tips mengatur keuangan keluarga dengan buka tabungan online
Sumber gambar Freepik 
Mengatur keuangan merupakan hal wajib bagi sebuah keluarga, karena ekonomi yang stabil termasuk kunci sukses menjaga keharmonisan. Mengelola finansial tidak hanya mengatur pengeluaran dan pemasukan, tetapi juga dana masa depan. Dana tersebut bisa dipersiapkan mulai dari buka tabungan online.

5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga


Memiliki perencanaan finansial yang matang menjadi kewajiban bagi pasangan yang sudah menikah. Keuangan yang terkelola dengan baik akan memudahkan pemenuhan kebutuhan yang terus meningkat kedepannya, khususnya jika sudah memiliki anak. Berikut beberapa tips mengatur keuangan keluarga yang bisa kamu terapkan.

1. Hitung Tepat Alokasi Pemasukan

Saat berkeluarga, pemasukan untuk rumah tangga harus diperhitungkan dengan tepat. Kamu dan pasanganmu perlu membuat diskusi dan bersepakat terkait hal tersebut. Mulai dari pembagian pemasukan untuk rumah tangga, kebutuhan anak, istri, suami ataupun kebutuhan masing-masing. Sangat dianjurkan untuk saling terbuka satu sama lain terkait hal tersebut.

Agar mudah dibedakan, pemasukan yang khusus dialokasikan untuk kebutuhan keluarga bisa disimpan dengan buka tabungan online terpisah. Jadinya, ada rekening khusus sehingga mudah dikelola.

2. Atur Pengeluaran

Selain menghitung pemasukan, yang juga wajib adalah mengatur pengeluaran tiap bulannya. Pengeluaran untuk keluarga sebaiknya dibuat dalam skala prioritas guna mencegah pengeluaran yang tidak diperlukan sehingga boros.

Apabila kamu buka tabungan online khusus untuk dana pengeluaran rumah tangga tersebut, tentu lebih mudah mengontrol setiap riwayat belanja.

3. Siapkan dana darurat

Kebutuhan keluarga memang penting, namun tidak ada salahnya juga menyisihkan pendapatan sebagai dana darurat. Dana darurat sangatlah berguna ketika terjadi situasi yang tidak terduga dan membutuhkan biaya yang banyak.

Menyimpan dana darurat dengan cara buka tabungan online khusus juga akan memudahkan transaksi yang sifatnya mendesak karena praktis diakses.

4. Disiplin menabung

Bagian terpenting dalam mengelola keuangan keluarga, yakni mempersiapkan tabungan khususnya tabungan masa depan. Buka tabungan online dapat menjadi opsi terbaik untuk menyiapkan tabungan keluarga tersebut.

Bukan sekadar mempunyai tabungan, tapi kamu dan pasangan juga harus rutin menabung agar cepat tercapai jumlah tabungan yang diinginkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu risau soal dana pendidikan anak atau dana pensiun berdua di masa mendatang.

5. Meminimalisir kredit atau cicilan

Mengikuti tren memang menyenangkan, namun ada baiknya kamu maupun pasangan tidak membeli barang hanya ikut-ikutan. Apalagi jika harus menggunakan kredit atau berhutang. Pendapatan dapat cepat habis hanya untuk mencicil kredit tersebut sehingga pemasukan untuk keluarga jadi terbatas.

Bijaknya, belanjalah seperlunya dengan meminimalisir kredit. Jika ada pendapatan lebih jangan langsung dibelanjakan, lebih baik buka tabungan online untuk menyimpan uang tersebut. Maka, tabungan secara perlahan akan terus bertambah dan tercapai kestabilan keuangan keluarga.

PermataME, Pilihan Tepat Untuk Menabung


tabungan online PermataME untuk keluarga
Sumber gambar Freepik


Apakah ada tabungan keluarga yang banyak memberikan keuntungan? Tentu saja ada, PermataME jawabannya. Buka tabungan online PermataME tidak hanya membantu menyiapkan dana keluarga, tetapi juga menawarkan banyak manfaat.

Memenuhi kebutuhan keluarga dengan belanja online, hiburan dengan menonton film atau gaya hidup lainnya bisa jadi hemat dengan cara buka tabungan online PermataME ini. Ada beberapa keuntungan menabung di PermataME yang dapat kamu simak sebagai berikut.

1. Praktis

Hanya melalui aplikasi PermataMobile X, kamu bisa memproses tabunganmu dengan cepat. Tersedia pula berbagai fitur transaksi online yang akan memudahkan kamu bertransaksi tanpa harus pergi ke ATM. Untuk itu, tabungan PermataME ini serba cepat dan praktis dalam satu aplikasi.

2. Cashback menguntungkan

Cara buka tabungan online yang mudah tersebut kian menguntungkan dengan penawaran berbagai cashback menarik. Kebutuhan keluarga akan lebih hemat dengan cashback belanja online sebesar 20%. Kamu yang suka jalan-jalan tapi tidak punya kendaraan bisa irit menggunakan transportasi online dengan cashback 10%.

Bukan hanya itu, menonton bersama keluarga akan lebih seru karena ada cashback nonton 30%. Bahkan kamu bisa puas ngopi dengan memanfaatkan cashback 30% pula. Banyaknya penawaran cashback tersebut memang mendukung gaya hidup nasabah di masa kini.

3. Tarik tunai gratis

Tarik tunai tapi masih kena biaya admin? Tenang, PermataME membebaskan biaya admin untuk setiap tarik tunai di seluruh ATM dalam negeri. Kamu juga bisa tarik tunai gratis di luar negeri dengan menggunakan ATM berlogo VISA/PLUS. Namun, pastikan sisa saldo kamu minimal Rp1 juta sebelum transaksi dilakukan.

4. Dapat kartu debit eksklusif

Calon nasabah yang sudah buka tabungan online PermataME dipastikan akan memperoleh hak spesial berupa kartu debit eksklusif. Sebuah kartu yang memiliki desain khusus bagi nasabah PermataME.

5. PermataME debit card dapat promo eksklusif

Kebutuhan keluarga akan makin hemat jika kamu buka tabungan online dengan memilih PermataME debit card karena berbagai promo eksklusifnya.

6. Transfer online gratis

Tidak hanya tarik tunai yang gratis, transfer online pun bebas biaya admin. Kamu bisa transfer di manapun dan kapanpun secara gratis menggunakan PermataMobile X atau PermataNet. Transaksi online melalui ATM atau biaya administrasi lain juga bebas biaya.

Sekian tips mengatur keuangan keluarga menggunakan tabungan PermataME. Sebagai tambahan, pengaturan finansial keluarga tidak dapat dijalankan dari salah satu pihak. Maka dari itu, pastikan semuanya telah didiskusikan dengan pasangan dan saling terbuka satu sama lain.

Semoga info tentang berbagai manfaat tabungan online PermataME ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin buka tabungan online, dan membantu kamu lebih bijak dalam pengeluaran keluarga.

2 komentar:

  1. semua bank sekarang memanfaatkan fintech untuk berinovasi yaa mba, termasuk di Permata Bank ini, punya Fitur yang memudahkan nasabah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Natih, tujuannya tentu saja untuk memuaskan dan memudahkan kebutuhan nasabah ya

      Hapus