tips agar ilustrator sukses bersama QuBisa
Ilustrasi oleh artjoka ( media drawing pen dan spidol )




Aplikasi Siap Kerja QuBisa untuk ilustrator. Bicara soal impian memang sedap-sedap gimana gitu. Kadang bikin panas dingin dan kadang juga bikin males mikir. Apalagi untuk kita, yang udah gak muda lagi dan  masuk usia 40’an. Memikirkan impian rasanya membuang waktu dan sesuatu hal yang mustahil dapat diraih.  

Adakah diantara sahabat artjoka yang juga sebentar lagi memasuki usia 40-an seperti saya? merasa mandeg dengan karir yang gak bergerak maju?  merasa kalah bersaing dengan  generasi muda? 

Tenang, anda tidak sendiri, bersama saya yuk kita cari solusi bagaimana bisa lebih percaya diri Sehingga bisa bersaing dan sukses menjadi Ilustrator melalui Aplikasi Siap Kerja QuBisa.


Upgrade Skill Ilustrator Agar Siap Bersaing 


Saya percaya usia bukanlah penghalang kita dalam mengejar impian. Selama kita masih bernafas, semangat dan bertekad kuat kita pasti bisa meraih impian. Agar bisa lebih percaya diri dan mampu bersaing di era transformasi digital ini, maka kita akan membutuhkan senjata dan alat perang.

Senjata dan alat perang yang dibutuhkan adalah keahlian. Tanpa keahlian, kita akan tenggelam dan tertinggal. Kalah bersaing dengan generasi muda dan akhirnya menyalahkan keadaan dan usia. Terus drama deh nangis-nangis sambil curcol di sosmed, hehe.

Pentingnya Meningkatkan Keahlian


Sebetulnya sepenting apa sih memiliki keahlian? berikut beberapa pendapat para ahli pengembangan diri menganai hal ini.

1. Giblin dan Sailah (dalam Sucipta: 2009: 1) 

Keahlian  merupakan kunci menuju hidup yang lebih baik, sahabat lebih banyak, sukses lebih besar, dan kebahagiaan yang lebih luas.

2.  Elfindri, dkk (2011: 10) 

Keahlian merupakan dasar keterampilan dan kecakapan hidup yang menentukan keberhasilan seseorang

3. Kaipa dan Milus (2005: 3-6) 

Keahlian merupakan  kunci meraih kesuksesan. Keahlian diri yang terdiri dari  Komunikasi, kreativitas, kerjasama, komitmen, kecerdasan emosional, penyelesaian konflik, pengambilan keputusan, kemampuan presentasi dan integritas. 

Keahlian Yang Wajib Dimilki Ilustrator  Agar Percaya Diri dan Mampu Bersaing


1. Keahlian Dasar Seorang Ilustrator 

Seorang Ilustrator tentu dong harus punya keahlian menggambar. Untuk memilki keahlian menggambar maka ilustrator harus memahami teknik dan dasar menggambar, memahami unsur dan komponen seni dan hal yang berkaitan dengan teknis. Bagaimana caranya agar kita punya kemampuan ini? Latihan dan belajar.

2. Memahami Kemajuan Inovasi Teknologi

Inovasi dan transformasi teknologi saat ini bergerak sangat cepat dan seakan tanpa jeda. Seperti inilah dunia bekerja saat ini. Jika kita ingin mengejar impian kita menjadi ilustrator sukses di era ini, maka mau tidak mau kita harus bisa bertahan dan bersaing.

Bagaimana cara bertahan dan bersaing? awali dengan memahami cara kerja transformasi digital. 

Contoh sederhana, saat ini tren ilustrasi bergeser ke arah ilustrasi digital. Hampir semua ilustrator seakan akan beralih menjadi seniman digital. Aplikasi menggambar digital hingga tablet drawing mulai bermunculan. Sebetulnya hal ini sudah pasti akan terjadi dan wajar.

Ketika tablet drawing belum muncul, seniman menggunakan media konvensional seperti krayon, cat air, cat minyak, spidol dan lain sebagainya. Brand seperti Reeves, Winston, Derwent, hingga Copic selalu menjadi incaran para seniman. Bukan tanpa alasan memang, karena brand tersebut digunakan oleh ilustrator dunia, berkelas dan hasilnya memang memukau.

Akan tetapi, tranformasi digital jangan di lihat dari segi inovasi alat perang saja, tetapi juga keahlian khusus si Ilustrator itu sendiri.

Misalnya nih, kita berniat untuk mempertahankan gaya melukis kita yang konvensional dan penganut mazhab manual, berarti kita membutuhkan keahlian lain seperti personal branding dan strategi marketing. Bagaimana caranya agar karya kita sampai kepada netizen dan perusahaan atau brand agar mereka tahu kalau kita itu ada. Kita adalah seorang seniman dengan karya yang orisinil dan berbeda. Untuk itu diperlukan upgrade keahlian khusus kita dong ya.

Lantas timbul pertanyaan, kita harus belajar mengenai strategi marketing dan personal branding dimana? 

Terkait hal ini, tentu kita perlu belajar langsung kepada ahlinya. Saya sendiri mencoba browsing mencari platform satu pintu yang menyediakan semua kebutuhan untuk meningkatkan keahlian. Pencarian saya bermuara pada aplikasi siap kerja QuBisa.

Awalnya saya pesimis dan julid lho. Saya merasa aplikasi seperti ini biasa aja, gak ada yang istimewa dan paling - paling menawarkan kursus yang meski topiknya kelihatan menarik tapi harganya selangit. Mana mampu saya membiayai kursus dengan harga selangit di masa pandemi begini? duh terusin lihat - lihat situs QuBisa gak ya? begitu pikir saya. Dan ternyata...

Kejutan Yang Jumlahnya Tak Terhingga Dari QuBisa


Ternyata, julid di awal itu gak baik, hehe. Belum juga dilihat udah julid duluan. Mau tau dan kenal gimana dong ya. Setelah saya buka situs QuBisa saya merasa sudah menemukan satu platform yang lengkap untuk meningkatkan keahlian saya. 

QuBisa adalah aplikasi belajar online  yang menyediakan berbagai macam fasilitas yang dibutuhkan bagi mereka yang bersiap memasuki dunia kerja, bersaing di dunia kerja dan berminat untuk belajar meningkatkan kemampuan mereka. 

Platform QuBisa dapat kita akses langsung di situsnya melalui PC atau Laptop dan juga dengan cara mendownload aplikasinya agar terpasang di smartphone kita. Jangan lupa daftarkan diri untuk mendapat semua fasilitas dari QuBisa.

Dan berikut saya paparkan hasil riset saya mengenai kelebihan dan kekurangan dari QuBisa.


download aplikasi QuBisa
Aplikasi QuBisa di Smartphone



situs belajar online siap kerja QuBisa
Platform QuBisa di Laptop



Apa aja sih kelebihan aplikasi siap kerja QuBisa? Ada program apa aja yang ditawarkan QuBisa? Berikut hasil survei saya. 

1. Webinar dan Video Gratis


QuBisa memiliki banyak program dan kelas yang cocok banget untuk upgrade skill. Saya sendiri sudah mengikuti tiga kelas gratis di QuBisa. Selain gratis, webinar ini materinya daging semua dan bahkan bersertifikat lho!!

Pertama, saya ikut kelas pengembangan diri bersama psikolog terkenal dan gaul abis yaitu kak Aurora Isabelle pada hari Kamis, 25 Nov 2021 dengan topik Manipulative Behavior - (Pahami, Kenali & Berhati-hati)

webinar gratis QuBisa
Webinar gratis dari QuBisa



Kedua, Copywriting: Cara Ampuh Menjual dengan Tulisan! oleh kak Farchan Noor Rachman

Ketiga, Indonesian Cases of Digital Transformation and Impact on National Competitiveness yang dibawakan oleh narasumber idola saya yaitu Pak Gita Wirjawan dan juga David Rogers.

Selain kelas webinar gratis, QuBisa juga menyediakan video motivasi dan upgrade skill yang bisa ditonton gratis dan juga berbayar ( yang mana ini banyak sekali sampai bingung mana yang mau ditonton duluan, hihihi ) . Semua isi webinar dan video nya gak kaleng-kaleng! daging semua. 

Saya jadi tau gimana harus bertahan dan bersaing di dunia kerja di bidang saya dengan dengan tetap memegang prinsip saya dan tetap fokus pada tujuan utama saya tanpa memusingkan pikiran negatif dan perasaan insecure yang kerap muncul. Bukan cuek tanpa arahan ya, proses evaluasi dan memecah pokok permasalahan tetap saya lakukan agar pondasi percaya diri terbentuk.

2. Harga Webinar Kursus Bervariasi


Soal harga kursus dan webinar gimana? ternyata  murah kok mulai dari 0 - 50 Ribu hingga yang termahal yaitu 750 ribu. Setelah saya cek, kursus yang mahal itu ditujukan untuk posisi atau bidang pekerjaan high level di sebuah perusahaan. Jadi menurut saya ya harga segitu layak lah.

3. Peluang Mencari Cuan Bersama QuBisa


Ini sih program yang inovatif ya menurut saya. Sebagai pengguna baru yang masih mengandalkan kursus, webinar dan menonton video gratisan sampai semangat loh nonton dan ikutan semua programnya demi mendapat poin. Emang dapet apa sih dengan mengumpulkan banyak poin? males juga deh ngumpulin poin tau-tau angus deh? eit jangan julid dulu.

Ibaratnya seperti orangtua yang ngasih semangat sama anak-anaknya untuk giat belajar dengan memberi rewards atau imbalan kalau mau belajar, ya seperti itulah QuBisa. Menurut saya ya poin ini semacam penghargaan bagi pelanggan yang mau belajar dan upgrade skill dengan mengikuti kursus, webinar dan menonton video yang disediakan oleh QuBisa bahkan yang gratis sekalipun!

Hadiah utamanya Liburan ke Belitung, lalu ada smartphone dan saldo gopay mulai dari 100 ribu sampai 200 ribu. Uwow banget kan ya.


Golden PoinQu QuBisa
Golden PoinQu QuBisa

Belajar bersama, cari cuan bersama QuBisa
Belajar bersama, cari cuan bersama QuBisa

PoinQu QuBisa
PoinQu QuBisa



Selain ngumpulin poin, QuBisa juga mengajak kita join affiliate dengan memberikan kode referral kita kepada teman-teman melalui program Belajar Bareng, Cuan Bareng. Kita akan mendapat referral fee 10% dan temen kita dapat diskon 50% untuk fasilitas QuBisa yang berbayar. Mantap kan ya.

4. Program Yang Mendukung Keahlian Dalam Menghadapi Dunia kerja Di Masa Transformasi Digital


Gak bisa di pungkiri, kemajuan teknologi  digital terjadi secara besar-besaran bahkan masuk ke segala bidang dan aspek kehidupan. Mau tidak mau kita harus adaptasi atau bertahan melalui perubahan ini. Apalah jadinya kita generasi milenial yang gaptek dan kurang skill bertahan di era transformasi digital? Oleh sebab itu, upgrade skill menjadi hal yang diperlukan.

kursus yang disediakan QuBisa

webinar dan kursus yang disediakan QuBisa

Berbagai program webinar dan kursus yang disediakan QuBisa
Berbagai program webinar dan kursus yang disediakan QuBisa



QuBisa menyediakan banyak program yang mendukung upgrade skill kita terkait hal ini. Bukan hanya untuk kaum milenial tetapi juga kamu generasi Z yang saya yakin pernah atau sedang mengalami masa ketidakpastian menghadapi masa depan setelah lulus kuliah. Gak tau mau ngapain, gak tau mau kerja dibidang apa, gak punya skill bersaing, gimana cara bertahan di tempat kerja.

QuBisa memiliki program yang sangat peduli terhadap kesuksesan mereka yang hendak memasuki dunia kerja. QuBisa punya program goes to campus, Sukses Milenial, Digital Milenial, Siap Kerja dan Pengembangan Karir. 

Sudah Siapkah Saya Bersaing Meski Sudah Tidak Muda lagi?


Tentu dong! Saya sudah menemukan solusi bagaimana agar dapat bersaing di era digital seperti sekarang ini, belajar dan upgrade skill bareg QuBisa.

Terkait perasaan gak pede saya karena faktor usia, saya gak lagi insecure kok. Saya malah teringat kisah penemu KFC, Harland David Sanders yang baru bisa menemukan resep ayam goreng renyah yang terkenal seantero dunia ketika mulai memasuki usia 40-an? ternyata bisa kan? Kalau Ingat Kisah Colonel Sanders saya jadi semangat dan yakin kalau saya juga bisa sukses seperti beliau.



ilustrasi pribadi @artjoka_illustrations


Saya memang belum menjadi ilustrator buku anak, belum dipinang brand dan belum disponsori brand tertentu terkait karya ilustrasi saya. Tapi saya bersyukur karena masih bekerja di perusahaan clothing yang sudah hampir 7 tahun bekerja dengan saya, membantu komunitas dalam hal penyediaan komunikasi dan desain visual, membuat cover buku , itupun bagi saya adalah sebuah kesuksesan. 

Saya yakin masih bisa dan akan melakukan banyak hal lagi dengan bantuan aplikasi siap kerja QuBisa. 



Materi Desain dari QuBisa




Saya udah memaparkan kelebihan, kekurangannya apa nih dari QuBisa? bagi designer dan ilustrator seperti saya masih merasa kurang mendapat materi dari QuBisa. Bukan soal upgrade skill secara personal ya tapi dari segi skill teknik, seperti belajar sketching, membuat design atau graphic design dan personl brand yang langsung menyasar  ilustrator atau designer. 

Hanya itu saja sih, selebihnya suda TOP BGT alias top banget. 

Oh iya, hampir lupa. Selain program di atas, QuBisa juga ngadain lomba blog loh. Langsung aja kunjungi situs QuBisa untuk detailnya. Hadiahnya lumayan loh. Siapa tau menang dan bisa beli tablet drawing kan ya, hehehe.

Salam Mengajar Impian,
Artjoka

36 komentar:

  1. Jujur akutuh salfok sama ilustrasi buatannya teh eka. Cantik banget. Masih bisa ikutan gak ya lomba blognya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Rinaaaa, masih bisa kak sampai tanggal 10 Desember. yuk yuk ikutan masih ada waktu

      Hapus
  2. Wah, ini lomba blognya sampai tanggal 10 ya, berarti masih bisa seminggu lagi ya mb. btw keren, mba, ilustrasinya

    BalasHapus
  3. Kak Eka.. itu design ilustrasi di atas beneran keren tauuuu..
    Udah kayak illustrator profesional. Bahkan kalo dibilang kak Eka gak pede saya jadi merasa, 'masak sih?' keren banget karyanya kak.

    BalasHapus
  4. Teh Ekaa.. aku tuh selalu sukak sama ilustrasinya.. Jabarannya juga kumplit beud..makin semangat menggambarnya kalo ikutan Qubisa ya, teh.

    BalasHapus
  5. KEren banget kak Ekaa, ternyata di QuBisa juga ada yahh untuk ilustrator masyaAllah super lengkapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya aku kira cuma pelajaran2 biasa lho mbak? Haha.. ternyata luar biasa.

      Hapus
    2. Nah iyaa sama, tapi ilustrator juga termasuk salah satu ranah pengembangan diri juga ngga sekadar hobi atau passion yang statis ilmunya yaah kak

      Hapus
  6. Wah keren banget sih qubisa, bisa belajar apa pun di app ini, termasuk utk ilustrator

    BalasHapus
  7. Saya suka banget dengan gambarnya Kak, apalagi ini dipelajari dari aplikasi QuBisa ya? Kapan2 pengen kolabs dengan Kak Eka, aku nulis ceritanya, Kak Eka bikin ilustrasinya terus dijadikan e-book deh.

    BalasHapus
  8. Wow serunya ternyata aplikasi QuBisa mengkombinasi keahlian dan dunia digital sebenarnya. Pasti keahlian makin canggih.

    BalasHapus
  9. ah iya, profesi sebagai ilustrator sangat menjanjikan ya kak
    Skill nya bisa diasah di Qubisa

    BalasHapus
  10. Setuju dengan tulisan kak Eka. Keahlian memang membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam segala hal. Faktanya, tak sedikit orang yang memiliki keahlian khusus bisa lebih mencukupi apa yang menjadi kebutuhan dalam hidupnya. Apalagi, punya banyak keahlian.

    Termasuk salah satunya dalam dunia kerja. Semoga aplikasi qubisa ini bisa lebih menjadi sarana pendorong semua orang agar terus mengasah keahlian miliknya, bahkan memiliki keahlian baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran pengen donlot qubisa, kira2 saya mau bwlajar apa ya?

      Hapus
  11. Keahlian memang jadi bekal sesesorang untuk bertahan hidup dan terus berkembang. Salut sama Qubisa yang membuka akses untuk orang-orang bisa menambah keahlian

    BalasHapus
  12. Sepertinya kudu bertanya juga pada diri sendiri, apakah saya siap menghadapi zaman yang seperti ini meskipun endak bisa dikatakan sebagai anak muda. Butuh aplikasi Qubisa untuk meningkatkan pengetahuan dan skill.

    BalasHapus
  13. saya menyarankan fresh graduate juga menggunakan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

    karena ilmu yang mereka dapat dari sekolah universitas terlalu teoritis

    BalasHapus
  14. Mba Eka ilustrasinya bagus banget, jadi salfok saya wkwwkwk
    anyway Qubisa ini memang platform yang serba bisa yaa, apapun yang mau kita pelajari ada disana, baik soft skill maupun hard skill


    BalasHapus
  15. aplikasi belajar mandiri yang enak banget, aku juga udah download qubisa ini kak, ada banyak pilihan topik yang menarik buat dipelajari.

    BalasHapus
  16. Wahh seminar gratis yg diadakannya trus kalo beruntung dapat juga dapat kejutan dari QuBisa jalan2 ya kak. Oiya, sbg fresh graduated aku mau coba ah app QuBisa ini biar lebih upgrade skillnya...

    BalasHapus
  17. Harga kursus tertinggi mencapai 750 ribu memang masih worth untuk media online/aplikasi. Soalnya kalau event pelatihan/diklat/kursus secara offline itu biayanya mencapai jutaan rupiah/orang/day. Kebetulan pas saya kerja di bank memang ngurusin divisi pendidikan, jadi cukup ada gambaran bagaimana budgeting untuk sebuah pelatihan itu.

    BalasHapus
  18. iyaa mbaa, emang yaa tak terbatas banget nih knowledge dan skill set yang ditawarkan di QuBisa, tinggal cari aja mau upgrade skill apa dan ikuti kursusnya, aku pun udh ikutan kursus yg public speaking sama video editing. Next, aku mau explore digital marketing hihi

    BalasHapus
  19. Qubisa ini keren bisa terus upgrade skill. Itu karyanya mba keren banget

    BalasHapus
  20. iya, QuBisa ini emamg tempatnya kursus online terbaik ya kak
    aku juga sudah ikutan kursus online di Qubisa ini

    BalasHapus
  21. Kayaknya aku butuh deh soalnya memang namanya baru terjun lagi ke dunia blogging jadi banyak yg perlu dipelajari, apalagi tentang personal branding dan kawan2nya. Kelas2 kayak gt kadang susah cari narasumber yang beneran informasinya mudah dipahami.

    Btw, ilustrasimu cakep bgt kakk 😍

    BalasHapus
  22. Eh di Qubisa belajar gratis aja bisa dapat hadiah ya? Jadi pengin kepoin kelas lainnya. Kemarin sempat ikut kelas belajar motretnya.

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah coba ilustrator sih. Paling photoshop doang. Powerpfull banget sih buat bikin grafik.

    BalasHapus
  24. keren ilustrasinya udah kayak ilustrator profesional, aplikasi qubisa ini lengkap banget ya sampai ada ilustrasi juga waahh

    BalasHapus
  25. Serius mba Eka hampir 40? Tapi masih awet muda nih. Aku pun sudah 40 tahun tapi memang dulu sempet merasa harus punya sesuatu yg bisa jadi bekal di masa tua. Alhamdulillah sudah punya blog,skrng.

    BalasHapus
  26. Mba Eka nih emang gambarnya keren-keren deh. Sekarang bisa meningkatkan skill dengan kursus online gratis di QuBisa ya. Saya juga udah nyicipin nih materinya.

    BalasHapus
  27. wah, Qubisa memfasilitasi sekali ya mb. materinya juga bisa diakses gratis. aku belum pernah buka app nya, jadi penasraan nih.. bisa belajar banyak pasti di sini!

    BalasHapus
  28. Suka banget dengan aplikasi ini. Jadi tahu hal-hal baru yang menarik tentang pengembangan diri dan skill

    BalasHapus
  29. AKu suka dengan gaya ilustrasi Kak Eka yang unik dengan permainan warna yang tidak banyak tapi serasi dan apik. Btw Qubisa ternyata banyak juga ya kelas gratisnya.

    BalasHapus
  30. ah iya, QuBisa ini emang banyak banget ya kursusnya mbak
    Bahkan buat ilustrator pun ada

    BalasHapus
  31. keren teh, jadi makin terasah ya skill nya dg mudah dari mana aja kapan aja lewat Qubisa, mantap nih

    BalasHapus
  32. Sejak awal kenal Artjoka, udah jatuh hati sama ilustrasinya yang keren dan unik. Mungkin karena aku gabisa desain dan gambar kali ya kak, jadi bener-bener takjub sama ilustrator. Mereka luar biasa hebat. Wah, jadi pengen belajar bareng QuBisa juga nih

    BalasHapus