lagu MXMTOON - almost home Bikin Hangat Perasaan

22 komentar
review lagu MXMTOON - almost home



Karena gabut, saya nyari lagu bergenre post rock lalu pop disco era 80-90an di Spotify. Saya menemukan lagu Shaun feat Yuna - So Right dan beberapa deretan lagu bergenre serupa. 

Saya klik dan coba dengerin satu per satu deretan lagu itu secara cepat sampai menemukan lagu yang enak dan berkata , "A-Ha, lagu nya enak". si A-Ha ini saya temukan di lagu milik MXMTOON - Sad Disco. Yaah lumayanlah buat jadi teman berdendang dalam situasi gabut saya kala itu.


Kenalan Dengan MXMTOON



kenalan dengan MXMTOON
MXMTOON( sumber  gambar instagram MXMTOON)


Kegabutan saya pun berlanjut dengan nyari tahu lebih lanjut tentang MXMTOON. Saya kira awalnya MXMTOON bakalan punya style mirip - mirip Tones and I yang agak nyentrik ala anak indie. Tapi ternyata bayangan saya ambyar setelah melihat feed instagram dan video clip lagu-lagunya. 

MXMTOON punya penampilan biasa aja khas anak indie yang biasa aja. Setelan kaos - celana jeans yang kadang mengenakan mini dress atau baju kodok. Seringnya pakai kaos - celana jeans atau sweater hoodie. Style yang biasa aja untuk lagu sendiri yang tidak biasa.

Dibalik style nya yang biasa aja, saya bisa melihat MXMTOON sebagai pribadi yang percaya diri, kocak, agak nerd dan penyuka kucing ( which is sama dengan saya! wkwkwk ). 


MXMTOON with her car
MXMTOON with her cat ( sumber  gambar instagram MXMTOON)

gaya sederhana MXMTOON
MXMTOON( sumber  gambar instagram MXMTOON)


MXMTOON hanyalah nama panggung dari gadis indie bernama Maia kelahiran 9 Juli 2000 ( wiihhh sama saya beda usia nya hampir 2 dekade 😂 ). Maia punya darah chinese dari ibunya, sementara ayahnya berdarah Jerman - Inggris. Jadi gak heran ya kalau Maia punya look agak - agak bule-chinese gitu, hehe.

Maia mengawali karirnya sebagai Youtuber yang doyan nyanyiin lagu sendiri pakai ukulele. Lagu - lagu cipataan Maia yang kerap dia unggah di Youtube memiliki karakter yang emosional dan merupakan lagu pengakuan. 

MXMTOON pertama kali mengeluarkan Album EP bertajuk Plum Blossom pada tahun 2018 dan debut album bertajuk The Masquerade yang rilis pada bulan September tahun 2019.

Anyway, saya emang kepincut dengan lagu Sad Disco milik MXMTOON. Tapi saya lebih suka lagu ke tujuh dari album Dawn and Dusk yaitu ALMOST HOME yang lagu aslinya rilis pada tanggal 22 april tahun 2020 silam. Almost Home kemudian di rilis ulang 2 tahun kemudian dan masuk dalam album EP Dawn pada tanggal 22 April 2022 kemarin.

Almost Home, Lagu Yang Bikin Hangat Perasaan


Sejak lagu pertama kali masuk dengan nuansa vocal echo dengan ukulele ringan membuat saya auto jatuh cinta sama lagu ini. Tak lama dentuman gitar dan drum mengiringi lirik lagu berikutnya dan lagu pun mengalir begitu saja, terasa hangat, ceria sekaligus penuh romansa. Bukan romansa sepasang kekasih ya, tetapi romansa akan kenangan masa kecil.

Bagian dari lagu Almost Home yang paling saya suka adalah tentu saja part intro dimana lirik berikut dinyanyikan,
And my mom would say,
Just close your eyes
Soon we'll be home
Fall asleep to the radio
Strangers pass by
Red, green and gold
I wonder what they're all waiting for
Just close your eyes
Just close your eyes aaa .... aaa....aaa "

Bukan tanpa alasan kenapa pada bagian ini terasa hangat. Lirik yang dinyanyikan dengan iringan piano dan orkestra biola menambah vibe lagu terasa begitu hangat. Entahlah, lagu ini punya intonasi yang begitu bikin hangat yang jarang saya temukan di lagu manapun.

Setelah saya mencoba berkaroke ria sambil membaca liriknya, Ya Tuhan.... liriknya emang sehangat itu guys! Coba simak liriknya berikut ini.

Lirik dan Video Musik Almost Home - MXMTOON

Just close your eyes
Soon we'll be home
Fall asleep to the radio
Strangers pass by
Red, green, and gold
I wonder what they're all waiting for

I was just a kid
Dreams were looking big and then I had to grow up
No one ever says
All the love you give might not be enough
Broke my heart in two a couple times
Before it hurt too much

I was such a fool
Didn't know the rules of playing make believe
Didn't know that getting old would come and meet me
Wishing on a star
Waiting on a car
To take me away
And my mom would say

Just close your eyes
Soon we'll be home
Fall asleep to the radio
Strangers pass by
Red, green and gold
I wonder what they're all waiting for
Just close your eyes
Just close your eyes

Living day to day
Weeks become the same
Everything's a blur
What's it gonna take?
What's the final say?
Is this all worth it?
Wishing on a star
Waiting on a car
To take me away

And my mom would say
Just close your eyes
Soon we'll be home
Fall asleep to the radio
Strangers pass by
Red, green, and gold
I wonder what they're all waiting for
Just close your eyes
Just close your eyes

Secara keseluruhan lagu Almost Home hanya mengulang lirik yang sama dengan nada dan intonasi yang sama. Inti dari lirik Almost Home yang sudah saya terjemahkan  ini adalah :

Tutup saja matamu Sebentar lagi kita akan pulang Tertidur untuk radio. 
Orang asing lewat Merah, hijau, dan emas, 
Aku ingin tahu apa yang mereka semua tunggu 

Aku hanya seorang anak kecil dengan Mimpi besar dan kemudian saya harus tumbuh dewasa,
Tidak ada yang pernah mengatakan bahwa cinta yang kamu berikan mungkin tidak cukup,

Cinta yang bisa membuatku Patah hati beberapa kali Sebelum akhirnya membuatku menjadi terlalu sakit, 

Aku sangat bodoh Tidak tahu aturan bermain, 
Dan tidak tahu bahwa aku akan menjadi dewasa suatu hari nanti, 

Berharap pada bintang 
Menunggu di mobil Untuk membawaku pergi 
Dan ibuku akan berkata Tutup saja matamu 
Sebentar lagi kita akan pulang 
Tertidur untuk radio 

Gimana guys menurut kalian tentang liriknya? udah mah Vibe nya sederhana tapi hangat dengan dentuman gitar, ukulele dan biola ditambah intonasi nada lagu seakan membawa kita pergi jauh, eehh liriknya bikin lemes gak sih?

Selain lagu yang ciamik dan lirik yang tepat, video clip nya juga satu hal lain yang menambah vibe hangat lagu ini. Lagu yang kebanyakan memperlihatkan video anak - anak kecil yang sedang bermain dengan dunianya. Lalu MXMTOON sesekali muncul sambil bernyanyi mengenakan dress putih brukat dan sepatu kets putih dengan latar belakang langit senja yang hangat. 

In my opinion, Almost Home merupakan sebuah lagu refleksi bagaimana kita berfikir dan merasakan tentang hidup dimasa remaja yang hendak beranjak dewasa. Bener gak sih? setuju kan? setuju aja deh ya, hehehe.

Inget gak sih gimana galau, risau dan resahnya kita dimasa remaja ketika menyongsong masa dewasa? bingung, takut dan kalut gak sih? tapi kemudian kita merasa tenang karena ada Ibu kita yang selalu memberi kita semangat, kesabaran dan pengertian di masa transisi ini. 

MXTMTOON menggambarkan perasaan ini dengan sangat jelas dan transparan lewat lagu Almost Home

Entah kenapa saya yang dewasa ini merasa terwakilkan dengan penuturan MXMTOON tentang kerisauannya di masa remaja dan merasa aman serta nyaman karena kehadiran sang Ibu. 

Anyway, intinya lagu ini bener- bener bikin saya inget ibu saya dan kangen beliau. Sejak pertama kali saya mendengar lagu ini di bulan Juni hingga sekarang bulan Oktober, saya gak pernah bosan mendengar lagu ini yang saya putar setiap hari.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

22 komentar

  1. Baru denger namanya, dari cuplikannya kayak sarat makna kehidupan. Memang ya soal perjalanan waktu diabadikan lewat syair lagu terasa lebih hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang agak kurang tersorot sih karena lagunya gak masuk lagi viral reels atau tiktok, hehe. Tapi gak mengurangi bakat dan kelihaian Maia nulis lirik ya

      Hapus
  2. abis baca artikel ini aku jadi penasaran langsung sidak dong ke Youtubenya MCMTOON

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas udah ada video klipnya Teh, hehehe. Selamat menikmati lagunya

      Hapus
  3. Aku sukaaaaaa genre ini. Wkwkwkwwk. Akhirnya ketemu teman satu frekuensi.

    Maia ini aku lihat track recordnya mungkin nanti bakal nyusul Niki Zefanya. Dia keren, musik dan liriknya berkarakter. Aku takjub loh lihat video klipnya. Penyanyi indie tapi kok video klipnya profesional bangettttt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaiiii teman satu frekuensi, aku juga seneng nih ada temen bisa respon genre musik yang sama, hihihi. Naahh Niki aku suka banget, dia punya karakter suara yang juga khas ya. Video klipnya sederhana ya, padahal dia bikin sama adik ya dan temennya doang. Ciamik emang ya.

      Hapus
  4. Sudah lamaa banget nggak dengerin musik sendiri. Aku jadi pengen tahu donk lagunya kayak Apa. Cari di YouTube ya ah hihi

    BalasHapus
  5. Baru kelar lihat klipnya, dan ini tuh emang keren banget sih.. Best part di lagu ini bagi aku tuh dilirik ini "And my mom would say.. Just close your eyes.. Soon we'll be home.." itu jadi inget masa lalu

    BalasHapus
  6. Aku klik link-nya, nonton & dengerin lagunya, ternyata memang enak ya...sukaaa. Walaupun aku baru tahu lho penyanyi namanya Maia. Maklum...hehe...Trus cara baca 'mxmtoon' tuh gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naahh ini yang jadi kontroversi sendiri Bu, hehehe. sampai- sampai MAIA menggugah video klarifikasi gimana cara spelling nama MXMTOON!! wkwkwkwk. jadi speliingnya adalah m - x - m - toon ya kayak biasanya aja EM - EX - EM - TUN hehehe. MXMTOON semacam nama pribadi dia sih untuk akun art instagram dia awalnya waktu dia kelas 7

      Hapus
  7. Benar saja. Pas muter lagunya benar-benar bikin hangat perasaanku. Ah, sampeyan bisa saja bikin nambah list musik ku buat teman nulis nambah, Kak. Hehehe

    BalasHapus
  8. Setelah baca semua ulasan kakak, saya jadi ikutan penasaran sama sosok orangnya terutama lagunya juga setelah baca liriknya yang sangat menarik cuzz deh ikutan mau dengerin lagu-lagunya

    BalasHapus
  9. Lirik yang ini "I was such a fool
    Didn't know the rules of playing make believe
    Didn't know that getting old would come and meet me" ngena banget sih 🤣🤣 rasanya kok udah tua aja? Huhu

    BalasHapus
  10. Karena penasaran, aku sampai dengerin lho lagunya. dan bener, emang cocok sih buat didengerin saat kita gabut dan pengen susun semangat buat beraktifitas lagi

    BalasHapus
  11. Kak Ekaa, aku auto ke youtubenya loh wkwkw soalnya penasaran jadinyaa.. gara2 dibahas di blog ini. dan beneran enaaaak <3 kyaa masuk playlistku juga ahh

    BalasHapus
  12. Langsung penasaran sama lagunya, soalnya aq baru denger nama MXMTOON ini kak. Tapi emang bener ya masa remaja itu masa dimana kita penuh dengan kegalauan, emosi yang naik turun, dll. Aq ngerasain sendiri perasaan kayak gitu. Sayangnya aq cuma di dampingi nenek karena ibu harus kerja di luar kota

    BalasHapus
  13. Baru dengar judul lagu dan nama penyanyinya. Tapi ketemu lirik ini jadi kepo dan meluncur ke Youtube endingnya. Bisa nih masuk playlist, soalnya aku jarang banget dengerin lagu indonesia yang sekarang, kebanyakan yang jaman pas remaja dulu hehe.

    BalasHapus
  14. Aaa.. Maenku kurang jauuuh.. Kenapa baru tau lagu MXMTOON almost home sekarang Beneran bikin tenang, teh Ekaa..

    BalasHapus
  15. Waah mba Eka suka musik indie juga ya? Sama doong...
    Aku masih terbatas di Mocca, Idgitaf, dan beberapa band indie. Jadi penasaran nih sama Maia.

    BalasHapus
  16. Mxmtoon ini kesannya elegan dan classy gitu kali ya. Kayak M2M bukan sih? Jadi penasaran juga sama lagu2nya. Cek youtube ah

    BalasHapus
  17. jadi penasaran sama lagunya....kayanya enak didengerin sambil kerja

    BalasHapus
  18. Kalau cantik pakai kaos biasa aja cantiknya tetep kelihatan. Namanya bagus Maia. Aku juga jadi penasaran pemilik lagu Mimtoon ini. Scroll Ignya ah

    BalasHapus

Posting Komentar