Pengalaman Transaksi Pertama Berjualan Ilustrasi di Blibli



Pengalaman Transaksi Pertama Berjualan Ilustrasi di Blibli



Sudah lebih dari 12 tahun saya menjalani profesi sebagai ilustrator. Awalnya saya menggambar hanya iseng saja karena hobi, tetapi hobi ini berubah menjadi pilihan karir hingga saat ini.

Pilihan saya untuk menjadi ilustrator profesional berawal pada tahun 2012 ketika salah satu teman suami saya mencari ilustrator untuk clothing line miliknya dan Suami menawarkan ilustrasi milik saya. Tak disangka, teman Suami saya menyukai style ilustrasi saya dan mendaulat saya menjadi ilustrator tetapnya hingga kini. Jika dihitung kurun waktu, saya sudah menjadi ilustrator clothing line untuk klien saya hampir 10 tahun lamanya.

Klien membutuhkan ilustrasi untuk 3 kali periode produksi dalam satu tahun. Untuk satu periode produksi clothing dibutuhkan 10 - 40 gambar ilustrasi. Jadi dalam satu tahun, klien yang merupakan teman Suami saya tersebut membutuhkan sekitar 120 gambar ilustrasi untuk produk clothing line nya.

Hari - hari saya cukup sibuk dengan kegiatan blogging dan menyicil membuat 120 ilustrasi untuk produksi clothing line selama satu tahun. Sehingga tidak terbesit dalam benak saya untuk show up karya di sosial media apalagi berniat menjualnya.

Tetapi ketika salah satu teman blogger meminta di buatkan ilustrasi untuk banner blog dan foto profil nya, saya pun kepikiran untuk open submissions karya.

Akhirnya saya pun membuat halaman profesional untuk karya saya di Instagram dan upload beberapa karya ilustrasi saya baik secara digital maupun manual. Alhamdulillah hingga saat ini karya saya sudah laku terjual meski jumlahnya masih dibawah 20 orderan saja. Masih sedikit ya? hehehe. Tapi saya tidak berkecil hati karena awalnya kan memang iseng yang menghasilkan cuan sampingan.

Saya pun berniat melebarkan sayap penjualan karya melalui marletplace. Apalagi sekarang ini persaingan antar ilustrator cukup ketat. Saya pun beradaptasi dengan teknologi digital terutama e commerce yaitu Platform marketplace. Saya memilih platform marketplace Blibli sebagai pioneer jualan karya secara online untuk karya saya. Senang sih rasanya punya toko online Blibli dan menjadi bagian dari keluarga Blibli dengan menjadi Blibli Seller. Karena Blibli punya banyak kelebihan tidak hanya untuk seller tapi juga konsumennya.

Belajar Jualan Online Bersama Blibli


Karena saya newbie dalam hal jualan online di marketplace, saya pun penasaran dengan fasilitas yang diberikan Blibli kepada Blibli Seller. Saya pun menemukan artikel terkait fasilitas yang diberikan Blibli kepada Blibli seller pada dashboard Blibli Seller. Letaknya berada pada menu dashboard Blibli Seller paling ujung kanan bertajuk “Pusat Edukasi”.


menu dashboard pusat edukasi Blibli Seller
Fitur Menu Pusat Edukasi


Pada menu Pusat edukasi kita akan menemukan banyak informasi terkait bagaimana menjual produk di Blibli dan bagaimana upgrade skill Blibli Seller dalam hal penjualan. Edukasi apa aja yang tersedia di Pusat Edukasi Blibli Seller? berikut rinciannya :
  • Berita dan Info, tips dan trik untuk mengembangkan Bisnis
  • Video intruksi dan tutorial
  • Panduang pengguna dan FAQ
  • Edukasi bagaimana memulai berjualan di Blibli
  • Informasi terkait acara interaktif terkini
  • Edukasi pengelolaan dana, mekanisme pembayaran dan ketentuan retur di Blibli
  • Manajemen operasional toko
  • Edukasi pengembangan usaha
  • Optimasi toko melalui promo

fasilitas edukasi untuk Bliblli Seller
Fasilitas gratis edukasi untuk Bliblli Seller


fasilitas edukasi untuk Bliblli Seller
Fasilitas edukasi untuk Bliblli Seller



Daftar Blibli Seller Gak Pakai Lama


Toko online efila art di Blibli
Toko online efila art di Blibli

Alasan saya gak pengen buka toko online di marketplace karena “katanya” prosesnya ribet dan verifikasi nya lama. Saya pun enggan berjualan karya di marketplace. Tapi setelah berdiskusi dengan teman blogger yang sudah jadi Blibli Seller duluan, saya pun tertarik untuk buka toko online di Blibli.

Hal pertama yang saya lakukan adalah menyiapkan nama toko online di Blibli. Ini cukup krusial ya karena merupakan identitas dan product brand dari ilustrasi yang akan saya jual di Blibli.

Saya memilih nama efila art sama dengan nama akun profesional di Instagram. Pemilihan nama toko online efila art bertujuan agar konsumen yang sudah mengetahui efila art di Instagram tidak kebingungan dan auto inget dengan efila art.

efila art merupakan anagram dari nama saya sendiri dimana e dari eka, fi dari fitriani dan la dari larasati. Jadilah efila art, jeng - jeng - jeng!! hehe.

Setelah menyiapkan nama lalu saya menyiapkan foto ilustrasi yang akan di upload. Saya save dalam satu folder untuk memudahkan proses upload produk. Setelah selesai mengisi form pendaftaran lalu saya mulai upload produk.

Ternyata daftar Blibli Seller beneran gak pakai lama dan gak ribet. Pertama download dulu aplikasi Blibli Seller di playstore atau kamu bisa juga akses lewat desktop Blibli Seller. Aplikasi Blibli Seller juga menurut saya memiliki fitur yang lengkap dan navigasi jelas.

Setelah download aplikasi Blibli Seller melalui playstore atau mengakses desktop situs Blibli, kita bisa langsung melakukan pendaftaran dengan input alamat email, membuat kata sandi, input nomor handphone aktif, input nama toko dan kode referral (jika ada). Lalu klik DAFTAR. udah gitu aja.


download aplikasi Blibli Seller
Download aplikasi Blibli Seller


Langkah selanjutnya juga mudah, kita hanya perlu melanjutkan beberapa langkah sebelum upload produk, seperti mengisi data diri dengan lengkap dan upload KTP serta mengisi rekening bank. Setelah itu selesai. Kita bisa langsung upload produk dan proses verifikasinya gak pakai lama. Dalam hitungan detik hingga beberapa jam produk kita sudah bisa online untuk di jual di Blibli. Mudah dan cepat bukan?

Bagi kamu yang ingin menjadi Blibli Seller, pastikan untuk menyelesaikan tiga langkah Onboarding Seller Baru ya, yaitu:

  • Menambahkan Alamat Toko dan Gudang
  • Melengkapi Informasi Pembayaran dan Legal
  • Menayangkan Produk
  • Memperhatikan Ketentuan Berjualan di Blibli
  • Membaca Kontrak dan Margin/Komisi terkait Kebijakan berjualan di Blibli yang tercantum di Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang di unduh di Blibli Seller Center

Gimana? mudah kan daftar Blibli Seller. Yuk buka toko online dan menjadi Blibli Seller seperti saya karena sebagai Blibli Seller kita akan mendapat fasilitas gratis seperti foto produk gratis, menambah user PIC secara gratis dan lain sebagainya.


Kelebihan fitur aplikasi Blibli Seller
Kelebihan fitur aplikasi Blibli Seller



Pengalaman Transaksi Pertama Berjualan  Ilustrasi di Blibli


Saya gak nyangka sama sekali kalau ilustrasi saya bisa terjual di Blibli. Masih satu transaksi sih, tapi saya senang. Itu artinya buka toko online ilustrasi di Blibli worth it banget.

Saya pun memasang harga yang tidak terlalu tinggi bahkan sejajar dengan harga pasaran untuk sebuah ilustrasi digital. Saya pun survei harga ilustrasi digital untuk kebutuhan profil dan banned sosial media. Dan saya mengikuti harga pasaran.

Satu ilustrasi profil pun dipesan oleh konsumen asal Bandung. kemungkinan konsumen tersebut tahu toko online efila art dari Instagram. Karena saya memasang link toko online Blibli di linktree dan juga upload postingan tentang efila art buka toko online di Blibli.


link toko online efila art di Blibli melalui linktree
link toko online efila art di Blibli melalui linktree



Cek fitur chat dari konsumen

Seperti biasa, saya cek profil efila art di Blibli dan melihat notifikasi di fitur chat. Saya pun membuka fitur chat dan seorang pelanggan open chat hendak order ilustrasi profil.

Saya auto fast respon dong dan menghubungi konsumen melalui fitur chat Blibli. Saya pun menyapa dan bertanya ingin dibuatkan random ilustrasi atau kustom. Konsumen order custom redraw ilustrasi wajah nya untuk keperluan profil sosial media dan meminta art print dalam kertas art paper untuk dikirimkan ke alamat rumahnya.

Lalu sekitar sore hari, konsumen tersebut melakukan pembayaran dan notifikasi pesanan pun muncul di dashboard Blibli Sellerr efila art bernada,
“ Terdapat pesanan baru ( 12108749705-12151881095) dengan barang ilustrasi profil sebanyak 1 buah”

 

Notifikasi pesanan ilustrasi efila art di Blibli
Notifikasi pesanan ilustrasi efila art di Blibli


Alhamdulillah, Saya pun segera open chat dengan pelanggan dan menjelaskan mekanisme proses pembuatan ilustrasi, lama pengerjaan hingga pengiriman. Setelah itu saya segera membuat ilustrasi pesanan konsumen hanya dalam waktu 3 jam saja dan segera mencetak ilustrasi sebagai art print untuk dikirmkan esok hari.

chating dengan konsumen di aplikasi Blibli Seller
Chating dengan konsumen di aplikasi Blibli Seller




transaksi pertama efila art di Blibli
Transaksi pertama efila art di Blibli


Menyiapkan Pesanan Konsumen Efila art

Setelah saya merespon chat konsume, saya segera membuat ilustrasi sesuai dengan pesanan konsumen. Ilustrasi digital pun dibuat menggunakan aplikasi digital drawing yang biasa saya gunakan, yaitu sketchbook Autodesk. Saya hanya mmebuthkan waktu 2 jam kurang lebih untu menyelesaikan ilustrasi. Setelah ilustrasi selesai dibuat, saya segera cetak ilustrasi untuk dikirm paket sebagai art print sesuai permintaan konsumen.



Setelah paket siap dikirim, saya klik BUAT PKET di aplikasi Blibli Seller dan mencatat kode pemasanan untuk dikirIm melalui kurir Si Cepat Cashless. 

Petunjuk pengiriman paket sangat jelas dan detail. Termasuk kode pengiriman dan  nama serta alamat konsumen. Saya pun segera pergi menunu kurir Si Cepat dan menyerahkan paket. Semoga paket saya sampai dengan selamat menuju lokasi kediaman konsumen ya. 

proses pembuatan ilustrasi konsumen efila art di Blibli
Proses drawing pembuatan ilustrasi konsumen efila art di Blibli



Yakin Bisa Sukses Menjual Karya Ilustrasi dengan Menjadi Blibli Seller


Penjualan pertama yang saya alami ketika baru buka online shop di Blibli menjadi penyemangat bagi saya untuk serius berjualan karya secara online di Blibli. Saya akan segera menyiapkan foto ilustrasi untuk di upload di Blibli. Beberapa karya lama baik yang digital maupun manual dan juga karya yang pernah sold out.

Meski nominal pendapatan masih kecil, tapi saya yakin jualan online di Blibli kedepannya akan semakin banyak order an lagi. Untuk itu saya harus belajar lebih banyak nih terkait strategi promosi dan berjualan di Blibli. Untungnya Blibli ngasih fasilitas edukasi dimana saya bisa belajar jualan online di Blibli, jadi saya gak khawatir.

Saya pun akan gencar mempromosikan akun toko online efila art di Blibli di akun instagram saya. Saya juga terkejut ketika mencoba googling menggunakan kata kunci efila art di searching bar, akun toko online efila art langsung muncul pada urutan pertama di page one hasil pencarian google, hehe senangnya.


Feed instagram efila art
efila art hadir di Blibli

feed instagram efila art
efila art hadir di Blibli ( feed postingan di instagram)


toko online Blibli efila art
Toko online rfila art di Blibli melalui hasil pencarian google



Hello para ilustrator di luar sana,  ikuti jejak saya buka toko online Blibli dan jadi bagian keluarga Blibli dengan menjadi Blibli Seller sekarang juga.

Jangan lupa juga ya guys untuk follow akun sosial media Instagram dan Tiktok Blibli untuk informasi update yaitu : 
  • Instagram @blibliseller (https://www.instagram.com/blibliseller/
  • Tiktok @blibliseller https://www.tiktok.com/@blibliseller)
#PastiUntungPastiBlibli #BlibliSeller #BlibliBlogCompetition #PastiMer11ah

30 Komentar

  1. mbak Eka kreatif keren nih mbak, blibli juga bisa ya untuk transaksi jasa, saya pilir sebelumnya hanya untuk barang saja

    BalasHapus
  2. Ahhh keren banget kaka, akunjuga suka gambar tapi sekarang aku belum open commission karena aku pengen yang pasti2 dulu, ternyata Blibli bisa direkomendasikan untuk para ilustrator dan freelancer yahh

    BalasHapus
  3. kreatif dan keren mba,, sudah berani mempromosikan karya di blibli.
    aku dulu juga membuka jasa vector art tapi malah vakum sekarang,, wkwk

    BalasHapus
  4. Sekarang banyak ide bisa jadi cuan, selagi mau berusaha ya. Salut, kreatif, moga aja bisa jadi inspirasi generasi muda sekarang untuk bisa mengembangkan diri melalui blibli seller.

    BalasHapus
  5. Jualan di blibli sekarang makin mudah dan menyenangkan ya. Blibli seller bantu para penjual punya toko online di blibli. Rekomended nih

    BalasHapus
  6. Wah, keren nih. Jualan ilustrasi di market place ini. Nggak cuma barang ya. Apapun bisa dijual. Hehe . Agaknya saya harus ikutan nih..mikir mau jualan apa. Mungkin kursus online kali ya. Hehe

    BalasHapus
  7. 10 tahun ngedesain buat clothing line. Itu lama buanget teh.Keren banget konsistensinya teh dan juga cakep stylenya as always. Anyway, ternyata bisa ya jual desain di Blibli, menarik ;) semoga lancar ya teh bisnisnya

    BalasHapus
  8. Bisikin sekalian nama clothing linenya mbak.. siapa tahu ada yg mau adopsi karya dalam bentuk pakaian juga kan..

    BalasHapus
  9. Wah ternyata mbaiknya Ilustrator kawakan ya. Tak kira cuma blogger doang gitu yang kerja kantoran. Btw aku juga jualan di blilbi dan udah closing pertama kali.

    BalasHapus
  10. huwaaaa ikut seneng mba! Ternyata di Blibli juga bisa yaa jual jasa digital kaya gambar ilustrasi, potensi pasar baru nih mbaaa

    BalasHapus
  11. Lhaaa bisa jualan ilustrasi juga di Blibli? Kukira product tangible ajaaa hehehe. Btw karier km udah lama bgt yaa Kak jadi illustrator, semoga makin sukses dan berkembaaang.

    BalasHapus
  12. Jualan di blibli ternyata bisa dilakukan oleh semua orang ya. Apalagi ada panduan lengkap bagaimana menjalankan usaha di blibli

    BalasHapus
  13. Semangat jualan ilustrasinya Mbak. Meski kita masih dikatakan bisnis pemula tapi blibli selalu mengepakkan sayapnya buat membantu para seller newbie yaa, bahkan sudah tersedia fitur2 yg bagus jadinya kita mudah banget berjualan deh.

    BalasHapus
  14. baru tahu nih kalo di Blibli ada yang jualan ilustrasi. Semoga semakin maju usahanya yaa, Mba

    BalasHapus
  15. lucyuuu banget ilustrasinya kaekaaaaa, kekinian banget ikutan jualan di marketplace. Bukti kalau marketplace sekelas Blibli ini nggak hanya jual produk barang aja, tapi juga jasa ilustrasi gini. Meluncur ke lapak kak Eka aah

    BalasHapus
  16. Nita Juwithafina24 Agustus 2022 12.38

    Salfok sama ilistrasinya. Aku dulu suka order ilustrasi buat jadi kado atlit... kapan2 aku pesan di mba Eka yaaa :) hehe

    BalasHapus
  17. Aku juga udah pernah jualan di blibli. Dan baru ada pembeli pertama sih. Semangat untuk transaksi berikutnya.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah keren dari hobi bisa jadi profesi. Ternyata bisa Blibli bisa jadi sarana menjual ilustrasi

    Pemula kayak saya, bisa nyoba bikin nih karena Blibli ngasih fasilitas edukasi ya, Mbak

    BalasHapus
  19. Selamat utk lapak efila art di Bibli. Pengalanan yg memuaskan jual di Bibli krn fitur pendukung

    BalasHapus
  20. Keren banget, kreatifnya mbak Eka inspiratif banget.

    BalasHapus
  21. Wah selamat untuk penjualan pertamanya kak, saya jadi tertarik juga nih jualan di bli bli, semoga semuanya lancar.

    BalasHapus
  22. ternyata semudah itu berjualan di Blibli ya?
    saya sedang membantu pelaku UMKM untuk mulai berjualan di marketplace
    gak nyangka banyak manfaatnya, cara masuknyapun mudah

    BalasHapus
  23. wah bener2 gak ribet ya prosesnya, soalnya aku pernah buka di marketplace lain, cukup ribet, bahkan ada produk yg di block juga dengan alasan menurutku gak sesuai.

    aku jadi tertarik buka di blibli deh klo prosesnya mudah bgini

    BalasHapus
  24. Wah, menarik sekali. Langsung kepikiran mau jualan juga seperti Mbak Eka. Bisa dikerjakan suami saat malam hari. Awalnya mungin iseng dan coba-coba, lama-lama bisa jadi penghasilan yang nyata banyaknya.

    BalasHapus
  25. Maya allah Barakallah mbak Eka. Ternyata udah 12 tahun berkiprah sebagai ilustrator hehe. Btw yang pertama emang selalu menyenangkan yaa. Semoga stelahnya segera datang pesanan kedua ketiga dan seterusnya lewat Blibli.

    BalasHapus
  26. Baru tahu sekarang jasa pun bisa jadi Seller di BliBli, jadi ada menu khusus untuk jasa ya mba?
    Plusnya jadi seller makin dikenal orang banyak promosi juga jadi lebih mudah

    BalasHapus
  27. Hai Mba Eka, salam kenal keren sekali dengan ide jualannya luar biasa nih dari ilustrator lalu buka untuk yang lainnya. Semoga dg gabung di Blibli makin meluas pangsa pasarnya ya mba

    BalasHapus
  28. MasyaAllah...keren kak Eka. Gak nyangka ternyata karyanya udah banyak. Semoga makin sukses dan berkembang lewat Blibli sellernya ya kak

    BalasHapus
  29. Wah keren banget, mbak bisa jualan ilustrasi gitu di Blibli. Pastinya ini sangat membantu para illustrator ya dalam mengembangkan bakat dan usahanya

    BalasHapus
  30. wah ini dia, semakin luar biasa peluang untuk berjualan aset digital. Selamat sudah bisa berjualan di blibli ini yaaa..

    BalasHapus