Let's Read Aplikasi Membaca Online Yang Menyenangkan

aplikasi membaca online
ilustrasi karya artjoka


Let's Read,  Aplikasi Membaca Online Yang Menyenangkan. 
Saya setuju dengan pepatah yang mengatakan kalau buah tidak jatuh jauh dari pohonnya, tapi untuk pengertian positif ya. Seperti halnya dengan kita sebagai orangtua yang hobi masak, anaknya pasti juga  suka masak dikit-dikit. Atau seperti ayahnya anak-anak saya yang hobi main gitar  sudah pasti anak-anak juga hobi main gitar. Mengapa? karena anak selalu memiliki rasa kagum akan apa yang dilakukan oleh kedua orangtuanya. 

Saya rasa inilah alasan mengapa budaya membaca harus dikenalkan pada anak sejak usia dini. Tetapi agar anak mau dan suka membaca tentu orangtuanya juga harus senang membaca dong,  Betul?

Ada yang gak suka baca buku? kenapa? membosankan karena text semua? oke - oke, gak suka baca buku gak apa-apa. Karir hobi membaca bisa dimulai dari sekarang lewat hal yang sangat sederhana, yaitu dengan download aplikasi.

Nah lho! Mau mulai suka membaca buku kok malah disuruh download aplikasi sih? hehehe. Tenang ibu - ibu , bapak-bapak, kakak dan adik. Ini aplikasi bukan sembarang aplikasi. Tetapi aplikasi yang memudahkan penggunanya mengakses banyak cerita anak yang menarik dan berasal dari negara - negara yang ada di wilayah Asia Tenggara. 

Aplikasi apa sih itu? saya kenalin ya, namanya aplikasi membaca online Let's Read. yuk ikuti perjalanan dan cerita seru saya berkenalan dengan aplikasi Let's Read.

Keseruan Berpetualang Lewat Membaca


Di suatu malam yang cerah, sengaja saya ajak Keenan dan Kilan duduk di teras rumah sambil melihat bulan dan bintang. Dengan semangat Kilan bercerita kalau ada serigala  di bulan. Sang serigala sembunyi di bulan karena takut dikejar awan api. Lalu bermukim di sana, menanam jagung dan kentang. Serigala suka sekali dengan jagung, rasanya manis. Apalagi yang direbus. mmm yummy!!



let's read aplikasi membaca online
Ilustrasi oleh artjoka, " Kilan Bercerita" 



Begitulah cerita Kilan. Sejak kapan ya serigala berubah jadi herbivora? hihihihi. Btw, Masih ingatkan cerita saya tentang Kilan yang hobi mendongeng kan? rupanya dia kembali melanjutkan dongengnya tentang serigala. Dengan semangat dia bercerita,

" Jadi ya mah, si serigala ituuuu sembunyi di bulan karena takut sama si awan api. Takut terbakar katanya

" Memangnya awan api gak akan nyampe ya kalau ke bulan?" tanya saya,

" Gak dong mah!! Bulan kan jauuuhhh banget! Kesana mamah harus naik roket!!! " jawabnya,

" Wahhh iya yaaa " jawab saya antusias

" Iya mah, nanti kita kesana ya sambil ketemu sama serigala " jawabnya

" Aahh gak mau!! Mamah takut sama serigala!! Takut dimakan!! " jawab saya

" Oohh iya yaaa, kaya cerita mamah yang serigala makan nenek ya? Iihh takut " jawabnya sambil memasang wajah ketakutan! Lucu banget ga sih ngebayangin ekspresi kilan? Hehehe.

Sepertinya tetap ya, yang mendongeng sebelum bobo adalah Kilan dan bukan emaknya! Wkwkwkwk. Tapi saya senang Kilan se cerewet itu karena saya selalu terhibur setiap kali dia mulai bercerita. Kegemaran Kilan bercerita ini dikarenakan saya terbiasa membacakan dongeng lewat koleksi buku cerita kami yang berderet manis di rak buku kami yang kecil dan sederhana. koleksi buku kami memang tidak banyak, tapi semua buku dibaca bolak-balik sampai lecet dan minta ditambal selotip bening ukuran besar, hehehehe. 

Kilan sangat suka dibacakan dongeng sederhana seperti kisah si kerudung merah. Kalau saya sudah cerita tentang si kerudung merah, dia selalu minta di ceritain berulang sampai emaknya gempor nih mulut nyerocos terus, hahaha. Anak - anak memang suka dongeng. Mereka seperti masuk dunia dongeng dan berkhayal kalau mereka ada disana. Terkadang mereka berkhayal jadi si serigala atau si nenek. Ini adalah sebuah keseruan berpetualang lewat membaca bagi Kilan dan Keenan. 



let's read aplikasi membaca online

Dokumen Pribadi

Keenan dan Kilan adalah adik - kakak yang tidak pernah lepas dari yang namanya rebutan. Apa sih yang direbutin? biasa deh berebut mainan dan barang apapun, mulai dari bantal sampai sendal. Dari tali rafia yang cuma satu helai sampai berebut mandi duluan. Tapi kalau sudah urusan dibacakan buku cerita, keenan dan kilan seketika berubah jadi adik - kakak yang sangat manis dan akur. Biasanya saya membacakan buku cerita di malam hari sebelum tidur. Terkadang siang hari saat saya tidak terlalu sibuk dengan urusan domestik atau pekerjaan. 

4 Manfaat Membaca Online Lewat Aplikasi Let's Read


Awalnya saya mengira kalau fungsi dongeng bagi anak - anak hanya sebagai sarana hiburan bagi mereka. Tapi ternyata, membaca buku cerita berupa dongeng sangat bermanfaat bagi :

  1. Perkembangan daya pikir dan imajinasi anak
  2. Merangsang anak mau membaca
  3. Kedekatan orangtua dan anak 
  4. Mendidik anak etika dan nilai kehidupan

membaca online
Dokumen Pribadi


Kalau Kilan hobi mendongeng, maka Keenan lagi hot - hot nya belajar membaca. Apa saja dia coba baca dan sebutkan huruf - hurufnya. Termasuk buku cerita anak. Setiap kalimat yang ada dalam buku cerita dia coba eja satu persatu-satu dan saya bimbing menjadi sebuah kalimat. Sungguh, membaca buku memang mampu merangsang anak menjadi gemar membaca. Kesukaan dia adalah buku tentang si kodok, ulat dan nyamuk. Keenan lebih suka buku anak yang bertema ilmu pengetahuan. Bahkan tontonan di youtube pun dia dominasi dengan menonton channel ilmu pengetahuan. Gemes gak sih? Hehehe

Selain buku, anak - anak juga saya kenalkan dengan aplikasi membaca online buku cerita anak yang oke banget, yaitu aplikasi Let' Read.

let's read aplikasi membaca online
Dokumen Pribadi



Awalnya saya tau soal aplikasi ini lewat akun instagram milik salah satu ilustrator idola saya yaitu Aprilia Muktirina yang ternyata menjadi salah satu ilustrator yang berkontribusi membuat ilustrasi cerita yang tersedia di Aplikasi Let's Read. 

Eh ternyata, Let's Read juga punya aplikasinya. Lalu saya cari deh di google play dan cari aplikasinya. Saya langsung kepincut dengan logo yang lucu dari aplikasi membaca online Let's Read yang bergambar gajah. Setelah saya download saya makin jatuh cinta dengan aplikasi membaca oniline ini. Mengapa? Karena ilustrasi di setiap cerita bikin gemes dan aduhai lucu nya. Saya yang memiliki impian suatu hari nanti bisa menerbitkan buku cerita anak disertai ilustrasi buatan saya sendiri, menjadi semakin semangat untuk meneruskan proyek tersebut.

Bicara tentang aplikasi Let's Read, aplikasi ini merupakan aplikasi membaca online sekaligus perpustakaan digital buku cerita anak persembahan dari komunitas literasi The Asia Foundation melalui program literasi Books for Asia yang telah berlangsung sejak tahun 1954. 

Cerita yang disediakan juga beraneka ragam dari berbagai macam negara yang ada di Asia Tenggara. Sehingga, anak tidak hanya mengenal dongeng dari negara sendiri tetapi juga dari negara lain. Jadi, sambil membaca anak juga traveling ke luar negeri nih ceritanya, seru kan? 

Lewat  aplikasi Let's Read, anak - anak juga belajar mengenal cerita rakyat dari budaya mereka sendiri dan budaya dari negara di Asia Tenggara. Wah ini sih namanya double manfaat ya, melatih anak membaca sekaligus mengenal budaya negara lain. 

Satu hal yang paling bikin saya auto download aplikasi lets read, yaitu cerita yang tersedia di aplikasi bisa di unduh dan dibaca secara offline. Jadi saya gak cemas lagi tuh kalo tiba - tiba lampu mati dan bikin sambungan wifi juga ikut mati. Anak - anak bisa tetap terhibur dengan membaca cerita dan dongeng di aplikasi Let' Read.

Jadi Saya sarankan nih ya segera deh download aplikasinya di playstore. Downloadnya Gratis! Ehhm demen kan ya sama yang gratis, hehe. 

Cara Download : 

1. Buka aplikasi playstore
2. Ketik Let's Read di menu pencarian
3. Temukan logo si gajah lucu 
4. Download langsung
5. Buka aplikasi dan selamat membaca. 

Aplikasi Let's Read tidak memerlukan akses registrasi dengan akun apapun. Begitu selesai di unduh kita bisa langsung membaca cerita - cerita menarik di Let's Read secara offline.



Download aplikasi Let's Read
Infographic di buat dengan Canva 



Gampang kan? Terasa sulit? Masa sih? Hehehe . Ya udah, saya bantu download ya. Cukup klik gambar  dibawah ini yaa

link download
Sumber foto : Situs Let's Read


Pengalaman Menggunakan Aplikasi Lets Read


Saya akui, kita tidak dapat memutus hubungan antara anak - anak jaman sekarang dengan kemajuan teknologi hanya karena alasan khawatir kecanduan gadget. Mengapa? karena mereka lahir di dunia dimana teknologi sudah berkembang dengan sedimikian pesatnya. Termasuk  teknologi telepon gengam, internet dan start up. Cara terbaik adalah dengan tetap memberikan mereka akses teknologi namun dalam pengawasan kita. 

Aplikasi Let's Read salah satu aplikasi yang mudah di operasikan oleh anak-anak dan syarat akan konten positif dan edukasi. Alhamdulillah sejauh ini anak - anak senang membaca online lewat aplikasi Let's Read karena mudah dan gambarnya lucu - lucu katanya. 

Let's Read Menggaet Ilustrator Hebat Indonesia

By the way, setelah saya kepo kepo cerita dan ilustrator di website resmi aplikasi membaca online Let's Read ternyata dalam proses penyediaan cerita anak, Lets Read menggaet banyak illustrator. Setidaknya ada 40 orang ilustrator asal Indonesia yang berkontribusi dalam proses pembuatan ilustrasi untuk cerita anak di aplikasi Let's Read. 


ilustrator let's read
                  Sumber foto : Instagram letsread.indonesia



Wow ya, ternyata aplikasi Let's Read juga menggaet illustrator lokal yang berbakat. Ehem... Saya juga berbakat nih Bapak dan Ibu, bolehlah menggaet saya sebagai ilustrator cerita anak di aplikasi Let's Read? Mulai menghayal nih emak- emak, hihihihi

Fitur Aplikasi Membaca Online Let's Read

Aplikasi membaca online Let’s Read ini selain dapat diunduh secara gratis dan bebas biaya registrasi, ternyata juga dilengkapi fitur aplikasi yang mudah dan lengkap. Apa saja sih fitur - fiturnya, yuk simak.

  1. Pilihan cerita dapat dibaca dengan berbagai macam pilihan bahasa baik bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Vietnam dan Bahasa dari negara Asia Tenggara lainnya
  2. Cerita dilengkapi Ilustrasi yang lucu dan menarik
  3. Ukuran Ilustrasi dan text dapat dapat disesuaikan dengan kenyamanan saat membaca
  4. Cerita dapat diunduh dan dibaca tanpa jaringan internet
  5. Itulah empat point fitur aplikasi membaca online Let's Read yang menurut saya sih fiturnya lengkap dan mudah. 

fitur aplikasi let's read
Infographic di buat dengan Canva 



Berpetualang seru lewat Membaca


Saya selalu ingat betapa menyenangkannya berpetualang lewat buku terlebih buku yang terdapat ilustrasi didalamnya. Kita seakan berada disana dan ikut merasakan suasana yang diceritakan dalam  buku. 

Cerita bergambar memang merupakan media yang paling mudah dalam menarik minat baca pada anak. Karena anak - anak cenderung menyukai tampilan visual. Orang dewasa seperti saya aja suka dengan buku cerita anak, apalagi mereka! hehehe

Kalo pengalaman membaca yang seru versi kalian kaya gimana sih ? yuk berbagi di kolom komentar.



Referensi Bacaan :
https://www.indorelawan.org
https://reader.letsreadasia.org

38 komentar:

  1. Kami belum pernah nih membaca lewat aplikasi begini. Lihat ilustrasinya saja saya langsung kepincut, bagus banget dan imut , kayak ilustrasinya artjoka blog ini :D
    Semoga mbesok artjoka bisa ngisi ilustrasi di salah satu cerita Let's Read.
    Jadi kepo nih pengen lihat lihat aplikasi Let's Read ini di Play Store.

    BalasHapus
  2. Seru nih, pake aplikasi ini buat selingan solusi yang bosen baca buku itu itu mulu

    BalasHapus
  3. waah.. serunya ya baca buku di lets read, bikin anak seneng sih ini :D

    BalasHapus
  4. Halo kilan keenan, sama dong kaya mas sakha juga baca aplikasi lets read...yuk ah baca bareng 😆

    BalasHapus
  5. Aplikasi Let's Read ini bikin gemess pengen baca terus ya.
    Ilustrasinya juga suka.
    Saya yang belum punya anak, juga ikutan baca sama kaya dirimu heheh

    BalasHapus
  6. Senang baca anaknya karena ibunya juga senang baca. Selamat membaca, Let's read jadi salah satu bacaan terbaik.

    BalasHapus
  7. Emaknya gabut nih, malah dibacain dongeng sebelum tidur hehehe. Selalu suka baca ceritanya kak Eka dengan Keenan atau Kilan. Terus rajin baca dongeng, biar bisa jadi pendongeng keren

    BalasHapus
  8. Aku juga instal ini udah lama mbaa sampe ketagihan di level 1nya udahhh habis

    BalasHapus
  9. Kemarin habis dongenin si si ga yg takut sama bayangannya di cermin. Diceritain berkali kali nggak bosen bosen. Lalu dia praktekkin nih d kamar mandi, ambil ember kasih air sendiri lalu dia ngacaa sama ketawa2. Imajinasi anak itu super banget ya ampun. Aku merasa senang karena udah berhasil seenggaknya buat dia bisa bercerita seperti skrg gara2 seringnya didongeng. Hihi


    Ayi ayo para bapak ibu let's read. Teh Eka ini bagus lho ilustrasinya, siap mewarnai dunia ilustrasi let's read nih. *bantupromo

    BalasHapus
  10. Kalau ga baca artikel ini, malah ga tahu kalau ada aplikasi untuk buku bacaan anak. Langsung install jadinya Let's read. Lumayan buat di rumah saat ini.

    BalasHapus
  11. Mudah-mudahan diajak menjadi ilustrator aplikasi let's read, haha. Banyak teman saya walaupun udah dewasa juga bacanya udah secara digital, baik dari aplikasi atau kindle. Juga tidak perlu pusing dengan buku kebanyakan trus ga tau mau dikemanain haha.

    BalasHapus
  12. sekarang semakin banyak aplikasi digital ya. Lets read salah satunya. terus ada pilihan untuk buku bacaan anak lagi. Sangat membantu orangtua mengenalkan anak dengan menggunakan gadget yang benar sekaligus membaca buku. Gadget nggak melulu untuk main game.

    BalasHapus
  13. Aplikasinya seperti nya menarik yaa mbak. Mungkin ini mirip dengan iPusnas yaa?

    BalasHapus
  14. Emaknya Kilan Keenan bisa jadi ilustrator handal nih. Biasanya jago gambar begitu, jago juga bikin cerita. Mana tahu kan cerita karya emak Kilan Keenan someday bisa mejeng di Let's Read. Hehehe

    BalasHapus
  15. Lets read sangat bagus untuk perkembangan ilmu pengetahuan anak, jadi anak juga tau kalau oh hp itu bisa buat baca buku juga, bukan cm buat nonton yutub

    BalasHapus
  16. Anakku juga kalau dibacain pakai aplikasi let's read minta diulang-ulang terus karena ceritanya bagus dan ilustrasinya menarik ^^

    BalasHapus
  17. Satu lagi ni aplikasi yang rekomended buat anaka-anak. Jadi nggak melulu ngegameee aja muluk hihih... aku juga mau instal ahhh.

    BalasHapus
  18. Pengen titip kecup buat Kilan dan Keenan. In syaa Allah jadi anak2 cerdas. Walaupun berulang kali dibacain cerita masih suka ya. Syukurnya, sekarang ada aplikasi Let's Read ya, beragam cerita di dalamnya.

    BalasHapus
  19. Bagus Apps nya, supaya anak rajin & Suka membaca. Agar imajinasinya tumbuh, pikirannya terbuka. Kalau sudah terbiasa membaca, jadi jalan menjadi pintar

    BalasHapus
  20. Keenan suka baca ya, wah samaan nih sama Ririn, putri saya. Kl udah baca e-book di Let's Read suka lupa waktu. Padahal bacanya di smartphone saya, bareng adeknya jd seru pas milih2 mau baca cerita yang mana, gantian gitu^^

    BalasHapus
  21. Wuih senengnya sekarang udah ada aplikasi untuk anak di Lets read ya mba, mana ilustrasinya pun tjakep-tjakep pula. Aku dulu pas kecil dibacain sama ibu aja dengan ilustrasi gambar yang hitam putih dan gak banyak udah bikin seneng baca, apalagi di lets read ini :) mau aku share ke kakak ipar ah buat nambahin bahan bacaan ponakan :) makasih infonya

    BalasHapus
  22. Ush ush gemes banget sih kak punya dua buah hati seperti mereka. Aku mesti banyak berguru padamu nih soal membangun habit cinta baca bagi anak² hehe biar kelak anakku bisa kayak anak²nya kak Eka. Bundanya yang di dingengin ❤️

    BalasHapus
  23. Mantappp, jadi ada solusi nih buat numbuhin cinta baca dan kalau lagi bosen baca buku fisik 😘

    BalasHapus
  24. Wahhh aplikasinya menarik euy, apalagi ada ilustrasi yang menarik. Bisa membuat sekecil jadi rajin baca deh, gak yutuban terus. Hehehehe..

    Kuinstall ahh buat persiapan nanti ponakan kecilku datang..

    BalasHapus
  25. Jadi penasaran mau coba instal aplikasi lets read, semoga bisa bikin kafa jadi tambah lancar bicaranya

    BalasHapus
  26. Kakak Keenan pasti makin pinter dan berwawasan nih dengan apliaksi ini, jadi main gadget ada manfaatnya ya bisa membaca :)
    Inovatif banget yang menciptakan produk ini.

    BalasHapus
  27. Wuaah salut sama Let's Read yg memberdayakan 40 ilustrator Indonesia. Meskipun aku prinadi belunm priority membaca lewat aplikasi terlebih untuk Anakku hehe

    BalasHapus
  28. Yeeey main gawai sekalian membangkitkan minat baca, Let's Read!

    BalasHapus
  29. Wah rekomendasi bagus nih untuk aktifitas anak-anak selama pandemi. Udah mati gaya banget mau gimana hehehe.. anak anakku juga suka diceritakan buku. Mereka cepat menangkap kalau diceritakan

    BalasHapus
  30. Demi menyajikan konten yang baik tentu perlu dikemas dengan ciamik pula, salah satunya menggaet ilustrator yang ahli di bidangnya. Keren deh

    BalasHapus
  31. Ya ampun imajinasinya Kilan luar biasa, tinggal digambar sama mamaknya jadi deh buku cerita untuk Lets Read..kereen...

    BalasHapus
  32. Menarik ini, jadi pengen deh download. Mau cek ah, biar membaca makin seru ya

    BalasHapus
  33. Seru ya kak membaca lewat aplikasi lets read begini.jadi solusi dimasa pandemi begini ya biar nggak keluar rumah sudah bisa mendapatkan banyak bacaan yang bermanfaat

    BalasHapus
  34. Aq juga punya aplikasi ini. Bagus gambar dan ceritanya. Kadang jadi aq yg baca. Anaknya maen 🤣

    BalasHapus
  35. Keren nih aplikasinya, pengen install juga buat baca-baca, atau bisa dibacakan buat adik dan keponakan. Lebih hemat daripada beli buku cetak. Eh.

    BalasHapus
  36. Anakku kalau baca buku dari aplikasi ini bisa seharian ga berhenti. Sesuka itu.

    BalasHapus
  37. Wah, let's read bisa jadi wadah ilustrator juga, ya. Boleh dicoba iniiiiih. Makasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  38. Lets read memamg menghadirkan suasana membaca yang beda ya mbak. gambar gambarnya juga lucu dan kreatif. saya juga suka ikutan baca. keren karena ada level levelnya juga. level makin tinggi, daya pikir anak diuji.keren nih

    BalasHapus