Snowman : Spidol Favoritnya Artjoka


Suatu hari, aku pernah ditanya, 
" kak, itu ngegambarnya pake aplikasi apa sih? software apa? " 
terus aku jawab, " aku ngegambar cuman pake drawing pen dan spidol Snowman aja! "
"ah yang bener kak? kok bisa smooth gitu kaya pake adobe "
"dibantu photoscape itu mah, wehehehe "

Kenapa Pake Snowman Marker? 

Alasan kenapa aku pake produk Snowman  klise banget sih, karena  harganya yang terjangkau dan nyarinya juga gak susah. Di hampir semua Mang Fotocopian pasti ada, di toko buku udah pasti ada, bahkan di warung kelontong juga suka ada kadang. Pilihan aneka produknya juga banyak.

PRODUK SNOWMAN MARKER 

Produk Snowman ini banyak ragamnya, apa aja sih?

1. Brush Pen
2. Sign Pen
3. Twin Pen
4. Water Colour Marker
5. Permanent Marker
6. Jumbo Marker
7. Permanen Marking Ink
8. Whiteboard Marker
9. Whiteboard Refill Ink
10. Jumbo Whiteboard Marker
11. Metallic Paint Marker
12. Pain Marker
13. Blackboard Marker
14. Drawing Pen
15. OHP Marker
16. Calligraphy Marker
17. Line Marker
18. Ballpoint Pen
19. Gel Pen
20. Poster Colour

Produk Snowman Yang Cocok Untuk Menggambar



ilustrasi by artjoka menggunakan Sign marker Snowman

Menurutku, semua produk nya Snowman bisa banget dipake buat menggambar. Semuanya!! Mark this words ya, semua! kenapa? karena dengan pilihan produk yang tersedia, kita bisa mix and match produk dan diaplikasiin ke karya kita. Tapi, Mostly produk Snowman yang aku pake buat menggambar itu adalah :

1. Drawing Pen
2. Sign Marker /spidol kecil
3. Permanent marker






Biasanya, aku pake Drawing Pen Snowman sebagai outliner. kenapa aku pake ini dibanding Drawing Pen yang lagi hype sekarang, karena aku udah nyaman. Memang sih kekurangan dari Drawing Pen Snowman ini adalah hasil drawing line-nya kurang tegas dan terlalu soft, tapi aku udah nyaman sama yang ini. jadi aku terusin aja dari jaman STM dulu sampai sekarang. Pilihan thickness nya lengkap, dari 0,1 sampai 0,8. 

Drawing Pen-nya Snowman juga enak buat mengarsir atau bikin drawing line art gitu. Doodling juga enak. Tinggal atur aja pake drawing dengan ketebelan yang disesuiakan sama kebutuhan. Untuk menggambar dengan gaya pointilis atau dot, juga enak kok.


ilustrasi by artjoka dengan style dot/pointilis, ini bikinnya lumayan lama sih tapi  puas sama hasilnya. 

redraw random pic dari pinterest, rambutnya aku bikin ber-line-art gitu, hehehe


Terus untuk colouring, aku selalu pake Sign Marker/spidol kecil. aku pake  ini karena warnanya tegas dan pas dipake enak, aku nyaman sama bentuknya yang simple dan dari dulu gak berubah, ya gitu aja. trus lumayan tahan lama dan aku suka sama pilihan 24 warnanya. kalo ada yang sampai 48 bahkan lebih aku pasti beli, tapi sayangnya gak ada pilihan ini euy.

Emang sih, hasil akhirnya gak smooth dan kalo dipake coloring agak ketimpa gitu, tapi aku sih gak masalah. Malah jadi bisa ngasilin karakter warna gitu. oia, aku juga pake ini spidol soalnya ga tembus , yaahh kecuali kamu pake-nya terlalu neken kertas, itu sih bukan cuman tembus tapi juga sobek kertasnya, wkwkwkwk

Btw, ngomongin kertas. Jenis kertas apa aja sih yang cocok kalo pake Sign Marker dan Whiteboard Marker? 

1. HVS 

HVS adalah The Best paper buat ngegambar pake spidolnya snowman menurutku. warna menyerap dan tahan lama. tapi harus hati-hati, seperti yang aku bilang, kalo ngewarnainnya sekuat tenaga ntar bisa sobek kertasnya. terus, hati-hati juga, jangan naro hasil karya dimana aja, apalagi yag deket kolam air atau air galon apalagi nyimpen di kamar mandi, wehehehe, why? karna spidol snowman ini ga tahan air cuyy, kena cipratan air dikit aja walo setetes yang paling uprit pun bakal bikin karya kita luntur dan hasilnya jadi jelek banget. 

Terus, jangan pajang karya pake bingkai kaca. kalo kelamaan di pajang kaya  gitu, warnanya jadi luntur dan memudar. 

Satu lagi saran saya, sebaiknya setiap karya yang kamu bikin pake HVS, disimpen di Map plastic clear holder. dijamin aman deh, Insha Allah. soalnya, kalo disimpen bertumpuk lalu disimpen gitu aja, lama kelamaan warna dari kertas dibawahnya bakalan tembus ke kertas di atasnya. terus kadang-kadang suka rapet gitu. 


ini karya aku yang dipajang pake frame berkaca, coba bandingkan dengan karya yang sama yang aku simpan di atas, beda kan? sedih ih , hiks.kalian mah jangan tiru tindakan aku ya



ilustrasi diatas aku bikin beberapa bulan yang lalu, pake kertas HVS dan drawing pen+sign marker by snowman, keliatan kan hasil colouringnya kaya ketimpa dan bergaris? kalo salah arah mewarnai jadinya ya gini, gak enak diliat. etapi ada lho ilustrator yang ciri khas colouringnya kaya gini, Gwenn Seemel , tapi karena beliau ini master, ya jatohnya jadi bagus banget. lha aku? yah gini deh, standar pisan! wkwkwkwk


2. Concored



Jurnal moleskine milikku kertasnya concorde, aku udah nyobain pake spidol snowman kaya gimana hasilnya, dan ternyata... lumayan-lah. aku kurang sreg sih kalo ngegambar di jurnal ini pake spidol snowman, mungkin karena si kertas ini bertexture agak kasar jadi warna kadang agak meleber kesamping dan gak langsung nyerap. Terus,  karena warna concorde-nya cream, jadi kalo aku pake warna senada ya jadinya gak maximal sih. tapi masih oke lah. kalo ada tembus-tembus dikit, masih bisa dimaklum. 

Tapi, kalo buat sketch, oke banget nih pake Drawing pen-nya Snowman di kertas concorde. awalnya emang kaya agak kaku gitu tapi lama lama smooth aja gitu. enak lah pokoknya. Dipake nulis jurnal juga oke. aku biasa pake yang ukuran 0,2 klo buat nulis. jadi gak terlalu tipis juga gak terlalu tebel.







3. Sketch Book

Ada beragam merk sketch book di pasaran, mulai yang harganya 12ribuan sampai ratusan ribu. Yang umumnya dipakai sih biasanya merk Lyra, Kiky dan Artmedia. setiap sketchbook ini memiliki ketebalan yang sama, yaitu 150gsm dan memiliki karakter dan kehalusan yang  sama. Tetapi dari segi kenyamanan, Lyra lebih nyaman digunakan karena dia berbentuk ring. jadi kertas bisa di lipat dan di isi ulang.

Setelah saya mencoba semua sketchbook ini, terutama Lyra, overall saya kasih rating 60 deh. kenapa kok kecil? karena kalo pake Spidol snowman, hasilnya tuh tembus. jadi gak bisa dipake bulak balik. jadi, kurang cocok kalo dijadiin art journal. yang paling pas sih si jurnal concorde itu kalo buat art journal-mah.

Oia, kalo aku pake spidol snowman di sktechbook Lyra ini, hasil warnanya agak melebar kesamping. tidak setegas kalo aku pake HVS. mungkin berhubungan sama daya serap kertas, texture dan ketebalan mungkin. 


aku pake sktchbook Lyra, liat kan dibelakang gambar paus ini ada kaya semburat warna pink,
itu warna yang tembus dari gambar setelahnya

Di gambar ini juga sama, ada tembusan warna dari gambar sebelumnya




HARAPAN DARI PRODUK  SNOWMAN 

Sebetulnya, aku pernah nyoba spidol Fine art. semacam spidol yang mirip dengan copic. dia punya ciri khas warnanya agak nge-brush gitu dan gak bergaris dan se-tegas kaya spidol snowman. jujur, aku suka pakenya. selain harga lebih murah dari Copic marker yaitu 12ribu/pcs juga pilihan warna beragam, sangat banyak. Nah, aku tuh berharap Snowman juga mengeluarkan produk serupa. 

Dari list produk keluaran Snowman di atas, aku lihat Ada beberapa produk yang ternyata ada nih di Snowman, watercolour marker dan Brush Markeraku mau nyoba produk ini nanti.  apakah sama dengan kalo aku pake Fine art marker atau gak. kalau udah aku coba pasti aku akan review hasilnya. Tungguin ya.....

HARGA SNOWMAN MARKER

Harga tiap produk di tiap tempat pembelian beda-beda sih, gak ada yang sama. ini harga yang biasa aku beli di Toko Buku Merauke ya, kenapa? soalnya di Toko Buku ini semua harga produknya yang paling murah kalo dibandingin di tempat lain. udah gitu lumayan lengkap .

1. Sign Marker/spidol kecil isi 24 pcs

Toko Buku merauke : Rp. 27.000
Marketplace : Rp 23.000 - Rp.24.000
Tukang Fotocopian/toko buku deket kampus : Rp. 32.000

2. Whiteboard marker/pcs

Toko Buku merauke : Rp.6500
Marketplace : Rp.7000
Tukang Fotocopian : Rp 10.000 - Rp.12.000

3. Drawing Pen

Toko Buku merauke : Rp. 8000
Marketplace  : Rp. 10.000
Tukang Fotocopian   : Rp 10.000 - Rp. 12.000

Lihat perbandingan harganya lumayan ya, kalo di marketplace tuh enaknya beli 1 set. atau beli produk Snowman yang jarang ada dipasaran, kaya Brush marker atau Watercolour marker. jadi buat uji coba mah ya, worth it lah beli di marketplace. tapi aku mah kayanya mau cari ke toko buku merauke aja deh, siapa tau ada disana. kan lumayan harga jauh lebih murah, deket lagi dari rumah, wkwkwk

So Far, aku tetep setia "dulu" pake Snowman deh, wehehehe. kalau kamu??


7 komentar:

  1. Ada info menarik yg kudapat. Ohhh jadi itu ilustrasi kak Eka semacam di scan gitu ya? Kukira bikinnya pake app/ software di PC.

    Btw, soal Snowman aku suka pakai brush pen dan drawing pen nya.. tapi syangnya utk yg brush pen dia kuasnya terlalu letoy, gak sekeras artsix atau joyco. Yah wajar kali ya, harganya kan murah hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, jadi aku jepret pake hp kalo kepept setor. kalo lagi santay mah di scan di mang potocopian. terus edit pake photoscape. kalo mau ditamabahin ornament atau kata-kata gitu, pake canva. udah itu aja. maunya sih pake wacom atau ipad gitu, doain ya, hehe

      Hapus
    2. wah, udah pernah pake? tapi hasil warnanya gimana? tegas atau agak transparan? aku belum pernah pake joyco atau artsix

      Hapus
  2. Suka sama ilustrasi-ilustrasinya 😍

    Btw, mari bikin petisi buat Snowman bikin sign pen edisi 48 warna! Kyaaa...! Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kakak apresianya, hehe. hayu lah kita bikin petisi 48 WWARNA sampai 120 warna juga hayuuuuuuu!!!

      Hapus
  3. Ilustrasi nya keren mbak...
    Apalah saya yg cuma suka mewarnai coloring book hihi

    BTW saya kalo warnain selalu pake sign pen Snowman. Soalnya ujung tip nya pas g terlalu besar dan g terlalu kecil. Udah gitu murah meriah pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak kak apresiasinya :)
      murah udah jadi pilihan no. 1 ya hehehe.
      iya kalo pake drawing pennya snowman itu kataku sih pas, gak terlalu tajem. jadi enak dipake buat outline atau arsiran

      Hapus