selop yang datar xD eh aku baru tau ternyata jenis sendal bisa sebanyak itu yaa

    BalasHapus

Posting Komentar