Tips Memilih Jenis Sikat Kamar Mandi yang Sesuai dengan Kebutuhan






Tips Memilih Jenis Sikat Kamar Mandi  yang Sesuai dengan Kebutuhan. 
Hhhmmm....Sikat kamar mandi. Penting ya sampai dibahas? hehehe. Jelas penting lah Bu. Tanpa alat ini, apalah jadinya hidup kita mak dalam urusan membersihkan kamar mandi dan isinya. 

Sebetulnya, saya termasuk emak yang khatam soal memilih jenis sikat toilet atau kamar mandi ini. Ibarat nyari jodoh dan memilih baju di mall, semua jenis sikat toilet sudah saya coba . Semua jenis ya! tapi yang budgetnya under 100k ya Bu hehehe , biar apa coba? ya biar puas dong dan kenal sama berbagai macam jenis sikat. Terlebih lagi sikat yang memiliki handle atau grip , itu yang paling penting. 

Salah dalam memilih jenis sikat bisa fatal akibatnya pada kesehatan emak seperti tangan dan bahu yang cepat pegal. Bukan hanya itu, memilih sikat yang tidak tepat hasilnya tentu tidak akan memuaskan. Cape dan pegel iya tapi bersih gak. Kesel kan ya?

Jadi, tips dari saya dalam hal memilih jenis sikat kamar mandi yang sesuai dengan kebutuhan para ibu hanya dua point saja, yaitu :

  1. Memilih jenis sikat kamar mandi berdasarkan fungsinya
  2. Memilih jenis sikat kamar mandi berdasarkan bentuknya

Memilih Jenis Sikat Kamar Mandi Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, sikat kamar mandi dibagi menjadi 4 jenis. diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sikat untuk mencuci baju


Sikat untuk mencuci baju itu berbeda dengan sikat untuk menyikat lantai. Pada umumnya sikat untuk mencuci baju memiliki handle di atas nya atau tidak tetapi memiliki bulu yang halus dan lembut namun kuat. Saran saya, pilihlah sikat yang handle nya kuat dan tidak sakit saat digunakan serta memiliki bulu yang halus, lembut , padat serta tidak mudah rontok.

2. Sikat untuk menyikat lantai kamar mandi


Sikat untuk menyikat lantai umumnya memiliki bulu yang agak tebal dan kasar. Dalam memilih sikat untuk menyikat lantai pilihlah sikat yang memiliki handle atau grip agar tidak sakit atau pegal. 

3.  sikat untuk menyikat dinding dan bak mandi


Sikat yang digunakan untuk menyikat dinding dan bak mandi dipilih yang kualitas bulunya bagus dan tidak merusak dinding bak mandi.

4. Sikat untuk menyikat wc

Sikay untuk menyikat lantai dipilih yang memiliki bulu yang kuat dan tidak lembut. Juga jangan lupa untuk memilih sikat yang tidak mudah rontok dan memiliki grip atau handle. 

Jenis Sikat Kamar Mandi Berdasarkan Bentuknya

1. Sikat  dengan tangkai panjang


Biasanya saya pakai sikat jenis ini untuk membersihkan toilet. Jenis toilet yang saya bicarakan disini yang jongkok ya, bukan yang duduk. 

Ada banyak merk yang beredar di Borma atau Hypermart mulai dari murah sampai yang mahal diluar akal sehat. Biasanya yang mahal itu yang semi elektrik sih. Bentuk ujung sikat pun berbeda - beda. Ada yang Bulat, Bulat dan melengkung, lurus namun bergagang. Pokoknya aneh - aneh dan lucu deh, ibu-ibu bisa kepo-kepo di marketplace deh soal aneka bentuk ujung sikat jenis ini. 

Saya sendiri pakai sikat dengan ujung bulat, yah yang normal saja lah untuk digunakan membersihkan toilet jongkok saya. Merk? sebutin gak ya? hahahaha. Saya pakai merek maspion. Mengapa? karena sikat wc maspion memiliki harga sikat wc yang murah tapi berkualitas.

2. Sikat Lantai Tanpa Pegangan 


Sikat jenis ini sih biasanya dipakai ibu-ibu buat sikat baju, tapi bisa juga dipakai untuk menyikat lantai kamar mandi dan dinding. Ada banyak pilihan jenis lantai tanpa pegangan ini, diantaranya adalah : 

  1. Bulu pada sikat hingga bahan seperti bahan nylon dan plastik dengan karakter bulu halus dan keras 
  2. Bahan sikat ada yang terbuat dari plastik dan kayu 
  3. Kerapatan bulu pada sikat ada yang renggang, rapat dan sedang. 

3. Sikat Lantai dengan grip 


Sama halnya dengan sikat lantai tanpa pegangan , sikat jenis ini juga biasanya dipakai ibu-ibu buat sikat baju, bedanya adalah sikat jenis ini memiliki handle di atasnya, maka menyikat tidak akan terlalu lelah tapi, pilihlah jenis sikat dengan bulu plastik yang halus dan padat namun kuat. Pasti agak mahal harganya, tapi sebanding dengan hasilnya. Kita bisa saja memakai yang hara sepuluh ribuan atau mahalnya lima belas ribuan lah, tapi cape mak nyikatnya. Pegel tangan karena si kotoran ilang tapi gak sempurna. 

4. Scrub Penggosok


Pertama kali saya lihat sikat jenis ini di Borma dengan merk Scotch Brite. Awalnya saya kira sikat ini digunakan untuk membersihkan mehong di pantat panci yang membandel, tapi ternyata bukan guys. Sikat ini khusus untuk membersihkan lantai dan dinding bak mandi saja. 


Tips Memilih Jenis Sikat Toilet


Setelah kita mengetahui berbagai macam jenis sikat toilet di atas, maka ada baiknya sebelum ibu - ibu  membeli sikat toilet di Borma atau Hypermat, Yogya atau Giant store yuk  ikuti saran - saran saya berikut ini agar tidak salah pilih pasangan, eh salah...salah pilih jenis sikat. Karena hal ini sangat memperngaruhi kinerja dan efektivitas waktu dan tenaga. 

  1. Beli sikat sesuai dengan kegunaan, apakah untuk membersihkan lantai,  dinding, atau kloset. karena setiap sikat memiliki fungsinya masing - masing
  2. Perhatikan kualitas bahan, jenis bulu dan model. Pilih yang nyaman ketika digunakan
  3. Jika ibu - ibu ingin membeli sikat toilet yang harganya pas di kantong tapi ingin membeli sikat yang bulunya tidak mudah rontok, maka saya sarankan ibu - ibu memilih sikat pembersih kamar mandi merek Maspion

Bagaimana Dengan Saya sendiri?


Setelah sekian purnama saya melaksanakan kegiatan Trial and error mencoba berbagai macam jenis sikat wc, akhirnya pilihan saya berlabuh kepada ......jeng jeng jeng! SIKAT KAWAT CUCI PIRING! Hehehehe 

Mengapa saya akhirnya memilih ikat kawat cuci piring atau yang biasa disebut Steel wool ketimbang sikat wc yang normal ? Karena si sikat kawat ini dia permukaannya kasar , jadi membantu saya banget dalam urusan membersihkan kotoran lemak hingga noda kerak air yang membandel. 

Secara gitu rumah saya belum punya bak cuci piring sehingga setiap hari cuci piring ya di kamar mandi. Akibatnya, lantai kamar mandi sudah tentu saya sikat dua hingga tiga kali sehari. Itupun tidak menggunakan cairan pembersih lantai, melainkan menggunakan detergen, mengapa? karena ternyata detergen dan sikat kawat sungguh merupakan pasangan yang tepat dalam urusan membersihkan lantai dan dinding kamar mandi yang kotor sehabis saya cuci piring. 

Itulah pilihan saya terhadap jenis sikat wc yang saya gunakan dan memang sesuai dengan kepribadian saya yang suka mengerjakan pekerjaan dengan cepat, efektif dan nyata hasilnya dengan menggunakan metode yang tidak biasa. Masa iya sikat cuci piring dipakai untuk dijadikan sikat wc? iya kan?? hahahaha, eh tapi ada ga ibu-ibu yang juga seperti saya? kalo ada tos dulu dong! hihihihi 


Referensi : 
https://www.ruparupa.com/blog/6-jenis-sikat-kamar-mandi-kegunaannya/
https://cekresi.com/plus/article/10-sikat-pembersih-kamar-mandi-bagus-dan-murah

5 komentar:

  1. hei, aku juga pake deterjen loh bersihin kamar mandi, entah kenapa nggak suka aja sama baunya, dan semua bermula saat udah punya anak, wkwk..

    tapi jujur, memang lebih bersih loh. enak aja gitu dari pada pakek vixal dan sejenisnya, hihi..

    BalasHapus
  2. Mbak Eka salam kenal yaa~ ku suka banget gambarsikat-sikatnya gemes >.<

    Dulu waktu masih tinggal di kostan yang kamar mandinya bersama sih, enggak pernah kepikiran masalah sikat-sikatan gini. Setelah punya kamar mandi buat sendiri, aku baru sadar ceritanya kalau sikat aja tuh banyak jenisnya dan fungsinya beda-beda hahaha. Sejauh ini di kamar mandiku ada tiga sikat: sikat tanpa grip yang harusnya buat nyikat baju tapi aku pakai buat nyikat dinding dan lantai kamar mandi jadinya wkwk, sikat WC bergagang yang langsung dibeli abis jijik sendiri nyikat WC pakai sikat sebelumnya :)) sama terakhir sikat yang khusus buat botol minum (ada namanya ga ya?).

    Btw aku suka banget header-nya Mbak Ekaaa gambarnya cakep banget 💕

    BalasHapus
  3. Haii mba Eka, salam kenaal. Terkejut aku tuh waktu main ke sini, mba ilustrator ternyataa, keren deh hehe. My dream skill yang entah kapan bisa diasahnya ketiban prioritas lain. Huwaw.

    Waaah perkara bersihin kamar mandi nih jadi momok buat aku. Aku baru ketemu cara yang aku nyaman banget dan mantep gitu setelah 2 tahun pernikahan. Terinspirasi dari YouTube channelnya Clean My Space. Coba main juga dehh, nanti adrenalin bebersih langsung teraktivasi wkwkw.

    Intinya adalah pakai spons! untuk bersihkan bak, lantai, dinding bahkan WC. Pakai cairannya sunlight dicampur cuka, kalau mau lebih kuat kasih baking soda. Mantep banget kerak-kerak, kuning-kuning, bekas karat, hitam-hitam hilaang semuaa. Tapi buat lubang wc masih pakai cairan pembersih wc yang kuat itu banget sih biar kuman-kuman mati. Oiya setelah selesai dipakai, spons dibersihkan dengan cairan disinfektan apa aja. Aku kadang pakai Dettol atau Wipol. (Yaak merk keluar semua monmap yaa)

    Oiya sedikit tips, pakai spons dengan warna yang beda ya dengan spons cuci piring. bahayaa kalau sampai ketuker hehe.

    salam hangat,
    marati husna

    BalasHapus
  4. Termasuk tim yang suka sikat dengan tangkai panjang, maklum ini otot sudah tidak secakep saat remaja mkwkwkw. Ibuk saya pun lebih suka yang ini, praktis. Ibu juga demen bersih2 kamar mandi pake deterjen haha

    BalasHapus
  5. Kalau aku biasanya pakai sikat scrub mom :) soalnya kalau pakai sikat kawat besi, takutnya baret di lantainya

    BalasHapus