Tanos Reading Challenge Day 1





Tanos Reading Challenge Day 1. Hari ini saya gak enak badan. Batuk pilek di puncaknya. Jadi, seharian praktis dan saya gogoleran dan nemenin anak sambil nonton Drakor. Whaat!!!! Saya kembali menonton Drakor??? Dan bukannya baca buku? Elueh - eleuh, kabina bina ya saya! Wkwkwk

Maafkan saya, saya gak kuat nih lagi marathon Private Live udah eps 8, tinggal 2 episode lagi sambil nunggu si Drakor bersambung Minggu depan. Hahaha

Tapi, tentu saja saya baca buku dong. Tapi malem. Karena selepas ashar saya mulai beberes rumah setelah dari jam 9 pagi saya diem di kasur sambil sesekali cek sosmed dan blog sambil nonton Drakor.

Hari ini kakak mulai ngaji lagi di masjid. Karena covid, ngaji nya jadi hanya tiga kali seminggu yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Jum'at. Selesai mandiin kakak lanjut mandiin Kilan dan lanjut cuci piring dan mandi. 

Lepas isya, bantu Kakak belajar baca dan nulis. Setelah itu makan malam dan akhirnya jam 20.30 tiba, waktunya bobo. Dan me time saya akhirnya datang. Lanjut nonton Drakor? Gak lah! Kan udah tamat tadi siang, wkwkwk

Book Of Today


Hari ini, saya baca buku yang udah dibeliin Pak suami sejak bulan Juni lalu. Belum juga tamat dibaca karena sejuta alasan yang intinya, males! hadeuh! kok baca buku bisa males sih? iya, saya agak kurang excited baca buku beberapa bulan kebelakang karena udah lama juga saya gak baca buku. 

anak juga manusia



Terakhir saya baca buku sekitar akhir tahun lalu, buku karya Paulo Coelho berjudul Sang Iblis dan Nona Prym. Itupun buku milik Pak suami semasa kuliah dulu sebagai salah satu bahan mata kuliahnya. 

Jadi, buku apakah yang saya baca di Tanos Reading Challenge Day 1? Anak Juga Manusia karya Angga Setyawan . Saya tahu buku ini karena pengikut setiap akun IG Anak juga Manusia. Pernah ikut kulwap nya juga beberapa kali dan jadi tertarik aja kepengen beli bukunya. Karena saat itu saya masih bergelut dengan Inner child dan ghost parenting yang alhamdulillah sekarang sudah gak lagi. 

Saya mulai membaca pukul 21.40 sampai 22.00 ( sekitar 20 menit ) sebanyak 40 halaman sampai akhirnya tertidur karena ternyata ngantuk berat karena lelah beberes rumah tadi sore.

anak juga manusia



Buku ini disambut dengan testimoni dari beberapa orang terkenal yaitu artis Mona Ratuliu, Pendidik Munif Chatib dan Psikolog Aprilianto di Halaman pertama. Dilanjut dengan testimoni timeline nya akun twitter anak juga manusia. 

Lalu halaman berikutnya ada semacam kutipan yang mengingatkan bahwa anak adalah mahakarya Tuhan yang sempurna. Bagian ini agak menohok , oleh sebab itu bolehkah saya share ya kutipannya :


Anak - Anak
adalah Mahakarya Tuhan
Yang sempurna
Tidak ada yang pernah salah
dengan desain Tuhan
Semua anak terlahir suci.

Anak kita hari ini adalah serangkaian 
apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan
jangan bermimpi untuk mendidik anak - anak
dengan baik, jika kita tidak mengubah cara-cara kita 
dalam mendidik anak, yaitu mengubah cara-cara kita 
memperlakukan anak dengan lebih baik

jangan bermimpi untuk mengubah cara-cara kita 
dalam memperlakukan anak jika kita tidak mau 
mengubah cara kita dalam memandang anak
jangan bermimpi untuk mengubah cara kita 
dalam memandang anak, jika kita tidak mau BELAJAR


Prakata dari penulis juga cukup mendalam. intinya tentang di awal pernikahan, kebanyakan pasangan hanya berfokus pada persiapan pernikahan yang sempurna yang hanya akan diselenggarakan selama satu hari, tetapi lupa akan persiapan mendidik anak yang prosesnya akan dijalani seumur hidup. Akibatnya, banyak pasangan yang kebingungan saat menjadi orangtua pertama kali.

Buku ini terdiri dari 26 Bab yang setiap bab memiliki judul dan tema yang menghantarkan kita pada bagaimana sih seharusnya kita sebagai orang tua dan bagaimana sih seharusnya kita memperlakukan anak - anak kita dengan memahami mereka sebagai manusia yang berproses. 

Di hari pertama ini saya baru menghabiskan empat bab, dan rasanya sudah tidak sanggup melanjutkan membaca karena banyak sekali bahan evaluasi dan perenungan. banyak sekali poin yang harus dicatat dan selalu diingat. 

Itulah pengalaman dan review saya di hari pertama Tanos Reading Challenge. Bagaimana dengan pengalaman pejuang Tanos lainnya hari ini ya? Yuk Kepo kesereuan mereka di IG @tanos.challenge


Pejuang Tanos















Winner Of Today

Selamat untuk Kak Fanny, pemilik Blog D'catqueen sebagai pemenangn hari pertama. Menurut saya dan kak renny, ceritanya menarik dan menambah insight bagi kami yang ikut membaca review buku yang dibaca kak Fanny di hari pertama Tanos reading challenge. Selamat ya











3 komentar:

  1. Selamat Kak Fanny 😆😆 Keren banget mamak-mamak tanos 🤗 semoga terus semangat memberi manfaat dan mengajak pada hal-hal baik ❤️

    BalasHapus
  2. Seruuuu banget mba Eka, yang ikutan sepertinya giat membaca semua sampai panjang reviewnya. Mba Eka pun cool bisa baca 40 halaman 😍

    Semoga lancar sampai tamat ya, mba 😆💕

    BalasHapus