4 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja dan Puasa

6 komentar

4 Cara menghilangkan ngantuk saat puasa dan kerja


Ramadhan sebentar lagi nih, excited banget kan? Udah bikin persiapan aja nih? Honestly aku baru bayar hutang puasa aja dan latihan tadarus meski belum terlalu sering. Kalau bicara soal Ramadhan, udah pasti ada banyak banget kegiatan ramadhan yang disusun dan hendak dilakukan bukan? Jangan lupa persiapkan kesehatan ya. Agar ibadah selama bulan Ramdahan lancar.
Kendala apa sih yang sering dirasakan selama ibadah bulan Ramadhan? Kalau aku sih yang paling sering di alami selama ibadah Ramadhan adalah ngantuk, hehe.
Hal tersebut tentunya membuat ibadah menjadi tidak maksimal dan kurang fokus ya. Aku punya beberapa tips cara menghilangkan ngantuk saat kerja dan puasa yang dapat kamu terapkan saat ramadhan. Baca selanjutnya ya.

Tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja dan Puasa


Ganggu banget kan ya kalau mau ibadah eh ngantuk, mau puasa khusyu tapi bawaannya pengen tidur terus. Ibadah ya ibadah sih, tapi masa iya digunakan tidur seharian? Nilainya pasti berkurang dan kita gak mau kan puasa hanya dihabiskan dengan tidur.
Aku punya tips cara menghilangkan ngantuk saat kerja dan puasa nih, berikut tipsnya :

1. Perbanyak Konsumsi Sayur saat Buka dan Sahur


Cara menghilangkan ngantuk saat kerja dan puasa yang pertama adalah dengan memperbanyak asupan serat. Makanan yang tinggi serat dapat meningkatkan laju oksigen dalam darah sehingga tidak menyebabkan kantuk.
Namun jangan lupa untuk mengolah buah serta sayur tersebut dengan benar supaya nutrisi serta vitamin pentingnya tetap terjaga. Namun jangan terlalu maruk, kamu juga harus mengkonsumsi makanan lain supaya gizi seimbang.

2. Mengatur Jam Tidur Dengan Baik


Bulan ramadhan membuat jadwal tidur sedikit mengalami perubahan karena adanya sahur malam. Untuk itu, jangan lupa untuk segera tidur lebih awal supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.
Kamu juga dapat melakukan tidur siang sebentar saat break kantor untuk menjaga kestabilan tubuh saat puasa. Selain itu, hal tersebut merupakan sesuatu yang disunnahkan oleh ajaran Islam.

3. Melakukan Stretching dan Olah Fisik Ringan


Gerakan fisik ringan saat puasa memiliki pengaruh yang baik untuk kebugaran tubuh. Hal tersebut karena gerakan-gerakan ringan dapat melancarkan peredaran darah sehingga oksigen tidak terhambat.
Saat mulai merasakan kantuk ketika sedang bekerja, maka kamu dapat melakukan olah fisik ringan seperti stretching. Gerakan fisik tersebut dapat kamu lakukan di kantor maupun di atas kursi kerja. Jangan lupa gunakan sepatu olahraga yang tepat agar nyaman.

4. Berwudhu


Tips semangat kerja saat puasa yang terakhir adalah melakukan wudhu supaya tubuh menjadi lebih segar. Wudhu memang memiliki efek bagus untuk menunjang semangat kerja.
Wudhu juga akan membuat wajah lebih berseri sehingga dapat memberikan kesan tubuh lebih bugar dan sehat. Wah menarik sekali ya? Selain mendapatkan pahala juga akan terbebas dari rasa kantuk saat bekerja.

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa dan kerja
Cara menghilangkan ngantuk saat puasa dan kerja


Kesimpulan


Cara menghilangkan ngantuk saat kerja dan puasa di atas dapat kamu terapkan untuk mengoptimalkan ibadah ramadhan. Nah, untuk mencegah kantuk dan bermalas-malasan, aku sarankan lebih baik bergabung ke dalam program berfaedah yakni EF Adults. Disini, kamu dapat belajar bahasa Inggris bersama tutor profesional dan pastinya program ini cocok untuk para pekerja menghadapi kompetensi global. Ibadah selama Ramdhan jadi lebih berisi dan bermanfaat bukan?
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

6 komentar

  1. Nah, benar sekali ini Mbak. Kalau mengangguk, bawaannya jadi malas. Akhirnya pekerjaan jadi tertunda hehehe. Salah satu trik saya memang mengatur waktu tidur. Dan Alhamdulillah kerena saya freelance, saya bisa mengatur ritme tidur dan kerja lebih mudah selama berpuasa ini.

    BalasHapus
  2. Kemarin aku di kampus ngaaantukkk banget, mana pas ujian. Haha...karena aku engga tidur lagi habis sahur, takut bablas dan kesiangan tuh. Harusnya...aku stretching ringan gitu ya...ke luar kelas bentar kalik ya...Makasih tipsnya...

    BalasHapus
  3. Biar gak ngantuk emang cara paling jos itu jaga pola tidur, kan kalau pas puasa kita mesti sahur, harus pinter pinter bagi waktu biar tetap bisa makan pas sahur tapi juga siang gak ngantuk. Pola tidur harus banget sih dijaga

    BalasHapus
  4. Iya yah, ngantuk di bulan Ramadan kadang tidak bisa dihindari dan bangun sahur itu menjadi alasan, padahal bisa saja karena begadang kan yah..

    BalasHapus
  5. ngantuk di bulan puasa itu emang nggak tertahankan apalagi kalau nggak tidur habis sahur. Biasanya saya bawa gerak dengan beberes rumah yang ringan tapi badan tetap atkif. Itu efektif mengurangi kantuk.

    BalasHapus
  6. Ramadan kemarin, aku tuuh ngantuk bangetnya udah buka abis magrib. Engga tahaan deh...Emang bener, wudhu deh, jadi seger...

    BalasHapus

Posting Komentar