Tips Mendesain Ruang Kerja di Lahan Terbatas

17 komentar
tips desain ruang kerja di lahan sempit



Bagi pekerja kreatif dan freelance, memiliki ruang kerja menjadi hal yang cukup penting. Terlebih bagi mereka yang berprofesi sebagai ilustrator, desainer dan blogger. Idealnya memang kita punya ruangan khusus untuk bekerja agar tidak terdistraksi dengan gangguan apapun. Bukan hanya itu, dengan adanya ruang kerja kita dapat bekerja lebih fokus dan berasa ngantor beneran, padahal dirumah.

Tapi kan, gak semua dari kita punya space lebih di rumah masing-masing. Bisa jadi rumah kita hanya seukuran type 21 atau bahkan hanya rumah petak yang setiap ruang di maksimalkan untuk semua fungsi ruang.

Don't worry kawan meski rumah kita kecil atau masih ngontrak di rumah petak, kita masih bisa punya ruang kerja kok. Gak besar memang tapi cukup lah digunakan sebagai ruang kerja. Intinya memaximalkan ruangan yang ada. Jangan kasih celah untuk ruang kosong, isi aja.

Kita masih bisa punya ruang kerja di lahan terbatas. Manfaatkan sudut ruang di ruang tamu atau keluarga bahkan ruang antara dapur dan kamar mandi. Sudut kecil di kamar tidur uga bisa kita jadikan ruang kerja. Selain sudut ruangan dan kamar tidur, ruang kecil dibawah tangga juga bisa banget dijadikan ruang kerja.

Inspirasi Ruang Kerja Di Lahan Terbatas

Berikut beberapa foto inspirasi ruang kerja yang dapat kita tiru dan modifikasi untuk ruang kerja kita sendiri. Semua foto ini diambil dari Pinterest. Ruang kerja yang disajikan dibagi menjadi beberapa pilihan, yaitu :

  1. Ruang Kerja di dalam kamar
  2. Ruang kerja di sudut ruang
  3. Ruang kerja di tengah ruangan
  4. Ruang Kerja di bawah tangga

ruang kerja di mara
Ruang kerja di dalam kamar


ruang kerja di sudut ruangan
Ruang kerja di sudut ruangan

Ruang kerja di lahan terbatas
Ruang kerja dengan memaximalkan ruang sempit

ruang kerja di bawah tangga
Ruang kerja di bawah tangga

Tips Mendesain Ruang Kerja di Ruang Terbatas


Kamu pasti bertanya, kalau ruang kerja yang “nyempil” di sudut ruangan apa tidak menambah stress dan mudah terdistraksi saat bekerja? kemungkinan itu pasti ada.

Tetapi kita bisa kok menambah elemen desain ruang agar home office kecil kita tetap terasa nyaman. Jadi meski kita terdistraksi saat bekerja, masih bisa tetap merasa nyaman dan gak hilang mood, berikut tipsnya :

1. Hadapkan meja kerja di depan jendela


Tujuannya jelas, ketika stress kita bisa healing dengan melihat pemandangan di luar. Apalagi kalau jendela tersebut menghadap pekarangan atau teras rumah yang banyak tanamannya. Lebih asoy buat kamu yang punya sawah atau perkebunan. Harus banget menempatkan ruang kerja yang memiliki jendela pemandangan sawah. Dijamin stress langsung hilang.

Tapi kalo pemandangannya rumah tetangga ya gpp juga cuy, kita masih memandang langit cerah sambil berharap wangsit inspirasi lewat 🤭

2. Tambahkan elemen interior untuk mempercantik ruang kerja


Elemen interior bisa menambah semangat kita saat bekerja. Elemen - elemen ini menurut saya pribadi cukup penting sehingga wajib ada sebagian atau seluruhnya. Elemen interior mempercantik ruang kerja  diantaranya adalah :

Tanaman


Setuju lah ya kalo tanaman yang ijo - ijo bikin mata seger. Itulah fungsinya menempatkan tanaman di area ruang kerja . kita tapi ingat, pilih hanya indoor plant saja seperti sansiviera, lili paris, spider web, aglaonema, spathiphyllum dan lain sebagainya.

Selain tanaman pot, kamu juga menambah tanaman hias media air. Ini lebih seger sih. Cuman harus rajin ganti air nya biar gak jadi sarang telur nyamuk. Kamu bisa memilih tanaman hias dengan media air seperti begonia, spider plant, philodendron, Tradescantia dan lain sebagainya.

tanaman di ruang kerja

pohon di ruang kerja

tanaman hias di ruang kerja
Tanaman hias di ruang kerja



Karpet

Selain bikin hangat kaki saat duduk diatas kursi atau lesehan, karpet juga nambah nilai estetis ruang kerja kita. Kamu yang meja kerjanya lesehan udah pasti wajib pake karpet dong ya. Pilih karpet yang agak tebal biar kaki gak dingin dan pantat gak terlalu sakit saat duduk. Pilihan desain karpetnya disesuaikan lah dengan kesukaan kita atau tema ruang kerja kita. Bentuknya bebas, mau kotak, persegi atau bulat. Asal muat aja di ruang home office kita dan cocok.

Foto keluarga atau orang tersayang

Saat semangat hilang dan mood acak - acakan, foto keluarga atau ayang beb bisa bikin kita semangat lagi. Jadi teringat motivasi bikin karya kan?

dekorasi ruang kerja
Dekorasi ruang kerja milik artjoka 😍

foto di merja kerja
foto di meja kerja milik artjoka



Bantal atau cushion di kursi

Kamu yang punya meja kerja lesehan seperti saya, wajib banget punya bantal lantai biar pantat gak sakit saat duduk. Kamu yang meja kerja nya pakai kursi juga perlu pakai cushion biar duduk nyaman dan gak pegel.

Rak Buku

Semangat yang hilang bisa bangkit lagi ketika melihat deretan buku favorit berjajar manis di hadapan kita, setuju? Saya sih setuju. Ketika saya block writing atau drawing, terus ngeliatin buku - buku arsitektur dan drawing koleksi saya, biasanya saya melihat lihat sebentar terus wangsit semangat muncul seketika.

Selain itu, menambah tak buku di area home office juga mempercantik ruangan kan ya?

Lampu Agustusan (dekorasi) dan lampu meja

Saya menyebutnya lampu agustusan karena emang sering dipasang saat agustusan di depan rumah, hehe. Kalau di marketplace sih namanya lampu dekorasi atau lampu dekorasi LED. Kamu bisa beli seharga mulai dari 12k aja. Lampunya unyu - unyu berwarna hangat dan kalau dinyalakan malam hari, duh bikin stress hilang. Beneran

Jangan lupa sediakan juga lampu meja. Kalau saya sih butuh banget lampu meja, karena mata udah siwer saat menggambar, jadi butuh penerangan extra untuk menggambar di atas kertas. Kalau mengandalkan lampu ruangan kadang kurang fokus dan kurang terang untuk melihat detail gambar.

Hasil karya sendiri, karya anak atau piagam penghargaan

Biar makin berasa ruang kerja "gue banget" silahkan kawan pamer karya sendiri di dinding. Bisa pake frame atau ditempel pake pin di atas styrofoam board. Kalau saya sih ditambah gambar hasil karya anak - anak.  Piagam boleh juga dipasang sebagai penyemangat.

Papan bulletin

Salah satu elemen yang wajib ada nih. Tujuannya untuk tempel - tempel schedule, appointment, printilan hasil jalan - jalan, noted penting dan print foto BTS, eh 🤭 kan biar gak stress ya, seger tuh mata memandang wajah - wajah ganteng BTS 😂

papan buletin di merja kerja
Papan buletin di meja kerja



Elemen Natural

selain tanaman, elemen natural lainnya juga bisa ditambahkan agar ruang kerja  kita lebih terasa nyaman. Kalo nyaman kan stress bisa hilang. Elemen apa aja sih? Kamu bisa ganti atau sengaja beli Kursi rotan, box anyaman untuk menyimpan barang apapun, box kayu untuk tempat pensil atau spidol, matte place anyaman untuk alas layar PC, hiasan coral biar seger dan stand hp dari potongan kayu dan slice batang pohon.

3. Mengganti Meja standar dengan meja Rak buku


Ruang kerja dengan meja standar emang udah jadi hal yang umum. Biar ruang kerja kamu terasa unik tapi cozy dan menambah efisiensi ruang, kamu bisa Mengganti Meja standar dengan meja gantung. Kamu juga bisa membuat meja kerja yang di desain sekaligus dengan rak buku dalam satu frame, seperti foto dibawah ini.

meja kerja seklaigus rak buku
Ruang kerja dengan desain meja kerja sekaligus rak buku dalam satu frame



Kamu bisa juga menambah rangka kayu di atas meja standar kamu agar meja punya rak buku. Kamu bisa kostum membuat rak seperti gambar di atas atau membeli di informa, ikea, dekoruma atau marketplace.

Meja kerja dengan desain seperti ini dapat menambah efisiensi ruang dimana koleksi buku dan arsip berada dalam satu frame dengan meja kerja dan alat tulis dan peralatan lainnya.

Jadi gak masalah kalo ruang kerja kamu kecil, dengan meja rak buku kamu bisa menyimpan semua keperluan dan barang - barang yang dibutuhkan selama bekerja.

4. Rapikan meja kerja dan ubah layout sesekali agar tidak bosan

Tentu dong yaaa meja kerja dan area ruang kerja  harus rajin dibersihkan. Kalau berantakan saat kerja yang ada jadi loyo, gak semangat dan stress gak hilang. Malah tambah rudet 🤭

Kerja Lebih Semangat dan Produktif


Setuju kan dengan desain ruang kerja  yang nyaman dan sesuai karakter kita? Setuju dong. Ruanh kerja emang harus wajib dan kudu ada sebagai kantor para freelance seperti saya. Kalo gak punya ruang kerja mau kerja gimana?

Secara berkala saya sering mengganti interior dan elemen interior biar gak bosan. Layout jug sering saya ubah sesuai dengan penambahan barang yang saya beli. Misal saya nambah beli crayon, cat air dan cat poster. Otomatis saya harus menyediakan space tambahan untuk menyimpan barang baru.

Saya sendiri belum melakukan renovasi home office. Hanya menambah rak buku yang itupun merupakan recycle dari lemari baju anak - anak yang sudah rusak pintunya 🤭

Inginnya sih menambah frame hasil karya dan membeli rak buku baru juga Menambah tanaman pot. Entahlah, renovasi home office jadi penghilang stress tersendiri bagi saya. Kerja juga jadi lebih produktif dan semangat.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

17 komentar

  1. Ya ampun mbak, desain ruang kerja di artikel ini bikin pengen juga punya ruang kerja. Apalah daya keterbatasan ruang di rumah sehingga saya ngeblog juga di ruang tamu, hehehe. Tapi artikel ini bisa utk rekomendasi suatu ketika

    BalasHapus
  2. gemes2 banget ya designnya jadi lebih rapih meskipun minimalis ya

    BalasHapus
  3. Ruang kerja di bawah tangga unik banget. Space kosong jd kepake tanpa menuh²in ruang

    BalasHapus
  4. Beneran terpukau dengan semua design meja kursi dan penempatannya. Mau mencontek ah

    BalasHapus
  5. Makasih mba, sepertinya aku keidean buat nambahin tanaman biar meja kerjanya lebih seger. Soalnya kerja di dalam kamar sering kali hawa buat ngantuknya gede baget ehehehe

    BalasHapus
  6. cantik banget, mupeng akuuuu hihi.. buat yang banyak kerja di rumah gini, memang ruang kerja sendiri di rumah itu penting ya, selain bisa emningkatkan mood kerja juga jadi lebih nyaman nyelesein kerjaan lebih tepat waktu hehe

    BalasHapus
  7. Hwaa makasii kak Eka rekomendasi desainnya, tahu banget aku pgn hadiahin pak suami ruang kerja yang nyamaann tp terkendala tempat hahaha

    BalasHapus
  8. Bener sih kalau meja kerjanya estetik gitu makin semangat. Pasti punya lah keinginan suatu hari ini punya meja kerja sendiri menghadapa jendela dengan printilan hiasan menggugah pikiran

    BalasHapus
  9. Huaa ruang kerjanya pada rapi2 bener ya. Aku jadi insecure. Udah punya meja kerja malah jarang dipakai karena panas ga ada ac. Hiks. Bsk jadi pingin merapikan meja kerjaku ah

    BalasHapus
  10. Wah, ruang kerjanya cantik cantik
    Bisa jadi inspirasiku untuk mengatur ruang kerja yang minimalis di rumah

    BalasHapus
  11. Kebetulan mau desain ruang kerja biar makin semangat. Dapat inspirasi deh jadinya 😍

    BalasHapus
  12. Impian aku, pengen punya space khusus dirumah buat tempat me time dan kerja sampingan. Walau kecil ga apa bisa ditata biar apik dan nyaman.

    BalasHapus
  13. Itu desain yang mojok2 nampak lebih nyamaan ya, Kak. Hahaha

    BalasHapus
  14. cakep semua disainnya yaa, bikin mupeng. Cuman ya gitu, tetep aja kudu punya budget dulu ya buat nata ruang kerja yang nyaman begitu.

    BalasHapus
  15. Ijin bookmark artikel nya ya kak, penting banget nih desain ruang kerja untuk kenyamanan saat bekerja baik di kantor atau di rumah.

    BalasHapus
  16. memang paling asyik punya sudut ruang kerja sendiri. Dan saya pun begitu. Saya mensiasati ruang kerja saya di sudut ruangan, dan kebetulan dekat jendela juga. Jadi kalau mata lelah menatap laptop, bisa istirahat juga. Paling tidak dibuat senyaman mungkin.

    BalasHapus
  17. Menarik banget semua desainnya mau kujadikan inspirasi buat meja kerja di rumah. Haha..

    BalasHapus

Posting Komentar