Mengenal Tablet Grafis Sebagai Media Digital Drawing

20 komentar
Mengenal Tablet Grafis Sebagai Media Digital Drawing
Mengenal Tablet Grafis


Apakah anda sedang mencari tablet grafis yang tepat untuk kebutuhan anda? sebelum memutuskan membeli salah satu produk tablet grafis dan mencari harga pen tablet, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa itu tablet grafis dan fungsinya.
Tablet grafis sering disebut juga Pen Tablet dan Drawing Tab atau Drawing Pad. Perbedaannya apa? Terletak pada jenis tablet grafis yang akan dijelaskan pada bab dibawah ini.

Tablet Grafis adalah jenis perangkat input keras, yang terdiri dari papan gambar dan pen elektronik ( stylus pen) yang digunakan untuk menggambar secara digital atau digital drawing.

Dalam praktek menggambar sehari-hari, perangkat keras tersebut merupakan media perangkat keras berbentuk pipih dengan bidang kotak atau persegi panjang sebagai alas gambar pengganti kertas dan pen elektronik sebagai pensil untuk menggambar dalam ruang lingkup digitalisasi.

Fungsi tablet grafis beragam tergantung tujuan penggunaan, namun umumnya tablet grafis digunakan untuk menggambar secara digital.

Berbeda dengan menggambar secara manual yang langsung menggunakan kertas dan pensil warna, maka Cara kerja Tablet Grafis adalah digunakan dengan menggunakan software atau aplikasi yang di install pada pen tablet tersebut. Pen tablet memiliki berbagai macam jenis sensitivitas tekanan pada permukaan yang memungkinkan adanya perbedaan pada hasil goresan dan ilustrasi. (Wikipedia).

Berikut pemaparan jenis dan keunggulan tablet grafis sebagai media digital drawing.

Jenis - Jenis Tablet Grafis


Hadirnya perkembangan teknologi digitalisasi mempengaruhi aktivitas setiap sektor tidak terkecuali sektor industri kreatif. Proses dalam menciptakan kreativitaspun berangsur mengalami perubahan yang awalnya dilakukan secara manual atau konvensional menjadi digitalisasi. 

Untuk menunjang aktivitas proses kreatif, berbagai kemudahan teknologi tersedia mulai dari software hingga hardware.  Salah satu yang banyk digunakan saat ini oleh ilustrator dan seniman grafis untuk membuat karya grafis adalah tablet grafis.  

Tablet grafis merupakan jenis hardware yang terdiri dari papan gambar dan pen elektronik. Terdapat dua jenis tablet grafis yang tersedia saat ini. Perbedaan keduanya terletak pada cara menggunakannya seperti apa dan bagaimana. Berikut penjelasan lebih lengkap terkait dua jenis tablet grafis tersebut, yaitu : 

1. Tablet Pasif ( Pen Tablet )


Pengertian Pen Tablet dan Tablet Pasif adalah sama, yaitu jenis peralatan input komputer atau hardware untuk menggambar dengan tangan secara digital (digital drawing) yang terdiri dari papan gambar dan pena elektronik. Pen tablet tidak memiliki layar di bagian papan gambar dan mengharuskan penggunanya melihat ke monitor/layar komputer untuk memproses gambar yang dibuat.

Sebagai tambahan informasi, perangkat input adalah komponen hardware yang membantu mentransfer informasi, data, dan lain-lain ke komputer seperti mouse, keyboard, joystick, USB, scanner, headset, webcam dan lain sebagainya.

Sementara itu, perangkat output merupakan perangkat keras yang berfungsi menampilkan atau menghasilkan informasi dan data seperti layar monitor, printer dan infocus. Jenis tablet grafis yang termasuk tablet pasif adalah Pen Tablet.

Apa yang harus digunakan ketika membuat desain dengan pen tablet? Menggunakan software atau aplikasi tentunya. Bagaimana cara kerja pen tablet pasif?

Tablet pasif atau pen tablet sebagai peralatan input komputer, device ini memiliki teknologi induksi elektromagnetik jaringan vertikal dan horizontal dari tablet yang bekerja dengan cara membangkitkan sinyal elektromagnetik yang diterima oleh LC circuit untuk mentransmisikan dan menerima sinyal induksi pada pen elektronik (stylus pen) ke perangkat output seperti layar monitor sebagai penampil gambar.

Kabel yang terdapat dalam tablet pasif (pen tablet) akan mengubah mode penerimaan dan membaca sinyal yang dimunculkan oleh stylus pen menjadi sebuah goresan atau coretan yang ditampilkan pada perangkat keras monitor sebagai penampil gambar. Dikarenakan Pen Tablet menggunakan sinyal elektromagnetik pada penggunaannya hal ini memungkinkan penggunaan pen tablet tidak membutuhkan baterai sebagai sumber energi tambahan.

Jadi, fungsi stylus pen pada tablet grafis pasif ( pen tablet ) sebagai transmitter dan menerima sinyal listrik ditentukan oleh Stylus sehingga kualitas terbaik dari sebuat pen tablet ditentukan oleh stylus pen bukan alasnya. Produk seperti Wacom intuos atau Huion termasuk kedalam jenis tablet grafis pasif.


Tablet grafis pasif adalah pen tablet
Definisi dan jenis tablet grafis pasif



2. Tablet Aktif ( Pen Display )


Tablet aktif atau pen display adalah jenis peralatan input komputer untuk digital drawing yang terdiri dari papan screen/layar dan pena elektronik yang menggunakan sumber energi baterai untuk menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik.

Dengan menggunakan pen display kita dapat menggambar langsung diatas screen seperti halnya ketika kita menggambar di atas kertas dengan pensil.

Dewasa ini, pen display atau drawing tab memiliki dua variasi hardware yaitu Gadget seperti smatphone dan tablet yang memiliki fitur digital drawing (Samsung Tab dan iPhone) dan produk Tablet grafis yang memang terfokus pada produksi pen display seperti Wacom, Huion, X-pen dan lain sebagainya.

Sementara produk seperti Samsung Tab, Ipad hingga Realme Tab dan berbagai macam brand smartphone berteknologi layar sentuh atau memiliki produk smartphone tablet masuk kategori drawing tab atau drawing pad. Mana yang lebih baik? kita akan bahas di artikel selanjutnya ya.


Definisi dan jenis Tablet aktif
Definisi dan jenis Tablet aktif


Kegunaan dan Fungsi  Pen Tablet atau Tablet Grafis


Tidak hanya ilustrator, pengguna tablet grafis juga dari kalangan praktisi pendidikan, desain grafis, Fashion designer, Engineering, arsitek, web designer, pelajar, Dosen, mahasiswa, tenaga kerja, tenaga ahli/profesional dan lain sebagainya tergantung tujuan penggunaan. 

Namun umumnya memang digunakan oleh ilustrator dan desainer grafis untuk pekerjaan komputer grafis membuat karya desain dua dimensi. Berikut keunggulan dalam menggunakan tablet grafis untuk ilustrator dan desainer grafis, yaitu :

1. Proses Menggambar Menjadi lebih mudah


Windows sudah memiliki program paint yang memudahkan user dalam membuat gambar digital, namun untuk menggambar menggunakan software ini dibutuhkan mouse untuk menggambar dan penggunaannya cenderung kaku atau tidak smooth. Prosesnya juga cukup lama dan memiliki keterbatasan pada fitur terutama fitur media gambar seperti pilihan warna, dan jenis alat gambar ( pensil, pen, kuas, marker, akrilik, watercolor dan brush).

Maka tidak heran jika tablet grafis jenis drawing tab seperti iPad dan smartphone atau Tab android lebih banyak digunakan untuk menggambar karena memiliki kemudahan dalam proses menggambar. Software atau aplikasi yang dapat digunakan pada tablet grafis umumnya seperti medibang, ibis paint, Sketchbook autodesk, Krita dan Procreate pada Ipad. Sementara untuk jenis pen display seperti Wacom, Huion atau Huawei memiliki software grafis sendiri.

Software atau aplikasi drawing tersebut sudah dilengkapi dengan fitur ukuran canvas, insert image, fitur shape, fill, edit object hingga pilihan warna dan kuas yang lebih banyak dan beragam. Bahkan kita dapat membuat image format gif dalam aplikasi procreate dari iPad.

2. Efisiensi Transfer Gambar


Transfer gambar akan lebih mudah dilakukan ketika menggunakan tablet grafis. Hanya cukup dengan menyimpan gambar dalam format jpg atau png untuk kemudian di share atau dikombinasikan dengan software seperti coreldraw, photoshop atau software grafis lainnya. Dengan menggunakan tablet grafis, kita juga dapat langsung mengkoneksikan tablet grafis ke laptop atau komputer untuk memudahkan proses transfer.

3. Praktis dan Bisa Dibawa Kemanapun


Kondisi ini hanya berlaku untuk Tablet aktif yaitu drawing tab atau membawa pen display dengan membawa laptop bersamaan. Pilihan apapun tentu saja sama, tablet grafis bisa dibawa kemanapun kita pergi. Untuk presentasi, tugas kuliah, tugas kelompok, webinar, seminar dan kegiatan lainnya.


fungsi dan kegunaan tablet grafis
fungsi dan kegunaan tablet grafis


Perusahaan yang memproduksi Pen Tablet atau Tablet Grafis

Sebagai rekomendasi bagi anda yang sedang mencari tablet grafis, anda dapat melihat beberapa produk unggulan dari brand berikut ini :

1. Tablet pasif
  • Wacom intuos,Wacom CTL, Wacom One Medium
  • HUION
  • XP-Pen
  • Kanvus
  • Vistablet
  • Genius
  • i-ball
  • UGEE
  • Gaomon
  • Parblo
  • Veikk
2. Tablet aktif
  • Wacom Cintiq dan Wacom One
  • HUION Kamvas
  • Huawei Pro
  • Samsung Galaxy Tab
  • iPad
  • Lenovo Thinkpad dan jenis lainnya
  • Microsoft Surface
  • XP-Pen
Semua jenis tablet grafis baik dari jenis tablet grafis pasif maupun pasif, masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan berdasarkan fitur, presisi, komponen, stylus pen dan software. Anda dapat memilih tablet grafis sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan


Tablet grafis saat ini menjadi device yang dibutuhkan oleh banyak kalangan mulai dari pelajar hingga tenaga profesional. berbagai keunggulan dan kemudahan bisa didapatkan dengan menggunakan tablet grafis untuk keperluan grafis anda terutama dalam format digital.

Sebelum anda memutuskan untuk memilih jenis tablet grafis, perhatikan terlebih dahulu hal - hal dibawah ini :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan grafis anda dan budget yang dimiliki

Bagi anda yang berprofesi sebagai ilustrator dan desainer grafis profesional, anda dapat menggunakan tablet grafis aktif dari Wacom Cintiq, iPad dan HUION Kamvas. Tetapi jika anda hanya membutuhkan tablet grafis pasif untuk keperluan grafis sederhana, tablet grafis pasif dari wacom intuos, XP-pen pen tablet dan HUION pen tablet juga sudah cukup. Anda juga bisa menggunakan Samsung galaxy tab A 2016 S Pen P585 untuk menggambar digital sebagai pemula menuju profesional.

Memilih tablet grafis yang sesuai dengan budget adalah pilihan yang bijak. Anda juga bisa menabung jika anda menginginkan jenis tablet grafis tertentu. Harga pen tablet umumnya diawali dari Rp.650.000 hingga jutaan rupiah tergantung brand.

2. Perhatikan Sensitivitas tekanan pen tablet

Setiap produk Pen tablet, drawing pad atau drawing tab memiliki sensitivitas tekanan yang berbeda. Sensitivitas tekanan tersebut akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.. Besar kecilnya tekanan pen tablet dinyatakan dalam ukuran per 2.048 levels dan memiliki angka maksimal lebih dari itu sehingga anda perlu mempertimbangkan tujuan penggunaan pen tablet atau tablet grafis disesuaikan dengan tingkat sensitivitas tekanan pen tablet atau drawing tab.

3. Perhatikan sistem operasi Pen Tablet atau Drawing Tab

Memperhatikan sistem operasi yang digunakan oleh pen tablet atau drawing tab cukup penting, dengan demikian anda dapat menyesuaikan dengan sistem operasional dalam laptop atau komputer anda.

Beberapa pen tablet memiliki sistem operasi tertentu yang hanya bisa digunakan pada beberapa jenis operasional sistem seperti windows, mac dan linux. Sistem operasi pada pen tablet seperti Wacom mengharuskan anda melakukan instal driver wacom dengan cara mendownload di situs resmi atau menggunakan CD yang telah disediakan ketika anda membeli pen tablet wacom. 

Setelah itu anda baru bisa menggunakan Pen Tablet untuk keperluan grafis anda baik di laptop/komputer atau menggunakan software grafis seperti Coreldraw, photoshop, Krita atau Autodesk.

Ketika Pen Tablet sudah terkoneksi di laptop/komputer anda menggunakan driver, maka fungsi Pen Tablet akan hampir sama dengan penggunaan mouse pada laptop/komputer dengan Stylus pen sebagai pengganti mouse yang dioperasionalkan pada alas tab.

Beberapa produk pen tablet juga hanya dapat beroperasi pada sistem operasi window 10, jadi sebelum membeli produk pen tablet, perhatikan sistem operasinya.

4. Menonton Review dan Rekomendasi Pen Tablet Yang diinginkan

Melalui platform Youtube atau hasil pencarian peramban, anda dapat menonton dan membaca review serta rekomendasi pen tablet terbaik tahun ini. Anda juga dapat menonton video review produk pen tablet yang anda inginkan di platform youtube untuk lebih meyakinkan diri anda sebelum memutuskan membeli jenis pen tablet yang anda inginkan.


Tips sebelum membeli drawing tab
Tips sebelum membeli drawing tab


Sebagai media digital drawing, keberadaan tablet grafis menjadi cukup penting dikarenakan kemudahannya dalam membantu pekerjaan ilustrator, desainer grafis dan tenaga profesional dalam membuat karya grafis. Sehingga, illustrator tidak perlu lagi membeli peralatan menggambar konvensional seperti kertas dan spidol snowman. Yang dibutuhkan hanya Pen Tablet atau Drawing tab dan software atau aplikasi yang akan digunakan.

Lantas jenis tablet grafis apa yang paling cocok dengan anda? Anda sendiri yang tahu jawabannya, ditentukan dengan preferensi penggunaan. 

Sumber gambar :
Desain menggunakan elemen canva
Situs resmi Wacom dan Huion

Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

20 komentar

  1. Selama ini tahu bentuknya, ternyata jenisnya berbeda dan ada istilahnya tersendiri. Skrg tablet nggak cm untuk keperluan grafis, tp anak2 kuliah jg sudah mulai menggunakan tab drpd mencatat manual atau binder. Thanks informasi produk2 yg menyediakan Mbak, bs jd referensi utk adik saya.

    BalasHapus
  2. /Haah ciyus tab ada yg cuma 650rb? Merk apa mbak? Kiran harganya 2jt+++ gitu.

    Mending beli tab aktif atau laptop yg bisa touchscreen kalau menurut mbak?

    Pengen dehh, lama gak nggambar juga. Pengen belajar gambar digital.

    BalasHapus
  3. Lah ternyata tablet grafis dibedakan ya. Aku kira tablet ya tablet aja. Ngga perlu ada aktif pasif. Tentunya dgn perbedaan karakter ini, kita bisa memilih tablet grafis sesuai kebutuhan ya kak.

    Asal kita mampu menggunakan dan memaksimalkan dgn baik, tentu akan berdampak positif. Terutama utk menunjang pekerjaan dan menghasilkan cuan.

    BalasHapus
  4. Makasih informasi nya, anak sy senang gambar pasti suka jika menggunakan tablet grafis untuk menggambar

    BalasHapus
  5. wah baru tau nih ada jenisnya khusus ya kalau untuk drawing :) seru banget kayanya jadi pengen punyaaa hihi

    BalasHapus
  6. Tapi memang bener sih. Saya sendiri selalu menerapkan membeli sesuai dengan budget dan kebutuhan. Agar balance juga. Kantong aman dan pekerjaan juga lancar

    BalasHapus
  7. Daku pernah melihat salah satu teman melalui medsosnya dia membuat ilustrasi dan grafis lewat tablet grafis seperti itu, dan memang tampak memudahkan buat dia karena fiturnya mendikung

    BalasHapus
  8. Beberapa waktu ini selalu penasaran dengan Tablet Grafis yang biasa digunakan untuk digital drawing. Ternyata beragam jenisnya, dan benar-benar baru tahu sekarang ini.

    BalasHapus
  9. Aku selalu kagum dengan seniman. Dan alat tablet ini memang sangatvmembantu pekerjaan mereka

    BalasHapus
  10. ternyata ada beberapa macamnya ya.. kalau punya suami saya yang pen tab pasif deh kayaknya, karena kebetulan dipakai mengajar ajaa ngga dipakai buat ngegambar :D

    BalasHapus
  11. buat yang suka menggambar, tablet ini memang recomended yak. aku dulu pernah punya tablet Samsung, tapi enggak ada pen nya, jadi ya cuma buat corat coret doang.

    BalasHapus
  12. Halo kak, aku kebetulan pengguna keduanya disaat yg bersamaan. Soalnya tablet android yg aku punya tidak mendukung palm rejection jadinya susah meski dibantu stylus, untungnya aku punya pen tablet hybrid yang bisa dipakai di android dan windows.

    Sehingga utk produktivitas aku lebih nyaman menggunakan keduanya secara bersamaan

    BalasHapus
  13. Hwaa kak Ekaa cantik banget ih infografisnyaa, berasa pengen nyomot wkwkw. Aku selama ini masih pernahnyaa pake wacomm itu yg terhubung sama komputer jadul ahahaha dan ipad nih yang terakirr

    BalasHapus
  14. ternyata pembagiannya macam2 ya... awalnya aku kira sama aja hehe. Kalo baca detail gini membantu orang untuk memahami apa keperluannya, ga asal beli aja :)

    BalasHapus
  15. tim yang liat tablet gratis cuma di tipi-tipi :D aku suka kagum sama yang punya ini dan jago desain/gambar. keren banget sih

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu banyak jenisnya tablet ini, haha. Ternyata yang dipakai temenku ngajar pas pandemi kmrn jg termasuk tablet pasif, hihii. Ndesonya akuu :D.

    BalasHapus
  17. Nah baru tahu juga nih ternyata tablet grafis ini masih terbagi lagi ya jenisnya. Kalau punya hobi desain gitu emang bagusnya punya tablet ini..

    BalasHapus
  18. Wah mbak eka emang oke banget reviewnya. Aku pribadi beli tablet tapi tanpa pen. Dan tak isi windows hahaha..dasar aku. Pdahal dulu niat buat design tapi tetap aja desigb pakai ho lagi

    BalasHapus
  19. Wah, pas abnaget aku mampir di artikel ini
    kebetulan aku lagi cari rekomendasi tablet grafis buat anakku
    terima kaish reviewnya mbak

    BalasHapus
  20. Proses menggambar lebih mudah bukan berarti bisa menghilangkan ide ide yg muncul ya. Justru menambah kreativitas jadinya. Asal konsisten aja jangan menyalahi aturan yg sudah dibuat

    BalasHapus

Posting Komentar