Mengenal Tepung Jagung dan Kegunaannya untuk Membuat Kue

Mengenal Tepung Jagung dan Kegunaannya
Mengenal Tepung Jagung dan Kegunaannya  untuk Membuat Kue



Honestly, saya baru tahu kalau tepung jagung dan maizena itu berbeda loh. Ternyata tepung jagung Maizenaku dari Egafood yang selama ini saya gunakan adalah tepung jagung jenis maizena. Wah, kamu baru tahu juga kan?

Saya sering membuat olahan tepung jagung seperti bolu jadul panggang, bolu kukus, kue kering lebaran seperti nastar, kue keju dan favorit anak-anak yaitu kue salju. Semuanya menggunakan tepung jagung maizena sebagai tambahan adonan untuk hasil kue yang lebih crunchy tapi gak mudah rapuh.

FYI, tepung jagung pertama kali diproduksi di Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-19 sebagai produk sampingan dari penggilingan jagung. Di beberapa wilayah, tepung jagung bahkan digunakan untuk mencuci pakaian dan proses industri. Tepung jagung tidak hanya berasal dari jagung kuning loh, tapi juga Jagung merah, jagung biru dan jagung putih.

Btw, sebetulnya tepung jagung itu apa sih? Apa saja jenis tepung jagung dan kegunaannya untuk membuat kue? Yuk baca selanjutnya.

Tepung Jagung Adalah,


Tepung jagung
Definisi Tepung jagung


Tepung jagung adalah tepung yang digiling dari biji jagung utuh yang telah dikeringkan lalu dihaluskan. Tepung jagung berwarna cenderung kuning dan tidak putih seperti tepung pada umumnya. Karena diproses langsung dari biji, tepung jagung memiliki kandungan nutrisi yang masih utuh seperti protein, serat, pati, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Tekstur dan rasa tepung Jagung sedikit kasar, berwarna agak kuning dan memiliki rasa khas jagung dan manis.

Jenis tepung jagung hanya satu, yaitu tepung maizena. Tetapi, di Indonesia tepung jagung sering juga disebut tepung maizena, sama gak sih? Gak dong! Tepung jagung dibuat langsung dari biji jagung, sementara tepung maizena terbuat dari endosperm biji jagung.

Jadi, penggunaan tepung jagung dan tepung maizena juga jelas berbeda yaa, termasuk fungsinya untuk kue dan makanan lainnya. Keep reading ya, karena saya akan membahas perbedaan keduanya.

Apa kegunaan dari tepung jagung?


Tepung jagung bisa digunakan untuk keperluan membuat kue, makanan bahkan keperluan sehari-hari. Selain itu tepung jagung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kegunaan Tepung Jagung untuk Kesehatan

  1. Bebas gluten sehingga aman dan cocok bagi mereka yang sensitif terhadap gluten
  2. Sebagai sumber karbohidrat
  3. Tepung jagung tidak menyebabkan reaksi alergi dibandingkan bahan pengental umum lainnya seperti tepung terigu.
  4. Tepung jagung mudah dicerna oleh tubuh sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Kegunaan Tepung Jagung Untuk Sehari-hari :

  1. Tepung jagung dapat diolah menjadi bioplastik
  2. Menjadi bahan anti lengket pada proses produk terbuat dari lateks
  3. Membantu menghilangkan tanda hangus pada pakaian
  4. Bisa menghilangkan noda tinta di karpet dengan cara mencampur tepung jagung dan susu hingga berbentuk pasta dioleskan di atas karpet
  5. Membantu melepaskan ikatan tali sepatu
  6. Bisa dijadikan bahan untuk membuat kutek matte


Kegunaan tepung jagung untuk kesehatan
Kegunaan tepung jagung untuk kesehatan


Kegunaan Tepung Jagung Untuk Aneka Kue dan Makanan

Untuk pembuatan kue dan makanan, tepung jagung sering digunakan sebagai bahan pengental pada makanan berbasis cairan juga penambah rasa jagung dalam makanan sekaligus pengganti tepung terigu.
  1. Dapat digunakan sebagai campuran adonan membuat roti, kue kering dan adonan serupa
  2. Dapat digunakan sebagai bahan pengental untuk saus atau kuah dengan cara campurkan tepung jagung terlarut dalam air ke dalam adonan lalu didihkan.
  3. Untuk cake dan kue kering dengan cara campurkan tepung jagung dengan tepung terigu skala 1:3
  4. Pelapis Gorengan agar teksturnya lebih renyah
  5. Bahan untuk membuat saus vla dan juga custard sebagai isian kue maupun untuk pelengkap puding.
  6. Menggunakan tepung jagung untuk membuat nugget ayam dapat meningkatkan penyerapan minyak dan kerenyahan penggorengan.

Kegunaan Tepung Jagung Untuk Aneka Kue dan Makanan
Kegunaan Tepung Jagung Untuk Aneka Kue dan Makanan

Kita juga bisa membuat aneka olahan tepung jagung yang kekinian loh, seperti corndog atau cornbread.


Apakah Tepung Jagung dan Tepung Maizena Itu Sama?

Di Indonesia, tepung jagung sering disebut sebagai tepung maizena. Namun faktanya, jenis tepung jagung yang satu ini berbeda dengan tepung jagung.

Perbedaan tepung jagung dan tepung maizena terletak pada beberapa poin sebagai berikut :
  1. Tepung maizena terbuat dari endosperm biji jagung sedangkan tepung jagung terbuat dari biji jagung utuh
  2. Tepung maizena tidak dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu, tetapi tepung jagung bisa.
  3. Tepung maizena umumnya digunakan sebagai pengental masakan
  4. Tepung maizena juga berfungsi untuk menguatkan bahan makanan dalam suatu campuran

Apa itu Tepung Maizena serta Kegunaannya Untuk Masakan dan Kue


Tepung maizena
Definisi tepung maizena


Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari endosperma biji jagung dan umumnya digunakan sebagai bahan pengental dalam makanan. Tepung maizena dibuat dengan cara menggiling Jagung hingga menjadi tepung kemudian diambil sari patinya. Sari pati jagung yang sudah diambil kemudian direndam dan difermentasi sehingga menghasilkan tepung maizena.

Saya sangat menyukai penggunaan tepung maizena untuk membuat aneka makanan seperti gorengan, donat, kue kering dan kue bolu. Tepung maizena juga sangat berguna sebagai pengental saus ketika membuat vla dan masakan seafood.

Apa fungsi dari tepung maizena dalam proses pembuatan adonan kue? Pada dasarnya tepung maizena berfungsi sebagai pengental makanan, menambah kerenyahan tekstur dan menurunkan kadar protein tepung terigu.

Lalu apa manfaat tepung maizena untuk kue kering? Mengapa tepung maizena banyak digunakan sebagai tambahan adonan kue kering? Jadi, tepung maizena mampu melembutkan tepung terigu sehingga hasil adonan dapat menghasilkan kue dengan tekstur lapisan luar yang sempurna.

Selain untuk membuat adonan kue kering, tepung maizena memiliki kegunaan untuk masakan dan kue sebagai berikut :
  1. Pengganti tepung kue sebagai adonan tepung serbaguna
  2. Mengentalkan Isian kue seperti pie
  3. Anti-Caking Agent pada makanan
  4. Bahan pengental pada puding dan pasta
  5. Membuat lembut tekstur roti
  6. Campuran adonan omelet agar mengembang
  7. Membuat Membuat Waffle yang Renyah
  8. Pelapis Gorengan bebas gluten dengan tekstur yang renyah

Manfaat tepung maizena untuk masakan dan kue
Manfaat tepung maizena untuk masakan dan kue

Nah, sekarang sudah tahu kan Perbedaan tepung Jagung dan tepung Maizena? Rekomendasi juga nih tepung jagung maizena dari egafood yaitu Maizenaku. Sudah tahu kan? Ya dong! Maizenaku selalu ada di rak bumbu di rumah loh, apalagi keluarga sangat suka gorengan dan donat kan. Jadi Maizenaku harus selalu terlihat nangkring di rak bumbu.

Resep Kue Putri Salju Maizenaku ala Artjoka 


Resep olahan tepung jagung
Resep olahan tepung jagung, Kue Putri Salju Maizenaku ala artjoka (Dok.Pribadi)


Yes! Saya mau share nih resep olahan tepung jagung yaitu kue Putri Salju Maizenaku favorite keluarga. Kamu  bisa juga menggunakan resep ini untuk dipersembahkan kepada orang tersayang, keluarga atau sahabat. Berikut resep kue putri salju Maizenaku ala artjoka untuk 3 toples 500gram.

Bahan :

300gr tepung terigu
200gr Maizenaku
2 bungkus susu bubuk
200gr margarine
200gr mentega
1/4sdt garam
2 butir kuning telur
500gr gula pasir halus

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven tangkring dengan api kecil
  2. Buat adonan kering terlebih dahulu, yaitu campurkan tepung terigu, tepung maizena dari egafood yaitu Maizenaku dan susu bubuk, sisihkan
  3. Buat adonan basah, yaitu mixer maragarine, mentega, telur dan gula pasir hingga tercampur rata dengan kecepatan sedang
  4. Campur adonan kering dan adonan basah lalu aduk dan terus di aduk menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket di wadah adonan
  5. Siapkan loyang dan olesi permukaan loyang dengan margarine
  6. Cetak adonan dengan cetakan bulan sabit hingga adonan habis
  7. Oven menggunakan oven tangkring di rak bagian tengah dan bawah selama kurang lebih 15-30 menit hingga kue tercium aroma wangi dan berwarna agak kuing keemasan atau coklat muda
  8. Ganti sesekali posisi loyang di rak atas ke rak bawah dan sebaliknya
  9. Ketika kue sudah matang, angkat dan masukan ke bowl atau wadah yang sudah terisi gula pasir halus. Tunggu sebentar sampai hangat kuku lalu aduk perlahan. Proses ini sangat penting dilakukan agar gula halus menempel pada kue 
  10. Setelah kue tercampur rata gula halus, pindahkan ke dalam toples dan susu dengan rapi
Sangat mudah ya membuat kue bulan sabit maizena ala artjoka? Selamat mencoba ya. 


Resep kue putri salju Maizenaku
Resep kue putri salju Maizenaku ala artjoka


Maizenaku, Tepung Jagung Maizena dari Egafood


Kenapa sih harus memilih Maizenaku, tepung jagung maizena dari Egafood? Karena Maizenaku merupakan satu-satunya produk tepung jagung maizena di Indonesia yang mendapat sertifikat halal dari MUI. Lebih tenang, aman dan nyaman menggunakan tepung maizena bukan?

Selain itu, tepung jagung maizena Maizenaku mempunyai kekuatan mengentalkan 2x lebih kuat dari merk lain dengan hasil warna sauce yang clear dan Non GMO (Genetically Modified Organism).


Jenis tepung jagung
Jenis tepung jagung, tepung maizena dari Egafood


Texture Maizenaku sebagai pelapis makanan adalah crispy, permukaan halus, warna lebih cerah dan hasil lebih kental. Tepung Maizenaku juga memiliki tekstur lebih halus, putih bersih dan tidak berbau.

Tersedia dengan berbagai ukuran, yaitu :
  1. Kemasan kotak : 100gr, 150gr, 300gr, 750gr
  2. Kemasan plastik : 100gr, 250gr, 500gr, 1kg, 10kg

Sebagai yang sangat suka membuat kue, saya gak khawatir hasilnya gak akan jadi bagus karena selalu memakai Maizenaku dari Egafood. Maizenaku terbuat dari sari pati jagung dengan pengolahan terbaik.

Maizenaku juga lengkap akan nutrisi seperti Vitamin B Komplek, Vit D, Vit C dan mineral Kalsium, Zat besi, Magnesium dan lainnya.

Membuat kue dan aneka masakan lainnya jadi lebih enak, crunchy dan saus yang kental dengan tepung jagung maizena, Maizenaku dari Egafood. Share dong pengalaman kalian menggunakan Maizenaku, seringnya berkreasi membuat apa nih?

Eka Fitriani Larasati (@efila_)
Mom bloger yang hobi ngegambar, nge-canva dan bikin kue kering sampai kepikiran pengen jadi Patesserie. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

49 komentar

  1. aku juga berpikir sama kayak mba Eka, aku kira tadi tepung maizena. selama ini persepsi di masyarakat di daerahku, tepung jagung ya tepung maizena
    ternyata proses produksinya juga berbeda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya hampir semua orang juga berfikiran yang sama ya mba, hihihi

      Hapus
  2. Meski bersumber dari jagung, teoung jagung dan tepung menzeina verveda fungsinya, saya sangat suka denga gorengan yang menggunakan twpung jagung, ada rasa khasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih kriuk sih kalo bikin gorengan pake tepung jagung atau maizena. Tapi pakenya dikit aja, kalo kebanyakan jadinya saus kak, hehe

      Hapus
  3. Baru tahu kalau tepung jagung dan tepung maizena berbeda, walaupun sama-sama dari jagung. Aku ya selalu ada Maizenaku, buat bikin capcay, ditambahin dikit kuahnya biar kental.
    Nah, kalau tepung jagung, pengen nyoba juga bikin kue kalau ada resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh iya, maizena sering aku pake juga buat bikin capcay dan masakan seafood. Kuah kentalnya emang khas ya

      Hapus
  4. Aku baru tahu kalau tepung jagung berbeda dengan tepung maizena. Dulu pas kecil sering dibuatin kayak kue mirip puding dengan tekstur dan rasa jagung dan Mbah bilang pakai tepung jagung. Entah ini maksudnya tepung jagung yang mana, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya emang tepung jagung mba, ada cemilan tradisional yang emang khusus pake tepung jagung

      Hapus
  5. Wah beda ya ternyata. Aku kira sama dan kegunaannya juga beda. Btw suka banget sih sama kue salju bulan. Tak kira dibikinnya pakai tepung beras, ternyata pakai tepung jagung juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepung beras biasanya buat cake atau kue free gluten lainnya sih kak, atau buat cemilan tradisional

      Hapus
  6. Lebih sering pake tepung terigu sih daripada tepung jagung. Kapan2 coba eksperimen masak pake tepung jagung deh....Nice info kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next coba bikin cake atau kue pake tepung jagung ya kak, asli enak banget loh. Cobain resep aku juga ya, hehe

      Hapus
  7. selama ini aku juga mikirnya tepung maizena ya tepung jagung. ternyata beda tho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. ternyata bukan cuma aku yg mempunyai pemikiran seperti ini.. Terima kasih sharing infonya ya..jadi tahu deh sekarang perbedaannya

      Hapus
  8. Saya biasanya menggunakan tepung maizena sebagai campuran kue kering, jadi kuenya terasa lebih renyah, walaupun ada merk tepung maizena yang lain, saya biasanya tetap pakai merk Maizenaku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, kebanyakan resep kue kering pasti pake tepung jagung ya untuk hasil ngepros

      Hapus
  9. Pakai maizenaku jadi lebih greget ya kak kue yang disajikan. Jadi mau coba nih resep kue putri saljunya, soalnya bentar lagi mau piala Eropa lumayan kan punya camilan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget nih nonton piala dunia sambil ngemil kue kering yaa

      Hapus
    2. Ho oh kak, jadi makin seru.
      Tapi tahun ini Piala Eropa dulu, 2 tahun berikutnya baru piala Dunia hehe

      Hapus
  10. duh kue putri salju ngingetin banget vibesnya lebaran haha, rahasianya ternyata di tepung maizenaku ya kak biar kuenya makin renyah. Thanks kak resepnya bisa banget nih dicoba buat nanti.

    BalasHapus
  11. Oh ternyata beda ya tepung jagung dan tepung maizena walaupun sering disebut sama, padahal itu beda banget. harus lebih perhatiin lagi nih kalau bikin bikin kue

    BalasHapus
  12. Ternyata beda ya antara maizena ma tepung jagung, sebagai cowo yang tinggal makan beneran baru tau aku

    BalasHapus
  13. Bisa nih bikin kue putri salju untuk nanti pas lebaran. Biar enggak usah beli, buat sendiri aja pasti rasa lebih enak.

    BalasHapus
  14. Resep putri salju ini wajib banget dicoba nih, soalnya aku suka banget makan kue putri salju.

    BalasHapus
  15. Serbaguna sekali tepung jagung Maizenaku. Itu resep putri saljunya skrinsyut dulu ah bikin kemudian.. xixixi

    BalasHapus
  16. jujurly, sebetulnya aku juga pikir sama lo mbak, kalau tepung jagung itu ya tepung maizena, secara di kemasan maizena kan gambarnya jagung mbak, ternyata bagian dari jagung untuk dijadikan tepung itu beda ya

    BalasHapus
  17. Pas banget artikelku lagi bahas diet untuk anak autism. Berarti bisa nih bikin kue-kue camilan pakai tepung jagung, karena mereka kan engga boleh konsumsi tepung terigu. Pengen ngulik ah kue pakai tepung jagung. Kan lebih sehat tuh...

    BalasHapus
  18. Dulu kalau ibu saya mau bikin kue nyarinya tepung jagung, pernah saya tawari maizena yang ada gambar jagungnya tapi katanya bukan itu. Kan bingung.. Hahaha eh ternyata tepung jagung dan maizena berbeda toh..

    BalasHapus
  19. Ternyata tepung jagung dan tepung maizena itu berbeda ya? Tapi kayaknya aku belum pernah menggunakan tepung jaung. Pernahnya pakai tepung maizena. Sering untuk mengentalkan saus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih mikir kalau tepung maizena tuh ya tepung jagung. Kalau liat orang masak-masak dan ngentelinnya kan pake maizena ya

      Hapus
  20. thanks kak informasinya. ternyata tepung jagung dan tepung maizena beda yaaaa. kalau saya sering pakai tepung maizena buat campuran gorenngan biar renyah dan buat pengental masakan

    BalasHapus
  21. Kalau tepung jagung bebas gluten berarti kalau dipakai untuk bikin kue diet gitu aman nggak ya? Lagi cari bahan2 buat bikin makanan diet nih 😅

    BalasHapus
  22. Pantesan waktu aku lihat gambarnya tepung jagung kok agak kekuningan, beda sama tepung maizena ya. Ternyata memang beda. Makasih insightnya ya kak.

    BalasHapus
  23. Lah iyaa, daku kira maizena itu ya tepung jagung. Ternyata beda ya. Dan banyak juga manfaatnya. Jadi pengen bikin kue pakai tepung jagung. Penasaraannn

    BalasHapus
  24. Wah berarti bioplastik yang pernah dijumpai itu mungkin dibuat dari tepung jagung ya. Lebih mudah terurai sehingga ramah lingkungan.

    BalasHapus
  25. ouh ku kirain sama lho tepung maizena apa tepung jagung habis gambarnya jagung hehehhehe... aku soalnya juga jarag pakai

    BalasHapus
  26. Aku kadang beli Maizenaku buat persediaan di rumah. Bukan hobi baking ini, jadi ya emang gak tiap waktu ada. Kalau tepung jagung, aku malah lihat dan tahu itu karena nonton Youtube. Pemilik channel giling sendiri jagungnya lalu dibuat macam-macam

    BalasHapus
  27. Wah samaan, mbak. Saya pikir tepung jagung dna tepung maizena itu sama. Apalagi tepung maizena ada gambar jagung di kemasannya. Padahal saya sering make tepung maozena lho.

    BalasHapus
  28. Tepung maizena bisa membuka ikatan tali sepatu? Baru tahu saya... Selama ini selain buat kue, buat campuran masak tumis, saya pakai tepung maizena buat campuran bahan bikin es krim rumahan.
    Resepnya saya save ya. Kapan kapan mau coba juga

    BalasHapus
  29. Sering juga masak pake tepung maizena, saya malah belum pernah pakai tepung jangung, dulu pengen cari untuk bikin mpasi, katanya bubur daei tepung jalejo (jagung kentang dan kacang ijo) bagus untuk nutrisi bayi

    BalasHapus
  30. Biasanya saya pakai juga tepung maizena untuk masak, biar kuah nya lebih kental dan enakk ..

    BalasHapus
  31. Sy kira tepung jagung & tepung maizena itu sama kak, trnyta beda ya. Tpi klu masak sy biasanya pake tepung maizena.

    BalasHapus
  32. Baru tau saya mba, ternyata tepung jagung dan maizena itu berbeda, wkwkwk
    Padahal saya sering banget lho bikin tepung jagung, tapi buat dibikin sego jagung atau nasi jagung. Kalau tepung maizena ya buat masak, tapi ngiranya ya mereka sejenis tapi beda pengolahan aja, xixi

    BalasHapus
  33. walaah aku pikir tepung maizena sama tepung jagung itu sama haha karena kan covernya itu jagung yaaa. thanks infonya ka

    BalasHapus
  34. Baru kali ini nemu artikel tentang jagung yang lengkap banget, dengan ilustrasi dan informasi yang lengkap, sebagai orang yang pernah belajar tentang ilmu pangan, suka banget nemu blog dengan referensi selengkap ini, semangat terus ngeblog ya mbak.

    BalasHapus
  35. Karena saya kurang menyukai masak memasak dan lebih menyukai craft, saya lebih mengenal tepung jagung sebagai bahan campuran untuk membuat bunga dari sabun.

    Sabun diparut, campur tepung jagung, kasih sedikit air, lalu diremas-remas sampai kalis di tangan.

    Karena tepung jagung agak susah dicari di toko, belakangan saya ganti dengan tepung terigu ternyata sama hasilnya. Berarti emang tepung jagung bisa menjadi pengganti terigu ya.

    Oh ya, dulu waktu kecil saya lumayan akrab dengan gorengan tempe yang menggunakan tepung jagung sebagai adonan pengganti terigu dan tepung beras. Pasalnya, kakak saya dulu tidak mengonsumsi beras dalam bentuk apapun selama mondok di pesantren. Jadi kalau pulang ke rumah, ibuk bikin banyak makanan berbahan dasar jagung.

    BalasHapus
  36. Berkat artikelnya kk saya jadi tau perbedaan tepung jagung dengan tepung maizena. Makasih kan informasinya bermanfaat!

    BalasHapus
  37. Tepung jagung dan tepung maizena yang kaya manfaat untuk memasak dan baking.
    Kudu kenal peruntukannya yaa.. Agar bisa mendapatkan hasil masakan yang enak dan sesuai dengan yang diharapkan.

    BalasHapus
  38. Ternyata saya salah selama ini. Kupikir tepung Maizena adalag tepung Jagung ternyata beda bahkan penggunaannya pun berbeda. Terima kasih infonya ya Mbak. By the way, resep kuenya sudah saya catat baik-baik. Lumayan nih buat kue lebaran nanti.

    BalasHapus

Posting Komentar