Kecanduan drakor? Lawan dengan Tanos Reading Challenge





Kecanduan drakor? Lawan dengan Tanos Reading Challenge - Drakor udah jadi hantu gentayangan di kehidupan saya beberapa bulan terakhir ini. Rasa kecanduan drakor ini melebihi ketagihan saya akan bakso, keju, Thai tea dan bobo siang, hihihihi. Saat santai, saya milih nonton drakor ketimbang tidur siang apalagi baca buku.
Ditambah sekarang ini drakor makin banyak yang baru - baru dan bagus pula. Soal aktor, Bae Suzy, Kystal, Choi Jin Hyuk, Lee Dong Wook, dan beberapa pemain terkenal lainnya yang bukan hanya akting tapi juga jalan cerita bagus banget. Mulai dari soal Zombie, perjalanan lintas waktu, konspirasi politik sampai kisah cinta dibalut penipuan.  Saya malah lagi marathon nih nunggu drakor terbaru. Sebut saja  Tale Of The Nine Tailed, Kairos, Search, Private Live, The Penthouse dan Start up.
Sebelumnya saya baru aja sedih karena  kisah Park Bo Gum udah tamat di Record Of Youth begitu pula kisah perjuangan seorang ibu yang di tuduh membunuh suaminya di Lies Of Lies. kesedihan saya itu terhibur dengan drakor baru yang bermunculan yang gak kalah seru, hahahaha.

Ampun kan kecanduan saya sama drakor ampe segitunyah???
Dulu sih saya hobi banget nonton film hollywood dan ogah nonton film lain. Tapi sekarang film hollywood kalo bukan Box Office rata- rata filmnya bikin ngeri dan pengen muntah. Genre horror, pembunuhan sampai psikopat merajalela. Ada sih yang menghibur, tapi gak bisa lepas dari scene wikwik. kan ya....males banget nontonnya! wkwkwk
Kembali ke soal membaca, saya sering sih membaca .... tapi buku cerita anak  yang saya bacain sebelum anak - anak  tidur atau saat mengajari Keenan belajar membaca. 
Tapi membaca buku pribadi dengan target pribadi, sudah lupa rasanya entah kapan terakhir saya baca buku dengan lahap. Masalah waktu me time yang sedikit dan efisiensi waktu untuk menghibur diri akhirnya drakor menjadi pilihan saya mengisi waktu istirahat saya.
Hal ini bukan tanpa akibat lho, ya itu tadi akibatnya yaitu jadi kecanduan drakor. Saya mau coba nih, melawan kecanduan drakor ini dengan  memaksa diri sendiri untuk membaca buku dengan bantuan  program Tanos terbaru, yaitu TANOS READING CHALLENGE. 
Selain karena kecanduan drakor, challenge ini juga di hadirkan agar kita paksakan diri kita setidaknya beberapa menit saja dalam sehari untuk membaca buku. Cuman 15 menit lho dalam 24 jam waktu yang kita punya dalam sehari, masa gak bisa? iya kaannn? anggap aja baca bukunya sambil nemenin anak main tanah, main dilapangan atau sambil nyuapin. Asal jangan sampai salah masukin nasi aja yang harusnya ke mulut ini malah ke idung saking terlalu fokus ke Hp! aku pernah soalnya kaya gitu! hahahahaha
Begitulah kira-kira pemikiran saya dan kak Renny waktu bikin ide challenge Tanos bulan ini.
Alasan seriusnya sih, udah jelas ya banyak banget manfaat dari membaca ini. karena membaca itu penting sekali bukan? Apalagi bagi kita yang mengaku seorang blogger atau penggiat literasi. Masa iya sih blogger tapi jarang baca buku?? maluu kan, hihihihi.

Pentingnya Membaca Buku


reading challengeTau gak, Siapa salah satu idola saya di dunia literasi ? adalah penulis buku fenomenal Harry Potter, Yaitu J.K Rowling. 

Kekaguman saya terhadap seorang J.K Rowling adalah karena kegigihan dan kejeniusan beliau dalam membuat kisah Harry Potter.

Saya sempat membaca kisah perjalanan seorang J.K Rowling bagaimana dia menjalani hidupnya sebagai seorang penulis sembari mengasuh anak semata wayangnya Jessica waktu itu. sementara dia seorang ibu tanpa suami. Saya yakin berat rasanya, tetapi J.K Rowling termasuk ibu yang gigih dan pantang menyerah. 

Keinginan J.K Rowling  begitu kuat untuk menjadi seorang penulis walau hidupnya bisa dikatakan ambyar secara emosional dan finansial. Sampai akhirnya dia merampungkan Harry Potter dan sekarang, menjadi penulis terkenal dan masih produktif menulis. Salah satu kesuksesan J.K Rowling adalah karena, ia tidak pernah malas untuk membaca dan saya yakin beliau akan melawan rasa malas membaca saat jenuh datang. 

That’s the point. Membaca bukan hanya sebagai sarana menambah pengetahuan tapi juga inspirasi dan beberapa point dibawah ini, yaitu : 

1.  Menjaga dan Mencegah Penyakit di Otak

Saat kita masih muda, otak masih memiliki sel - sel yang segar. Sementara semakin kita bertambah usia, tidak demikian.Membaca buku ternyata dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak seperti sering lupa, pikun sampai Alzheimer ( Penelitian oleh jurnal Proceeding of National Academy of Sciences pada tahun 2001 ). Dengan kita sering membaca buku maka mental daya ingat akan terangsang sehingga penurunan daya ingat akan berlangsung lebih lambat.

2. Membuat Rilex

Ada sebuah hasil  penelitian di Mindlab International, University of Sussex tahun 2009 yang menyatakan  bahwa membaca merupakan salah satu solusi mengatasi  stres. 

3. Memperpanjang usia

Sebuah riset di Yale University menyatakan bahwa meluangkan waktu 30 menit dalam sehari untuk membaca buku dapat menurunkan risiko kematian hingga 20 persen dalam 12 tahun ke depan. 

4. Mudah memahami perasaan orang lain

Membaca dapat diibaratkan seperti menyelam kedalam sebuah kisah dan ikut tenggelam di dalamnya. Hal ini secara tidak langsung dapat  memperkuat kemampuan untuk membaca pikiran. sehingga dengan kata lain,  membaca buku dapat menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan sosial dan rasa kemanusiaan. Yang mana, nilai kepekaan terhadap lingkungan dan kemanusiaan ini  menjadi penting untuk ditularkan kepada anak sejak usia dini.

Itulah 4 manfaat penting membaca baik bagi kesehatan maupun mental. Kalau buat saya pribadi sih, asyik aja gitu kalau udah membaca. Seperti masuk dunia lain dan kalau membaca buku yang mirip - mirip Mark Manson gitu suka jadi semangat dan terinspirasi buat hidup lebih baik. 

Tanos Reading Challenge

Jadi, seperti apa sih tantangan membaca ala Tanos kali ini? jadi caranya sangat sederhana sekali. 

Seperti yang saya sebutkan di atas, challenge ini hanya memakan waktu 15 menit aja dalam sehari. Buku apa aja yang harus dibaca? apa aja! Bebas! mau buku tentang keuangan, buku sekolah, majalah, buku cerita anak dan e book. bebas. asal bukan buku hutang ya, wkwkwkwk.

Setelah kita baca, lalu segeralah sombongkan diri dan congkak keseruan membaca mu di IG. Bukunya di foto dan diberi caption tentang pengalaman selama membaca, review buku, berapa lama baca dan berapa halaman. 

Hanya itu saja! mudah banget kan???



tanos reading challenge

tantangan membaca

hobi membaca

kecanduan drakor

hobi membaca buku

Seperti challenge sebelumnya, kali ini Tanos juga membuka partisipan bagi siapa saja yang mau ikutan tantangan ini. Biar apa sih pake acara mengundang peserta segala? ya biar seru atuh acara programnya. Lagipula, kebiasaan baik kan lebih baik kalo di sebarluaskan dan dilakukan bersama - sama. pasti besar manfaatnya.

Alhamdulillah nih, total ada 12 orang ( termasuk saya dan kak Renny ) yang bergabung dengan challenge ini. 


tanos reading challenge


reading challenge



Tunggu kabar dari saya dan partisipan yang lain setiap harinya ya. pasti seru nih. Oh iya bagi yang mau ikutan, boleh banget lho walau challenge akan kita mulai besok. 

Yuk, lebih giat lagi membaca dan tetep kecanduan drakor (*eh) hihihihi. Jangan atuh ya, gak apa - apa tetep nonton drakor juga tapi diminimalisir aja jangan sampai kecanduan drakor. Bagi waktunya dan berimbang. Agar membaca tetep bisa jalan.

Oia , bagi yang kepo kebangetan soal challenge ini, bisa cuzz meluncur ke IG Tanos.challenge  ya. Terus jangan kepo aja, tapi juga daftar ya, hihihi

Happy reading ya. 

Tulisan ini ikut serta dalam Minggu tema : MELAWAN 

yang diadakan oleh Komunitas 1 Minggu 1 Cerita


28 komentar:

  1. Waaah challenge-nya semakin banyak dan seru mba Eka, semoga tambah ramai yang ikutan 😍

    Saya pribadi masih suka baca buku tapi nggak bisa serutin mba Eka setiap harinya. Jadi belum pede untuk ikutan challenge hahaha 🤣 Ide mba Eka dalam proyek Tanos Challenge ini semakin keren. Nggak sabar lihat challenge lainnya 😆

    Lancar selalu, mbaaa 💕

    BalasHapus
  2. Wow, Jk Rowling ya teh, mantap skalii.. Kegigihannya memang luarbiasa dia itu :D

    Sukses buat TANOS READING CHALLENGE nya ya teh. Semoga makin banyak partisipannya. Semangat!

    BalasHapus
  3. masyaAllah keren bgt sih program tanos, semoga berkah dan sukses ya programnya teh eka..penting bgt buat booster kita membaca nih challenge begini

    BalasHapus
  4. dulu sempat mengira JK Rowling itu seorang lelaki, eh ternyata perempuan ya. Jadi pingin ikutan challenge ini biar bisa produktif nulis juga.

    BalasHapus
  5. Apalagi buat blogger, buku ini ibarat amunisi ya. Semoga program TRC kali ini berjalan lancar dan yang terpenting adalah kebiasaan ini bisa kita bawa sesudah challenge berakhir.

    BalasHapus
  6. Aku masihan kecanduan anime mbak, cuma emang gak sampai maraton sih nontonnya. Pengen banget ikut challenge Tanos biar makin banyak wawasan ilmunya. Eaaaa..

    BalasHapus
  7. Mantepp banget nih ka Ekaa. Aku sendiri juga punya goal untuk kelarin 1 minggu 1 buku minimal.
    Karena salah satu amunisi kita sebagai penulis ya banyak baca hihi.
    Drakor sampe ngga kesentuh deh kalo udah nagih baca. Dijamin.
    Keren banget programnya, keep it up kak ekaaa ❤️

    BalasHapus
  8. Keren banget nih si Tanos, euy! Memang semua hal yang terlalu candu itu gabaik ya mbak, haha. Akupun yg terlalu tenggelam dalam dunia drakor kadanh naik-turun mau baca, ada aja alesannya

    BalasHapus
  9. kalo lagi kecanduan baca tapi suka nggak mood buat nulis, ternyata aku tuh nggak bisa multitasking ya sekarang nih.

    Tapi untung cma 15 menit aja. Semalam udah baca tapi kelupaan buat posting nih. semoga beneran bisa konsisten yaa.

    BalasHapus
  10. Dengan bangga dong aku ikutan hehe, karna udah lama banget gak baca buku, sekalinya baca lagi itu kayak melepas rindu gitu loh.. ih seneng banget rasanya, bingung ngungkapin dengan kata2nya hehe

    BalasHapus
  11. Aku banget nih sekarang mulai lagi kecanduan sama drakor. Bener kata mba eka kaya hantu gentayangan 🤣🤣🤣 gda abisnya kalau udah nonton.


    Baca buku emang harus di paksain dulu ya mba. Biar bisa terbiasa.

    BalasHapus
  12. Ngerasa pake banget nih sejak suka nonron drakor, jadi jarang baca buku. Sepertinya cocok nih ikutan tanos challenge? Karena biasanya hal kayak i=gini mesti dipaksakan dan ada yang suport.

    BalasHapus
  13. Haha, saya juga sering nonton drakor dan memang seru sih, aplagi pas lagi penat datang haha...selain drakor, film2 anime, kartun dan horor saya juga suka :D

    BalasHapus
  14. Awalnya penasaran, Tanos Challenge apaan sih? Eh tercerahkan pas mampir ke sini,.KAyanya seru banget ya mba Eka, apalagi kalo rame-rame. Kadang emak emang punya sejuta alasan untuk menunda baca buku, tapi nonton drakor ko bisa sempet hehe. Apalagi sekarang bacaan emak-emak jadi baca cernak sebelum bobo hehehe. Semangat Tanos!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Golongan bukan emak-emak juga punya sejuta alasan nunda baca buku kak, hahaha. Lebih doyan ngedrakor. Kayaknya kita kudu ngikutin program si Tanos nih

      Hapus
  15. Apa kabar beberapa buku yang masih plastikan. Niatan satuminggusatubuku, berubah jadi 2minggusatubuku, akhirnya pol sebulan kelar satu buku plus ngreview..Masih lumayan sih. Padahal ga kecanduan drakor , malah ga nonton kwkwkw (karena dah pernah kecanduan drakor parah dulu tahun 2000 an awal terus kapok gamau kecanduan lagi. Keren TANOS euy! Ikutan ga ya...

    BalasHapus
  16. Waaw...aku belum kesampaian ikut challenge yg ini. Masih walkingchallenge nih. Ada nih beberapa buku yg udh dibeli, tapi belum dibaca. Wkwkwk...

    BalasHapus
  17. Enaknya bisa nontin drakor. Hehe... Alhmadulillah ya mba... Nonton drakor itu asyik dan candu. Sekarang aku punya bayi dan mencoba fokus blogging bikin ngga sempet nonton drakor. Jangankan drakor, satu film berdurasi 2 jam pun tidak.

    Pertanyaannya, sekarang bisa nggak yah ikutan Thanos Challenge? Layak dicoba nih. Menarik. Kan hanya 15 menit tuh. Semangat!

    BalasHapus
  18. Toss dululah kita, Mbak. Aku ini udah jadi pecinta drakor sejak zamannya drama Jang Geum, jadi ga kehitung lagu jumlah drakot yg aku tonton. Tentang drama atau film dari hollywood kurang lebih kita sependapat niih. Enggak tau kenapa aku masih bisa menoleransi adegan roman di drakor, tapi tidak untuk drama holywood. Wakaka. Bapernya lebih dapat di drakor deh kalo aku.

    BalasHapus
  19. ikuuuuut... aku suka buku dan punya akun ig khusus bookstagram. pas banget nih ada temen yang punya hobi sama. pasti daftar kak. ah jadi tertantang nih ikutan tanos chalenge.tungguin yak...

    BalasHapus
  20. Wah, sepertinya seru nih, tanos reading challenge. Kalau semisal saya mau ikutan, caranya bagaimana? Saya kalau sudah membaca malah lebih nyandu lagi. Sebab kalau membaca saya benar-benar tidak ingin disambi dan diganggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya mudah mbak, tinggal isi formulir aja, nanti bisa langsung ikutan.Ditunggu yaaa

      Hapus
  21. Dulu pernah ikutan challenge seminggu satu buku, tapi nggak nerusin sekarang. Liat tanos challenge ini kok jadi tertarik ya

    BalasHapus
  22. Wah jadi pengin ikutan, itu tanggal 15 november udah berakhir ya kak? Apa masih bisa ikutan? Colek saya dong di ig @hd.kurniawan

    BalasHapus
  23. Yesss .. sudah hari terakhir dan alhamdulillah banyak yang ikutan. Semoga kebiasaan ini terus berlanjut ya.

    BalasHapus
  24. Keren lah ini, mbak-mbak yang kecanduan drakor bisa sejenak "melarikan diri" dengan adanya tantangan ini. Sukses buat agendanya mbak

    BalasHapus
  25. Yeeeyy. Suka banget dengan programnya mbaa. Kerenn. Keep it up. Aku sendiri jg sedang berjuang untuk baca minimal 1 minggu 1 buku. Heheh

    BalasHapus
  26. Saya malah mulai menjauh dari buku mbak, mau yang versi cetak atau elektronik.. hahahaha.. sepertinya saya sudah kehilangan cinta pada buku.

    Saya lebih banyak fokus pada ngeblog, atau ngepel, nyapu, dan sebagainya.

    Untungnya saya juga bukan pecinta drakor atau film. Rupanya semakin saya tua, semakin malas saya menonton film. Juga, ya itu tadi alasannya karena lebih suka ngeblog...

    BalasHapus