Detox Tubuh Secara Alami Sekarang Sebelum Terlambat

 Detox tubuh


Detox Tubuh Secara Alami Sekarang Sebelum Terlambat. Ngeri gak sih baca judulnya? hihihi. Harus ngerasa ngeri dong. Soalnya berhubungan dengan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Memang apa sih yang jadi semuanya terlambat kalau gak detox? Sakit dong say! emang mau? pasti gak lah. 

Lantas apa hubungan detox dengan kesehatan? Yuk kita bahas.

Detox Tubuh Itu Apa Sih?


Detox tubuh itu apa sih artinya? kalau melihat definisi dari wikipedia sih gini katanya,

Pada fisiologi, detoksifikasi (bahasa Inggris: detoxification, detox) adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin. Detoksifikasi terbagi menjadi 3 klasifikasi menurut golongan substratnya yaitu alkohol, obat-obatan dan zat metabolik.

Secara umum detox tubuh itu artinya membersihkan tubuh dari segala macam racun yang ada di dalam tubuh kita. Sebetulnya, detox ini biasa dilakukan oleh tubuh setiap hari melalui hati, usus besar, ginjal, paru-paru, dan kulit. Tetapi setiap organ tubuh penting ini memiliki kapasitas memproses menetralisir racun, jika melebihi bebas akan timbul masalah dalam tubuh, Seperti sakit hati, batu empedu dan gatal - gatal pada kulit. untuk kasus yang berat bisa terjadi sindrom usus. wah ngeri ya.

Racun ini darimana sih datangnya? dari makanan yang kita makan dan juga dari lingkungan, seperti :
  • Obat - obatan
  • Polusi Udara
  • Zat Kimia
  • Zat pengawet makanan
  • Pestisida dari sayuran
  • Makanan yang dibakar
  • Makanan yang digoreng dengan minyak berlebih
Nah sekarang udah ada bayangan kan kenapa kita perlu melakukan detox tubuh kita dari racun? sekarang coba kita uraikan tugas dan fungsi organ pengurai racun dalam tubuh kita yuk, agar kita lebih peduli terhadap organ tubuh kita yang satu ini.

Organ Tubuh Yang Bertugas Menetralisir Racun


1. Sistem Pencernaan

Percaya tidak kalau saya bilang sistem pencernaan kita ini subhanallah amazingnya? harus ya. Karena sistem pencernaan kita memiliki sistem detox tubuh dan ekskresi yang melindungi tubuh dari racun berbahaya. Tetapi tentu ada batasan jumlah racun yang bisa diuraikan oleh sistem pencernaan lho. Yuk bantu sistem pencernaan kita dengan mengkonsumsi serat minimal 30 gram /hari 

2. Hati

Saya yakin Allah udah ngasih kita seperangkat sistem tubuh yang lengkap untuk mendukung kehidupan kita. saya gak bisa berhenti kagum dengan fungsi dan cara kerja hati dalam menetralisir racun dalam tubuh kita. Jadi begini ya sistem kerja hati dalam mengurai racun. 

Pertama, makanan dan minuman, atau obat yang masuk ke dalam tubuh kita melalui saluran pencernaan akan masuk ke lambung dan usus. di sini makanan akan dicerna lalu zat-zat tersebut akan diserap oleh usus lalu akan masuk ke dalam pembuluh darah usus. 

Kedua, zat - zat yang sudah di uraikan di lambung dan usus tersebut akan dibawa oleh darah dan dialirkan ke hati. Nah disinilah tugas penting si hati. 

Ketiga. Organ Hati memiliki sel khusus yang mampu menghilangkan zat racun yang disebut sel kupfer. Saat bertugas, Sel kupfer akan menetralisir racun dalam darah dan bekerjasama dengan Xenobiotik, yaitu enzim dan zat kimia khusus. Setelah proses kerjasama kedua sel ini usai, enzim dan zat kimia yang mengandung detox dan telah diuraikan akan dikeluarkan melalui urine. 

Sama halnya dengan sistem pencernaan, hati juga punya kapasitas menetralisir detox dalam tubuh kita. kalau terus digempur dengan racun berlebih lama - lama hati akan mengalami kerusakan. 

yuk bantu hati kita agar berfungsi dengan baik demi kesehatan kita juga. Kita bisa melakukan detox selama 7 hari atau mengkonsumsi makanan berikut ini dalam menu makan kita sehari - hari :
  • Oatmeal
  • Kopi ( bukan kopi susu atau latte ya )
  • Bawang putih
  • Anggur
  • kacang - kacangan
  • Buah seperti : Alpukat, Pisang , Lemon , Pepaya ,Semangka
  • Sayur seperti : Brokoli, kangkung, sawi dan wortel
  • Beras merah
3. Kantong Empedu

Seperti yang saya uraikan diatas, jika hati mendapat beban kerja yang terlalu berat, maka racun akan dilepaskan di kantong empedu, jika tidak melakukan detox maka hal ini dapat mengakibatkan penyumbatan organ dan menghasilkan batu empedu.

saya sendiri punya pengalaman kurang enak dengan batu empedu, pernah terdiagnosa kena batu empedu. dan rasanya gak enak banget. sampai diet selama dua tahun. Tapi saya kena sakit ini bukan akibat kelebihan lemak atau kebanyakan racun dalam tubuh, melainkan efek hormon kehamilan. Ini juga berpengaruh ternyata.

Tapi diluar soal kehamilan, batu empedu biasanya sering terjadi pada mereka yang sering mengkonsumsi makanan dengan tingkat kolesterol dan lemak tinggi serta jarang mengonsumsi cukup serat.

satu lagi kehebatan empedu, yaitu sebagai bakterisida. Mikroba paling sering masuk ke dalam tubuh kita lewat makanan dan jumlahnya tidak terhitung. oleh sebab itu, yuk bantu empedu untuk lebih giat lagi menjadi bakterisida dengan tetap menjaga imun tubuh dan sistem pencernaan agar empedu tetap mampu menciptakan kondisi basa untuk mematikan atau menghambat perkembangan mikroba dalam tubuh kita. 

Juga jangan lupa untuk selalu minum air putih sesuai takaran , perbanyak mengkonsumsi sayuran dan hindari makanan dengan kadar lemak tinggi. 

4. Ginjal

Sama halnya dengan hati, ginjal juga memiliki unit penyaringan detox yang disebut nefron. Dalam setiap nefron terdapat pembuluh darah halus yang disebut glomerulus dan ini tersambung ke tubula. Darah yang telah berisi sisa toxic dari hasil netralisasi di hati dan empedu akan mengalir memasuki glomerulus lalu disaring lewat tubula. Mineral akan diserap dan racun akan dibuang.

Percaya tidak? ginjal bekerja selama 24 jam menyaring air dan racun sebanyak 113 - 144 liter darah dan 1-2 liter urine. 

Yuk bantu ginjal untuk tetap bekerja dengan baik dengan banyak mengkonsumsi air putih, mengkonsumsi sayuran berdaun gelap, ubi jalar, buah beri, apel dan bawang merah/putih. 

Yuk Detox tubuh sekarang juga sebelum Terlambat

Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat tahun baru semua. Tahun baru udah bikin resolusi kah? apa sih resolusinya? sharing dong. Ada gak sih yang resolusinya pengen BB turun? atau hal yang sederhana seperti mulai hidup sehat? kalau ada ngacung dong, hehe. 

Kenaikan berat badan atau BB juga ternyata salah satu tanda tubuh kita perlu detox lho. selain kenaikan BB ada juga tanda lain kalau tubuh kita memerlukan detox tubuh, yaitu :
  • mudah lemas
  • hilang konsentrasi
  • kulit gatal - gatal
  • wajah berjerawat
  • Mudah mengantuk
  • Mood swing
  • Bau badan/mulut
Adakah salah satu atau beberapa tanda - tanda di atas? Detox tubuh Yuk barengan. Selain alasan kesehatan yang sudah jelas, saya juga pengen nih kembali menurunkan BB yang setahun ini naik drastis sampai 65kg! fantastis. ini BB terbesar dalam hidup saya. walau saya sering mengeluh BB naik, langkah agar si BB turun hanya sebatas angan karena kalah sama mie instan dan gorengan, wkwkwk.

Entah kenapa berat sekali mau mulai diet. minimal detox lah. Mau zumba juga maju mundur. Tiba-tiba males aja. Hanya Tanos walking challenge penyelamat saya agar ada gerak walau sedikit dan itu hanya seminggu sekali! what?? iyess. Males banget ya saya. 

Tapi walau begitu saya masih membutuhkan detox tubuh nih biar tubuh saya gak kebanyakan toxic nya. jadi saya pengen at least sebulan sekali saya detox tubuh selama tujuh hari. Dengan setidaknya saya tidak terlalu merasa bersalah banget nih sama tubuh, hehe. sungguh niatan yang kurang baik ya tapi setidaknya ini hal kecil yang sangat realistis yang bisa saya lakukan untuk hidup lebih sehat.

Daripada diet gak jalan kan setidaknya bisa di mulai dari detox tubuh selama tujuh hari. iya kan?

By the way, tadi saya bilang di atas mau mengajak detox tubuh barengan ya? ada yang penasaran gak detox barengan itu kaya gimana? 

Mumpung nih, Tanos ngadain tantangan baru bulan Januari 2021 ini saya mau detox tubuh seminggu. Gak terlalu berpengaruh mungkin terhadap penurunan BB  tapi setidaknya selama seminggu ini saya bisa menjaga asupan makanan ke dalam tubuh dari semua makanan yang digoreng, gula berlebih dan juga garam. 

Karena dulu saya pernah diet cukup ketat, saya jadi ada bayangan seperti apa sih pola makan sehat yang harus dilakukan agar BB bisa turun selama tiga bulan. Tapi karena saya tipe orang yang agak susah konsisten padahal udah di buat jadwal seketat mungkin, sepertinya saya gak cocok diet deh! hahaha

Tanos Eat Clean Challenge


Udah gak asing kan dengan nama Tanos? udah wara-wiri setengah tahun nih soal mengajak teman - teman untuk melakukan berbagai macam tantangan.

Kali ini Tanos mau mengajak kita semua untuk menantang diri sendiri makan sehat dan bersih dalam rangka menjaga kesehatan dan proses detox tubuh dalam tubuh.



tanos eat cleaning challenge


cara detox tubuh



Yuk saya mengajak teman - teman semua untuk ikutan tantangan ini selama tujuh hari saja. Pasti bingung kan dengan meal plan dan gimana sih cara eat clean itu? tenang, nanti akan ada anjuran meal plan dan tips dan triknya yang akan di share di akun instagram @tanos.challenge

Cara Ikutan


Kalau teman - teman mau ikutan tantangan ini, caranya mudah. Tinggal repost feed berikut dan mengisi G form di SINI

TANOS


Lewat tantangan Tanos kali ini sih saya berharap kedepannya seminggu sekali dalam sebulan saya bisa tetap konsisten melakukan detox tubuh. Karena jujur, saya takut empedu saya kembali kambuh dan saya kembali merasakan trauma episode kambuh. Saya tidak mengambil langkah anjuran dokter untuk operasi pengangkatan kantong empedu dikarenakan waktu itu si bungsu masih bayi dan anxiety separation nya parah banget. Jadi saya mengambil langkah pengobatan alternatif selama dua tahun. alhamdulillah episode kambuh gak pernah datang lagi sampai sekarang.

Beberapa tantangan di Tanos seperti walking challenge dan drink water challenge cukup banyak membantu saya untuk selalu ingat menjaga kesehatan tubuh saya walau pelaksanaannya masih belum konsisten seratus persen. Tahun ini saya benar - benar ingin melakukan hidup sehat. Karena dengan semakin bertambahnya usia, sekarang makin yang terasa sakit, seperti sakit pinggang lah, mudah lelah, mudah mengantuk dan badan mengalami kenaikan berat badan yang gak masuk di akal. Hal ini ternyata disebabkan saya jarang melakukan olahraga yang tetap dan masih ala kadarnya ( suka- suka saya saat ingin ) dan pola tidur yang tidak teratur serta jumlah asupan makanan yang gila-gilaan.

Tips Cara Detox Tubuh Sederhana


Idealnya sih sebelum melakukan detox tubuh kita hitung dulu kebutuhan karbo, protein dan lemak harian. Bagaimana caranya? teman- teman bisa berkunjung ke artikel saya tentang tips diet ya. Disana ada bagaimana cara menghitung kebutuhan Karbo dan lain sebagainya.

Setelah menghitung jumlah karbo yang disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, berat badan saat ini nanti akan keluar angka berapa berat badan idel yang sesuai dnegna jeni skelamin dan usia. Lalu ada muncul angka anjuran asupan karbo harian. Dari sini akan mudah bagi kita menghitung jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Tetapi, kalau masih dirasa terlalu ribet. teman- teman bisa melakukan tips sederhana berikut.Tips sederhana ini bisa dijadikan panduan untuk tantangan makan sehat nya TANOS minggu depan. Kita mulai dari hal yang sederhana dan lakukan setiap hari selama 7 hari, yaitu :

1. Sarapan menu sehat

Mulai sarapan dengan oatmeal, roti gandum, telur rebus dan buah apel. Masih terasa berat karena biasa sarapan nasi atau lontong kari, nasi kuning dna kupat tahu? yuk coba dengan sarapan hanya dengan 6 sendok nasi beras merah ditemani telur dan buncis/wortel rebus. 

2. Ganti cemilan snack dan minuman manis

Paling enak memang kalau ngemil itu seperti bakso, batagor, baso tahu dan gorengan. Untuk seminggu ini, berjuanglah untuk mengganti makanan surga itu dengan ngemil buah dan sayuran yang direbus seperti wortel dan labu siam. 

3. Minum air putih 2 liter sehari

Ini sih udah gak usah dijelaskan lagi ya, penting banget menjaga tubuh dari dehidrasi. Selain meningkatkan konsentrasi juga membantu proses netralisasi racun oleh hati, empedu, ginjal dan usus tentunya

4.Berpuasa

Nah ini nih, selain bisa membersihkan tubuh dari racun, puasa juga bernilai ibadah kan? jadi sekali mendayung dua pulau terlampaui. hehe

5. Olahraga

Dulu waktu saya rajin banget zumba tiap hari, badan terasa ringan dan gak mudah pegal. Ini ternyata benar ya, dengan rajin berolahraga maka peredaran darah akan lancar dan tidak akan mudah pegal. Hebatnya lagi, dengan olahraga makan proses detoksifikasi juga akan lancar.

Gak harus zumba seperti yang saya lakukan, senam irama 15 menit atau senam SKJ juga cukup. Atau Ikutan tantangan Tanos walking challenge yang hanya jalan kaki selama 20 menit. Tapi ingat ya, selesai walking challenge jangan jajan gorengan dan serabi, wkwkwk

Contoh Meal Plan Selama Tantangan Tanos Clean Eat Challenge

Contoh meal plan berikut bisa teman - teman ikuti selama mengikuti tantangan makan sehat ya

Sarapan 
6 sendok nasi
1 butir telur rebus
segenggam buncis rebus
atau
semangkuk oatmeal + pisang/apel
Ngemil ( sekitar jam 10 pagi )
Buah - buahan : pepaya, semangka, naga, jeruk, pisang
smoothies
Makan siang
6 sendok nasi
1 Potong ayam ungkep tanpa kulit
segenggam wortel dan buncis rebus
Ngemil sore
Buah dan rebusan sayur 
( pepaya, semangka, buah naga, ubi jalar )
Makan malam ( di bawah pukul 7 malam )
6 sendok nasi
1 potong ayam ungkep
segenggam sayuran rebus

Menu ini bisa diubah dan diganti setiap harinya dengan berbagai jenis sayuran, sumber protein dan buah. Tapi yang jelas, semua makanan harus di rebus. walaupun jenuh dengan memakan rebusan yaah yang kuat ya! kan hanya selama tujuh hari, hehehe. pasti bisa lah. Kalau masih terasa berat, bisa menumis sayuran tapi hanya menggunakan 1 sendok makan minyak sayur saja ya. Berikut saya berikan contoh meal plan lengkap selama 7 hari.

meal plan


Ini hanya contoh ya, teman - teman bisa mengganti dengan sayuran, buah atau makanan favorit agar tidak jenuh dan masih ada selera untuk makan. 
Yuk kita detox tubuh sekarang

Tulisan ini diikutsertakan dalam minggu tema Komunitas menulis 
Satu Minggu Satu Cerita dengan tema : TANTANGAN
dan ODOP Indonesian Content Creator Day 4 tema : kuliner


Referensi :
https://fibre-first.com/sistem-pencernaan-sehat-untuk-detox-yang-optimal
https://www.suara.com/health/2020/08/01/075945/cara-detoks-7-organ-tubuh-bisa-usir-penyakit-dan-lelah?page=all
https://www.brilio.net/creator/11-cara-melakukan-detox-yang-tepat-untuk-mendapatkan-tubuh-sehat-0971f3.html
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4759196/catat-6-tanda-tubuhmu-sungguh-perlu-detox
https://www.nakedpress.co/blogs/stories/apa-itu-detox
https://www.liputan6.com/health/read/3766437/5-fungsi-empedu-pada-sistem-pencernaan-tubuh-manusia
https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/cara-detoksifikasi-mengeluarkan-racun-dari-tubuh/#gref

40 komentar:

  1. Eat clean ya, pernah denger terminologi ini few years ago waktu masih ikut2an freeletics.

    Saya pribadi agak sulit untuk melakukan pola ketat kaya gini. Pengalaman pernah coba, cuma bertahan 2 hari.

    Jadi kalau sekarang, lebih banyak fokus ke ngebanyakin air putih aja buat bantu ginjal biar ga ginjal2.

    Anyway, good luck with eat clean programnya ya.

    ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak Prima,
      Saya juga baru denger ini waktu diet kak, dan itupun udah lama banget gak detox lagi. awalnya emang sulit kak, makanya dilakukian bertahan buat pemula. hari pertama tuh yang sulit mungkin ya, mengurangi gorengan. hehe

      saya lakukan ini seminggu sekali aja, karena kalo dietpun saya gak sanggup! hahaha. at least ada usaha lah biar tubuh di detox sebulan sekali

      makasih kak Prima, Aaamiin
      (^_^)

      Hapus
  2. Tantangan ini keren banget. Semangat hidup sehat. Aku salut banget. Aku belum pernah nyoba..
    Sekarang aku nyoba banyakin minum air putih dulu..

    Semangat buat mbak Eka dan team Tanos. Sukses dan sehat selalu..

    BalasHapus
  3. Wah tantangannya keren banget, bikin jadi sehat ya Mba ... pingin ikut, tapi masih khawatir sama kekonsistenan diri, hihi masih harus coba benahin dulu nih kebiasaan diri yang suka semangat diawal-awalnya aja tapi kesananya duuuh serasa ngga mudah buat konsisten.

    Semangat ya Mba, semoga lancar buat jalanin tantangannya, sehat terus Mba ...

    BalasHapus
  4. Iya kulit gatal juga sinyal kalo perlu detox yah.
    Kayanya jadi pengen ikut TANOS Challenge ni, biar eat clean. Udah ada menunya lagi, hehe semangattt.

    BalasHapus
  5. Agak berat kalau harus berpisah dengan gorengan mba, tapi sekarang ini lagi rajin olahraga karena ikut teman yang lagi diet hehe

    BalasHapus
  6. Wah, meal plan nya bener2 bebas gorengan. Paling cuma tumis ya kak pake minyak sedikit. Itu pun bs diakalin misal pake coconut oil. Mantap kak. Sukses buat tanos challenge nya. Aku skip dulu yg ini. :D

    BalasHapus
  7. Pengen banget nih memulai untuk Eat Clean. Tapi entah kenapa setiap melihat gorengan hati bergejolak kencang hehe. Tapi setelah baca ini, sepertinya aku harus bener-bener mulai nih mba. Terima kasih yah Mba Eka atas informasinya ;)

    BalasHapus
  8. Teh Eka, tanos challenge berlaku untuk ibu hamil ga? Aku tertarik sekali dengan tanos challenge, udah sering wara wiri di feed tapi ga tau paan wkwk.. Baru kali ini dapat pencerahan.

    BalasHapus
  9. Detox tubuh jadi bagian penting untuk tetap sehat. Yach harus punya komitmen dan motivasi untuk memulainya. Hiks masih satu hal yang tidak bisa ditinggalkan, masakan dengan minyak yang cukup baik yaitu barco , minyak kelapa (non kolesterol)

    BalasHapus
  10. Tantangan yang menantang nih, aku suka melakukan juga detox tubuh sama temen2 di klinik. Memnag luar biasa hasilnya. Ntar barengan cheating lagi gorengan day,nanti detox lagi, begitulah terus menikmati hidup yaa.
    MAkasih info tanosny, semoga makin banyak yang sadar akan pentingnya eat clean dan deyox tubuh. Dan semoga kita sehat2 semuanya yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pasti menyenangkan sekali ya Teh Nchie kalo melakukan detoks ya bisa bareng temen-temen sendiri. Motivasi jadi lebih tinggi, tujuan detoks jadi tercapai dengan lebih mudah deh :)

      Hapus
  11. Sepertinya butuh eat clean nih aku, sudah mulai kerasa tanda-tandanya

    BalasHapus
  12. Yuuuk Mari kita ramaikan program detox ini jamaah ya teh. Lalu inget belum bikin menu seminggu ke depan baut diet *plak

    Eh, btw kenapa harus 6 sendok nasi teh? Ada berapa jumlah kalori dlm 6 sendok nasi itu? Aku suka secentong ee. Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehehe,
      6 sendok itu udah hasil ngitung kebutuhan kalori utama teh yang sesuai sama BB aku yang ndut ini, hihihi

      Hapus
  13. Mauu lah ikutan eat clean challenge inii. Aku jg skrg jadi gampang lemes. Kebanyakan makan. Ngga kekontrol jg yg masuk. Huhu

    BalasHapus
  14. Waah, TANOS memang keren euy! Aku pernah dong 2020 lalu ngelakuin beberapa diantaranya, kek mengganti cemilan sore, dan nggak makan malam itu, makanya terus bisa turun 10kg, dari 63kg, wkwk..

    Sukses terus untuk TANOS Challenge!

    BalasHapus
  15. Menurut aq yang agak berat ini menghilangkan gorengan, soalnya aq dan keluarga suka banget bikin bakwan

    BalasHapus
  16. masyaAllah keren banget ini clean eating tantangan, semoga para pejuang bisa menjadikannya habbit ya teh eka/

    BalasHapus
  17. Wah bagus sekali tulisan ini. Jadi bukan diet ekstrim namun makan makanan bergizi sehat ya Kak.

    BalasHapus
  18. Entah mengapa aku belum sanggup teh ikut thanos clean eat padahal kalo makan habis terus wkwkwk

    BalasHapus
  19. Saya belum pernah ikutan clean eat challenge mbak



    (Alya)

    BalasHapus
  20. hmmm, makasih kak ekaa, mealplannya pas banget nih sama niatku mau bikin di minggu ini.. sekaligus mau memperbaiki menu buat anakku karena pencernaannya kayaknya sedikit bermasalah sampai kalau buang air jadi susah, kasian.. pastinya harus dibanyakin serat dulu yaa.. dan mudah2an aku juga bisa puasa buat ngedetoks tubuh juga

    BalasHapus
  21. Thanos challange makin keren nih. Aku pengen deh ngedetox juga tapi perasaan berat banget haha. Aku baru tau kalau badan gatal-gatal itu ciri butuh di detox dan buah bisa ngedetox. Harus rajin makan yang clean ya.

    BalasHapus
  22. Wah bener banget nih detox penting ya untuk membuang racun tubuh..kalau saya perbanyak minum air putih supaya racun atau zat yg tak diperlukan tubuh keluar melalui air seni

    BalasHapus
  23. Wah ikut 1M1C juga?
    Udah berapa kali saya in out 1m1c ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Dari nomor kecil sekarang nomor saya ratusan
    Tentang detox, jadi pingin juga
    Tapi detox nya food combining
    Tapi rencana terus
    Belum pernah terlaksana ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  24. Pengen bisa disiplin jadwal makan sesuai menu detox tapi aku suka amburadul hehee.. jadi paling kurangi Karbo dan kalori saja, semoga ke depan bisa ngikuti sharing mbak dengan menu detox yang pas

    BalasHapus
  25. Keren sekali Tanos Challenge yang seri detoksifikasi ini. Memacu buat tetap jaga kesehatan tubuh biar tetap produktif. Ide yang luar biasa dengan ngajakin hidup sehat bareng bareng.

    BalasHapus
  26. Pengalaman, sebulan saya tidak makan nasi, kecuali turunannya seperti bubur, atau lontong, pokoknya nasi olahannya lagi gitu deh. Alhamdulillah BB ga jauh dari 50. Padahal saya ga melakukan diet apapun.
    Apalagi kalau ikut challenge Tanos ini, pasti Gola deh target detox dan dietnya...

    BalasHapus
  27. Challenge yang sangat menantang. Tapi beberapa sudah saya praktikkan meski belum teratur harinya seperti minum air putih 2 liter/hari, mengurangi minuman sejenis boba, kurangi junkfood, dan sudah rutin makan buah tiap hari.

    BalasHapus
  28. Wah kebetulan aku lg mau diet. Ikutan tano challenge ini dulu deh biar sehat. Lumayan cuma 7 hari detoxnya.. thanks infonya kak ika

    BalasHapus
  29. Lengkap banget penjelasan soal detox tubuh & tanos challenge nya.

    Saya tahunya klo detox tubuh dr puasa aja hehe. Ternyata bisa diterapin dgn makanan bergizi 3x sehari ya

    BalasHapus
  30. hari ini yaa mulai dilakukannya. Semoga seminggu kedepan menu kita berjalan dan terlaksana dengan baik, dijauhkan dari godaan makanan gurih bermicin bergula enak-enak yaa teh, hihi

    BalasHapus
  31. wah menarik yaa Tanos Challenge, pas banget nih di musim kaya gini pandemi gak kelar-kelar kayanya harus mulai detoks tubuh yaa biar kualitas kesehatan kita lebih baik

    BalasHapus
  32. Huaah clean eating. Jurusan andalanku "hanya" puasa hehe. Apalagi aku tipe pemilih makanan banget euy, belum priority kesana (makanan ruebs2an) XD tapi tetap dong konsumsi sayur buah dan air

    BalasHapus
  33. Baru tauu kopi hitam bisa jd menu detox juga ya? Tp mungkin harus hati2 kali ya kalo lg maag/masalah pencernaan lain takutnya makin paraah ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  34. aku lagi ngebayangin 6 sendok nasi segimana. cukup gak ya kira2 porsinya.
    soale emang lagi pengen ngurusin badan biar sehat kerasa banget badan gemukan
    contek menu sehari-harinya yaaa

    BalasHapus
  35. patut di coba ini. karena saya biasa detoxnya cuma pakai puasa. harus juga ini dijalankan. krn banyak yg saya langgar seperti masih konsumsi gorengan

    BalasHapus
  36. Kayaknya aku juga perlu detox tubuh nih. Soalnya sering lemes gitu

    BalasHapus
  37. Dalam 7 hari, efek apa aja yang kelihatan dari clean eating ini ya? Aku tertarik banget karena memang butuh dan aku suka tantangan :)))

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.