artjoka

Tips Memilih Cool Box Berdasarkan Kebutuhan dan Kegunaannya

37 komentar
tips memilih cool box
Tips memilih cool box


Ketika mengunjungi dokter gigi kemarin, saya sempat melihat sekeliling klinik sambil menunggu anak pertama saya sedang melakukan perawatan akar gigi. Saya melihat banyak sekali peralatan dokter gigi yang hampir tidak saya kenal kecuali satu peralatan, yaitu cool box.

Terbesit dalam pikiran saya, “mengapa dokter gigi punya cool box seperti yang saya miliki di rumah ya?” Saya tidak tahu jawabannya karena tidak bertanya pada dokter gigi ataupun perawat. Namun saya berasumsi bahwa cool box ternyata bisa juga digunakan untuk keperluan medis. Tetiba saya teringat ketika masa-masa covid dimana vaccine disimpan dalam cool box.

Ternyata cool box memiliki banyak kegunaan dan fungsi selain untuk menyimpan minuman agar tetap dingin seperti yang saya ketahui selama ini. Cool box juga bisa digunakan untuk keperluan usaha ataupun keperluan rumah tangga.

Bagi anda yang sedang mencari cool box, yuk baca selanjutnya untuk mengetahui apa itu cool box dan bagaimana memilih cool box yang sesuai dengan kebutuhan.

Definisi Cool Box


Dikutip dari Wikipedia, cool box memiliki beragam penyebutan seperti kotak es, kotak pendingin dan lemari es portable. Meski memiliki beragam nama, cool box memiliki pengertian yang sama yaitu cool box adalah wadah berbentuk kotak yang digunakan untuk menjaga makanan dan minuman tetap dingin dalam kurun waktu tertentu. Namun, cool box juga digunakan untuk menyimpan ikan segar dan kebutuhan medis seperti darah, obat dan vaksin.

apa itu cool box
Definisi cool box



Cool Box Terbuat Dari Apa?


Cool box umumnya terbuat dari material Polyurethane (PU) dan high-density polyethylene (HDPE). Apa perbedaan material poliuretan dan polietilena untuk cooling box?

cool box adalah wadah yang terbuat dari material PU dan HDPE
Material cool box


1. Polietilena


Polietilena adalah salah satu polimer plastik yang memiliki sifat durabilitas yang cukup baik terhadap benturan, tidak tembus air, tahan lama, ringan, fleksibel, tahan korosi, dan resisten terhadap suhu, aliran listrik serta paparan kimia. Keunggulan polietilena tersebut menjadikannya digunakan untuk membuat cool box.

2. Polyurethane


Polyurethane (PU) adalah bahan plastik berbahan resin sintetis dan berserat yang dibuat dari polimer dan urethane. Polyurethane (PU) memiliki sifat stabil, aman, dan tahan lama, tahan panas, tahan banting, tidak mudah retak atau pecah, dapat menahan beban berat, dan biaya produksi ekonomis. Karakter unggul yang dimiliki Polyurethane (PU) menjadikannya bahan pembuatan cool box terbaik.

Polyurethane (PU) yang digunakan sebagai bahan cooling box umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu Polyurethane (PU) thermoplastic dan Polyurethane (PU) thermoset. Maka tidak heran jika sebagian orang ada yang menyebut cooling box thermoplastic atau cooling box thermostate yang mengacu pada dua jenis Polyurethane (PU).

Bagaimana Cara Kerja Cool Box?


Anda pasti penasaran, bagaimana cara kerja cool box sehingga bisa membuat barang di dalamnya tetap dingin? Karena adanya proses insulasi.

Dikutip dari wikipedia, Insulasi adalah proses penyekatan atau penghambatan untuk mencegah perpindahan arus listrik, panas, bunyi, dan sebagainya melalui insulator yang merupakan materi berkemampuan insulasi seperti material Poliuretan yang digunakan cool box.

Dinding cool box dibuat secara khusus dengan material yang memiliki kemampuan insulasi yang dapat meminimalisir perpindahan panas, sehingga menjaga bagian dalam cool box tetap dingin. Meski demikian, perlu dilakukan usaha lanjutan untuk menjaga barang yang ada di dalam cool box tetap dingin.

Cara kerja  cool box
Bagaimana cara kerja cool box


Tips Memilih Cool Box Berdasarkan Kebutuhan


Bagi anda yang hendak memilih cool box, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini karena setiap cool box yang tersedia di pasaran memiliki fungsi, fitur dan material yang berbeda.

1. Pilih Cool Box Dengan Dinding luar dan dalam bermaterial Polyethylene (PE) dengan insulasi Polyurethane (PU)

Mengapa? Karena kombinasi kedua material tersebut Polyurethane (PU) menciptakan cool box dengan kualitas terbaik dengan keunggulan masing - masing material.


2. Tentukan Kapasitas Cool Box yang Disesuaikan Dengan Tujuan Penggunaan

Fungsi utama cool box adalah menjaga ketahanan barang yang ada di dalamnya untuk tetap dingin dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu, pemilihan cool box harus disesuaikan dengan kapasitas yang disesuaikan dengan tujuan penggunaan seperti :

  • Cool Box Untuk Berjualan

Cool box yang digunakan untuk berjualan umumnya memiliki kapasitas besar karena digunakan untuk menyimpan minuman dalam jumlah banyak. Cool box untuk berjualan biasanya menggunakan yang memiliki kapasitas 60 liter - 200 liter.

  • Cool Box untuk produksi makanan
Cool box yang akan digunakan untuk produksi makanan seperti frozen food atau pengiriman ikan segar umumnya memiliki kapasitas 1000 liter.

  • Piknik
Kebutuhan penggunaan cool box untuk piknik dapat disesuaikan dengan jumlah anggota atau orang yang berpartisipasi dalam piknik namun umumnya cool box untuk piknik memiliki kapasitas 11 liter - 20 liter.

  • Traveling dan Berkemah
Kebutuhan penggunaan cool box untuk traveling dan berkemah dapat disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Umumnya, satu orang dewasa membutuhkan perkekalan 4 liter untuk perjalanan sehari dan 15 liter untuk sehari semalam. dan anak-anak membutuhkan setengah dari kapasitas perbekalan orang dewasa.

Jadi anda dapat menghitung kebutuhan kapasitas cool box berdasarkan perhitungan ini, misalnya 2 orang dewasa dan 2 orang anak untuk perjalanan selama satu hari satu malam maka membutuhkan cool box berkapasitas : (15 x 2 = 30)+(7,5 x 2=15) = 45 liter. Anda dapat menghitung kebutuhan kapasitas cool box dengan cara yang sama untuk durasi berkemah.

  • Pertimbangkan Desain dan Fitur Cool Box

Desain dan fitur yang dimiliki cool box dapat menjadi pertimbangan dalam memilih cool box yang tepat. Karena desain dan fitur akan menentukan kebutuhan penggunaan cool box.


beberapa rekomendasi cool box berdasarkan kebutuhan
Tips memilih cool box berdasarkan kebutuhan


Tips Menjaga Barang Di Dalam Cool Box Agar Tetap Dingin


Umumnya, cool box memiliki daya tahan tetap dingin selama 6-7 jam. Untuk itu dibutuhkan cara agar barang di dalam cool box tetap dingin jika anda akan menggunakannya lebih dari 7 jam. Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Menambahkan es batu untuk mempertahankan dan meningkatkan efek pendinginan cool box. Letakan es batu pada bagian dasar cool box untuk menjaga barang di dalam cool box tetap berada dalam suhu dingin lebih lama.
  2. Tambahkan Ice Pack dan simpan di bagian dasar cool box. Ice pack atau gel pack adalah kantong plastik portabel berisi gel refrigeran penyerap panas. Untuk daya tahan dingin lebih lama sebaiknya masukan ice pack ke dalam freezer selama 8 - 24 jam sebelum digunakan.
  3. Simpan Cool Box di tempat yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari langsung.
  4. Jangan terlalu sering membuka Cool Box karena dapat mengurangi suhu dingin di dalamnya akibat udara panas masuk ke dalam cool box.

Kesimpulan


Memilih cool box berdasarkan kebutuhan memang bukan hal yang mudah mengingat begitu banyak pilihan yang tersedia di pasaran. Rekomendasi cool box terbaik adalah cool box yang sesuai dengan kebutuhan yang disesuaikan dengan material dan kapasitas cool box itu sendiri.

Pastikan juga untuk memiliki cool box yang ramah lingkungan, anti bocor, terdapat lubang pembuangan drain dan material dinding luar dan dalam yang terbuat dari Polyethylene (PE) serta insulasi berbahan Polyurethane (PU).

Semoga  tips memilih cool box di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat. Selamat memilih cool box!
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

37 komentar

  1. Whaa cool box ini bermanfaat banget ternyata ya kak. Saya juga selalu memakai setiap belanja ke pasar basah. Ayam, ikan dan daging awalnya biar nggak netes darahnya tapi ternyata bikin lebih fresh juga apalagi jarak rumah ke pasar setengah jam an

    BalasHapus
  2. Saya kuper banget ya, selama ini hanya tau coolbox yang buat minuman-minuman kaleng itu, baca artikel ini jadi tau ternyata ada juga yang buat kebutuhan rumah ya

    BalasHapus
  3. Cool box jd alat wajib nih buat yg suka mancing biar hasil tangkapannya selalu fresh

    BalasHapus
  4. Saya punya cool bag kalau pas lagi keluar rumah ingin beli frozen food. Tapi kayaknya perlu juga nih cool box kalau buat jalan-jalan ke pantai biar bisa nyetok minuman dingin yang banyak jadi gak perlu beli lagi deh.

    BalasHapus
  5. Ternyata jenis coolbox ini beragam dan variatif banget. Aku tuh familiarnya sama coolbox buat liburan ๐Ÿ˜† soalnya kepake dan penting banget fungsinya.
    Terima kasih sudah berbagi tips yang bermanfaat serta informatif.
    Jadi kepikiran segera beli coolbox buat kebutuhan rumah.

    BalasHapus
  6. Saya biasa bawa cool box kalau pas mudik mbak, buat naruh buah dan minuman dingin, soalnya di tol kan suka macet. Makasih ya sudah berbagi tips dan info soal cool box ini. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Eh beneran perlu banget cool box itu apalagi buat yg udah berkeluarga. Terutama buat penyimpanan makanan supaya ga mubazir dan awet dingin dibawa kemanapun

    BalasHapus
  8. Cool box yg ini cakep euy. Warna merah. Tapi harganya berapaan Teh? Aku belum punya nih. Pengen beliin suami soalnya doi hobi mancing. Jadi bisa buat tempat nyimpan ikan.

    BalasHapus
  9. Cool box atau cooler bag adalah kotak pendingin portabel yang sangat berguna untuk berbagai aktivitas. Baik untuk piknik, memancing, camping, ataupun menyimpan makanan dan minuman saat bepergian.
    jadi emang harus dipilih sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  10. Saat aku masih kuliah. Di semester akhir, aku ingat pernah memanfaatkan cool box untuk menyimpan tanaman sampel dari tempat penelitian buat analisa di laboratorium.

    Maksudnya sih biar tanamannya tetap segar. Meski nantinya dapat perlakuan sampai tanaman itu kering kerontang. Hehehe...

    BalasHapus
  11. Orang gila mana yg cuma tau fungsi cool box tuh buat makanan & minuman aja biar tetep dingin, wkwk.. Padahal kegunaannya lebih dari itu ya, teh. Sempet mikir juga apa yg membuatnya tetep dingin, ternyata ada proses insulasi. I see I see ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  12. Waduh...aku musti lihat dan pegang deh biar tahu apa bedanya cool box polietilena dan polyurethane. Aku tahunya di tempat jualan minuman dingin doang. Kayaknya itu mah bahannya sterofoam tebel gitu. Bingung kan...
    Melalui artikel ini jadi makin paham deh proses pendinginan dan cara kerjanya.

    BalasHapus
  13. wah cool box ternyata bisa dipakai juga untuk kebutuhan di rumah ya. dari sini jadi makin paham, kalau milih cool box tetap sesuai kebutuhan ya

    BalasHapus
  14. Pengen juga punya Cool box,, enak kalo buat acara piknik gitu. Klo ice pack malah udah punya banyak. Next time beli Cool box.

    BalasHapus
  15. Berarti kalau mau beli cool box di cek dulu nih fungsinya mau kita pakai buat apa, karena tersedia beragam ukuran juga ya

    BalasHapus
  16. Berarti kalau mau beli cool box di cek dulu nih fungsinya mau kita pakai buat apa, karena tersedia beragam ukuran juga ya

    BalasHapus
  17. Pas banget kak saya sedang mencari cooling box untuk yang traveling yang cocok dan akhirnya nemu ini jadi bahan referensi juga sebelum beli, kebetulan bulan depan mau traveling bareng keluarga

    BalasHapus
  18. Misal ada yang kini gitu lebih enak mungkin ya cool box mobile buat yang bawanya motor ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  19. Jadi pengen punya satu nih buat besok persiapan anak kedua. Bisa buat piknik atau kalau keluar kota pas anak masih MPASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, kalo punya anak kecil, kepake bgt sih ada cool box nih apalagi yg suka bepergian

      Hapus
  20. Aku punya 15 cool box nih. Awalnya untuk memudahkan pindahan kosan. Trs pas pandemi kmrn aku mudik ke Jawa. Utk memudahkan pengiriman ya aku krm sekalian ama boxnya sih. Jd ga prlu bungkus kardus lg. Toh ada penguncinya.

    Isinya sih cuman pakaian dan buku sih paling banyak. Jd aman. Sampe skrg jg numpuk. Buku jg aman ga kena rayap. Drpd ditaruh lemari. Wkwk

    BalasHapus
  21. Wah iya,, cool box ini penting juga buat yang suka mancing. Atau bisa juga buat dibawa saat belanja ke pasar
    Biar ikan tetap fresh pa sampai rumah

    BalasHapus
  22. Kalau yang untuk nyimpan ASI itu apa namanya juga cool box ya Mbak? Dulu pas kerja, sering lihat temen bawa gitu, karena lagi nyusuin. Bentuknya kotak, tapi kecil, dan ada tali selempangnya kayak tas.

    BalasHapus
  23. Di tempat dokter gigi juga ada coolbox ya. Saya sering melihat coolbkx itu di penjual ikan. Terutama yang keliling. Biar kondisi ikan tetap fresh, dimasukkan ke coolbox dan diberi es batu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya, ya. Saya juga baru sadar kalau di penjual ikan rata-rata pakai cool box ini. Sepertinya jadi alat yang wajib dipunyai sama penjual ikan, ya biar ikannya bisa tetap segar

      Hapus
  24. Aku ingatnya malah coolbox ini memang tempat untuk menyimpan vaksin atau obat-obatan suntik dalam bentuk cairan sih, Kak. Biasa dibawa sama mamaku kalau sedang bertugas di posyandu atau posbindu nih, misal lagi ada yang mau disuntik. Pas juga sih coolbox gini jadi salah satu perlengkapan camping, misal mau bawa daging-dagingan biar tetap awet selama di jalan.

    BalasHapus
  25. Nyimpan di coolbox tapi kalau gak mengikuti aturannya sama aja bohong ya. Barang akan cepat rusak juga jadi sebaiknya emang ikuti tipsnya sampai bener paham biar hasilnya maksimal

    BalasHapus
  26. sering lihat para penjual ikan atau hasil laut lainnya yang pake cool box begini, ada juga yang bikin sendiri pake kotak gabus terus diisi es yang banyak hehe kreatif pak bapak tukang ikannya

    BalasHapus
  27. Waaa aku pengen punya coolbox tapi belum sempat beli. Suamiku kalau pulang kerja sering beli ikan. karena belum punya coolbox bawa ikannya pakai kotak steorofoam, malah boros karena gampang pecah..

    BalasHapus
  28. Suamiku nih yang punya keinginan beli cool box. Katanya biar kalau camping tetap bisa minum minuman dingin. Haduh jadi rencananya buat dibawa camping gitu. Soalnya kan gak lucu kalau camping bawa kulkas. Kegedean. Hadeh

    BalasHapus
  29. biasanya kalau liat cool box yaudah aja gitu ya. tapi ternyata cara kerjanya gak cuma sesimple kelihatannya ya

    BalasHapus
  30. Selama ini punyanya cooler bag buat simpan ASI anak-anak. Pengen banget beli cooler box buat piknik.. Belum kesampaian sampai sekarang..hehe

    BalasHapus
  31. Ternyata cool box ada macam-macam ya. Kepikiran sih beli cool box yang bisa dibawa piknik. KAn enak tuh bawa minuman dingin pas piknik diruang terbuka...

    BalasHapus
  32. Pingin banget punya cool box juga nih..
    Canggih teknologinya yaa.. Karena aku pernah liat ada tas khusus bayi yang juga uda termasuk cool box-nya untuk simpan ASIP.

    Ternyata gak selamanya cool box berbentuk besar dan bisa menyesuaikan kebutuhan si penggunanya.

    BalasHapus
  33. Ternyata selain untuk menjaga makanan atau minuman suhunya tetap dingin, cool box juga bisa digunakan untuk menyimpan ikan segar dan obat-obatan medis ya kak Eka. Bener-bener banyak fungsinya deh

    BalasHapus
  34. Ooo gitu ya, harus ditambah ice pack agar daya tahan untuk dinginnya makin lama. Lumayan juga bisa 7 jam lebih klo ditambah ice pack gini.

    BalasHapus
  35. Baru tahu loh aku kalau cool box itu ada banyak macamnya. Aku juga punya cool box di rumah yang cukup untuk minuman. Biar bisa dibawa saat perjalanan jauh.

    BalasHapus

Posting Komentar