Tips Mengatasi Insecure Untuk ilustrator

ini adalah tips biar pede sebagai ilustrator, salah satunya pakai scarlett face care


"Kak, apa sih tips mengatasi insecure untuk ilustrator? aku tuh newbie dan sering banget ngerasa gak pede, spill dong tipsnya kak?"

Ada yang lagi ngerasa insecure juga kah? kalau kalian pernah insecure sebagai ilustrator, berikut aku punya tips yang ampuh untuk mengatasi insecure dan bantu ilustrator makin percaya diri, salah satunya adalah dengan menggunakan Face care Scarlett. Kok bisa sih face care bikin kita gak insecure lagi? Yuk lanjut dong ah untuk tau why oh why. 

Tips Mengatasi Insecure 

Menurutku, feel so insecure itu wajar ya. Semua orang di bidang apapun pasti pernah ngerasa insecure. Yang gak wajar itu adalah insecure berlebihan sampai gak mau move on

Apa sih penyebab insecure atau ngerasa gak pede yang muncul pada diri seorang ilustrator?

Biasanya karena lihat karya ilustrator lain yang lebih bagus, sudah ikutan pameran, juara lomba, alat perangnya keren dan update serta alasan-alasan lain. 
Perasaan kaya gini tuh gak nyaman banget dan bisa menghambat diri kita dari berkarya. Yang ada pengennya leyeh-leyeh, rebahan dan gak ngapa-ngapain. Udah males aja. Oh big No!!! sayang banget loh waktu dan tenaga terbuang percuma dan jadi apa-apa hanya karena kita insecure. Ikutin yuk tips artjoka mengatasi insecure selama jadi ilustrator berikut ini.

1. Segera Tutup Handphone nya!


Iya lah, daripada scroll terus instagram and then kamu tetep ngerasa insecure. mending udahan dulu scroll nya dan pilih hiburan lain. Misal? jajan bakso, ngobrol sama adik/kakak/suami/istri ya siapapun lah, nonton tv atau apapun lah selama kamu gak kembali ke pelukan hp. its for temporary sampai mood kamu baikan.

2. Tetap belajar dan berlatih


Okay, now you feel okay. Tips selanjutnya mengatasi insecure biar gak jadi over insecure terus mood kamu jadi ambrol adalah, tetap belajar dan berlatih. salah satu kunci keberhasilan illustrator dimana karya mereka makin bagus adalah terus latihan dan sketching.

" Tapi alat perang aku gini-gini aja kakak! aku gak punya wacom apalagi ipad, aku cuman ngandelin medibang aja atau malah aku gak bisa ngegambar digital kaya ilustrator lain, aku kurang ngikutin tren nih. "

Ya gak apa-apa. Maksimalkan potensi yang kamu punya, alat perang yang kamu punya dan berkaryalah dalam minimalisme alat perang yang kamu punya. apa kalau pablo picasso hidup di zaman ini bakal merengek minta ipad biar karyanya lebih bagus dan superb? menurutku gak ya.

Jangan ngerasa gak ikutan tren hanya karena kamu gak punya tablet drawing. Karena masih banyak kok ilustrator yang bertahan dengan style mereka yang menggambar secara konvensional menggunakan marker, watercolor, acrylic dan apapun. Media itu hanya alat, yang terpenting adalah kemauan kamu berkarya dan menghasilkan karya entah apapun itu media nya.

Nah, biar kamu makin lihat menggambar ikutan dong kelas drawing. Banyak yang gratisan dan berbayar. coba cek carrot academy atau kelas kreatif. Mereka banyak menyediakan kelas untuk ilustrator. Kalau yang pengen gretongan 100%, coba aja youtube. manfaatkan scroll media kamu dengan buka youtube dan cari gimana belajar jadi ilustrator, daripada scrollnya IG terus kamu jadi insecure kan gak manfaat ya.

3. Ikutan komunitas dong


Ini lumayan penting loh. dengan gabung sama komunitas kamu jadi punya temen seperjuangan kan, kamu bisa curcol kendala kamu selama jadi ilustrator apa. Komunitas juga sering mengadakan sketching bareng dengan tema bulanan yang bisa melatih skill menggambar kamu.

4. Bikin akun di situs supporting illustrator


Agar karya kamu bisa dijual dan dilirik kurator atau peminat seni, bikin akun di marketplace atau situs yang mensupport illustrator. Situsnya apa aja sih? diantaranya :
  • Behance
  • Moselo
  • Tumblr
  • Linkedin
  • artistsandillustrators

5. Self love


Ini tips paling krusial. Daripada kamu terus feel insecure tak berujung, lebih baik see through inside yourself. Lihat lebih jauh diri kamu sendiri, cintai diri sendiri, hargai dan apresiasi dia. Its more than anything

Gimana caranya self love, bingung aku tuh kak? oke aku kasih dua tips yang biasa aku lakukan kalo udah feel down karena insecure, kenapa dua sih? tipis amat? ya karena kalau aku lagi down cuman dua hal ini yang aku lakukan.

Mengatasi Insecure Dengan Self Love

1. Merenung dan evaluasi


Biasanya setelah feel insecure muncul aku curhat. kadang curhat ke sahabat aku, kadang nulis di blog, di jurnal atau di diary yang biasa aku ketik pake microsoft words. Metodenya bebas ya, segimana kamu biasa curhat. Terus ceritain tuh kenapa aku bisa ngerasa insecure. Misal, aku insecure karena si A gambarnya bagus banget, shadingnya sempurna, karyanya terjual banyak di etsy, ikutan pameran bergengsi, di gaet brand tablet drawing dan bla-bla-bla.

setelah panjang lebar curhat, biasanya aku kaya nemu enlightenment gitu. Abis curhat kan biasanya suka plong ya terus enakan aja. Nah ini momen yang tepat buat evaluasi diri. biasanya langsung aku curhatin juga tuh evaluasinya. poin evaluasinya adalah :
  • apa kelebihan aku
  • apa kekurangan aku
  • style apa yang aku suka
  • aku pengennya jadi ilustrator yang seperti apa
  • apa langkah yang aku lakukan untuk mewujudkan itu
jadi, curhatnya bermanfaat ya. Dapet plong iya, solusi permasalahan juga iya.

2. Lakukan apa yang aku sukai


Nah, sekarang udah plong kan? solusi juga udah dapet. sekarang waktunya appreciate yourself dan manjain diri sendiri dengan lakukan apa yang kamu sukai. mau ngegambar lagi silahkan, mau nonton film aja sok, mau makan enak asyik banget. Tapi kalau aku lebih memilih stay at home aja dan belanja online produk skincare yang aku suka.

Yess!!! belanja adalah obat segala obat buat mood ambrol ya? hihihihi. Aku kan pakai produk skincare nya scarlett, tau lah ya scarlett. Kebangetan ih kalau kalian gak tau. Udah ada Twice dan Song Jong Ki loh yang jadi brand ambassadornya.

Scarlett Face Care Mampu atasi Inscure aku Sebagai Ilustrator


Aku pakai body carenya Scarlett dan aku suka. Body Scrub nya mantul abis guys. luluran pakai Scarlett yang Romansa, udah mah wangi eh kotoran di kulit ilang langsung.
Kemarin - kemarin kan aku pernah cerita sakit kan ya terus di operasi. Setelah operasi aku gak mandi dong hampir satu bulan, gak enak sih body sampai gak mandi tapi mau gimana lagi. Bekas jahitan gak boleh kena air terus masih ada selang yang masih nempel di perut kan dan gak kena air juga. So, aku di lap aja dan mandi setengah badan ( dari pinggul ke bawah ). Udah kebayang lah bagian atas kotornya gimana.
Terus aku luluran pake Scarlett scrub Romansa. And the result its, aje gile luntur itu yang namanya daki-daki di punggung, leher, lipatan kulit dan area lain. aku puas banget deh.

Well, sekarang aku pengen banget nyobain rangkaian Face care nya. Secara gitu ya aku masih dalam masa pemulihan pasca operasi penyumbatan batu empedu kemarin. Jadi warna kulitku itu agar dark, karena masih ada sisa bilirubin yang nempel di aliran darah.

Honestly, insecure aku bukan cuman muncul ketika scroll sosmed dan lihat kehebatan ilustrator lain. Tapi juga ketika aku terkena sakit penyumbatan batu empedu dimana hal ini merubah skin tone wajah dan body aku yang awalnya kuning langsat agak putih lah ya jadi kuning sekuning - kuningnya. udah gitu wajah kusamnya minta ampun sampai tiap kali aku bercermin, aku nangis dan menjerit dalam hati. Ya Tuhan, kok gini amat sih wajah aku. Gitu deh merananya aku.

Aku udah bertekad dalam hati, setelah mulai pulih nanti aku mau mengembalikan ke-glowing-an wajah aku seperti sedia kala! Sekarang sih udah mulai normal ya dan aku udah siap-siap dong memulihkan ke-glowingan wajahku dan skin care-an pakai Scarlett.
Dirumah aku udah punya pelembabnya, yaitu Scarlett Brightening Moisturizer. Terus aku juga punya Brightly ever after serum yang udah mau abis and also Scarlett Whitening Facial Wash. Dua produk ini rutin aku pakai sampai sekarang meski kemarin-kemarin tone kulit aku dark dan kusam. Perawatan mah kudu tetep ya di lakukan.

Agar ke-glowing-an kulit wajah aku kembali dan aku gak insecure lagi baik pasca operasi maupun karena feel insecure sama ilustrator lain, maka aku pengen nambah produk Scarlett lagi nih. Kalau wajah kembali glowing kan kita happy banget buat diri sendiri ya. And that self love guys.

Biar nampol, aku order Glowthening Serum dan Brightly Essence Toner. Jadi ini tuh satu rangkaian Scarlett Face Care Series. Judulnya aja udah jelas ya FACE CARE, its mean memelihara kulit wajah. udah deh cucok emang buat kulit wajah aku pasca operasi yang kusam ini kan sodara-sodara! hehehe.

face care scarlett bikin aku makin pede sebagai ilustrator



Jadi, face care Scarlett sebetulnya ada dua series. Yaitu Acne series ( yang khusus buat yang jerawatan ) dan Brightly series ( fokusnya buat bikin kulit makin glowing ). Karena aku gak jerawatan, aku pilih Brightly series aja.
Rangkaian face care Brightly series ini terdiri dari Brightly essence toner, Brightly Ever after serum dan Glowtening serum. Tahapan penggunaannya kaya gimana sih? apa dulu yang dipakai duluan?
  1. Bersihkan muka dulu yuk pakai Scarlett Facial wash
  2. Kalau udah yakin bersih, terus pakai Brightly essence serum. cara pakainya gampang kok, cuman di aplikasiin aja ke telapak tangan terus tepuk tipis di wajah atau bisa juga pakai kapas dan usap ke wajah secara rata. efeknya? adem cuy, hehe.
  3. Setelah agak kering juga nih, lanjut yuk pakai Glowtening Serum biar tambah nampol perawatan wajahnya.
  4. setelah agak kering, next pakai Brightly ever after serum. Udah tau kan ya cara pakai serum gimana? kalau masih newbie boleh banget klik disini untuk panduan pakai serum nya scarlett.
Sekarang udah tau kan tahapannya apa aja. Gak lengkap nih kakak kalau aku gak jelasin manfaat dan detail lainnya soal produk Face care Scarlett yang aku pakai. Boleh lanjut yaa aku jelasin tipis-tipis aja. Sebagai pembuka aku mau noted banget ya, kalau produk face care Brightly series ini dijamin bebas Merkuri & Hydroquinon dan udah terdaftar di BPOM.

1. Brightly ever after serum

serum yang bikin glowing dari scarlett bikin ilustrator makin pede



Kandungan 

LAVENDER WATER, PHYTO WHITENING, NIACINAMIDE, GLUTATHIONE, VITAMIN C.

Manfaat :
  • Meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan kulit wajah. Membantu melembabkan kulit wajah.
  • Membantu menyamarkan noda bekas jerawat serta membantu kulit wajah jadi tampak lebih cerah.
  • Meningkatkan elastisitas kulit wajah.
  • Mencegah dan melindungi kerusakan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.
Texture : Agak kenyal, mudah meresap, serum berwarna bening agak soft pink dan daya serap cepat dan wangi enak gak menyengat
Kemasan : Mungil dalam botol kaca dan pipet serum
Gramasi : 15 ml

2. Glowthening Serum

glowthening serum scarlett bikin glowing ilustrator indonesia dan dunia



Kandungan: TRANEXAMIDE ACID, CALENDULA OIL, OLIVE OIL, ALLANTOIN, LICORICE EXTRACT.

Manfaat :
  • Membantu mencerahkan kulit wajah.
  • Membantu membuat kulit menjadi lebih glowing. Membantu memudarkan bekas - bekas jerawat.
  • Membantu membuat kulit menjadi lebih sehat. Menyamarkan garis-garis halus dan flek hitam pada wajah. Menenangkan dan memperbaiki skin barrier.
Texture : Tidak kenyal, sangat mudah meresap, serum berwarna putih susu dan daya serap cepat.

Kemasan : Mungil dalam botol kaca dan pipet serum

Gramasi :15 ml

3. Brightly Essence Toner

Brightly Essence Toner scarlett bikin wajah makin fresh



Kandungan : Vitamin C , GLUTATHIONE, WITCH HAZEL EXTRACT, JEJU PROPOLIS EXTRACT, ALLANTOIN, NIACINAMIDE, GRAPE WATER

Manfaat
  • Vitamin C meningkatkan produksi kolagen.
  • Glutathione mencerahkan kulit.
  • Witch Hazel Extract membantu meredakan peradangan dan mengencangkan pori-pori.
  • Jeju Propolis Extract meregenerasi kulit untuk membantu membuat tekstur kulit jadi terasa lebih halus dan
  • wajah jadi terasa lebih kenyal.
  • Allantoin melembabkan, menenangkan iritasi pada kulit. Niacinamide membantu meminimalkan pori-pori yang membesar. Grape Water melembabkan, menenangkan dan menyegarkan kulit
Texture : warna essence soft pink dan terdapat butiran boba yang mengandung Niacinamide

Kemasan : Botol plastik bening yang lucu banget dengan pump dan tutup pump dari plastik bening juga. Kemasan cute deh.

Gramasi : 100 ml

And that’s it. Itulah rangkaian face care biar gak insecure lagi. Kalau dilihat dari manfaat dan kandungannya sih aku rasa cocok banget buat aku yang lagi insecure juga karena skin tone aku menggelap pasca terkena batu empedu juga kering, kusam dan gak elastis.

Semoga hasilnya se-memuaskan aku pakai pelembab, facial wash dan body care nya ya. aku baru pakai dua mingguan sih, belum maximal bener emang karena aku nya juga masih proses pemulihan. Masa pemulihan yang which is masih ada proses pembuangan cairan bilirubin berlebih di badan aku melalui selang yang masih setia nempel di perut sampai sekarang, hehehe.

Oh iya i almost forget, aku order nya di sini ya. So kali aja kalian berminat atau punya issue kulit wajah kaya aku. It's worth to try guys.

2 komentar:

  1. Hehehe belanja adalah obat yang mujarab kalau lagi bad mood atau merasa insecure ya mbak
    Asalkan ga berlebihan, masih oke kok ya
    Aku pakai brand ini juga dan it's oke di kulit aku, baik baik aja mba

    BalasHapus
  2. Ada yg bilang, ga penting semahal apa gadget dan peralatan yg kita punya, tapi kalo orangnya ga bisa mengoperasikan alat2 itu, sama aja boong 😁. Jadi intinya, balik ke diri kita. Latihan sebanyak mungkin supaya bisa menggunakan alat2 yg dipunya sebagai senjata andalan .

    Aku juga pakai produk2 Scarlett ini mba. Sukaaa sih. Body carenya bikin mood naik banget Krn wangi. Apalagi aku kan tipe yg kalo mau tidur harus mandi. Naah kalo udh pake yg wangi begini tidur tuh LBH nyenyak.

    Untuk skincare nya aku juga pake, kec yg facial wash dan tonernya ga. Krn udh pake sabun dan toner merk lain. Tapi pelembab pagi dan malam juga serum nya aku sukaaa. Cocok siih. Seneng aja, ada produk lokal yg bisa bagus gini. Moga2 produk lokal skincare Indonesia tuh bisa saingan kayak Korsel ❤️

    BalasHapus