Standar Ukuran Kertas

artjoka standar ukuran kertas





Standar Ukuran Kertas. Pernah suatu waktu saya berniat beli journal atau HVS, walau udah tau ukuran kertas apa aja tapi kadang suka lupa segede apa ya ukuran kertas yang mau saya beli? pernah kaya gitu gak sih? saya sering. Yang paling sering terjadi adalah membayangkan kertas ukuran A5 atau A6. 

Kertas ukuran A5 itu kira-kira se-gede apa ya? kalau untuk journal enaknya ukuran apa ya? kalau A6 gimana? apa lebih kecil? males juga ya harus ngukur - ngukur pake penggaris? hehehe

Tapi dengan mengetahui ukuran standar kertas, kita jadi tahu ukuran berapa sih standar untuk Print out Kliping, Tesis, laporan magang, Tugas Sekolah/Kuliah,  Beli jurnal yang enak pas di tulis sampai beli HVS 1 rim. Karena ukuran kertas yang mirip - mirip A4 aja ada  F4 dan A5 yang juga sama - sama ukuran HVS  yang banyak di jual di pasaran. 

Dan bagi kita orang awam tapi punya bisnis sendiri, pengetahuan ukuran kertas ini juga penting saat kita mau membuat label produk atau sticker ke mamang cetak dan print stiker.

Untuk memudahkan, dibawah ini saya beri  ilustrasi kira - kira sebesar apa sih ukuran kertas dan standar ukuran kertas dalam cm. 


ilustrasi ukuran kertas

ukuran kertas dalam cm


Secara sederhana, setiap ukuran kertas itu merupakan setengahnya dari atau seperempatnya dari. Misal, kertas ukuran A5 itu kalau mau membayangkan, coba ambil satu lembar kertas HVS yang biasa yaitu A4 lalu lipat jadi dua. Setelah di lipat, nah hasil lipatannya itu adalah ukuran A5. Lalu si kertas A5 itu dilipat lagi dan dapatlah kertas ukuran A6.

Ukuran kertas A4 sendiri merupakan setengah dari kertas A3 atau untuk memudahkan imajinasi, gabungkan saja dua kertas HVS ukuran A4, hehe. A3 sendiri merupakan lipatan ketiga dari kertas A1.

Standar Ukuran Kertas 


Sebetulnya, ukuran kertas itu sudah ada standarnya dan ditentukan tidak sembarangan. Standar ukuran kertas ini ditentukan berdasarkan standar internasional diantaranya adalah :

  1. Standar Ukuran Seri ( seri A, B, dan C )
  2. Standar ukuran kertas di Benua Amerika
  3. Ukuran Akademik

Selain tiga standar ukuran kertas diatas, masih ada standar ukuran kertas ANSI, Arsitektur dan personal using dan ukuran untuk keperluan akademik. Tapi kali ini saya hanya akan membahas tiga standar ukuran kertas seri dan di benua Amerika.


1. Standar Ukuran Kertas Seri A


Standar ukuran kertas seri A dibuat berdasarkan Standar Internasional ISO 216. Standar internasional ISO 216 dibuat berdasarkan standar Jerman DIN 476. Ukuran kertas seri A umumnya digunakan di perusahaan dan perkantoran, percetakan dan penerbitan serta akademik. Standar ukuran kertas seri A biasanya diawali dengan ukuran A seperti yang saya contohkan di atas, yaitu A0 hingga A10.

2. Standar Ukuran Kertas Seri B


Standar ukuran kertas seri B memiliki ukuran di tengah antara 2 ukuran seri A. Standar ukuran kertas seri B umumnya digunakan untuk keperluan membuat poster dan lukisan dinding. Standar ukuran kertas seri B diawali dengan ukuran B0 hingga B10


standar ukuran kertas seri B


3. Standar Ukuran Kertas Seri C


Standar ukuran kertas seri C umumnya digunakan untuk keperluan berkirim surat seperti map, kartu pos dan amplop


standar ukuran kertas seri c


4. Standar ukuran kertas di Benua Amerika


Standar ukuran kertas ini digunakan di di Amerika Serikat, Kanada dan Mexico. Terdapat tiga ukuran kertas yang umumnya digunakan di tiga negara bagian tersebut diatas, yaitu "Letter", "legal", "ledger", dan "tabloid".


standar ukuran kertas amerika


Memilih Ukuran Buku Jurnal atau Diary


Nah bicara soal ukuran buku tulis atau jurnal, untuk memudahkan sahabat artjoka ketika membayangkan ingin menggunakan buku atau jurnal dengan ukuran apa maka hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah rasa nyaman. Baik rasa nyaman saat menulis maupun dibawa kemana - mana alias masuk di tas atau enggak. Memang kebanyakan jurnal handmade membuat jurnal ukuran A6 seperti jurnal dari empahandmade atau Hibrkraft. Agak kecil sih dan kagok dipakai menulis, tapi sangat mudah untuk dibawa kemana - mana dan mudah saat hendak mencatat apapun. Sebagai teman travel oke lah.


Kalau memilih buku atau diary, saya sarankan ukuran A5 karena lebih leluasa saat menulis. Sementara ukuran kertas A4 buat ngeprint aja deh atau media menggambar anak - anak saya dan juga saya, hahaha. Yess, saya biasa menggambar menggunakan kertas HVS A4 untuk menggambar. ukurannya pas, ketebalan oke untuk saya gunakan dengan spidol snowman dan drawing pen. Tapi kalau untuk menggambar saat travel, saya menggunakan watercolor paper ukuran A5. lebih singset dan pas lah.

Oke sahabat artjoka, sekian pemaparan saya terkait standar ukuran kertas. Semoga gak bingung lagi saat mau beli kertas HVS, buku atau jurnal ya.

Salam artjoka. 


Sumber referensi :

advernesia.com
arsipinfo.com/

37 komentar:

  1. yang saya gak paham mengapa ada standar untuk Print out Kliping, Tesis, laporan magang, Tugas Sekolah/Kuliah dst

    kok gak disamain aja?

    Pertanyaan naif ya? :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya kak. Secara akademik memang ada standarnya ya. Bahkan size paper di ms words itu bukan A4 tapi letter, bener gak? Itu ukuran kertas US sih, eh aku lupa kok gak bahas itu juga ya di artikel ini, ntar aku tambahin deh wkwkwk. Makasih ya udah berkontribusi ngasih aku ide, hihihi

      Hapus
  2. Ukuran kertas seringkali kita abaikan. Saya hanya terbayang ukuran kertas untuk printer A4 dan F4. Nach sekarang sudah lebih tau lagi A1,A2, A3 dan seterusnya. Terima kasih info yang komprehensif

    BalasHapus
  3. Aku familiar dengan A4 dan A5 waktu kuliah untuk bikin laporan. Dan untuk ukurannya ternyata banyak juga yaa.

    BalasHapus
  4. Yang familiar dengan saya cuman ukuran A3 sama A4 aja. A3 adalah buku gambar untuk pelajaran kesenian waktu SMP. A4 adalah ukuran standar fotokopian. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun sama nih sama mbak Vicky. Tapi aku nambh dikit ada A5 dan F4 sebab ukuran cetak buku biasanya pakai A5.

      Sejak kerja di dunia pendidikan kenal legal juga

      Hapus
  5. Pusing A berapa? Tinggal bilang aja ke tulang fotocopian. Sekarang jadi tahu ukuran dengan bayangan sebuah kertas yang di lipat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya juga ya?

      tapi kalo tukang foto copy nya salah, gak ada jaminan uang kembali lho :D

      Hapus
  6. Ngomongin soal kertas jujur akutu cuma tau A5, HVS dan folio. Mungkin karena itu yang umum dipakai kali yah, hihi.

    BalasHapus
  7. Ini nih, salah satu hal administrasi yang sering jadi perbedaan di antara kepanitiaan acara. Kayak kemarin pas bikin event, mau cetak clue card, ID-card, dan lain-lain, bingung nentuin ukuran kertasnya karena nggak bisa kebayang masing-masing ukuran A itu berapa persisnya.

    Hal sepele, namun penting diketahui untuk orang-orang yang biasa bergelut di bidang administrasi/perkantoran.

    BalasHapus
  8. Dulu aku ngiranya ukuran kertas ya segitu-segitu aja. Pas liat anak arsitek bawa kertas yang lebar lebar, jadi tahu ternyata ukuran kertas banyak

    BalasHapus
  9. Kalau pas nge-print memang suka bingung nih ukuran kertasnya berapa. Apalagi pas fotokopi, hihi. Siip kak Eka artikelnya

    BalasHapus
  10. Jadi makin tahu karena tiap hari selalu berhubungan dengan kertas baik untuk ngeprint maupun fotocopy. Tapi kalau untuk buku catatan, memang suka yang A5 sih kak atau A6

    BalasHapus
  11. Aku lebih familiar sama ukuran kertas amerika, soalnya dulu pas di kantor biasanya pake itu. Sekarang udah jarang bersinggungan sama kertas lagi.

    BalasHapus
  12. ini artikel sangat penting untuk orang-orang yang masih sering bersinggungan dengan kertas dalam sehari-harinya

    BalasHapus
  13. Dulu tuh mikirnya A5 lebih gede dari A4, A6 lebih gede dari A5, dan begitu seterusnya. Padahal semakin gede angkanya, sebetulnya dimensinya semakin mengecil.

    BalasHapus
  14. Ho saya baru ngeh ternyata ukuran letter sama legal yang ada di printer itu ukuran benua Amerika ya hehe. Temanya unik juga nih bahas soal ukuran kertas :)

    BalasHapus
  15. Sepertinya memang sederhana dan simpel. Tapi kalau sudah ketemu saat mau menentukan ukuran kertas, bisa jadi masalah yang cukup serius kalau tidak tahu patokan ukuran yang tepat.

    Baru tahu kalau ternyata ukuran kertas itu merupakan setengahnya dari atau seperempatnya dari ukuran sebelum atau di atasnya. Terima kasih, kak. Rumus patokan ukurannya bermanfaat banget!.

    BalasHapus
  16. Paling familiar cuma sebatas A3, A4 dan legal aja Kak. Setelah itu bablas ga paham wkwk

    Aku malah baru teu ada ukuran b sekian juga. Jadi lebih paham lah sekarang setelah baca ini. Makasih kak!

    BalasHapus
  17. Wuih gak kebayang kertas A0 pasti gede banget

    BalasHapus
  18. Aku cukup familiar sama kertas yang depannya A, sama istilah letter, legal, dll. Tapi memang suka bingung komparasinya. Dikasih visual komparasi yg kece parah, bikin jd ada bayangan ukurannya terutama yg "A". Seringnya pakai A4 hihi.

    Btw ak penasaran sama kertas watercolornya. Itu jenis kertasnya apa mba? Tebel gtu kah? Pingin nyoba water color manual hihi

    BalasHapus
  19. wah thanks teh infonya, ini keliatan sepele ya masalah ukuran kertas tuh, berasanya kalau lagi mau nyetak suka bingung hihi..

    BalasHapus
  20. ternyata ada seri B dan C juga toh! aku kra yaudah ukurannya emang berudul A gitu, mb hehhe ternyata ada seri-serinya. dulu aku kira semakin besar nomor seri, ukurannya makin besar ternayta terbalik setelah beli buku gambar A3 :D
    makasih infonya ya mb.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  22. Wah aku jadi tahu dan menambah wawasan ttg perkertasan hehe.
    Ukuran2 ini ternyata mudah cara mengingatnya ya . Patokannya pad A4.

    Selebihnya tinggal liat ukuran dibawahnya atau diatasnya. Ini yg sering kita temui sih.

    Tapi rupanya, letter legal itu penyebutan di amerika ya wah menarik mbak. Aku baru tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem kak, tahu letter dan legal karena pas print ukuran kertas munculnya itu hihi... Padahal kalau pas foto kopi baru engeh, ukuran A4 atau folio? Hehe

      Hapus
  23. Wah iya, saya juga suka bingung nih untuk ukurannya. Suka browsing dulu di google untuk memastikan.

    BalasHapus
  24. Wah keren. Jujur baru tau sedetail ini. Makasih banyak infonya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan

    BalasHapus
  25. wkkwkw aku hafal kalau a4 sama folio tapi selain itu engga hafal wkwkwk kadang masih suka bingung bedain. AKu orangnya ngga visual banget sih apa yaa, jadi emang kudu bener2 dilakukan dan sering bersinggungan biar ngga lupa2 lagi

    BalasHapus
  26. Aku berkutat dengan kertas itu sudah biasa, tapi yang paling familiar ukuran kertas A4 dan folio saja karena paling sering dipakai. Kalau mau ngeprint sesuai ukuran yg lain, tinggal bilang ke tukang print-nya, hehehe.

    Ah iya, untuk journal atau diary, aku juga suka A5, lebih simple dan gak kebesaran, juga gak kekecilan. Pas banget dipakai untuk buat outline / draft artikel blog

    BalasHapus
  27. Malunya aku yg hanya tau ukuran A4 sama folio, wkwk.. sama terakhir tau pas skripsi kaloketebalan kertas juga beda-beda dan ternyata semua komen temen2 sama, lho xixi..

    Mungkin karena profesi juga ya teh, sebagai ilustrator jadi harus tau betul ukuran standar kertas itu kayak apa.

    Maaf, komen dikit teh, angka digambarnya nggak keliatan jelas dari hp ku nih, hihi..

    Makasiya teh udah kasih info menarik ini buat aku.

    BalasHapus
  28. Belum lagi ada ukuran Plano untuk kertas kalkir dan art paper yang biasa untuk cetak kalender. Karena tumbuh dalam lingkungan bisnis cetak, dulu aku sempat pusing soal ukuran kertas ini, tapi karena terbiasa akhirnya paham mba..

    BalasHapus
  29. baca ini jadi pengen beli refill skecth book lagi hihi, aku termasuk yg suka beli ukuran kertas khususnya kertas gambar dengan macem2 ukuran sih mbak, buat eksplor aja tapi paling dibeli yg b5 sih

    BalasHapus
  30. Sudah lama sekali nggak berurusan sama ukuran kertas. Terakhir kali pas zaman masih kerja kantoran. Itupun tahunya ya cuma kertas A4 dan HVS saja, Mbak. Baca tulisan mbak saya jadi tahu kalau tipe kertas ada bermacam-macam juga ya.

    BalasHapus
  31. Jadi lebih ngerti kalau ukuran buku yang saya miliki A6. Selama ini familiar hanya ukuran A4, A5, dan F4. Sampai sekarang masih bingung ukuran letter dan F4

    BalasHapus
  32. Aku aja sering pusing kalo udah ngeliat ukuran kertas mba 😅. Apalagi aku ga biasa membuat ilustrasi kayak mba Eka. Makin ga ada bayangan ttg size-nya. Kalo dikantor mah, yg sering dipake buat ngeprint udh A4. Ukuran lain aku ga familier blass :p.

    Mba Eka LBH sering pakai spidol Yaa buat ilustrasi ? Kalo pensil warna atau pensil arang yg buat sketsa jarang pakai mba?

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih