Keseruan Menghadiri Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023

48 komentar
Keseruan Menghadiri Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023



Unik, handmade dan original merupakan karakter sebuah karya kreatif. Keunikan inilah yang membuat saya selalu menyukai apapun yang berbau etnik, seni dan budaya tradisional.

Terlebih jika ada pameran karya kerajinan khas Jawa Barat seperti, event tahunan KKJ-PKJB 2023 yang diselenggarakan mulai tanggal 7 - 9 Juli 2023 di Gedung Sate kemarin. Saya pun memutuskan untuk menghadiri Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 pada hari minggu, 09 Juli 2023.

Seperti apa sih keseruan menghadiri karya kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 yang saya hadiri pada hari Minggu, 09 Juli 2023? Yuk baca selanjutnya.

Rangkaian Kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Event Kreatif Jawa Barat - pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB 2023) merupakan event tahunan yang terselenggara atas kerjasama Bank Indonesia, Kementerian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Perbankan, dan Instansi terkait.

Adapun tema KKJ-PKJB 2023 kali ini adalah, “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat ”

Lantas apa saja kegiatan Karya kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 kali ini? 

Sebagai pembuka event, KKJ-PKJB 2023 mengadakan lomba Tiktok dan IG Reels Karya kreatif competition dan  Zero Waste Competition yang diadakan selama pra event KKJ - PKJB 2023.

Kegiatan event KKJ-PKJB 2023 di gedung sate kemarin meliputi showcasing kreatifitas produk unggulan masing-masing kab/kota dan juga dari UMKM. Kamu bisa melihat infografis dibawah ini ya untuk informasi selengkapnya terkait keseluruhan rangkaian kegiatan KKJ-PKJB 2023 dan jumlah booth-booth keren dari perbankan, craft, fashion, makanan kering dan booth food corner yang mengikuti event ini.


kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023



jumlah booth peserta kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
jumlah booth peserta kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Booth peserta jumlah booth peserta kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Booth peserta jumlah booth peserta kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Booth UMKM Booth peserta jumlah booth peserta kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Booth UMKM Booth peserta jumlah booth peserta kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Helaran Fashion Show dan Dekranasda Jabar Award KKJ-PKJB 2023


Hari kedua event KKJ-PKJB 2023 diramaikan dengan Kompetisi Helaran Dekranasda 27 Kota/Kabupaten yang merupakan fashion show dari perangkat daerah di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar dan juga lomba Kriya dari masing - masing daerah yang pemenangnya akan mendapatkan Dekranasda Jabar Awards. Siapa sajakah pemenangnya? Pemenang helaran adalah sebagai berikut :

  • JUARA 1 : Kab. Bandung Barat
  • JUARA 2 : Kab. Garut
  • JUARA 3 : Kab. Subang
  • JUARA FAVORIT : Kota Bekasi
  • BEST SUPPORTER : Kab. Garut

Dekranasda Jabar Award  2023
Dekranasda Jabar Award  2023 (sumber foto akun instagram Dekranasda Jabar)


Helaran fashion show CFD Karya kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Helaran fashion show CFD Karya kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 (sumber foto akun instagram Dekranasda Jabar)



Melalui KKJ-PKJB 2023, saya melihat pemerintah Provinsi JABAR benar-benar sangat memperhatikan keberlangsungan adat, budaya dan seni setiap Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Tentu saja hal ini akan berdampak positif terhadap keberlangsungan dan perkembangan kreativitas kriya masyarakat Jawa Barat dan secara tidak langsung dapat salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Barat juga.

Selamat kepada para pemenang Dekranasda Jabar Award, semoga menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kreativitas kriya di Kota/Kabupaten masing-masing.

Gagal Move On dari Kunjungan di Booth Dekranasda Jabar di Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023



Ya, inilah yang saya rasakan setelah pulang ke rumah usai mengunjungi event KKJ-PKJB 2023 kemarin. Saya sangat terkesan dengan semua showcasing UMKM dan Booth karya kreatif pemerintah kota/kabupaten di Jawa Barat.

Booth Dekranasda Pavilion Jawa Barat membuat saya begitu terkesan. Ada banyak sekali karya kreatif  masyarakat dari setiap Kota/Kabupaten yang unik, original dan membuat saya kalap ingin belanja semua! Hehehe.

Hal yang paling menarik adalah, setiap daerah tidak hanya mengusung karya kreatif bermaterial alam seperti bambu, anyaman pandan, tanah liat, batu alam, kulit dan logam. Tapi juga mengusung tema eco dengan menghadirkan berbagai macam produk tekstil dengan konsep ecoprint seperti tas, sepatu, tote bag, pouch, dompet, kerudung, tenun hingga tirai dan pakaian.

Saya pun tidak melepas kesempatan menyaksikan booth craft ecoprint kota Bekasi yang secara langsung praktek membuat totebag ecoprint. Ternyata caranya sangat mudah. Next saya akan coba praktek dirumah dan akan saya share di artikel selanjutnya ya. 

Akhirnya saya belanja di Booth Kabupaten Tasikmalaya yaitu placemate anyaman pandan dan Booth Kabupaten Cianjur yang merupakan kota kelahiran saya, Brownies Tauco dan tidak lupa membeli totebag ecoprint juga sebagai oleh-oleh untuk ibu saya.

Belanja cash? Tentu tidak, karena event KKJ-PKJB ini menerapkan implementasi QRIS ya, dan saya sudah menyiapkan saldo gopay secukupnya untuk belanja, hehe.

Oh iya, selain mengunjungi Showcasing kriya Kota/Kabupaten Jabar di Pavilion Dekranasda Jabar, saya juga mengunjungi Showcasing Booth UMKM yang menghadirkan berbagai produk tekstil dan makanan kering, logam dan kulit. Saya sangat tertarik dengan produk UMKM kain tenun, fashion ecoprint dan tas dengan ilustrasi sendiri.

Sebelum memutuskan pulang karena hari menjelang lepas dzuhur, saya mengunjungi Booth Java Tea Festival dan sempat mendengarkan Andmesh bernyanyi meski sulit menggapai stage karena riuh dan padatnya penonton. Saya menikmati ice tea dari booth ice tea JTE yang segar sambil mendengarkan Andmesh bernyanyi dari kejauhan.

Saya juga sangat terkesan dengan Booth JTE 2023 yang menghadirkan booth dari berbagai pelaku usaha industri teh. Selain itu, di JTE 2023 juga menghadirkan, Edukasi (tea talk) dan Tea Experience (tea demo) serta Creative Tea Mixology Competition. Saya sempat mencicipi beberapa jenis teh yang rasanya luar biasa nikmat dan auto bikin kenyang karena mencicipi banyak jenis teh, hehehe.


Booth UMKM di Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Booth UMKM di Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Denah event Booth UMKM di Karya Kreatif Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Denah event Booth UMKM di Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Fashion show peserta perbankan Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Fashion show peserta perbankan Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Java Tea Festival Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Java Tea Festival Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Booth pavilion Dekranasda Jabar Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Booth pavilion Dekranasda Jabar Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Workshop booth Booth Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Workshop booth Booth Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Workshop eco print  Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Workshop eco print  Karya Kreatif - Jawa Barat Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023



Kesimpulan


Dikutip dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menyatakan bahwa, Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan, Kontribusi terhadap PDB mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Hal ini membuktikan bahwa peranan UMKM cukup besar terhadap perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu upaya dalam mendiseminasikan kebijakan dan peran BI dalam pengembangan UMKM untuk mendukung pelaksanaan mandat BI, serta memperkenalkan dan mempromosikan produk UMKM Jawa Barat maka diadakanlah event tahunan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB).

Terimakasih banyak Dekranasda Jabar dan Bank Indonesia yang secara reguler mengadakan event Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat setiap tahun. Semoga event KKJ - PKJB dapat terus hadir dari tahun ke tahun.

Menurut saya, event Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 juga turut serta meningkatkan awareness masyarakat terhadap kerajinan daerah masing-masing dan juga meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penggunaan material alam, daur ulang (recycle material) . Masyarakat juga lebih peduli dengan menggunakan produk ecoprint sebagai salah satu upaya turut serta mengurangi dampak pemanasan global.

Kamu wajib hadir ke event KKJ-PKJB tahun depan yaaaa. 


Ekonomi hijau Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023
Ekonomi hijau Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023


Eka FL
Mom Blogger Bandung, illustrator, art enthusiasts

Related Posts

48 komentar

  1. seru bangeet mbaaak! kegiatannya banyak dan yang ikut pun rame jadi makin meriah. keren nih Jawa Barat. Jawa Timur ada nggak ya? hehe

    BalasHapus
  2. Ternyata ngeprintnya benar-benar eco friendly, ya. Enggak pake mesin. Kirain cuma jenis tintanya aja yang alami. Keren eventnya.

    BalasHapus
  3. Aduh, aku gemes kalo ada event seni gini, teh. Apalagi semua nunjukin hasil karya dari UMKM nya, Jabar memang nggak ada lawan.

    BalasHapus
  4. Seru banget sampai ada tea talk-nya juga. Rasanya industri usaha Teh bakalan naik lagi nih menyusul usaha kopi yang makin hari terasa makin menjamur di Jawa Barat. Pengalaman yang super seru sekali.

    BalasHapus
  5. wah seru banget acaranya ya mba kayaknya pengen ke sana jadinya, banyak juga boothnya UMKM pasti banyak sekali produk kreatif yang sudah dibuat, keren semoga makin maju kerajinan Jawa Barat

    BalasHapus
  6. Pengen main ke Bandung huhuuu, belum pernah nih traveling sampe Jabar.

    Acaranya keren banget ya dan ada fashion show juga. Boothnya banyak banget dan bisa puas lihhat2 atau sekalian shopping bareang jualan UMKM.

    BalasHapus
  7. eventnya keren banget, ini wajib diselenggarakan tiap tahun agar kerajinan UMKM di Jabar bisa makin dikenal luas dan bisa mendongkrak perekonomian juga

    BalasHapus
  8. Kalau datang ke event karya kreatif seperti itu bikin kitanya ikut kreatif juga ya kak. Apalagi sambil mengagumi kreativitas UMKM bisa ikutan workshop nya juga

    BalasHapus
  9. seru banget ya mba acaranya tuh, apalagi memang produk umkm jawa barat tuh menurutku juara deh, pasti banyak karya unik dan menarik yg bikin terkagum2

    BalasHapus
  10. Booth peserta termasuk besar ya. Kalau di Surabaya lebih kecil kalau ada event serupa gini. Jadinya lebih puas mengenal produk atau karya

    BalasHapus
  11. Dengan pameran seperti ini, kita jadi tahu produk UMKM lokal yang sebenarnya ga kalah saing kok dgn produk asing. Bahkan mutunya jg bisa disandingkan.

    Plus UMKM skrg udh mengadopsi produk ramah lingkungan. Jd bakal mudah masuk pasar luar negeri jg tuh.

    BalasHapus
  12. Booth UMKM yang disediakan lumayan banyak dan beragam ya, ak. Kerajinan, fashion, dan lainnya bisa ditemukan di event yang keren ini. KKJ mantab nih kalau diselenggarakan berkelanjutan

    BalasHapus
  13. Keren keren hasil karyanya. Di Jawa Timur kapan nih menyusul. Ada ecoprint juga ya. Produk UMKM sekarang makin banyak dan kreatif ya

    BalasHapus
  14. Wah keren nih Dekranasda Jabar, ajang yang bisa mengenalkan UMKM di masyrakat. Banyak juga UMKM yang sudah tumbuh dan berkembang di Jabar ya. Keren deh

    BalasHapus
  15. Semoga banyak teman-teman UMKM yang 'naik kelas' dengan ikut memeriahkan dalam program karya kreatif Jawa barat di pekan kerajinan Jawa barat di tahun 2023 ini

    BalasHapus
  16. Seru banget teh Event Kreatif Jawa Barat - pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB 2023) nya. Ternyata event tahunan ya. Kusungguh baru tahu. Mana banyak banget rundown acaranya. Auto betah mata liatin karya-karya kreatif UMKM

    BalasHapus
  17. Even yang cukup memberikan semangat sekaligus kebanggaan bagi para pelaku UMKM yaa.. Dengan rutin menyelenggarakan event KKJ - PKJB, semoga bisa memantik masyarakat Jawa Barat untuk semakin kreatif dan kompetitif dalam memberikan sentuhan produk kerajinannya,

    BalasHapus
  18. seru banget ya kak acaranya jadi ajang kreativitas tiap daerah. BTW Kuningan ga ada dapat juara ya hehe kampung halaman saya

    BalasHapus
  19. Keren banget acaranyaaaa, pasti seruh nihh! Semoga ntar di Jawa Timur ada event serupa yaa, pengen ikutan seru seruannya hihi

    BalasHapus
  20. Produk UMKM itu biasaya bagus bagus loh, dan emang harus sering2 diadakan pameran biar semakin diliat banyak orang produknya,, apalagi produknya bisa dari bahan daur ulang, mantaplah

    BalasHapus
  21. Mantap ada business matching. Jadi UMKM dipertemukan bukan saja dengan kosumen tapi juga bisnis lain yang bisa jadi partner ke depannya.

    BalasHapus
  22. Bener-bener cuci mata ini mah, mba. Next kalau ke Bandung harus menyesuaikan deh dengan penyelenggaraan Event KKJ -PKJB. Semoga ada setiap tahun, yaa. Apalagi kalau Dateng ke stand Tasikmalaya, pasti banyak aneka bordir yang mengagumkan.

    BalasHapus
  23. Semoga event KKJ-PKJB 2023 sukses dan memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha serta masyarakat secara keseluruhan. Ini adalah inisiatif yang hebat untuk memajukan ekonomi lokal dan meningkatkan apresiasi terhadap produk dan kreativitas daerah.

    best regard,
    adipraa

    BalasHapus
  24. Acaranya pasti meriah n seru banget nihh. Sayang saya ga sempet datang ke acaranya, padahal dari rumah ke gedung sate cuma 10 menit aja. Padahal saya pengen lihat pembuatan ecoprintnya secara langsung n pengen icip aneka teh lokal khas Jawa Barat. Semoga akan ada acara selanjutnya n bisa hadir tentunya.

    BalasHapus
  25. Event kesenian begini emang seru banget ya kak. Aku juga suka menikmati barang barang handmade, untungnya di Jogja nggak susah nemuin event kesenian.

    BalasHapus
  26. Event event seperti ini memang layak diapresiasi. Akan tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana rangkaian kegiatan tersebut, termasuk dukungan terhadap umkm, tidak sebatas pada rangkaian kegiatan tersebut saja, tapi mesti konsisten.

    BalasHapus
  27. Aku paling suka datang ke Pameran gini apalagi banyak UMKM yang juga hadir meramaikan acara, seru aja gitu🀩

    BalasHapus
  28. Keren, yaaa ada lomba TikTok dan IG Reels juga.
    Event-event kayak gini menurutku penting banget untuk memajukan industri UMKM lokal, sekaligus mempromosikan ke masyarakat umum.

    BalasHapus
  29. Seru banget ini kegiatannya bisa promosikan kearifan lokan untuk diketahui banyak orang di seluruh Indonesia

    BalasHapus
  30. asik banget kalau bisa datang ke acara seperti ini, aku kalau melihat stand atau booth umkm lokal yang kreatif kayak gini auto jadi bangga juga, seneng gitu kalau banyak yang peduli dengan karya lokal

    BalasHapus
  31. Seneng deh kalau UMKM didukung sama banyak pihak termasuk pemerintah juga. Orang-orang juga sekarang banyak yang udah suka sama buatan lokal. Keren banget acaranya kak.. Banyak activity-nya ya. Seru bisa ikutan workshop-nya juga... :D

    BalasHapus
  32. Seru ini Kak, event kreatif dan kerajinan begini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yaa… Bahkan diikuti pula dari berbagai daerah yang ada di Jawa Barat, bakal lebih seru lgi liat rangkaian acaranya benar2 menginspirasi

    BalasHapus
  33. UMKM memang punya peran penting dalam perekonomian Indonesia ya. Dari UMKM pun, pelaku usahanya kreatif banget untuk mengangkat budaya lokal agar tetap lestari dan menarik minatnya generasi muda. Seneng banget baca keseruan acaranya di sana, Kak..

    BalasHapus
  34. Waaah seru bangettt! Apalagi bisa lihat hasil karya dari banyak UMKM. Rangkaian acaranya juga menarik yaa, kekinian bangett ada lomba tiktok sama reels jg hihi Thanks kak sudah sharing pengalamannya

    BalasHapus
  35. Keren banget acaranya euy! Apalagi produknya termasuk yang ramah lingkungan. Kalau banyak kegiatan semacam ini, maka industri kreatif anak daerah pun bisa berkembang dan banyak peminatnya. ❤️❤️

    BalasHapus
  36. sya juga suka event-event kesenian kaya gini, udah pasti bawa kamera sendiri dan mulai berburu foto.. hehee

    oiya.. banyaknya seni kriya yang dipamerkan bisa jadi referensi nih buat menyusun konten artikel jenis-jenis seni kriya khas jawa barat yang paling terkenal dan udah sampe ke pelosok negeri.

    BalasHapus
  37. Keren yah event kaya gini. Bisa mempromosikan UMKM kreatif secara massal. Semoga daerah lainnya juga melaksanakan acara semisal ini juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, turut mendoakan juga
      Karena memang iya sih kak kalau dipikirkan, dengan acara seperti itu jadi makin dikenal oleh banyak orang ya

      Hapus
  38. Ini pasti seru banget sih. Bagi saya pribadi Provinsi Jawa Barat itu masih banyak daerahnya yang ingin saya eksplor. Jadi, dengan event seperti ini tentunya bisa menambah informasi daerah-daerah di JaBar ya. Karena JaBar itu tidak melulu soal Bandung dan sekitarnya, tapi luaaaaaassss. Hehehe.

    BalasHapus
  39. seru bangeet event-nya, kangen Bandung deh jadinya.. event kesenian kaya gini jangan sampai dilewatkan, pasti banyak produk karya anak daerah nih

    BalasHapus
  40. Aku secara gak sengaja juga kecemplung di wag UMKM.
    Jadi merasa senang membaca semangat para pengusaha untuk kembali membangkitkan geliat UMKM pasca pandemi. Seperti gelaran Kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 yang acaranya seru dan padat karya.

    BalasHapus
  41. Seru nih workshop booth-boothnya. Ada dijawa barat ya.. pengusaha kreatif smoga makin berkembang sukses, aamiin

    BalasHapus
  42. Wow, menarik banget mbak acaranya. Keren krn sudah mensupport dan mengapresiasi mereka dgn adanya acara ini. Dari sisi konsumen jg jadi tahu bhw di Indonesia byk produk buatan dalam negeri yg gak kalah bagus.

    BalasHapus
  43. Mengunjungi pameran kaya gini tuh seru. Pasti banyak UMKM yang produkya oke. Kalau ketemu, rasanya waw. Indonesia banyak orang kreatif dan sangat bisa dibawa ke dunia

    BalasHapus
  44. Lagi jadi trendsetter UMKM di Indonesia, kalau lihat karya karya orang jadi termotivasi buat ikut berkarya ngga sii kakk

    BalasHapus
  45. Tahun depan? Yah, lama dong. Saya ketinggalan infonya nih. Next kasih kabar juga ya kak

    BalasHapus
  46. Acaranya seru banget ini, banyak banget stand-stand yg menawarkan produk berkualitas, moga aja tahun depan bisa datang juga ke acara pekan kerajinan jabar

    BalasHapus
  47. Event begini aku suka banget, Krn pastiiii banyak booth yg menarik πŸ˜πŸ˜„. Kadang bikin kalap, apalagi kalo stand makanannya banyaaak 🀣.

    Seruu kalk baca ceritanya mba.

    Jangan meremehkan UMKM, karena perkonomian indonesia cepat pulih paska pandemi , juga salah satunya dari para UMKM ini yang menggerakkan roda perekonomian. πŸ‘. Aku sendiri masih suka belanja dari beberapa UMKM yg udah jadi langgananku. Toh produk Indonesia dalam beberapa hal, udh ga kalah Ama Luar πŸ‘

    BalasHapus

Posting Komentar