Blog Parenting dan Ilustrator Favorit

blog parenting favorite







Blog Parenting dan Blog Ilustrator Favorit ala artjoka. Bicara soal blog favorit, sebetulnya tidak ada yang khusus. Beberapa blog dan blogger menjadi sumber inspirasi saya baik dalam hal menulis , menggambar , membersamai anak-anak maupun dalam hal menyajikan informasi melalui tata letak blog. Berikut blog favorit saya berdasarkan niche, yaitu Blogger ilustrasi dan Blogger Parenting.

Blogger Illustrator Indonesia


Tujuan pertama saya membuat blog adalah sebagai art jurnal berbasis online. Awalnya saya berniat membuat moleskine online. Moleskine adalah buku sketsa yang dikeluarkan oleh MOLESKINE yang merupakan perusahaan yang memproduksi kertas dan desain produk terutama mendesain buku catatan mewah, planner book, buku sketsa dan lain sebagainya. Perusahaan ini berasal dari Italia yang didirikan pada tahun 1997 oleh Francesco Franceschi.

Dilansir dari wikipedia, notebook Moleskine memiliki gaya hitam 'tradisional' dengan sudut notebook membulat serta paper yang berwarna gading. Ciri khas dari Moleskine adalah, sebuah pita elastis yang digunakan sebagai segel.

Konsep Moleskine inilah yang kemudian saya adaptasi ke artjoka. Konsepnya, setiap cerita dan artikel, disertai ilustrasi hand drawing buatan saya yang secara umum mewakili isi artikel.

Dari sekian ilustrator yang memiliki blog, berikut beberapa blog ilustrator dan juga situs favorit saya yang sering saya intip update artikel juga inspirasi ilustrasinya :

1. Diela Maharani


Ilustrator yang satu ini sudah menjadi idola saya sejak tahun 2012. Diela memang hobi menggambar sejak kecil dan mulai berkarir dari tahun 2005, Soal prestasi, tidak diragukan lagi. Beberapa brand international pernah berkolaborasi dengannya, seperti Adidas, Elle Magazine, Fimela dan lain sebagainya. belum termasuk segudang penghargaan yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia seni dan ilustrasi.

Teman-teman mungkin sering pakai salah satu karyanya lewat sticker instagram berbentuk love. Pasti ngeh kan dengan stiker ini? hehehe. Yup, ini adalah karya beliau.


diela maharani instagram



Bicara soal blog, memang Diela tidak aktif lagi menulis di blog dan membiarkan blognya mati suri. Tetapi meski demikian, keberadaan blognya masih bisa membuat saya terinspirasi menjadi mom blogger illustrator dan sesekali stalking akun instagramnya.



Diela sebagai ilustrator, konsistensinya menginspirasi saya untuk terus berkarya. Sedikit banyak, pilihan warna yang saya gunakan juga se-berani warna-warna yang Diela gunakan. Karya ilustrasi Diela memiliki ciri khas sendiri, seorang tokoh perempuan dan pilihan warna yang berani, kontras, cerah dan ceria serta dinamis.

2. Puty’s Journal


Puti Karina Puar adalah pemilki blog told.byputy dengan judul blog Puty’s Journal. Pertama kali saya kenal Kak Puty lewat instagram. Ilustrasi sederhana dan mostly menceritakan keseharian perempuan dan ibu-ibu seperti saya. Bisa dibilang, Kak Puty ini sumber inspirasi saya untuk menjadi mom blogger illustrator. Beberapa artikel yang Kak Puty tulis di blognya juga disertakan karya ilustrasi sederhana yang komunikatif.

Kak Puty yang lulusan jurusan geologi membuktikan kepada para perempuan yang hobi dan menyukai menggambar untuk terus berkarya terlepas dari apapun background keluarga atau pendidikan kita.







Selain menggambar dan menjadi blogger dan ilustrator, Kak Puty juga seorang penulis buku dan memiliki buku berjudul Persatuan Ibu-Ibu dan Happiness Is Made. Kecintaannya terhadap buku ia tuangkan dalam komunita membaca Bu Ibu Baca Buku Book Club yang kini followersnya mencapai 17,6K. Bahkan komunitas ini juga memiliki blog tersendiri.

Sering menjadi pembicara dalam suatu workshop dan saya pernah mengikuti salah satu workshopnya terkait pemberdayaan perempuan.
Sungguh sosok mom blogger inspiratif ya.

3. Ewafebri art


Kak Ewa, adalah sosok yang mengenalkan saya dengan komunitas menulis 1 Minggu 1 Cerita. Ketika saya berselancar di mbah Google, saya menemukan blog kak ewa terkait buljo atau bulletin journaling. Terpampang dengan jelas logo komunitas terkece ini di laman blognya.

Kebetulan saat itu saya memang sedang dalam tahap awal kembali menulis. Jadi, tanpa banyak pikir, saya langsung mengklik dan daftar menjadi member.





Bicara soal blog, Kak Ewa memiliki dua blog yaitu ewafebri.com yang khusus mengenai buljo dan ewafebriart yang khusus tentang seni. Niche blog Kak Ewa ini jelas sekali. Siapapun yang ingin mengetahui rentang buljo, pasti langsung diarahkan oleh mbah Google menuju blog ewafebri.com Sementara ewafebriart berisi informasi lengkap seputar menggambar dan melukis.


Blogger Parenting


1. Mama Kepiting







Mama Kepiting menjadi blogger favorit saya pertama. Hal yang menginspirasi dari mama kepiting adalah, tagline blog ini yang bernada seperti ini,

“Sering merasa bersalah pada anak-anak? Blog ini berisi catatan perjuangan seorang Mama untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya. “

Sebagai seorang ibu, tagline ini memang membuat saya jadi semangat menjalani hari-hari sebagai ibu. Tentu didukung dengan artikel terkait pengasuhan dan curhat khas emak-emak dengan dasar agama. Blog yang ditulis oleh kak Arinta Adiningtyas ini juga menulis tentang awareness terhadap lingkungan, kesehatan mental baik anak maupun ibu dan Dongeng.

2. Gracemelia


Blogger parenting selanjutnya yang menjadi blog favorit saya adalah Gracemelia. Blog ini membahas parenting dan motherhood. Tampilan templatenya bisa dibilang jadul tapi tidak pernah berubah sama sekali baik dari pertama kali saya kenal hingga sekarang.







Blog yang ditulis oleh Grace Melia, juga melengkapi blognya dengan printable yang dibutuhkan oleh setiap ibu baru seperti saya. Bukan hanya itu, review buku hingga DIY juga tersedia. Tidak lupa, Grace Melia juga menyajikan parenting dari sudut sang suami melalui label, diari papi ubii.

3. Familia Kreativa


Blog yang satu ini bukan personal blog. Tapi saya tetap menjadi penggemarnya karena blog ini banyak menyediakan printable pembelajaran anak terutama usia 2 - 9 tahun.







Printable seperti belajar mengenal cuaca, huruf, angka, hewan, tumbuhan, aktivitas solat, mewarnai dan huruf hijaiyah tersedia di sini. Selain printable, blog ini juga menawarkan buku pembelajaran bagi anak usia dini dengan harga rata-rata dibawah 100 ribu.

Itulah enam blog favorit ala artjoka. Semua blog diatas secara continyue sering saya kunjungi ketika mengalami buntu ide dan hilang semangat. Biasanya sih cukup membantu saya untuk kembali semangat.

Share yuk di kolom kementar, apa sih blog favorit yang menjadi sumber inspirasi teman-teman baik dalam kegiatan menulis maupun yang lainnya.

16 komentar:

  1. Kak ewa ini juga merupakan salah satu dari blog diatas yang menjadi favoritku, bahkan tidak heran setiap kata kunci yang aku cari di pencarian google pasti muncul blog beliau, page one lagi.. Wahhh kalau topiknya khusus seperti ini jadi enak buat rekomendasikannya yaahh hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa kita kak, iya betul banget. tiap aku ketik buljo atau beberapa KW yang berhubungan art dan blogging pasti diarahin ke blognya kak ewa. mantap bener ya

      Hapus
  2. wah ternyata ada banyak blogger-blogger keren yang aku gak tau. meskipun ada dari mereka udah ngga ngeblog inspirasinya tetap terasa ya mba. btw aku jadi follow juga bbbbokkclub. semoga aja membuat aku jadi rajin baca buku hehe. makasih loh mba infonya. salah satu blogger yang aku suka adalah artjoka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga auto follow, hahahaha. lupa aku sama komunitas kak puty yang satu ini. ahhhh makasih banyak kak rina

      Hapus
  3. Ternyata ada banyak sekali blogger keren yang selama ini hanya satu dua saja yang saya tahu. Dunia blogging memang kuas sekali ya Mba.

    Saya pun belajar banyak dari blog Mba.

    BalasHapus
  4. wah infonya bagus banget yaaa ... saya jadi tahu kalau ada blog yg keren2 gitu

    BalasHapus
  5. Kak puty ini yg komiknya ada di best seller itu yah. Aku baru tahu lho kalau beliau jg blogger kak eka. Btw kak ekaa jg perlu dicantumin nih blogger sekaligus ikustrator. Mudah-mudahan habisni jadi penulis buku jugaa. Aamiin. Ditunggu karya2nya kak eka 😍😘😘

    BalasHapus
  6. Dari list di atas, yang aku kenal hanya Ewa Febri, Grace Melia dan Familia Kreativa. Duh, mainku kurang jauh nih keknya. Btw, aku suka ilustrasi Artjoka lo, keren dan elegan. Semoga sukses jadi blogger & ilustratornya ya kak.

    BalasHapus
  7. Dari skian list diatas cma grace melia yg kutahu itupun cma di ig trnyata blogger jga ya...mau kepoin ah ntr

    BalasHapus
  8. Huaa aku baru sekarang tahu blog2 parenting dan ilustrator yang kece abis. Suka sama karya kak Puty dan kak Ewa, akutu selalu kagum sama ilustrator, suka aja ama desain mereka yang unik dan khas. Kalau disuruh milih, aku juga suka Artjoka sebagai blog ilustrator parenting favorit nih, hehe

    BalasHapus
  9. Wah bagus banget tulisannya, bisa jadi referensi bacaan. Save dulu ntar bw lah.

    BalasHapus
  10. Terus aku sedih karena kak ewa udah nggak di 1m1c lagi, biasanya yg rjin apdet artikel 1m1c tuh mba ewa, hihi

    Aku juga udah lama teh ngikutin mbak puty dan mba gesi, terinspirasi ngeblog juga dulu dari mbak gesi. Dari mereka, aku belajar bnyk tentang pentingnya konten dan pengalaman pribadi sih.

    BalasHapus
  11. wah aku baru tahu blog ilustrator yang disebut teh eka itu semua, kalau famili kreativa aku juga sering download printablenya. Mbak Ewa, Mbak Grace dan Mama kepiting keren banget ya. Artjoka juga ga kalah kerennya. Semoga kita bisa menjadi momblogger yang menginspirasi ya hihi.

    BalasHapus
  12. aku suka desain mba Puty mungkin karena pernah diajak collab sama brand brand juga, jadi gambarnya terasa mba puty banget dan aku hapal
    terlihat nyeni gitu, aku susah gambar begituan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak Ainun,
      Iyaaaa ilustrasi kak Putu itu emang khas banget. Begitu kita liat langsung kenal karya beliau, hehehe

      Hapus
  13. Wah saya baru tahu tentang hal ini kak Ekaaaa.. makasih banyak apresiasinya.

    Terima kasih juga buat semua yang udah pernah mampir ke Blog saya.. nanti kapan2 sama akan menjelajah juga <3

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.