Ilustrator Paling Hype di Tahun 2020


Disepanjang kurun waktu saya memulai hobi menggambar ilustrasi, ilustrasi ternyata berkembang melesat dan memiliki trendnya sendiri di setiap rentang waktu tertentu. hal ini berdampak pada mulai banyaknya bermunculan para ilustrator muda kreatif dan berbakat, jauh lebih hebat karya nya bahkan melebihi ilustrator terkenal. 



Ilustrator Indonesia yang hebat pun semakin banyak bermunculan dan melahirkan banyak karya yang luar biasa hebat dan bahkan diakui penikmat seni internasional. tidak sedikit ilustrator indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan asing, sebut saja Nylon. Perkembangan yang sangat pesat ini di dukung dengan semakin berkembangnya fasilitas informasi dan semakin terbukanya berbagai universitas di indonesia terhadap jurusan DKV dan seni. 


Adanya platform social media seperti Facebook, Twitter dan instagram juga Behance, sangat membantu terhadap berkembangnya karir para ilustrator indonesia. Terutama instagram, dimana para ilustrator amatir dapat memerkan karyanya ke khalayak luas. jangan lupakan juga keberadaan komunitas seni, mereka juga ikut andil dalam melebarkan sayap para ilustrator indonesia. 

Pada Tahun 2012, ketika saya mulai serius menjadi ilustrator, trend ilustrasi kala itu di dominasi karakter rusa dan line art drawing disertai desain geometric. ilustrator favorite saya kala itu ( dan sampai sekarang ) adalah Sandra Diekmann yang merupakan ilustrator keren yang berasal dari negaranya Harry potter, yaitu inggris. saya mengikuti perkembangan karir beliau di rentang waktu tahun 2012 - 2020 dan semakin terpukau dengan perkembangan ilustrasi dan segudang prestasi beliau. tidak dipungkiri, sebagian besar karya saya waktu itu sedikit banyak dipengaruhi oleh gaya beliau dalam berkarya. 

Selanjutnya ada, Diela maharani dan Ykha amelz yang keduanya adalah ilustrator yang hebatnya tingkat dewa di dunia ilustrasi. jangan tanya soal prestasi, yang pasti bikin saya iri dan saya semakin merasa seperti "bubuk ranginang" jika dibanding karya dan prestasi mereka. 

Kalau membicarakan perkembangan karir, tentu perjalan karir saya sebagai ilustrator sangat jauh dibanding mereka. Bukan dalam waktu sebentar lho mereka meniti karir sebagai ilustrator, seperti Ykha amelz yang sudah doyan doodling sejak jaman kuliah sewaktu beliau masih kuliah jurusan arsitek di UNPAR Bandung. Alih-alih menjadi arsitek, Ykha amlez memilih terjun bebas berkarir di dunia yang memang passion-nya, yaitu menggambar. 

Dan hasilnya, sekarang Ykha amelz sudah bisa kita nikmati karya nya pada dunia mode, melalui brand clothing sendiri yaitu Dibba yang produknya sudah dipakai oleh banyak selebritis indonesia dan mancanegara. Kolaborasi dengan perusahaan besar semacam Nylon dan Nike pun tidak luput dari gengamannya. sungguh hebat memang prestasi vokalis band C.U.T.S ini ya, betul-betul membuat saya geleng-geleng kepala dan two thumsb up. 

Kembali ke Trend Ilustrasi, sama halnya dengan perkembangan fashion, ilustrasi juga menemukan jalannya kembali pada trend masa lalu. Trend ilustrasi tahun 2012 ternyata kembali bangkit di tahun 2020, terutama geometrik, tribal pattern, warna kromatik dan element floral vintage

Ilustrator sekelas Diela Maharani dan Ykha amelz pun memiliki banyak pengikut baru yang prestasinya hampir sebanding dengan kedua ilustrator hebat ini. siapa saja? berikut deretan ilustrator paling hype versi artjoka di tahun 2020 


Naelaali


 

Adalah seorang seorang desainer grafis muda, ilustrator dan pebisnis lulusan Desain Komunikasi Visual Binus University . Ciri khas karyanya yaitu sederhana, modern dan menggunakan teknik watercolor. Ada dua hal yang menjadi ciri khasnya, yaitu kebudayaan Jepang dan kucing. 




Kathrin Honesta



Seorang ilustrator yang banyak "bermain" dalam moleskine dan bercerita di dalamnya. ciri khas karyanya adalah children book ilustrations style dan memang karya beliau banyak di pinang oleh Publisher luar negeri. 






Mohammad Taufiq (Emte)


Mohammad Taufiq, atau yang lebih dikenal dengan nama emte, adalah seorang ilustrator, desainer grafis, seniman, dan juga komikus yang aktif terlibat dalam berbagai kolaborasi dengan banyak brand, proyek komersial dan kesenian, baik kolektif maupun personal. 



Elfandiary Deniharza



Elfandiary adalah ilustrator asal Bandung yang memiliki ciri khas cat air. Dalam berkarya, beliau banyak menggunakan berbagai media , mulai dari kertas dan cat air, dinding, hingga aplikasi grafis. 

Komikazer



Komikazer adalah "pena" dari seorang Reza Mustar yang merupakan seorang ilustrator yang memiliki style komik yang slenge-an dan satir. komik karya Reza terbilang unik, dimana karyanya mengemas sudut pandang yang berbeda di setiap kondisi sosial masyarakat. Reza mampu mengolah karyanya sebagai media penyadaran kepada khalayak luas.




Ayang Cempaka



Sapa bilang seorang ibu rumah tangga tidak bisa berkarya? Bisa kok! Buktinya adalah seorang Ayang Cempaka. 

Ayang Cempaka adalah seorang ibu dari 2 anak yang lucu-lucu, ,yang berhasil menjadikan hobinya sebagai mata pencaharian. Beliau adalah anggota senior dari forum Female Daily Network. Ciri khasnya dalam berkarya adalah ilustrasi yang sangat dekat dengan kesehariannya menjadi seorang ibu. 









Ajeng sekar



Ini dia ilustrator favorit saya di tahun 2020. Seorang ibu yang cerdas, juga seorang Penggagas Gerakan “Maparin Tuangeun”, yaitu kegiatan yang merupakan program berbagi makanan dengan sasaran orang-orang tidak mampu yang mereka temukan di sejumlah taman. Bu Ajeng juga aktif menulis di blog dan merupakan salah satu admin komunitas menulis di WAG yang saya ikuti. 

Ciri khas karyanya yang saya suka adalah, sederhana, lucu dan imut. beliau juga seorang crafter. lengkap sudah kebolehan ibu yang satu ini yang mampu selalu membuat saya terinspirasi setiap kalo stalking akun IG beliau. 






Itulah deretan ilustrator yang paling hype di tahun 2020 menurut versi artjoka. sungguh bukan main ya prestasi dan karya-karyanya. semoga karya dan prestasi mereka dapat menjadi inspirasi bagi kita, terutama para emak yang terkadang merasa sesak dengan semua rutinitas domestik yang nampak tiada akhir. walau hanya bertitle "emak", bukan berarti tidak mampu berkarya dan berkarir di bidang yang emak sukai. 

Tidak ada kata terlambat untuk berkarya, entah itu karena profesi kita sekarang yang menjadi fulltime mother atau usia yang sudah kepala 30an dan bahkan mau memasuki 40an. pencapaian prestasi tidak akan terhalang usia ataupun aktivitas. 

semangART berkarya ya para ibu!!!

26 komentar:

  1. Kereeen! Ikutan semangArt ah, tapi via tulis-menulis, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo semangat kak, semoga puisi - puisinya cepet di buku-kan ya, aamiin

      Hapus
    2. eh, juga cerpennya kakak cepet di buku-kan, hehe

      Hapus
    3. aamiin.. seneng deh kalo banyak yang semangatin :*

      Hapus
  2. Hahaha kok jadi ngakak yaa liat gambar yg ada tulisannya, tidak ada yang mudah dalam hidup kecuali mudah2an ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Thanks for sharing kak. Pengetahuan baru buatku

    BalasHapus
  3. kebetulan banget pengen cari referensi tentang ilustrator. makasih mba eka sharingnya. udah lama ya mba eka terjun di dunia ilustrator ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba rina. saya hobi gambar sih dari SD, tapi mulai aktif bikin karya dari tahun 2012. hiatus dari bikin karya ori, kebanyakan bikin karya buat orang lain. sekarang bikin karya buat blog, hehehe

      Hapus
  4. ya Allah aku baru tau loh ilustaror2 itu.. keren banget lah dunianya mbak eka artjoka ini. aku lihat hasil karya mereka udah kaya vector di adobe hahahai. aku baru bisa pake canva aja ya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, makasih kak shafira. mereka emang jago tingkat dewa. kita samaan dong, suka canva, hahahaha

      Hapus
  5. Takjub ih lihat illustrator keren-keren gini. Kalo udah terasah skillnya bisa mengagumkan banget asli masih speechless ada bu ibu juga woah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu-ibu banyak lho yang jadi ilustrator. tapi mereka udah meniti karir dari jaman dulunya sih, dan berlanjut terus sampai jadi ibu-ibu

      Hapus
  6. Woww keren aku galfok liat gambar gambar nya bisa bagus bagus banget gitu

    BalasHapus
  7. Selalu suka sama ilustrator tuh. Karena saya suka banget liat desain2 cantik gitu, tapi kalo buat sendiri gak bisa. Hihi. Duh jadi mau kepoin sosmednya mereka nih.

    BalasHapus
  8. Semangat berkarya terus untuk para ibu. Nggak nyangka ada dua ibu muda yang masuk jajaran ilustrator ter-hype versi 2020 di Artjoka ini. Semoga karya anak bangsa makin mendunia ya. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Beberapa hari lalu sempet blogwalking ke post yang ini lho aku, mbak ekaa.. terus aku langsung follow2 deh ilustratornya di ig. Karena kebanyakan following saya di ig ilustrator2 jugaa hehe biar berandaku isinya art semuaa.. biar yang aku lihat menyenangkan semuaa. Makasih ya kak rekomendasinya, selain ditut, dindaps dan rachel ajeng, sekarang ku follow ilustrtaor lain buat nambah2 referensi ๐Ÿ˜๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuhh, mba ditut aku lupa!!! kok bisa sih ya? hahahaha. aku suka mba ditut, suaminya juga mas pinot, keren abis lah sekeluarga itu mah!!!!
      sama sama kakak, seneng kalo bisa menginspirasi :)

      Hapus
  10. Lanjutin dong kak di bagian terakhir ilustrator terbaik Eka, hihihi...
    Btw, kakak ikut komunitas ilustrator gitu gak sih?

    BalasHapus
  11. Sering suka lihat karya-karya ilustrator. Apalagi karya yang sejenis sketsa gitu, garis-garis kaku tapi harmonis. Duh gimana ini ya ngomongnya, intinya suka deh sama karya ilustratornya๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  12. Mom Efi sih <3 Ilustrator favoritku. Btw, Mom, ngga buat komik? Line Webtoon lagi buat lomba tuh. Hadiahnya lumayan banget. Deadline akhir Juni sih..

    BalasHapus
  13. Ilustrator mom yang aku kenal byputy. Pengen juga one day bisa bikin ilustrator sendiri minimal buat konten2 pribadi kaya artjoka nih

    BalasHapus