Tips Hair Spa Di Rumah Agar Lebih Menyenangkan

  Dove Hair

Tips Hair Spa Di Rumah Agar Lebih  Menyenangkan. Asyik ga tuh? pasti asyik lah, secara gitu para ibu seperti saya terkadang kesulitan mencari waktu untuk me time walaupun itu sekedar memanjakan diri di salon untuk bisa mendapatkan hair spa. Terlebih lagi si bungsu sedang ada dalam fase separations anxiety yang cukup parah. Jangankan ke salon, ibu nya menghilang sebentar ke kamar mandi saja, nangisnya seperti ditinggal ibu ke Maroko! hihihi
Selain itu, di masa pandemi seperti sekarang rasa-rasanya agak was-was kalau harus pergi ke salon. Jadi hair spa dirumah menurut saya pilihan me time paling aman. Sekarang para ibu bisa sedikit mendapatkan relaksasi lewat me time bersama rangkaian produk Dove Hair Spa. Eit tunggu dulu, spa itu sebetulnya apa sih?

DEFINISI, MANFAAT , JENIS SPA 


Definisi Spa adalah salah satu perawatan yang ditawarkan oleh salon atau tempat khusus dengan pelayanan spa. Kata Spa sendiri dari bahasa latin “solus per aqua” atau “sante par aqua” yang artinya kegiatan terapi dengan air.
Spa juga merujuk kepada kota Spa di Belgia, yang merupakan sebuah tempat yang memiliki sumber air yang menyehatkan, seperti pemandian air panas atau mineral.
Manfaat Spa sendiri adalah untuk relaksasi tubuh dan pikiran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit seperti membersihkan dan mencerahkan kulit. 
Terdapat beberapa Jenis spa, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Destination Spa : Merupakan program khusus yang menawarkan treatment relaksasi, edukasi kesehatan, olahraga , tips dan konsultasi menu makan sehat. Destination Spa lebih kepada memberikan pelayanan berupa peremajaan tubuh dan pikiran secara holistik .
  2. Day spa : Merupakan jenis spa dengan treatment berkala seperti Hair spa, manicure, pedicure, facial, body massage, dan scrubbing.
  3. Medical Spa : Merupakan layanan spa yang menggunakan tenaga terapis profesional yang memiliki lisensi medis. Layanan spa ini bertujuan untuk merawat sekaligus meremajakan tubuh melalui prosedur medis yang menggunakan alat-alat medis dalam pelayanannya. 
  4. Health Spa : Merupakan layanan spa yang menggunakan tenaga terapis profesional yang memiliki lisensi medis yang berfokus kepada merawat kesehatan secara keseluruhan
  5. Resort Spa : Merupakan layanan spa yang ditawarkan oleh sebuah resort atau hotel. Resort spa biasanya memiliki pilihan treatment yang bertujuan untuk memulihkan kebugaran tubuh dan mental. 
  6. Mineral Spring Spa : Merupakan perawatan spa yang menggunakan bahan - bahan alami dan hidroterapi yang menggunakan air yang berasal dari sumber mata air alam. 

Hair Spa Di Rumah Juga Bisa Menyenangkan


Sedikitnya waktu yang dimiliki oleh para ibu karena aktivitas pengasuhan dan domestik, terkadang membuat para ibu kesulitan mendapatkan waktu untuk melakukan perawatan tubuh dan pikiran termasuk soal perawatan rambut. Padahal rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting terkait penampilan, terlebih untuk sebagian besar wanita.
Tidak sedikit permasalahan rambut banyak dialami oleh para ibu, seperti ketombe, rambut rusak, rambut kering, kusam dan rambut rontok. Saya sendiri mengalami hampir semua kerusakan rambut tersebut. Yang paling parah sih rambut rontok dan ketombe.
Dengan melakukan hair spa, rambut akan kembali sehat. Mengapa? karena Hair spa merupakan terapi yang diberikan kepada rambut dengan cara memberikan vitamin ke kulit kepala. Memang sih lebih asyik melakukan hair spa di salon, tapi hair spa dirumah juga bisa menyenangkan kok dan caranya sangat mudah, yuk simak

1. Tentukan Waktu yang Tepat 


Para ibu biasanya sudah tahu pukul berapa anak tidur atau playtime. Gunakan waktu ketika anak - anak tidur untuk melakukan hair spa dirumah. Saya rasa ada cukup waktu 1 hingga 2 jam untuk hair spa. Jika anak - anak tidak terbiasa tidur siang seperti anak - anak saya, maka saya menggunakan waktu playtime mereka untuk hair spa dirumah . 
Yang terpenting bagi anak - anak sih, ibunya keliatan depan mata! hehehe. jadi saya bisa sounding dulu sebelum melakukan hair spa pada mereka, saya katakan “ Nak, ibu mau mandi dulu ya. ibu di kamar mandi kok gak kemana - mana. oke! “ . Agar kegiatan hair spanya lebih lancar, ibu bisa memberikan mainan favorit atau channel youtube kesukaan. 
Kalau anak - anak sudah dalam suasana aman dan terkendali, maka acara ahri spa dirumah bisa lancar dan menyenangkan. 

2. Siapkan produk Hair Spa


Ini yang paling Utama. Jangan sampai lupa menyediakan produk hair spa. Dove memiliki rangkaian produk untuk hair spa di rumah lho. apa aja sih? 
  • Dove Ritual Shampoo 
  • Dove Ritual Conditioner dan Damage Treatment Conditioner
  • Dove Hair Vitamins
  • Dove Treatment Tonic
  • Dove Creambath Hair Growth Ritual
Semua produk Dove Hair memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan Dove Ritual Conditioner kondisi kesehatan rambut. Menurut saya pilihan produknya lengkap, karena Dove hair memiliki produk untuk semua jenis kerusakan pada rambut. 

3. Siapkan Lagu Favorit


Ini nih yang bikin hair spa dirumah makin menyenangkan. Siapkan playlist di mp3 lagu - lagu kesukaan kita atau lagu yang menyenangkan dan menenangkan hati. setelah hair spa dirumah selesai, bukan hanya rambut yang ternutrisi dan kembali sehat, tapi juga hati dan pikiran kita. 

Langkah-langkah melakukan hair spa di rumah


Setelah Mengkondisikan anak - anak, menyiapkan produk hair spa dai Dove dan menyiapkan playlist lagu kesukaan, maka yuk kita hair spa dirumah sekarang, Ikuti tahapannya dibawah ini untuk mendapatkan hasil maksimal dari perawatan hair spa dirumah.

1. Keramas

Sudah tentu dong langkah awal dari hair spa dirumah adalah keramas. Ibu - ibu bisa menggunakan produk shampo dari Dove karena banyak sekali pilihannya dan bisa di sesuaikan dengan kondisi rambut kita. Apa saja produknya? 
  • Thickening Ritual Shampoo ( Shampoo dengan manfaat menutrisi rambut dan membuatnya lebih tebal dari akar hingga ujung rambut )
  • Hair Growth Rtual Shampoo ( Shampoo dengan manfaat menutrisi dan mempertahankan rambut dari kerusakan. membuat rambut tumbuh panjang dan sehat )
  • Glowing Ritual Shampoo ( Shampoo dengan nutrisi rambut dan membuat rambut lebih cantik dan berkilau )
  • Total Damage Treatment Shampoo ( Shampoo dengan nutrisi mengembalikan kekuatan rambut patah )
  • Nourishing oil care shampoo ( Shampoo yang dapat mengontrol rambut kusut dan menjadikannya lembut. shampo ini juga cocok untuk rambut yang ujungnya bercabang )
  • Nourishing Black shampoo ( Shampoo yang dapat menutrisi rambut hitam dari akar hingga ujung rambut )
  • Daily Shine Shampoo ( Shampoo yang dapat digunakan sehari - hari untuk mendapatkan rambut berkilau dan ternutrisi )
Saat keramas, pastikan rambut dibersihkan sampai bagian tepi rambut dan bilas kulit kepala dan rambut dari busa shampoo. 

2. Gunakan conditioner

Keramas sudah selesai yuk lanjut dengan mengaplikasikan conditioner. Apa sih manfaat conditioner? tentu saja menutrisi rambut agar menjadi sehat. Dove memiliki beberapa produk conditioner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para ibu, seperti : 
  • Hair Growth Ritual Conditioner 
  • Glowing Ritual Conditioner
  • Volume Nourishment Conditioner
  • Dove 1 minute Conditioner - Intensive Hair fall treatment
  • Dove 1 minute super conditioner - Intensive damage treatment
  • Daily Shine conditioner

3. Vitamin rambut

Keramas sudah begitu juga conditioner, langkah selanjutnya dari rangkaian treatment hair spa dirumah adalah mengaplikasikan vitamin rambut. Dove juga memiliki vitamin untuk rambut lho, yaitu Nourishing oil care daily hair vitamin dan Intensive repair daily hair vitamins.
Saat mengaplikasikan vitamin ke kulit kepala, aplikasikan vitamin sambil memijat-mijat kepala agar vitamin lebih cepat diserap oleh kulit. 

4. Steam

Steam adalah Langkah terakhir dalam rangkaian kegiatan me time dengan melakukan hair spa dirumah . Tujuan steam adalah membuka pori-pori kulit kepala agar vitamin lebih cepat meresap kedalam kulit kepala dan rambut.
Kalau di salon sih, ada mesin uap. kalau dirumah, ibu bisa menggunakan handuk panas yang digunakan ke seluruh area rambut . Sebelum melakukan steam, gunakan dulu krim atau vitamin. Dove juga punya produk Dove Creambath Hair Growth Ritual yang dapat digunakan untuk krim selama proses steam hair spa dirumah. 
Nah, sekarang bisa kan me time menyenangkan dirumah aja dengan melakukan hair spa di rumah. Apalagi dengan menggunakan produk dari Dove, saya yakin hasilnya akan lebih maksimal.

22 komentar:

  1. aku jadi pengen coba dove hair spa ini teh eka, kan lagi pandemi gini jadi ga bisa ke saloon..bisa jadisolusinya nih hehe

    BalasHapus
  2. Aduh jadi kangen nyalon. Tapi hair spa di rumah juga keknya aeru nih

    BalasHapus
  3. makasih tipsnya mbak. ini bisa juga buat cowok kan ya? soalnya rambut saya juga lumayan gondrong :D

    BalasHapus
  4. Kalau udah tahu bisa hair spa di rumah kaya gini jadi pingin juga hair spa sendiri. Apalagi bisa diakali pake handuk basah yang hangat ya untuk mesin uap. Pastinya kepala jadi semriwing dan fresh.

    BalasHapus
  5. Butuh banget buat kaum hawa untuk bisa rileks dimasa pandemi ini. SPA dirumah adalah cara yang tepat untuk mewujudkannya

    BalasHapus
  6. Cukup pakai handuk panas ya?

    Duh baca tulisan begini jadi tersadar kalau udah lamaaaaa banget nggak perawatan rambut. Mentok sampai di tahap pakai kondisioner saking sadar diri nggak bisa mandi lama lama. Manfaatkan waktu pas anak bobo atau playtime berarti ya.

    BalasHapus
  7. Wah bsa dicoba nih steam rambut dirumah, moga ga dibongkarin ma anak ku ya mba 😆

    BalasHapus
  8. Handuk panas, brti harus punya handuk kecil nih. Baru inget handuknya udah dipotong-potong buat yg lap lapan. Hihi. Tapi tipsnya bisa banget dicoba nih. Nuhun teh.

    BalasHapus
  9. Eh Iya ya kok ga ke pikiran mau hair spa dirumah, padahal aku pengguna dove juga teh. Mau nyobain ah hair spa ala teh Eka.. Hmm kira-kira bisa ga yaa

    BalasHapus
  10. Waah nyenengin dong yaa bisa spa di rumah. Baru tau nih dove ada hair spanya mbaaa

    BalasHapus
  11. Langkah steam ini sih yang biasanya aku skip karena katanya bisa memperparah rontok buat rambut yang punya kecenderungan ke sana, padahal kalau bisa dilakukan (kondisi rambut baik) bisa membantu lebih terserap manfaatnya, ya.

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah sih ngelakuin spa di rumah, saya sih hanya cukup keramas saja ^^

    Sudah lama saya gk pernah pake conditioner nih, jarang banget malah pake conditioner karena mnurutnya belum ada yang cocok untuk rambut saya.

    BalasHapus
  13. Semudah itu ya mbak buat merawat rambut. Duh selama ini rambutku dikasih shampo dan conditioner aja. Mungkin aku juga harus coba sesekali spa rambut di rumah kayak mbak.

    BalasHapus
  14. Wah cucok banget nih utk saya yg ga pernah nyalon ahahhaa..meski dirumah aja tp bisa mendapatkan rambut ala2 spa,Dove emang keren yaaa jd pengen nyoba deh

    BalasHapus
  15. Belum pernah spa di rumah aku, mbak. Terimakasi tipsnya, bisa dicoba, nih.

    BalasHapus
  16. Aku bukan orang yg hobi spa sih, wkwk.. tapi boleh dong di coba, bareng suamik, hihi.. mayan perawatan mumer, zaman begini harus banyak berhemat, haha..

    Bener nggak, teh? 😆

    BalasHapus
  17. Aku baru tau mba ada banyak jenis spa dan berbagai macam keunggulannya dari masing-masing ya. Ternyata Dove ada rangkaian produk untuk spa di rumah juga ya. Jadi lebih hemat. Aku pakai Dove conditionernya aja.

    BalasHapus
  18. Ah masa pandemi seperti ini memang jadi jarang ke salon ya. Padahal mah di rumah sendiri kagak bisa ya terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  19. wah aku baru tahu ternyata banyak sekali ya ragam haircare dari Dove ini. Saya sendiri dulu cuma pernah pakai shamphoo dan conditionernya saja. BTW thanks for sharing ya kak

    BalasHapus
  20. Wahhh ada lgkah steam ini to klo spa.. klo lgi g buru2 enak inih hair spa di rumah... Pas weekend kali y mbk 😁

    BalasHapus
  21. Duh kebayang gimana nyamannya spa di rumah sendiri ya mba, nggak ada kekawatiran sama sekali. Bisa nih sambil dibantuin suami heheheh

    BalasHapus