Langkah-langkah Konkret untuk Pemula Dewasa dalam Mempelajari Penyebutan Jam dalam Bahasa Inggris

Mempelajari Penyebutan Jam dalam Bahasa Inggris


Belajar bahasa Inggris, terutama dalam konteks sehari-hari seperti penyebutan jam, dapat menjadi perjalanan yang menantang, tetapi juga sangat memuaskan. Bagi pemula dewasa, menguasai keterampilan ini adalah langkah pertama untuk berkomunikasi dengan lebih luwes dalam bahasa internasional. 
Namun, mempelajarai bahasa inggris terutama mempelajari penyebutan jam memerlukan latihan yang konsisten dan terjadwal. Dengan demikian orang dewasa dalam tahapan belajar pemula dapat memahami dan pembelajaran dengan baik dan benar. 

Lantas langkah apa saja yang dapat dilakukan bagi pemula dewasa untuk mempelajari pentebutan jam dalam bahasa inggris?

Langkah-langkah Konkret untuk Pemula Dewasa dalam Mempelajari Penyebutan Jam dalam Bahasa Inggris


Berikut adalah langkah-langkah konkret yang dapat membantu pemula dewasa dalam mempelajari penyebutan jam dalam bahasa Inggris.

1. Pahami Format Jam 12 Jam dan 24 Jam

Sebelum memahami dan membaca jam dalam bahasa Inggris, penting untuk memahami perbedaan antara format jam 12 jam (AM/PM) dan format jam 24 jam. Pada format 12 jam, waktu dibagi menjadi dua bagian: pagi (AM) dan malam (PM), sedangkan format 24 jam menggunakan angka 1-24 untuk menyatakan jam.

2. Kuasai Vokabulari Terkait Waktu

Mulailah dengan memahami vocabulary yang berkaitan dengan waktu, seperti jam, menit, detik, siang (morning), sore (afternoon), malam (evening), dan tengah malam (midnight).

3. Gunakan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Manfaatkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang menyediakan latihan interaktif dalam penyebutan jam. Aplikasi ini seringkali dilengkapi dengan fitur suara dan gambar untuk membantu pemahaman.

4. Praktikkan dengan Rekam Waktu Harian

Terapkan pembelajaran langsung dalam kehidupan sehari-hari dengan mencatat dan mengucapkan waktu saat melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya, "It's 8 AM, time to start the day!"

5. Perhatikan Pembeda AM dan PM

Perhatikan perbedaan penggunaan AM (ante meridiem) dan PM (post meridiem). AM digunakan untuk waktu pagi dan siang hingga tengah hari (sebelum pukul 12:00), sedangkan PM digunakan untuk waktu sore hingga tengah malam (setelah pukul 12:00).

6. Ikuti Kursus Bahasa Inggris Tatap Muka

Bergabung dengan kursus bahasa Inggris tatap muka memberikan keuntungan interaksi langsung dengan pengajar dan sesama peserta. Ini menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan terstruktur.

Kursus Bahasa Inggris Tatap Muka
Kursus Bahasa Inggris Tatap Muka

7. Manfaatkan Media Audiovisual

Tonton film, acara televisi, atau video pembelajaran yang menampilkan interaksi waktu dalam bahasa Inggris. Hal ini membantu dalam pemahaman konteks penggunaan penyebutan jam.

8. Ciptakan Kalimat Sederhana

Praktikkan penyebutan jam dengan membuat kalimat sederhana menggunakan waktu dalam berbagai konteks. Ini membantu menguatkan pemahaman dan memperluas kosakata.
Langkah-langkah Mempelajari Penyebutan Jam dalam Bahasa Inggris
Langkah-langkah Mempelajari Penyebutan Jam dalam Bahasa Inggris

Kesimpulan

Dengan langkah-langkah ini, pemula dewasa dapat mengatasi hambatan belajar penyebutan jam dalam bahasa Inggris dengan lebih percaya diri dan efektif. Konsistensi dan motivasi menjadi kunci utama untuk mencapai kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik.

Eka Fitriani Larasati (@efila_)
Mom bloger yang hobi ngegambar, nge-canva dan bikin kue kering sampai kepikiran pengen jadi Patesserie. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

Posting Komentar