Manfaat Digital Agency Bagi UMKM Go Digital

26 komentar
Manfaat Digital Agency Bagi UMKM Go Digital


Namanya Kang Dadang, beliau adalah pelaku UMKM sepatu yang berlokasi di Majalaya. Penghasilan bersih Kang Dadang melalui UMKM Sepatu yang dimilikinya bisa mencapai puluhan juta per bulan. Kesuksesan pun diraih dan terlihat dari jumlah kendaraan yang dimiliki dan sejumlah investasi properti.

Tapi itu dulu, sebelum pandemi datang dan menyeret usaha sepatunya hingga masuk kedalam lubang kebangkrutan hingga tak meninggalkan sepeserpun uang di tabungan.

Apa penyebabnya? Sederhana saja, keengganan beralih berjualan secara online selama pandemi.

Kini, menyesalpun tiada guna. Ketika ingin kembali memulai usaha UMKM dari awal pun tak ada modal. Akhirnya kang Dadang bekerja serabutan demi menyambung hidup.

Tidak hanya Kang Dadang, masih banyak pelaku UMKM lain yang enggan mengembangkan usahanya melalui teknologi digital atau UMKM Go Digital. Rendahnya literasi digital yang dimiliki sebagian besar pelaku UMKM dan UKM terkait digitalisasi bisnis menjadi salah satu faktornya.

Tapi itu bukan masalah, karena pemerintah memiliki program UMKM Go Digital yang merupakan program untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan bisnis UMKM. Bekerjasama dengan berbagai lembaga terkait dan agensi digital di Indonesia, pemerintah sudah melaksanakan serangkaian program pelatihan digitalisasi bisnis bagi pelaku UMKM.

Namun, bagi anda pelaku UMKM yang merasa kesulitan terkait digitalisasi bisnis, kini anda dapat memanfaatkan digital agency Jakarta yang dapat membantu digitalisasi usaha UMKM anda.


Mengenal Digital Agency


Manfaat Menggunakan Digital Agency agar UMKM
Manfaat Menggunakan Digital Agency agar UMKM

Perkembangan teknologi digital saat ini berkembang sangat pesat, terutama selama pandemi dan pasca pandemi. Tidak mengherankan memang, mengingat pemberlakuan stay at home selama pandemi mendorong hingga mengubah perilaku masyarakat yang terbiasa belanja secara offline menjadi online.

Sehingga, mau tidak mau semua bidang tidak hanya mengandalkan cara konvensional untuk menjalankan bisnis atau usahanya namun juga secara online tidak terkecuali UMKM dan UKM.

Untuk itu, telah hadir digital agency Indonesia yang merupakan pihak yang menyediakan digital marketing terutama pelaku UMKM untuk membantu usaha UMKM Go Digital terutama dalam mencapai target pemasaran atau mempromosikan produk/jasa UMKM secara digital.

Bagaimana Digital Agency Membantu UMKM Go Digital


Digital agency Indonesia terpercaya berfokus pada branding produk/jasa dan pendekatan yang berbeda serta unik kepada konsumen melalui promosi dan strategi marketing digital secara kreatif, inovatif dan mengikuti perkembangan jaman.

Digital Agency dapat memberikan layanan yang terkait dengan branding produk/jasa secara digitalisasi, membantu usaha dalam pemasaran secara online, membantu bisnis dalam strategi marketing digital, membuat dan mengelola website, menjalankan iklan online, memanfaatkan platform dan e-commerce, memanfaatkan teknologi digital jasa kurir, saran penggunaan startup cashier , mengoptimalkan SEO dan lain sebagainya.

Secara sederhana, digital agency dapat memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM yang ingin Go Digital untuk mempromosikan produk/jasa mereka secara online dan meningkatkan visibilitas di era teknologi digital dengan tujuan akhir tidak hanya UMKM mampu bertahan dan bersaing di era digital tapi juga adanya peningkatan skala usaha dan pendapatan secara signifikan.


Manfaat Menggunakan Digital Agency agar UMKM Go Digital


Lantas apa saja manfaat yang dapat diperoleh UMKM yang ingin Go Digital dengan menggunakan digital agensi? Berikut diantaranya :

1. Digital Agency Membantu UMKM Beradaptasi pada Perubahan Teknologi Digital

Dunia sudah berjalan dalam arus digital yang tak terelakan dan dan tak terbendung. Gaya hidup masyarakat pun berubah haluan dan masuk dunia digitalisasi dengan cepat. Tidak sedikit dari pelaku UMKM  yang kurang memahami perubahan ini, termasuk tren pasar terlebih algoritma digital yang digunakan oleh berbagai platform media sosial atau istilah dalam dunia pemasaran digital.

Disinilah peranan agency digital dibutuhkan oleh UMKM agar bisa Go Digital dimana agency digital dapat membantu UMKM memahami arus digitalisasi termasuk perubahan pada dunia pemasaran digital dan persaingannya. Sehingga, UMKM mampu beradaptasi dan bersaing dalam arus teknologi digital.

2. Digital Agency Membantu UMKM Menjaring Konsumen dengan Pasar yang Lebih Luas


Menjalankan UMKM secara konvensional tentu memiliki kekurangan terkait jangkauan konsumen dan pasar yang lebih kecil yang terbatas pada jarak. Dengan menggunakan jasa digital agency Jakarta, pelaku UMKM berpeluang mendapat konsumen baru tidak hanya dalam jangkauan jarak namun juga konsumen secara online. Sehingga UMKM mampu menjangkau pasar yang lebih luas secara lokal, nasional bahkan mancanegara.

3. UMKM Mampu Mengetahui Apa yang Diinginkan Pasar Untuk Pengembangan Usaha


Salah satu strategi marketing menyebutkan bahwa usaha yang dijalankan harus mampu menyediakan produk/jasa yang sesuai dengan apa yang diinginkan pasar. Namun terkadang pelaku usaha sendiri kebingungan, bagaimana cara mengetahui apa yang diinginkan pasar terlebih di era teknologi digital bukan?

Digital agency memiliki kemampuan bagaimana pelajari perilaku konsumen potensial terutama konsumen online yang yang sesuai dengan target pasar UMKM tersebut.

4. Efektivitas dan Efisiensi Waktu


Menerapkan digital marketing bagi pelaku UMKM selain tidak mudah juga cukup menyita waktu karena pelaku UMKM bergelut dengan pembagian waktu untuk menyiapkan apa yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya seperti membeli bahan pokok, membuat produk hingga menyiapkan kios atau toko sebelum memulai berjualan.

Dengan bekerja sama dengan agency digital, maka UMKM dapat menghemat waktu dan tenaga dalam menyusun strategi dan mengelola pemasaran secara digital, sehingga pelaku UMKM dapat fokus pada proses produksi usaha.

5. UMKM Dapat Bersaing Secara Kompetitif


Seperti Kang Dadang pada cerita di awal artikel yang tidak mampu bertahan dan bersaing selama pandemi yang kalah bersaing dengan pelaku UMKM lain yang “lebih berani” Go Digital, maka dengan menggunakan jasa digital agency masalah ini dapat teratasi.

Digital agency dapat membantu UMKM agar dapat bertahan dalam menjalankan usahanya di era teknologi digital dan bersaing secara kompetitif dengan pelaku UMKM lainnya.

6. Digital Agency dapat Membantu UMKM Memperoleh Peningkatan Skala Usaha dan Pendapatan


Melalui strategi digital marketing yang diterapkan oleh digital agency maka pelaku UMKM dapat melihat bagaimana kegiatan pemasaran digital yang dilakukan berdampak terhadap pengembangan usaha melalui laporan analisa yang diberikan secara berkala dan komprehensif. Bersama dengan digital agency, pelaku UMKM dalam mengevaluasi efektivitas strategi yang digunakan agar skala usaha UMKM mengalami peningkatan secara signifikan. Strategi marketing pun dapat dilakukan melalui evaluasi tersebut.

Manfaat Menggunakan Digital Agency agar UMKM Go Digital
 Manfaat Menggunakan Digital Agency agar UMKM Go Digital



Tips Memilih Digital Agency yang Tepat untuk UMKM Go Digital



Kehadiran digital agency nyatanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan skala usaha UMKM di era teknologi digital. Anda sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin mampu bersaing di era digitalisasi dan sukses, maka anda dapat menggunakan agensi digital di Jakarta yang terpercaya.

Berikut tips bagaimana memilih digital agency yang tepat untuk usaha UMKM anda, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Digital agency bersifat resmi dan terdaftar di otoritas pemerintahan
  • Digital agency yang dipilih memiliki reputasi yang diakui oleh masyarakat
  • Digital agency yang dipilih memiliki portofolio klien
  • Digital agency memiliki tenaga ahli profesional yang berpengalaman dibidangnya.

Redcomm sebagai digital agency di Indonesia yang dapat membantu pengembangan skala usaha UMKM anda di era digitalisasi. Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut yang merupakan salah satu digital agency terpercaya di Indonesia yang sudah berpengalaman selama 20 tahun dan berfokus pada komunikasi pemasaran berbasis data, strategis dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi dan media digital.


penghargaan Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut
Penghargaan Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut


Redcomm sukses membantu pengembangan lebih dari 500 brand dan pencapaian KPIs hingga 99%. Berbasis di Jakarta, Redcomm adalah digital agency yang merupakan anggota Red Asia Inc., sebuah grup perusahaan Indonesia yang memiliki spesialisasi dan keahlian dalam membantu branding produk/jasa di era teknologi digital.

Sekarang anda tidak perlu risau lagi bagaimana UMKM yang anda jalankan mampu bertahan dan bersaing hingga memiliki peningkatan skala usaha yang signifikan. Percayakan digital marketing usaha UMKM anda dengan menggunakan jasa digital agency terpercaya.


Eka FL
Mom Blogger Bandung, illustrator, art enthusiasts

Related Posts

26 komentar

  1. UMKM perlu mempertimbangkan digital agency sebagai bagian dari strategi pemasaran, terutama jika masih awam soal ini. Sebab, posisinya sangat penting dalam bisnis di era sekarang.

    BalasHapus
  2. Dengan adanya Redcomm UMKM terbantu banget ya usahanya bisa lebih berkembang

    BalasHapus
  3. Salah satu yang harus diterapkan dalam berbisnis itu harus adaktif ya, Mbak. Menyesuaikan diri dengan perkembangan. Kalau tidak, nasibnya seperti Kang Dadan itu. Dan memang banyak orang yang keukeuh, Mbak. Padahal membuka diri untuk kemajuan usaha itu perlu sekali.
    Apalagi sudah terbukti dengan promosi dan jualan online, bisnis akan maju dan berkembang. Terus sekarang juga bisa dibantu dengan Digital Agency.

    BalasHapus
  4. Buka usaha pun butuh upgrade dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Sayang sekali jika usaha yang sudah maju justru bangkrut akibat gaptek.. untung ada jasa digital agency yang siap sedia bantu UMKM go digital

    BalasHapus
  5. Sayang banget Kang Dadang engga cepet-cepet beralih ke bisnis online. Padahal medianya ada ya...Semoga Redcomm Digital Agency bisa menjangkau lebih banyak lagi UMKM supaya bisa terus maju...

    BalasHapus
  6. UMKM harus bisa menerima perubahan agar lebih berkembang dan tak digilas zaman.
    Era digital semua serba online, untung banget ada Redcomm Digital Agency yang dapat membantu UMKM go digital.

    BalasHapus
  7. sekarang memang sudah bukan zamannya lagi ya hanya mengandalkan usaha secara offline. pengusaha umkm juga harus melek informasi dan teknologi terutama yang berkaitan dengan online marketing. kehadiran digital agency juga sangat membantu dalam hal online marketing ini

    BalasHapus
  8. Kehadiran digital agency seperti ini bisa menunjang pelaku usaha yang mungkin masih ada yang belum paham cara memasarkan produknya secara digital. Semangat buat para pelaku usaha

    BalasHapus
  9. Perubahan teknologi dan pasar membuat pengusaha tak bisa fokus dengan produksi dan manajemen perusahaan, terlalu cepat dan terkadang massive, dengan hadirnya digital agency maka arah marketing akan lebih terarah dan terukur

    BalasHapus
  10. Wah iya jadi bisa membantu banget ya UMKM agar bisa berkembang. Daripada belajar strategi digital marketing dari awal, mending serahkan ke ahli. Owner bisnis fokus ke value produk aja

    BalasHapus
  11. Semoga dengan adanya digital agency dalam membantu pemasaran dan manajemen para UMKM dan UKM, perekonomian rakyat semakin terbantu dan bisa eksis di dunia bisnis, ya kak. Senang dengarnya, dan Redcomm bisa menjadi pilihan untuk mendampingi para UMKM dan UKM. Suksess jaya UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  12. Menyerahkan segala urusan pada ahlinya emang gak salah. Bahkan dianjurkan Rasul. Begitu pula saat berkutat dengan masalah marketing di era digitalisasi Seperti sekarang, kontak redcomm emang jadi rekomendasi nih

    BalasHapus
  13. Hadirnya digital marketing agency membuat para UMKM melapangkan pangsa pasarnya. Karena digital marketing agency ini bisa membuat iklan yang jaringannya sangat luas, dan tak terbatas.

    BalasHapus
  14. Makin keren nih karena UMKM dan UKM Go Digital, jadi dagangannya bisa makin laris manis. Selain konsisten promosi, ternyata juga karena pake jasa digital agency Redcomm ya, teh. Jadi segala promo produk bisa lebih terkontrol, trus jaringan pun lebih luas.

    BalasHapus
  15. Semoga jangkauan digital agency semakin meluas dan banyak menjangkau UMKM terutama di kota-kota kecil.

    BalasHapus
  16. Awalnya kurang paham sama Redcomm, tpi pas dbaca detail berulang2 trnyata sangat mmbantu umkm bergerak dalam dunia digital. Keren ini

    BalasHapus
  17. Kalau UMKM Go Digital maka keberhasilannya bisa dengan mudah ditentukan
    Bahkan saya sendiri berniat memulai UMKM juga
    Masih memikirkannya

    BalasHapus
  18. Inget banget, awal-awal pandemi, semua jatuh terpuruk, termasuk UMKM.
    Dan kini, setelah tau rahasianya untuk Go Digital, maka bersama Redcomm sama-sama bangkit dan menjangkau pasar yang tanpa batas,

    BalasHapus
  19. umkm tuh harus benar2 fokus sm kualitas plus promosi digitalnya hrs kenceng biar gak ketinggalan dan kalah sm produk2 besar lainnya, dan disitulah peran digital agency yg bs jadi mitra kemajuan umkm

    BalasHapus
  20. Sekarang ini era digital. Konsumen juga udah jarang yang berbelanja secara offline. Dengan online, semua lebih mudah, hemat waktu dan tenaga bahkan kadang lebih murah karena ada promo. Produsen harus menyesuaikan dengan zaman, mau maju harus siap Go Digital. Belum bisa jalan sendiri, bisa pakai jasa digital agency

    BalasHapus
  21. Teknologi terus berkembang dan memengaruhi semua lini kehidupan, tak terkecuali untuk pemasaran.
    Jadi jika tidak mau berubah tentunya akan ketinggalan, terutama untuk UMKM, agar usahanya terus bertumbuh dan berkembang mau tidak mau harus go digital

    BalasHapus
  22. Susah kalo mau tetap non digital di zaman skr. Namanya bisnis ya harus mau ngikutin arus. Apalagi pembeli aja udh males kalo suatu toko ga ada website nya, atau at least jualan di marketplace lah. Bisa dibilang aku pun beli apa aja udh digital mba.

    Belanja pasar aja aku pake aplikasi titipku, sayurbox dll 😄.

    Udah ga tertarik kluar utk belanja langsung 😁. Dan pasti mindset pembeli udh nyaris begitu semua.

    UMKM yg ga mau berubah, dipastikan tergilas sih.. jadi mending dia mulai pakai digital agency buat digitalisasinya kalo ga bisa ngelakuin sendiri yaa.

    BalasHapus
  23. Udah banyak berita bahwa kemarin akibat pandemi itu yang bertahan UMKM dibandingkan perusahaan multinasional. Nah, sudah waktunya dong dibantu dengan digital marketing supaya makin maju...

    BalasHapus
  24. Zaman digital memang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan teknologi. Digital Agency yang sudah pengalaman 20 tahun sangat berpengalaman untuk membantu UMKM mengembangkan bisnisnya.

    BalasHapus
  25. Salah satu alasan pelaku UMKM tidak menggunakan platform digital adalah enggan untuk mempelajari, tidak melek teknologi. Padahal sebenarnya bisa menggunakan jasa digital agency ya

    BalasHapus
  26. Bermanfaat banget nih untuk UMKM, apalagi di era yg serba sosial media sekarang ini, biar pengusaha UMKM juga enggak gulung tikar

    BalasHapus

Posting Komentar