Word Games di Solitaire.org Bikin Anak Jago Bahasa Inggris

Word Games di Solitaire.org Bikin Anak  Jago Bahasa Inggris
Free pic from  unsplash



Bicara soal games, siapa sih yang gak suka main games? gak terbatas usia dan generasi ya, semua suka banget mainin games. Sampai yang jadi addict juga banyak, mirisnya kadang terjadi di kalangan anak dan remaja. Apakah addicted games pada anak - anak dan remaja buruk? 

Tentu, sebagai orangtua kita harus cari solusi yang tepat dan sesuai dengan karakter anak. Memilih games yang bisa menghibur sekaligus mengedukasi. wah emang ada ya games yang begitu? ada dong!

sebelum saya bahas lebih lanjut, saya pengen bahas dulu manfaat bermain games untuk anak.

Dampak Games Terhadap Anak - anak


Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, berikut beberapa poin manfaat bermain games untuk anak. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Menumbuhkan sifat pantang menyerah pada anak
  2. Belajar mengendalikan emosi
  3. Belajar hal baru
  4. Belajar Bahasa baru ( inggris misalnya)
  5. melatih anak menyelesaikan sebuah permasalahan
  6. Melatih daya ingat
  7. Meningkatkan kreativitas
Tetapi layaknya koin yang memiliki dua sisi, maka games juga tentunya punya dampak negatif jika menyebabkan kecanduan terlebih pada anak - anak dan remaja. Berikut beberapa poin dampak negatif dari berbagai sumber :
  1. Malas bergerak
  2. Malas belajar
  3. Malas bermain di luar ruangan
  4. Cenderung mudah berperilaku agresif
  5. Cenderung Malas makan
  6. Cenderung lupa waktu
Melihat dua sisi dampak dari main games cukup bikin worry ya. Termasuk saya yang sekarang, anak pertama saya sudah mulai addicted sama yang namanya games. Games apa sih yang bikin Keenan, anak pertama saya segitu addicted-nya? you know lah, games yang lagi viral dikalangan anak-anak sekarang yang tembak-tembakan itu.

Dari semua poin dampak negatif yang saya sebutkan diatas, Keenan hampir mengalami semuanya. Kecuali poin 2 dan 5. Sebagai emak yang peduli terhadap perkembangan anaknya, tentu saya gak bisa tinggal diam dong. So, saya harus putar otak cari solusi gimana caranya biar Keenan gak terlalu addict main games yang lagi viral.

Langkah nyata saya biar Keenan Gak Ketagihan main Games Viral


1. Larang keras main games yang lagi viral

Ini agak - agak gampang tapi susah ya. Semua usaha di poin ini sangat bergantung pada mood dan kegigihan kita para emak. Tegakah melarang? mau ribet dan tegas tiap hari untuk kasih tau anak untuk gak mainin games viral itu? harus diperdalam dan hayati dulu. Apalagi buat emak yang kadang gak mau ribet sama rewel anak dan main kasih sodorin aja hp dan laptop buat main games selama anak anteng.

Kalau saya pribadi, ya tegas MELARANG. saya uninstall dan kalau Keenan berani - berani main games di hp neneknya atau babahnya atau ngikut di hape temennya saya tega buat mendisiplinkan Keenan. Ini buat kebaikan dia.

2. Kasih tau games apa saja yang boleh di download atau akses

Saya gak se-galak di poin 1 kok sama Keenan. Meski tegas dan tegaan, saya tetep kasih solusi dong. Saya kasih tau Keenan boleh main games apa aja dan udah nge-warning kalau mau download games harus ijin dulu. Saya juga ajak Keenan lihat game di laptop yang bisa dimainkan.

Salah satu games di laptop yang saya kasih Keenan adalah games di Solitaire.org . Wait ya, dibawah nanti saya jelasin kenapa saya sodorin games ini buat Keenan.

3. Tegas soal waktu pegang hp atau main games di laptop

Ini mah udah poin wajib ya walau kadang saya masih suka lost juga. Apalagi kalau saya lagi kerja di laptop atau di hp yang gak bisa diganggu dan terpaksa kasih anak-anak hape biar anteng.

Hey, i’m not idealistic mother anyway, hihihi. i do what i have to do. Semua kebijakan tergantung situasi dan karakter keluarga ya. kalau memungkinan ada screen time buat gadget ya monggo dilaksanakan, tapi kalau gak cocok ya gapapa juga.

Intinya, saya bebasin anak-anak main hape yang entah untuk main games atau nonton youtube setelah selesai makan, ngaji, belajar dan main bareng.

Kenapa Saya Sodorin Keenan games di Solitaire.org?


Sokitaire.org games untuk anak


Alasannya sederhana sih, karena games di Solitaire.org bikin anak jadi kreatif dan gak bikin ketagihan. Apalagi Keenan lagi pengen bisa bahasa inggris, games di Solitaire.org bisa banget saya pakai sebagai media untuk Keenan belajar bahasa inggris juga.

Jadi, Solitaire.org ini situs games online gratis yang gak perlu di download. Cukup akses aja situsnya secara gratis. Di Solitaire,org tersedia banyak games yang menurut saya adalah jenis games sederhana, ringan dimata dan mudah dimainkan terutama untuk anak-anak. Games di Solitaire.org bisa dimainkan oleh prang dewasa dan anak-anak. Games di Solitaire.org ini sejenis flash game. game dengan format grafis yang sederhana dibuat oleh software adobe.

Buat kita orang dewasa, bisa mainin games solitaire, mahjong dan kartu. Sementara untuk anak ada beberapa games yang saya yakin gak bikin ketagihan tapi menghibur dan malah bikin anak kreatif. Apa aja games ya? cekidot dibawah ini ya.

Games Word Di Solitaire.org Bikin Anak Jago Bahasa Inggris


Solitaire.org menyediakan 7 jenis games. Diantaranya adalah solitaire, card, mahjong, hidden object, match 3, Logic puzzle dan words. 

Di setiap jenis games ini dibagi lagi dan kita bisa milih mau jenis games yang mana. 

7 Games ini punya anakan, sekitar 7 - 8 games turunan. Yang membedakan satu dan yang lainnya adalah grafis nya. Ada yang berbeda backgroundnya, papan permainan, pilihan animasi dan bentuk. Saya breakdown ya games nya apa aja.

  1. Solitaire : Classic, Klondike, Spider, Freecell, Pyramid, Tripeaks, Golf
  2. Card : Blackjack, Crazy Eights, Euchre, Gin Rummy, Hearts, Splice and malice
  3. Mahjong : Solitaire, 3D , Animal Connection, China, Cooking, Golden autumn, Panda
  4. Hidden Objects : Castle, China, Circus, Garden, Hotel, Kitchen, Pirate, princess
  5. Match 3 : Candy Fiest, Candy House, Same game, Treasure Atlantis, Zuma Ball, Zuma Legend
  6. Logic Puzzles : Battleship, Chess, Crossword, Minesweeper, Nonograms, Sokoban, Sudoku, Tetra Blocks
  7. Word : Crosswords, Word Search, Letter Logic, Latter Scramble, Wordoku

hidden object games

Hidden Objects games di Solitaire.org

zuma legend solitaire.org
Zuma legend games di Solitaire.org


candy fiesta games solitaire.org
Candy Fiesta games di Solitaire.org



Lumayan banyak ya bikin bingung mau mainin yang mana buat anak. Aku sih saranin Keenan main Zuma awalnya, buat mancing rasa penasaran dia. Dan ternyata Keenan suka, katanya seru. Belajar mengatur strategi juga buat nembakin bola nya dan dapat poin lebih banyak.

Setelah Zuma, saya ajak Keenan main sekaligus belajar bahasa inggris di word games. Pas banget sih timing nya dengan munculnya keinginan Keenan bisa bahasa inggris. Jadi, saya ajak dia main games word. Banyak tuh kan ya turunan games nya. Dia paling suka main Crossword dan Word Search. Belajar kosakata dan nebak-nebak gitu. Lagipula, lewat game ini juga saya emaknya jadi refresh lagi kosakata atau vocab bahasa inggris loh, wehehe.


crossword games solitaire.org

word games di solitaire.org
Word games solitaire.org



Belajar bahasa inggris sekarang jadi lebih asyik, seru, mudah dan gak ngebosenin. Selain bisa memilih jenis games di WORD, juga memilih pakai musik atau mengatur besar kecilnya volume. Jadi makin asoy sih main game nya.

Terus Keenan jadi ketagihan gak nih sama game di solitaire.org? Masih main di hp gak? skill bahasa inggrisnya gimana? meningkat?

Soal ketagihan game di Solitaire.org gak dong. Setelah menyelesaikan satu papan permainan biasanya udahan. Secara gitu ya buat nyelesein satu papan aja udah cape mikir kan, hehehe.

Masih main di hp gak? ya masih lah! Solitaire,org kan bisa dimainkan di browser hp juga, jadi kalau laptop saya pakai ya Keenan mainnya di hp, hehe.

Kalau ditanya soal skill bahasa inggris, ya ga langsung bisa juga atuuhh buibu, hehe. semua butuh proses and so far dia jadi tau beberapa kosakata bahasa inggris sehari-hari.

37 komentar:

  1. Aku juga tipe yg ngizinin anak main hp mba. Dua dua nya punya, tapi pastiiii dengan aturan semuanya. Dari awal aku udh tekanin, kalo hp utk main games, hanya bisa mereka buka weekend. Jadi hari2 lain itu aku pegang . Dan skr juga ada aplikasi family link toh, di mana aku bisa kontrol penuh hp anak2. Bisa aku matiin dari jarak jauh juga, dan mereka g akan bisa buka lock nya.

    Termasuk games2 yg ada di solitaire ini, aku sukaaaa. Seneng sih pas tau di awal, ada games solitaire lagi, ada mahjong jugaaa. Itu games yg dulu srg aku mainin. Asik Krn ga perlu download. Naaah beberapa games yg cocok buat anak2, aku jadiin buat permainan bareng. Kayak word search jadi kompetisi cari kata bareng. Yg menang dikasih hadiah :D . Mereka jadi semangat sih, dan bisa melatih jiwa sportif juga kompetitif nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak fanny,
      kayanya sih jaman sekarang emang agak sulit gak ngasih ijin anak main hape ya, udah jaman nya memang. tapi kak fanny masih bagus sih ngijininnya pas weekend aja, aku belum se siap dan se tega itu kak, huhuhu

      eh aku baru tahu loh ada aplikasi family link. makasih loh share nya aku kepo kepo ah

      Hapus
  2. Iya lho, sebenarnya main game itu ada manfaatnya juga. Tapi memang perlu diatur biar nggak jadi mageran sampai banyak menunda makan. Hmm jadi penasaran sama word game punyanya solitaire ini deh.

    BalasHapus
  3. Pas banget nih teh aku lagi mau ngajarin anak ku bahasa inggris. Kalau sambil main games jadi seru juga ya. Aku mau coba 😍 makasi teh info nya 🤗

    BalasHapus
  4. pas banget saya baru baca tentang RRQ Lemon, perofesional gamers yang low profile padahal penghasilannya udah milayaran rupiah

    ternyata selain untuk refreshing, bermain games bisa menjamin masa depan

    BalasHapus
  5. Baru tau nih kalau game di solitaire ini banyak banget jenisnya.. Bisa sekalian belajar bahasa inggris juga saat main gamenya..
    Bisa dicoba deh, karena gak perlu install juga ya gamenya ini :D

    BalasHapus
  6. Mantep banget sih mbaa, aku juga suka banget nihh yg beginii apalagi online, jadi ngga perlu download gamenya yah

    BalasHapus
  7. Emang sih era digital gini kita ngga bisa serta merta melarang anak-anak buat ngga main game sama sekali. Pasti anak juga akan mengenal cepat atau lambat. Pokoknya tau waktu, kapan harus belajar dan ngerjain PR. Tapi bener juga kalau main game ngga selamanya buruk karena ada yang malah bisa meningkatkan kecerdasan otak dan menambah kemampuan berbahasa Inggris.

    BalasHapus
  8. Wah aku juga beberapa kali main game di Solitaire ini deh mba... Buat ngisi waktu luang dan pas butuh metime ya.. ehehehe

    BalasHapus
  9. Waah aku jadi nggak khawatir besok-besok kalo anakku minta main game. Langsung kasih game yang menguras energi otak kayak gini aja hehe

    BalasHapus
  10. Nah iya aku setuju banget nih sama games word yang ada di soiltaire.org ini. jadi konsepnya bermain sambil belajar gitu ya. Pelan-pelan belajar bahasa Inggris, lebih seru kalo mainnya sambil didampingi. Jadi sekalian belajar sama artinya gitu

    BalasHapus
  11. Wah main games bagaikan keping emas yang punya dua sisi. Satu sisi bermanfaat, sisi lainnya membahayakan. Semoga pemilihan permainan games selalu diawasi orangtua .

    BalasHapus
  12. Wah bener banget Kak, dulu aku ngenalin bahasa inggris ke ponakan ya melalui games. jadi anak mudah menangkapnya. dan penting juga pengawasan orang tua agar anak aman bermedia sosial.

    BalasHapus
  13. Tidak apa-apa sih menurut saya membiarkan anak-anak untuk bermain game, tapi harus tetap dalam pengawasan orang tua

    BalasHapus
  14. aku udah coba buat main game ini. ternyata banyak banget pilihan jenis gamenya yang jadul-jadul ya kak. lumayan buat isi waktu kosong nih.

    BalasHapus
  15. Nais kak, kebetulan anakku pas nanya2 terus tentang main game. Selama ini nggak diijinkan karena efek negatifnya. Tapi nggak semua game begitu kan ya. Ada yg justru bisa digunakan sbg media pembelajaran

    BalasHapus
  16. Nahla cuma minta hp buat main gim dan liat foto/videonya dia, wkwk.. di solitaire ini aku dan nahla suka mainnya puzzle teh.. mau ngajarin main kartu akunya juga nggak pinter2 banget main kartu. tapi seru sih di sna model main kartunya banyak variannya ya

    BalasHapus
  17. Anak saya juga banyak tahu kosakata baru bahasa Inggris dr game ;)

    BalasHapus
  18. perlu kucoba nih untuk anakku, bagus ya untuk mengasah keahliannya bahasa juga daya ingat. Daripada main game yang viral beradu kekuatan kekerasan.

    BalasHapus
  19. Aku juga mainin Solitaire kak. Baru tau ada cross word macam TTS ya tapi bahasa inggris wkwk, mau coba yang itu ah. Kalau di situ anakku suka yang hidden object, melatih fokus juga ya ;)

    BalasHapus
  20. Game solitaire yg word games ini juga jadi mainan favorit aku lho... Karena bisa mengasah skill english kita ya mba, tentunya punya jadwal khusus untk maininnya biar gak mengabaikan yg prioritas juga ya mba...

    BalasHapus
  21. Memilih games susah susah gampang ya, harus sesuai dan disukai anak. Tapi Solitaire ini bisa jadi pilihan paling sesuai karena selain seru tapi juga ada unsur belajarnya

    BalasHapus
  22. Sampai sekarang pun aku masih main Zuma dan Mahjong. Kayak sepele dan gampang, tapi benar butuh strategi khusus juga ketika menembakkan bolanya. Dan asyiknya sekarang bisa dimainkan juga secara web ya.

    BalasHapus
  23. Aku suka main yang word kalau di Solitaire.org. Iya, memang bisa bikin kita jadi belajar bahasa Inggris juga. Paling suka yang scramble kayak main scrabble. Adu cepet jadinya ngeluarin kosa kata sama huruf yang keluar.

    BalasHapus
  24. Banyak sekali yah, pilihan game di Solitaire.org
    Pantesan banyak yang suka, websitenya mudah diakses, gratis dan tak perlu download.

    Btw satu lagi hal negatif dari bermain games di gadget mba, yaitu mempengaruhi kesehatan mata. Soalnya saya udah jadi korban. Dari kecil suka main Ninetendo/PS, akibatnya pakai kaca mata...

    BalasHapus
  25. Ya ampun daftar gamesnya banyak banget kak. Jadi penasaran sama salah satu games nya, Secret Garden. Pasti bisa jadi hiburan sekaligus belajar fun melalui game. Saya aja tertarik, enggak apa-apa ya misal ikutan main, hehe.

    BalasHapus
  26. Ternyata pilihan games solitaire banyak banget yaa, udh gitu bisa “maksa” anak belajar bahasa Inggris juga nih selama main game, apalagi yg cross words ya? that’s sounds good!

    BalasHapus
  27. Lengkap banget ya game di solitaire.org. banyak game jadul yang mengasah pikiran

    BalasHapus
  28. Sangat penting ya mbak untuk anak bisa berbahasa Inggris
    Nah salah satu cara yg menyenangkan belajar bahasa Inggris adalah dengan main game solitaire ini

    BalasHapus
  29. Keponakanku bahasa Inggrisnya jadi lebih canggih gegara main game. Kalau ada kosakata yang mereka belum paham, mereka nanya ke saya. Aunty, ini artinya apa.

    BalasHapus
  30. Main games sambil belajar Bahasa Inggris, wah bagus juga ya mbak. Bukan hanya bermain tapi sambil belajar. Di Solitaire.org ternyata banyak juga ya pilihan gamesnya

    BalasHapus
  31. Sudah menjadi resiko ya mbak .. punya anak terlahir dijaman mellenial. Tentang game itu seakan sudah menjadi dunianya. Tapi kita sebagai oprangtua harus bijak. Termasuk mengarahkan game mana yang boleh ia mainkan dan yang tidak, sekaligus mengatur pembatasan waktu menggunakan gadget.

    BalasHapus
  32. Anak zaman now memang tak dipungkiri pasti akan mengenal yang namanya game. Jadi harus bener-bener di perhatikan jangan sampai kecanduan yang mengarah ke hal-hal negatif.

    Solitaire.org ini menarik juga yaa banyak juga gamenya

    BalasHapus
  33. wah iya juga nih, bis angajarin anak bahas asing khususnya bahsa inggris lewat game gini ya hahaha aku tuh uska yang scramble mbak di solitaire ini

    dan yang kayak teka teki itu asyik tapi ternyata ga mudah hahaha a

    duh, ide yang keren nih aku cobain ke anakku

    BalasHapus
  34. Aku juga masih kasih HP, laptop dan TV ke anak sih, kayanya nggak bisa kalau harus meniadakan screen time totally di rumah. Secara kedua orangtuanya kerjanya aja menatap layar, hehe.

    Nah ngomongin games di solitaire, aku kemarin juga barusan ngajak anakku main Word Search, seneng banget dia, hehe.

    BalasHapus
  35. saat anak main games tuh juga butuh pendampingan orang tua ya kak, biar bisa nih arahin main games yang bisa kasih manfaat kaya belajar bahasa inggris pake word games di solitaire ini, sama atur jadwal screen time juga sih ya biar dampak2 negatif main game online bisa dihindari atau dikurangi

    BalasHapus
  36. Aku juga sering ngegames word games. Jadi menambah pembendarahaan kata bahasa Inggris. Selain itu bisa buat ngasah otak. Hihihi

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih