Tips Merawat Bayi dengan Gigi Baru Tumbuh

Tips Merawat Bayi dengan Gigi Baru Tumbuh
Tips Merawat Bayi dengan Gigi Baru Tumbuh (Foto pribadi)


Rasa gatal, rewel dan selalu ingin menggigit barang apapun yang ditemukan adalah ciri khas bayi baru tumbuh gigi. Saya jadi ingat ketika pertama kali anak pertama saya tumbuh gigi pertama di usia 5 bulan. Wah, secepat itu ya? Anak pertama saya termasuk yang agak cepat tumbuh gigi nya, begitu pula dengan anak kedua.

Kedua anak saya tumbuh gigi di usia bayi masuk MPASI,  Jadi tidak heran kalau anak-anak mudah rewel karena rasa gatal dan terkadang setiap tumbuh gigi diawali dengan demam. Tapi hal ini wajar kok. 

Lantas, bagaimana tips merawat bayi dengan gigi yang baru tumbuh?

Yuk baca selanjutnya dan ada juga rekomendasi produk perawatan bayi dengan gigi baru tumbuh dari IQ Baby juga loh.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak Berdasarkan Usia


Bayi baru lahir tentu saja tidak langsung tumbuh gigi, tetapi ada tahapan pertumbuhan gigi anak berdasarkan usianya. Bayi baru lahir hingga usia 0 bulan - 6 tahun akan memiliki pertumbuhan gigi susu yang selanjutnya diganti dengan gigi tetap. Meski gigi bayi hingga usia 6 tahun memiliki gigi susu, perawatan gigi harus tetap dilakukan mengingat gigi susu akan menjadi pijakan tumbuhnya gigi tetap.

Kita bisa mengganti atau memberikan mainan yang bisa digigit dengan aman yaitu teether. Saya punya rekomendasi produk IQ Baby yang bisa diberikan pada bayi kesayangan kita selama masa tumbuh giginya yaitu IQ BABY Silicone Teether. 

Kelebihannya apa sih? IQ Baby silicone teether merupakan mainan gigitan Silikon yang bisa membantu menenangkan rewel bayi akibat gigi yang akan tumbuh sekaligus menenangkan sakit gigi dan merangsang gusi. Mantap bukan?

Untuk mempermudah pengawasan dan perawatan gigi bayi baru tumbuh, berikut tahapan pertumbuhan gigi anak berdasarkan usia, yaitu :
  • Bayi usia Usia 5-7 bulan akan tumbuh gigi seri depan bawah
  • Bayi usia Usia 6-8 bulan akan tumbuh gigi seri depan atas
  • Bayi Usia 9-11 bulan akan   tumbuh gigi seri samping
  • Balita Usia 12-16 bulan akan tumbuh gigi geraham pertama bagian atas dan bawah
  • Balita Usia 16-20 bulan akan tumbuh gigi taring bagian atas tumbuh dan taring bagian bawah
  • Balita Usia 20-30 bulan akan tumbuh gigi geraham kedua di rahang atas dan bawah
Kedua anak saya alhamdulillah sudah mulai tumbuh gigi di penghujung usia 5 bulan dan gigi seri bawahnya tumbuh sempurna di usia 6 bulan lalu siap MPASI. 

tahapan pertumbuhan gigi anak berdasarkan usia
Tahapan pertumbuhan gigi anak berdasarkan usia (dok. pribadi)

Tanda - tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi yang Perlu Diperhatikan


Ketika tumbuh gigi pertama kali,  anak pertama saya selalu ngiler atau ngacay dalam bahasa sunda. Dia juga pernah mengalami demam tapi tidak sampai tinggi. Selain itu dia juga kerap menarik telinga karena ada kemungkinan gigi yang baru tumbuh terasa gatal.

Seperti halnya anak, saya umumnya bayi yang akan mengalami tumbuh gigi susu baru memiliki tanda-tanda sebagai berikut :
  1. Demam
  2. Mengeluarkan air liur atau ngiler (ngacay bahasa sunda)
  3. Pembengkakan gusi ( terkadang gusi berwarna putih dan kuat sebagai pondasi tumbuhnya gigi kelak)
  4. Kerap menarik Telinga
  5. Selalu memasukan benda apapun kedalam mulut dan berusaha menggigit
Demam dan rewel kerap menjadi permasalahan yang mengiringi masa tumbuh gigi susu pada bayi. Kedua gejala tersebut sangat perlu diperhatikan terlebih jika bayi mengalami demam tinggi selama lebih dari 3 hari. Selain berakibat bayi rewel dan ibu mengalami stress, juga dikhawatirkan ada penyakit lain yang menyertai.

Mengunjungi dokter gigi dan melakukan konsultasi secara berkala juga diperlukan untuk mengawasi dan menjaga kesehatan gigi bayi. 

Tanda - tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi
Tanda - tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi ( Foto pribadi)

Tips Merawat Bayi dengan Gigi Baru Tumbuh


Merawat bayi dengan gigi baru tumbuh terlebih anak pertama akan cukup membuat confused ya. Tapi jangan khawatir, sejujurnya tidak se-sulit dibayangkan kok. Kita bisa melakukan hal-hal dibawah ini. 

1. Perawatan Persiapan Tumbuh Gigi

Bayi usia 0-5 bulan bisanya belum tumbuh gigi ya Mom. Sebagai persiapan kita bisa melakukan hal - hal dibawah ini sebelum gigi susu baru tumbuh pertama kali. 
  • Pastikan semua mainan bayi selalu bersih dan steril
  • Jika bayi sering menarik telinga dan rewel, kita bisa melakukan pijatan lembut di area mulut dan gusi secara perlahan menggunakan kain basah yang lembut seperti handuk streril misalnya
  • Jika bayi mengalami demam ketika akan tumbuh gigi pertama, pastikan untuk tetap memberikan ASI dan membuatnya senyaman mungkin. Jika demam tinggi lebih dari tiga hari, segera mengunjungi dokter. 
  • Karena bayi baru akan tumbuh gigi sering mengeluarkan air liur, jangan lupa untuk selalu membersihkan air liur dengan tisu, handuk lembut atau menggunakan  slabber bayi dari IQ Baby agar tetesan air liur tidak membasahi baju yang dikenakan bayi. 

2. Perawatan Ketika Gigi Mulai Tumbuh

Ketika bayi memasuki usia tumbuh gigi, perawatannya tentu berbeda dengan perawatan sebelum tumbuh gigi. Hal - hal berikut bisa dilakukan untuk membantu bayi merasa lebih nyaman selama masa tumbuh gigi, yaitu : 
  • Sikat gigi bayi dua kali sehari menggunakan sikat gigi khusus bayi berbahan BPA Free, lembut, lentur dan silikon. 
  • Karena bayi sudah mulai masuk usia MPASI, kita bisa memberikan makanan yang sehat untuk giginya atau cemilan seperti cookies khusus bayi yang low sugar
  • Kunjungi dokter gigi secara berkala untuk memantau pertumbuhan gigi bayi
Selain tips diatas, satu poin yang paling penting tetap dilakukan adalah memberikan asi sebagai asupan makanan dan nutrisi bayi sebelum MPASI. Untuk membantu produksi asi, Mom bisa menggunakan breast pump manual dari IQ Baby yaitu Rotated manual breast pump set. Meski manual, pompa ASI dari IQ Baby ini mudah digunakan dan tidak membuat pegal.


Rekomendasi Produk Merawat Bayi dengan Gigi Baru Tumbuh


Karena bayi usia 5 bulan sudah mulai masuk usia MPASI, saya mulai memberikan anak saya mainan yang aman dimainkan dan digigit yaitu teether. Selain mainan yang bisa digigit, saya juga menyiapkan beberapa produk merawat bayi lainnya seperti sikat gigi jari.

Dari sekian banyak produk merawat bayi, saya rekomendasikan Produk IQ Baby yang memiliki banyak sekali produk perawatan bayi yang mendukung tumbuh kembang anak termasuk tumbuh gigi.

Rekomendasi Produk IQ Baby untuk menemani tumbuh gigi bayi, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. IQ Baby Sikat Lidah Silikon

Tidak hanya gigi, perawaran bayi yang tumbuh dengan gigi baru terlebih sudah mulai MPASI juga perlu dirawat bagian lidahnya. Mom bisa menggunakan sikat gigi lidah silikone dari produk Perawatan Bayi IQ Baby . Sikat lidah IQ baby berbahan BPA Free, lembut dan aman serta tidak melukai gigi gusi sehingga baik untuk pertumbuhan gigi bayi.

Produk Perawatan Bayi IQ Baby
Produk Perawatan Bayi IQ Baby, sikat lidah silikon

2. IQ BABY Sikat Gigi bentuk Pisang 


Bayi yang sudah mulai tumbuh gigi perlu di sikat secara rutin ya Mom. Gunakan produk IQ Baby sikat gigi bayi bentuk pisang uang unik yang khusus digunakan untuk bayi usia 3-12 bulan. IQ baby sikat gigi bentuk pisang ini berbahan free BPA dan memiliki dua fungsi yaitu sebagai gigitan silikon & sikat gigi.

Produk IQ Baby
Produk IQ Baby, sikat gigi beruang

3. IQ BABY Silicone Teether for Baby dengan Motif Strawberry 


Seperti halnya kedua anak saya dimana saat gigi mulai tumbuh sering menggigit benda yang tidak aman jika ditelan, maka saya menyedikan teether. Nah, mainan IQ Baby teether dengan Motif Strawberry ini bisa kita berikan kepada bayi untuk merangsang tumbuh giginya dan mengatasi keinginannya untuk selalu mengigit sesuatu. 

Rekomendasi Produk IQ Baby , teether motif strawberry
Rekomendasi Produk IQ Baby , teether motif strawberry

Berbahan silikon serta BPA Free yang aman, IQ baby silicone teether motif straberry ini juga berfungsi menenangkan sakit gigi, merangsang gusi, dan membantu keterampilan bayi dalam memahami & mengunyah.

4. IQ BABY Gigitan Air 3 Warna ( Colorful Water Teether 3 Colors )


Selain Teether motif strawberry, IQ baby juga memiliki produk teether lainnya yang unik yaitu gigitan bayi 3 warna yang memiliki banyak model dan bentuk dengan warna menarik. Produk ini  sangat aman untuk bayi karena terbuat dari bahan BPA Free.

Merawat Bayi
Merawat Bayi dengan gigi baru tumbuh menggunakan teether tiga warna dari IQ baby

5. IQ BABY Sikat Gigi Bayi dan Anak bentuk Beruang isi 3pcs


Sikat Gigi Bayi dan Anak dari IQ Baby cukup penting dimiliki untuk merawat gigi bayi karena produk ini dilengkapi dengan 3 tahap perawatan, yaitu :
  • Tahap 1 untuk umur 0-6 bulan yang bisa membantu membersihkan bakteri yang menempel pada lidah agar higienis.
  • Tahap 2 untuk umur 6-12 bulan yang berfungsi untuk melatih bayi agar terbiasa memegang sikat giginya sendiri.
  • Tahap 3 untuk umur 12 bulan ke atas, dimana sikat gigi ini berfungsi untuk melatih bayi terbiasa dengan gerakan menyikat gigi yang mana juga dilengkapi dengan pelindung.
Menurut saya produk ini trifungsi sesuai usia anak ya. Lebih efisien, hemat dan praktis. 

IQ BABY Sikat Gigi Bayi dan Anak bentuk Beruang
IQ BABY Sikat Gigi Bayi dan Anak bentuk Beruang 

6. IQ BABY Tissue Box motif Chicken


Bayi yang akan dan baru tumbuh gigi kerap mengeluarkan air liur sehingga menyediakan tisu menjadi hal yang cukup penting. Lengkapi perlengkapan merawat gigi bayi dengan menyediakan tempat Tisu bentuk Bebek dari produk IQ Baby untuk mempermudah perawatan.

IQ BAby , Tissue Box motif Chicken
IQ Baby Tissue Box motif Chicken

7. IQ BABY Hand Blender Chopper


Umumnya bayi usia 5 bulan sudah mulai tumbuh gigi dan siap memulai MPASI. IQ Baby Hand Blender merupakan mesin pencincang makanan untuk membuat MPASI. Membuat sup, bubur atau puree akan lebih mudah, cepat dan praktis menggunakan hand blender chopper dari IQ baby. 

Rekomendasi Produk IQ Baby Hand blender chopper ini memiliki bahan stainless steel dan plastik BPA Free Berkualitas yang aman dan hemat listrik.

IQ BABY Hand Blender Chopper
 IQ BABY Hand Blender Chopper

8. IQ BABY Playmat

Rekomendasi Produk IQ Baby selanjutnya yang tidak kalah penting adalah matras bentuk segi empat dengan bahan yang lembut lengkap dengan mainan. Seberapa penting memiliki matras ini? Sangat penting untuk menenangkan dan membuat nyaman bayi ketika rewel karena tumbuh gigi sehingga bayi bisa dengan nyaman bermain atau tidur atasnya.

Selain motifnya yang lucu, I.Q. BABY Playmat juga dilengkapi mainan yang dapat mengeluarkan bunyi loh.
IQ Baby playmat
IQ Baby playmat

9. IQ BABY Bib for Baby 

Bayi usia 0-5 bulan merupakan masa-masa persiapan akan tumbuh gigi yang biasanya ditandai dengan bayi mengeluarkan air liur. Untuk mengatasi air liur bayi, kita bisa menggunakan IQ Baby Bip yang memiliki bahan 100% cotton dengan Ukuran 23x15. 

IQ BABY Bib for Baby
IQ BABY Bib for Baby 


Kesimpulan


Momen ketika bayi baru tumbuh gigi merupakan momen indah dan menjadi kenangan tersendiri ya Mom. Apalagi pengalaman merawat anak dengan bayi baru tumbuh gigi pada anak pertama. Rasanya menakjubkan dan excited ya.

Selain tips merawat gigi bayi di atas, jangan lupa untuk mencatat tumbuh kembang anak terutama tumbuh gigi dalam buku jurnal khusus dan gunakan produk perawatn gigi yang aman dan nyaman untuk bayi dari IQ Baby.

Produk Perawatan Bayi IQ Baby merupakan brand perlengkapan bayi yang berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi yang memiliki motto Focus on the mother and baby care for the baby's growthAda banyak alasan mengapa saya menyarankan rekomendasi produk IQ Baby, diantaranya yaitu produk original, kualitas produk terjaga dengan baik, produknya lengkap, memiliki desain unik, dan tahan lama. 

Pastikan untuk mendapat produk original di IQ Baby official shop ya. Selamat mebersamai tumbuh kembang anak ya Mom, selamat juga anak - anak kesayangan sudah tumbuh gigi. Happy parenting.

Referensi :
https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-tahap-pertumbuhan-dan-perawatan-gigi-bayi
https://klinikpintar.id/blog-pasien/orang-tua-wajib-tahu-ini-7-ciri-ciri-anak-tumbuh-gigi
Eka Fitriani Larasati (@efila_)
Mom bloger yang hobi ngegambar, nge-canva dan bikin kue kering sampai kepikiran pengen jadi Patesserie. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

27 komentar

  1. Ih bener mba merawat gigi itu harus dimulai dari bayi. Entah salahnya dimana mungkin krn belum ketemu produk IQ baby ini ya jadi gigi depan atas anakku itu geripis (ini bhs indonesianya apa dah). Sampe skrng jd jelek ngga bersih gtu. Kayak gigi anak yg kebanyakan makan permen. Padahal anakku dulu belum kenal permen. Sedih aku

    BalasHapus
  2. Iiih...lucu-lucu ya teethernya. Warna-warni. Katanya sih masukin refrigerator dulu ya, biar dingin. Emang kasihan yah, baby uring-uringan kalau gigi mau tumbuh. Trus ilernya banyaak. Tapi sofar iler bayi wangi aja sih...wkwkwk...

    BalasHapus
  3. Saat krucil saya juga mau tumbuh gigi, itu, dia juga suka mengigit. termasuk saat menyusui, puting ibunya digigit. katanya sih, saat bayi tumbuh gigi, itu gusinya mungkin gatal, Makanya langsung dibelikan mainan khusus dari karet agar bisa digigit-gigit.

    BalasHapus
  4. Kalau baru pertama punya pengalaman tumgi mungkin akan bingung ya, terutama buat newmom. Soalnya kadang ada yang rewel bahkan demam. Persiapkan teether deh mbaa, soalnya emang gatel banget pen gigit2 gituuu. Untunga da IQ Baby gigitan air 3 warna nih, aman dan BPA Free. Produk-produk IQ Baby lainnya bisa nih diintipin buat referensi mommy-mommy.

    BalasHapus
  5. MasyaAllah lucu-lucu ya produknya IQ Baby. Dulu aku juga pake produk IQ Baby yaitu breast pump. Kualitasnya bagus dan awet juga. Kalo produk perawatan gigi ini dulu anakku juga pake yang sikat lidah silikon.

    BalasHapus
  6. Anakku yang bungsu juga lagi masa tumbuh gigi, jadinya suka rungsing klo ga ada teether. Aku mau nyoba produk ini nnti rekomedasikan ke ibu negara

    BalasHapus
  7. Kenapa ya kalau anakku malah saat tumbuh gigi nggak mengalami itu semua, nggak rewel atau demam. Biasa aja tahu-tahu giginya banyak yang tumbuh. Tapi tetep aku lakukan perawatan sedari bayi. Btw lucu banget sikat gigi IQ Baby, sikatnya terlihat halus.

    BalasHapus
  8. Produk dari IQ baby ini benar-benar keran dan berkualitas ya. Cocok juga dijadikan hadiah buat yang baru punya baby. Warna dan pilihannya beragam

    BalasHapus
  9. Ingat banget nih dulu waktu si kecilku sedang masa-masanya tumbuh gigi saat bayi, aku pakaiakan theether keluaran IQ Baby juga karena bentuknya mirip strobei dan gampang ia genggam sendiri. Sikat giginya pun bentuknya buah pisang, jadi nggak terlalu banyak drama waktu pertama kali dikenalkan untuk merawat kebersihan giginya pakai sikat gigi.

    BalasHapus
  10. Jadi inget jaman ponakan daku masih kecil waktu mau tumbuh gigi. Kata kakak daku bagian isit (bener gak sih tulisannya gitu haha) gatal, terus ya apa-apa jadinya mau dimasukin ke mulutnya, yang ternyata cikal bakal mau tumbuh gigi

    BalasHapus
  11. Saya paling seneng lihat anak kecil balita yg giginya putih bersih serta terawat, namun di lingkungan saya kebanyakkan balita yg usia nya masih di bawah 2 tahun giginya udah pada rusak, prihatin banget apa karena mereka belum dapat edukasi kalinya. Perlu banget di sebarluaskan edukasi produk perawatan gigi anak dari IQ baby nih

    BalasHapus
  12. Bisa jadi referensi nih untuk sikat gigi nya. Aku lagi cari-cari yang cocok buat si kecil. Pake merk lain itu kayak bulunya nggak halus

    BalasHapus
  13. IQ Baby desainnya lucu-lucu ya. Karakternya banyak disukai anak-anak nih. Kalau seperti ini selain untuk dipakai sendiri bisa juga digunakan sebagai souvenir keahiran teman atau saudara.

    BalasHapus
  14. Wih IQ baby banyak ya produk buat bayinya. bisa jadi pilihan ibu-ibu nih buat perlengkapan bayinya

    BalasHapus
  15. Kalau bayi lagi tumbuh gigi tuh rasanya...gemes sekaligus bikin pusing. Hehe.... Untung ada produk khusus buat bayi yang baru tumbuh gigi supaya si bayi juga merasa lebih nyaman.

    BalasHapus
  16. Pas anak lagi tumbuh gigi bikin drama sekali yaa, dulu saya juga suka kasih teether biar gak terlalu rewel. Lucu dan bervariasi yaa teether di IQ Baby

    BalasHapus
  17. Duh mupeng nih lihat produk perawatan gigi dari IQ Baby. Bagus-bagus dan kelihatan berkualitas. Jadi tertarik mau belikan juga buat si bungsuku yang masih dalam masa tumbuh gigi

    BalasHapus
  18. Wah, lengkap banget produk perawatan bayi dari IQ Baby ini ya mbak
    Membantu ibu merawat bayinya

    BalasHapus
  19. Lucu-lucu bener produk bayi dari IQ baby ini, jadi makin semangat ya mba ngurus si kecilnya, secara jadi lebih mudah dan menyenangkan karena ada IQ baby.

    BalasHapus
  20. kenapalah waktu zaman aku punya baby belum banyak informasi seperti ini , maunya aku bisa bikin jurnal tumbuh gigi anak, lihat perlengkapan IQ yang lucu-lucu bikin ingin punya baby tapi usia udah kepala 4..

    BalasHapus
  21. lucu-lucu sekali bentuknya ya. Jika ingat saat anak mulai tumbh gigi, kami pernah begadang semalaman. MasyaAllah, sungguh menjaid orangtua butuh ilmu yang banya. artikelnya lengkap mbak

    BalasHapus
  22. Informasi ini penting banget buat orangtuanya yang baru punya baby. Jangan sampe menyepelekan urusan gigi. Soalnya gigi tuh emg ga bs pulih dengan sendirinya. Beda dgn bagian tubuh lain kalo rusak.

    Ternyata banyak tahapan ya buat mengenali perkembangan gigi anak. Harus pake sikat gigi khusus pula biar gigi anak tumbuh sehat dan kuat.

    BalasHapus
  23. Produknya IQ baby beragam dan semuanya nggemeshin yaa..
    Walau beneran kudu bisa memberikan stimulasi yang baik dalam tumbuh kembang usia batita. Seneng banget dapet rekomendasi peralatan bayi yang kiyutt-kiyuutt~

    BalasHapus
  24. Waaah jadi salah satu ciri-ciri Bayi tumbuh gigi ya Kak, noted banget nih. Waaah aku suka banget produk IQ Baby yang sikat lidah sama sikat gigi pisang. Lucu ish. Produk IQ Baby juga BPA Free semua ya. Tjakep

    BalasHapus
  25. Penting nih buat para orang tua untuk tahu cara merawat gigi pada anak. Biar gigi anak ga gampang rusak. Cuma kadang anak ga gampang untuk diajak kerjasama, makanya untuk perlengkapan merawat gigi pilih yang berkualitas dgn desain menarik kayak IQ baby, Biar anak gampang dibujuknya.

    BalasHapus
  26. jadi makin paham tentang pertumbuhan gigi si kecil, trima kasih kak infonya, bisa buat bekal besok kalo udah jadi ortu,

    BalasHapus
  27. ih sikat giginya imut ya, aku biasanya pakai sikat gigi yang sekaligus teether. tapi sebaiknya dipisah sih (teether dan sikat gigi) nya :D

    BalasHapus

Posting Komentar