Pembersih Toilet Tempat Bisnis

Pembersih Toilet Tempat Bisnis





Pembersih Toilet Ampuh Untuk Toilet Di Tempat Bisnis Restoran dan CafeToilet merupakan salah satu fasilitas yang cukup krusial keberadaannya di tempat bisnis. Terlebih jika anda menjalankan usaha hotel, restoran dan cafe. Keberadaan toilet sangat erat kaitannya dengan kenyamanan para customer atau pelanggan. Toilet yang bersih, nyaman dan higienis tentu menjadi nilai lebih dari suatu tempat bisnis. Terkadang pelanggan enggan kembali mengunjungi hotel, restoran atau cafe dikarenakan toilet yang tidak bersih dan higienis. Pembersih toilet menjadi salah satu komponen dalam menjaga kebersihan toilet.

Bagaimana caranya agar toilet di tempat bisnis tetap terjaga kenyamanan, kebersihan dan higienisnya? Pembersih toilet seperti apa yang ampuh untuk membersihkan toilet di tempat bisnis?

Cara Menjaga Kebersihan Toilet Tempat Bisnis Restoran dan Cafe


Bisnis hotel, restoran dan cafe berskala besar umumnya memiliki manajemen kebersihan tersendiri terkait menjaga kebersihan toilet. Bisnis berskala besar ini umumnya sudah Jadwal membersihkan toilet, SOP membersihkan toilet dan petugas kebersihan.

Lantas bagaimana dengan usaha berskala kecil dan menengah? bagaimana dengan bisnis cafe atau restoran yang sedang merintis? tentu permasalahan kebersihan toilet layak dipertimbangkan dan diperhatikan demi menjaga kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Berikut tips membersihkan toilet untuk bisnis restoran dan cafe kecil dan menengah, simak yuk.

cara menjaga kebersihan toilet


Membuat Zoning dan Layout yang menjawab kebutuhan

Secara arsitektur, terdapat tiga zoning ruang yaitu Privat, Semi-privat dan Publik. Toilet termasuk ke dalam zoning semi-privat dimana ruang ini merupakan ruang yang dapat dimasuki orang-orang yang dikehendaki saja oleh pemilik rumah yang dalam hal ini dikehendaki oleh pemilik bisnis, yaitu pelanggan.

Sebelum membuat tempat bisnis cafe atau restoran, maka toilet harus memiliki desain yang selain sesuai dengan standar Toilet Umum Indonesia tapi juga nyaman dan kebersihannya terjaga.

Tempatkan lokasi toilet di lokasi yang tepat, mudah dijangkau tetapi agak jauh dari tempat duduk atau tempat makan.

Toilet harus memiliki persediaan air, aman dan higienis dimana pelanggan dapat membuang hajat . Persyaratan Ruang Toilet adalah sebagai berikut :

Ruang untuk buang air besar (WC) : P = 80-90 cm, L = 150-160 cm, T = 220-240 cm
Ruang untuk buang air kecil (Urinoir) : L = 70-80 cm, T = 40-45 cm
Sirkulasi Udara : kelembaban 40 - 50 %, dengan suhu normal toilet 20-27 derajat celcius
Pencahayaan : menggunakan pencahayaan alami dan pencahayaan buatan dengan standar 100 - 200 lux.

Konstruksi Bangunan :

1. kemiringan minimum lantai 1 % dari panjang atau lebar lantai.
2. Dinding, ubin , pelapis dinding, gypsum harus tahan air
3. Langit-langit cukup kuat sehingga memudahkan perawatan dan tidak kotor.
Standar toilet ini perlu dipertimbangkan saat membuat perencanaan tata ruang restoran atau cafe karena terkait kenyamanan pelanggan nantinya.

Membuat jadwal

Buat jadwal terstruktur dan terencana terkait jadwal membersihkan toilet setiap hari dan termasuk didalamnya siapa yang bertugas membersihkan toilet ( jadwal piket harian )

Membuat SOP Membersihkan Toilet

Buat standar operasional atau SOP membersihkan toilet. Apa saja yang termasuk didalamnya?

Cara membersihkan toilet

Cara membersihkan toilet ini cukup penting karena terkait properti yang ada di dalam toilet, seperti lantai dan dinding toilet yang terbuat dari keramik, keran yang terbuat dari bahan stainless steel dan lain sebagainya. Setiap bagian ini memiliki cara membersihkan yang berbeda. Sehingga sangat penting membuat SOP cara membersihkan toilet dengan benar karena berhubungan dengan masa pemakaian semua komponen dan properti yang ada di dalam toilet.

Alat dan bahan yang digunakan

Alat yang digunakan untuk membersihkan toilet juga sama pentingnya, misalnya jenis sikat kamar mandi atau cairan pembersih. Salah menggunakan alat dan bahan akan berakibat cukup fatal terhadap ketahanan komponen yang ada di dalam toilet. Misal, alat dan dan bahan yang digunakan untuk membersihkan bagian lantai dan toilet sebaiknya menggunakan alat dan bahan yang khusus dipergunakan untuk membersihkan bagian tersebut. Saya sih merekomendasikan VIXAL PROFESIONAL sebagai bahan untuk membersihkan bagian tersebut, mengapa? akan saya bahas selanjutnya ya.

Keamanan petugas selama membersihkan toilet

Keamanan petugas selama membersihkan toilet juga penting karena berhubungan dengan keselamatan kerja. Hal ini harus dipertimbangkan dan dibuat secara detail.


Pembersih Toilet Ampuh Untuk Toilet Di Tempat Bisnis

vixal
Seperti yang saya sebutkan diatas, saya merekomendasikan Vixal Profesional : pembersih toilet dan kamar mandi. Mengapa? karena Vixal Profesional : Pembersih Toilet dan Kamar Mandi merupakan cairan pembersih porselen yang didesain khusus untuk toilet di tempat bisnis seperti hotel, restoran, dan cafe.

Vixal memiliki Formula yang kuat, harum serta memiliki antibakteri. Vixal juga dapat menghilangkan noda membandel pada permukaan porselen, keramik, mozaik,dan sejenisnya dengan cepat.



vixal pembersih toilet pro



Bicara soal formula utama yang terdapat dalam Vixal, anda tidak khawatir karena Vixal memiliki formula dengan keasaman yang sesuai untuk membersihkan semua tipe toilet dan kamar mandi. Formula yang terdapat dalam Vixal mampu menghilangkan Noda Karat & Kerak pada porselen, keramik, dan mozaik tanpa merusak permukaan.

Satu lagi kelebihan Vixal, yaitu harga yang terjangkau dengan hasil yang optimal. Tentu hal ini menjadi pertimbangan dalam membuat cost untuk bisnis bukan? tentu saja.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana sih membersihkan toilet di tempat bisnis restoran dan cafe agar terjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanannya untuk pelanggan? yuk berbagi cerita dan pengalaman di komentar terkait menjaga kebersihan toilet di tempat bisnis.

26 komentar:

  1. Makasih kak atas rekomendasinya

    BalasHapus
  2. Vixal ini dari dulu emang terkenal sih. Baru tahu punya kemasan gede. Emang buat restoran gitu ya ...

    BalasHapus
  3. Cakep amat nih kak Eka tampilan blog barunya!! Hihihi

    btw aku kadang takut deh pake vixal. Meski dibilang ga merusak permukaan, tapi bekas vixal tuh meninggalkan warna putih gituu di lantai WC. Apa aku salah cara pakenya ya? 🤣 hahaha
    Jadinya tiap bersihin wc cuma sikat doang ga pake apa-apa lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai haaiiii,
      makasih kak frisca, iya nih biar agak segeran dikit, hihihihi. tentang noda putih itu, mungkin jenis lantai keramiknya yang gak cocok sama vixal nya kak. kalau aku gak salah niih ya, vixal gak cocok buat lantai tegel. jadi dia tuh kaya ninggalin residu putih gitu, hehehe

      Hapus
    2. Oh gituu? Aku baru tauuuu
      Kirain cocok buat keramik kamar mandi apapun hahah

      Atau mungkin jg ga boleh didiemin lama x yaaa

      Hapus
  4. Dirumah juga menggunakan vixal untuk membersihkan toilet, lumayan memang jadi bersih closetnya

    BalasHapus
  5. Walau ga pnya bisnis tpi pake vixal jga klo pas pindahan kontrakan baru

    BalasHapus
  6. Saya juga pakai Vixal di rumah, tapi yang botol kecil. Selama ini puas, gampang bersihin kamar mandi dan tempat-temapt lain.

    BalasHapus
  7. Saya sudah bertahun-tahun pakai brand ini lho kakak

    BalasHapus
  8. Vixal memang ampuh nih buat menclingkan toilet, haha.. wanginya juga nyaman, bersihin toilet jadi nggak susah lagi.

    BalasHapus
  9. Emang recommended kok Vixal, ampuh banget menghilangkan Noda Karat apalagi Kerak mbandel gitu

    BalasHapus
  10. Btw kak eka aku juga selalu pakai vixal sejak zaman aku kecil buat bersihin kamar mandi. haha inget banget karena aku dulu juga ada pembagian piket bersihin kamar mandi di rumah wkwkw

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Vixal emang bersih bgt loh tanpa ngerusak lantai. Baunya khas ya dia, resto & mall yg kamar mandinya bersih juga khas wanginya begini.

    BalasHapus
  13. ini andalan banget nih buat nguras kamar mandi. baunya bikin aku betah buat sering-sering nguras. wkwk

    BalasHapus
  14. Aku di rumah selalu langganan sama vixal ini.
    Kayaknya dari dulu, belum pernah ganti2..

    BalasHapus
  15. Vixal emang andalan banget ya mba. Buat kloset, kamar mandi cukup ampuh.

    BalasHapus
  16. Vixal jadi produk andalan sejak dulu. Saya baru tahu ada yang kemasan 2 liter

    BalasHapus
  17. saya juga di rumha pakai produk ini mba, seger aromanya berasa bersih banget gitu kesannya. dan berasa banget bersihnya

    BalasHapus
  18. Paling suka datang di cafe atau restoran yang toiletnya bersih banget. Tipsnya sangat bermanfaat (Ainhy)

    BalasHapus
  19. ibu kafa juga pakai vixal untuk bersihin toilet karena sudah terbukti ampuh

    BalasHapus
  20. Mamaku pake Vixal juga di rumah kak. Ampuh bener emang buat toilet. Aroma-aroma tak sedap semua hempas tanpa sisa haha. Sepakat nih kalau jadi andelan di lokasi bisnis yang wajib punya toilet bersih

    BalasHapus
  21. penting nih kebersihan toilet di cafe atau tempat umum, aku kalau liat toilet yang kurang bersih di tempat umum begitu, kadang suka batalin masuk mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hai kak ainun, iya nih kak kita samaan, kebersihan kamar mandi tuh penting banget yaaaa, aku juga suka ogah balik lagi ke tempat yang kamar mandinya gak clean , hehe

      Hapus
  22. aku juga pake vixal yang ukuran lebih kecil pastinya mbak, enakkk jadi bersih terus kamar mandiku

    BalasHapus
  23. Waduh saya malah belum pernah coba nih pembersih toilet dari Vixal. Jadi pengen coba juga nanti ah apalagi harganya juga terjangkau ya Mbak

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.