Pentingnya Memiliki Genset untuk Berbagai Keperluan

4 komentar
Pentingnya Memiliki Genset
Pentingnya Memiliki Genset 


Mengapa memiliki genset itu penting? Pertanyaan seperti itu mungkin muncul dibenak kita semua apalagi tidak semua masyarakat memiliki genset di rumahnya masing-masing.
Padahal, memiliki genset itu cukup penting sebagai cadangan kebutuhan listrik jika terjadi padam listrik. Terlebih jika padam listrik terjadi dalam waktu yang cukup lama. Meski demikian, kita perlu mempertimbangkan untuk memiliki genset baik untuk keperluan usaha/bisnis maupun rumah tangga.

Berikut Definisi, manfaat dan fungsi serta pentingnya memiliki genset untuk segala keperluan.

Apa itu Genset dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Dikutip dari Perpustakaan Digital Polban, Generator set atau Genset adalah sebuah perangkat berfungsi menghasilkan daya listrik yang merupakan satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator.

Apa itu Genset
Apa itu Genset 

Genset memiliki empat komponen utama yaitu mesin, sistem bahan bakar, alternator dan pengatur voltase, dan pendingin.

Umumnya, mesin penggerak pada genset berbentuk motor atau mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar atau mesin lainnya yang bertugas menghasilkan energi mekanik.

Genset memiliki cara kerja dengan melibatkan prinsip induksi elektromagnetik dimana genset menggunakan magnet dan kumparan kawat untuk menghasilkan listrik. Ketika magnet berputar di sekitar kumparan kawat atau sebaliknya sehingga terjadi perubahan medan magnet yang menginduksi aliran arus listrik pada kumparan kawat.

Bagaimana cara kerja genset
Bagaimana cara kerja genset

Apa Manfaat dan Fungsi Genset?


Apa manfaat dari genset? Manfaat utama genset adalah untuk menyediakan cadangan listrik ketika terjadi padam listrik. Bagi pemilik usaha rumahan dan bisnis memiliki genset tentu penting mengingat kegiatan produksi akan terus berjalan. Berikut fungsi genset, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai sumber listrik darurat

Layanan publik seperti rumah sakit atau tenda penyelamatan darurat tentu membutuhkan sumber listrik agar kegiatan pelayanan dapat terus diberikan. Genset dapat menjadi sumber listrik darurat ketika terjadi pemadaman listrik.

2. Sebagai sumber listrik cadangan

Genset berfungsi sebagai sumber listrik cadangan terutama untuk kegiatan produksi usaha, bisnis, industri dan pabrik serta konstruksi. Proses dan kegiatan produksi tentu akan terhambat jika terjadi padam aliran listrik.

3. Sebagai sumber listrik berbagai keperluan

Genset juga berfungsi sebagai pasokan daya listrik untuk berbagai keperluan, seperti acara konser, pernikahan, pertemuan, pasar malam, pameran, exhibition dan lain sebagainya.

Bagi anda yang hobi camping atau hiking, genset juga diperlukan sebagau sumber listrik selama kegiatan camping. 

Genset untuk camping
Genset untuk camping


Manfaat dan fungsi genset
Manfaat dan fungsi genset



Pentingnya Memiliki Genset untuk Berbagai Keperluan

Pentingnya Memiliki Genset untuk Berbagai Keperluan
Pentingnya memiliki genset untuk berbagai keperluan


1. Menjaga supply Listrik

Tidak sedikit pemilik usaha atau UMKM yang menjalankan usahanya di rumah dan tidak sedikit juga mereka yang bekerja di rumah sebagai freelancer. Penggunaan listrik tentu dibutuhkan untuk berbagai kegiatan di rumah baik untuk usaha maupun bekerja. Terjadinya padam listrik terlebih jika terjadi dalam waktu cukup lama tentu akan menghambat kegiatan produksi dan pekerjaan freelancer akan terhambat.

Memiliki genset bagi bisnis dan industri serta pabrik juga sama pentingnya untuk menjaga supply listrik ketika terjadi padam listrik PLN.

Kehadiran genset sebagai supply listrik cadangan ketika terjadi padam listrik juga pernah saya rasakan ketika masih bekerja di perusahaan waralaba minimarket. Perusahaan menyediakan genset di setiap cabang waralaba minimarket sebagai tindakan pencegahan tidak adanya supply listrik ketika terjadi padam listrik dari PLN.

2. Menjaga dan mempertahankan kegiatan produksi dan ekonomi tetap berjalan


Menyediakan genset sebagai supply listrik cadangan juga perlu dilakukan untuk menghindari banyak kerugian lain terutama kegiatan produksi dan ekonomi.

Bagi sektor industri dan bisnis, kehadiran genset sangat penting untuk mempertahankan kegiatan terus berjalan bahkan ketika terjadi padam listrik. Tidak adanya supply listrik cadangan dapat menyebabkan terhentinya produksi dan roda ekonomi.

Pabrik kain akan berhenti memproses kain, begitu pula pabrik makanan atau pabrik lainnya. Hal ini akan berimbas terhadap perekonomian. Sektor bisnis dan perkantoran pun akan mengalami penurunan kinerja karena penggunaan komputer dan mesin elektronik lainnya terhenti akibat padam listrik.

Begitu pula dengan sektor niaga seperti waralaba minimarket tentu akan mengalami kerugian ekonomi jika terjadi padam listrik namun tidak memiliki genset sebagai supply cadangan listrik. Pelanggan enggan melanjutkan belanja dan kasir akan kesulitan menghitung pembelian konsumen di meja kasir yang menggunakan komputer dan sistem kasir secara komputerisasi.

Sektor perbankan yang hampir seluruh kegiatannya menggunakan peralatan digital dan elektronik seperti komputer, mesin kasir, alat cetak dan lain sebagainya juga membutuhkan supply listrik cadangan dari genset. Sektor perbankan tentu akan mengalami kerugian dan tidak dapat melanjutkan pelayanan bukan jika terjadi padam listrik sementara tidak ada supply listrik cadangan?

Genset juga penting bagi sektor konstruksi untuk mempertahankan produktivitas pekerjaan proyek dan proyek dapat diselesaikan tepat waktu tanpa terkendala terjadinya padam listrik.

3. Menjaga supply listrik sektor jasa dan pelayanan


Memiliki genset untuk digunakan oleh sektor jasa dan pelayanan seperti hotel, rumah makan, restoran dan rumah sakit juga sama pentingnya.

Sektor jasa seperti restoran dan rumah makan tentu akan mengalami kendala pelayanan seperti kenyamanan pelanggan, pengoperasian mesin kasir dan pencahayaan ruangan ketika terjadinya padam listrik. Genset sebagai supply listrik cadangan dapat membantu mempertahankan pelayanan dan membuat nyaman pelanggan.

Rumah sakit sebagai sektor layanan paling vital juga memerlukan genset. Rumah sakit memiliki banyak peralatan pendukung kesehatan dan pengobatan yang menggunakan daya listrik. Genset sebagai supply listrik cadangan tentu sangat berguna ketika terjadi padam listrik sehingga layanan rumah sakit dapat terus berjalan.

4. Mempertahankan Keamanan Data dan Lingkungan serta Keselamatan


Keamanan data merupakan hal yang penting karena terkait dengan informasi rahasia dan operasi bisnis penting. Pemadaman listrik yang terjadi secara tiba-tiba dapat menyebabkan hilangnya data. Tidak hanya itu, sistem operasional juga akan mati dan berisiko terhadap hilangnya informasi rahasia.

Memiliki genset sebagai cadangan listrik ketika terjadi padam listrik dapat mencegah terjadinya kehilangan data dan mencegah potensi pelanggaran atau pembobolan keamanan data.

Genset juga perlu dimiliki agar sistem keamanan seperti CCTV, alarm dan sistem akses dapat tetap beroperasi.

5. Mencegah Kerusakan Produk


Genset sangat penting dimiliki oleh industri makanan dan farmasi untuk menjaga suhu dan tingkat kelembaban serta keamanan dan kualitas produk.

Listrik yang padam secara tiba-tiba jika tidak di dukung dengan listrik cadangan dari genset berisiko menyebabkan terjadinya pembusukan atau kerusakan. Kerugian Pun tak dapat dihindari, baik kerugian finansial maupun kesehatan.

Kesimpulan


Sangat penting bagi kita terutama pemilik usaha, bisnis dan sektor jasa & pelayanan untuk memahami genset sebagai perlatan wajib lebih dari sekadar luxury tools.

Genset menjadi suatu kebutuhan bagi setiap sektor untuk menghindari berbagai kerugian baik secara finansial, produksi maupun ekonomi serta keamanan dan kualitas produk. Tidak terkecuali untuk rumah tangga.

Anda dapat menemukan berbagai macam jenis genset berdaya cukup untuk kebutuhan listrik rumah di marketplace, seperti genset silent atau genset portable atau genset mini.

Genset berkapasitas besar untuk keperluan industri, bisnis, sektor jasa dan konstruksi dapat menggunakan genset jenis open type.

Oleh karena itu, membeli genset yang berkualitas merupakan investasi karena genset berkualitas dapat memberikan daya listrik cadangan yang dapat memasok kebutuhan listrik.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

4 komentar

  1. Wah, iya ya, bener juga buat punya genset yang disesuaikan untuk rumah. Sepertinya bisa nih, menjadi bahas diskusi untuk rumah eyang di Jogja. Makasih mbak, tulisannya mantap

    BalasHapus
  2. Genset itu penting banget ya mbak, bahkan mungkin di beberapa rumah tangga diperlukan juga. Kalau untuk usaha jangan ditanya, genset itu sangat penting untuk menunkang jalannya operasional perusahaan

    BalasHapus
  3. Genset perlu banget yang punya usaha. Dulu pernah ngajar di tempat les, tau-tau mati lampu. Eh...ada genset, jadi les bisa lanjut deh...Kalau gaaa...ortu bisa protes, murid dipulangin krn mati listrik. Jadi...udah bukan luxury tools lagi sih. Standar pelayanan...

    BalasHapus
  4. Jika melihat dari urgenitasnya, memiliki genset bagi pemilik usaha baik industri skala kecil maupun besar dan pemilik usaha jasa penting lo memliki genset
    Enggak kebayang jika saat produksi tiba-tiba listrik padam, sedangkan produk yang diproduksi membutuhkan listrik, hmm berapa kerugiannya karena produk rusak

    BalasHapus

Posting Komentar