Kekasih Semusim, Memahami Cinta dan Menghargai Sejarah

Kekasih Semusim Memahami Cinta dan Menghargai Sejarah



Kekasih Semusim, Memahami Cinta dan Menghargai SejarahSedikit banyak apa yang kita baca mempengaruhi sudut pandang dan pola pikir kita. Termasuk di dalamnya menjadi materi cermin diri. Tidak hanya buku motivasi, novel juga memiliki kemampuan yang sama. Dan bagi saya, Kekasih Semusim adalah novel yang mengajak saya meneropong diri lebih dalam dan bercermin diri lebih jauh dan lebih mencintai sejarah.

Judul Buku : Kekasih Semusim
Tahun : 2021
Penulis : Dini Fitria
Penerbit : PT Falcon
Jumlah halaman: 412 halaman
Cetakan Pertama : April 2021
ISBN : 987-602-6714-63-3

BLURB


Kanaya cukup yakin, Reno adalah pria yang mampu membahagiakannya hingga tak peduli dengan gunjingan orang terhadapnya sebagai sugar baby. Namun, akankah cinta kanaya terhadap Reno bermuara?

Nina, wanita paruh baya dengan luka cinta dimasa lalu. Sebagai orangtua tunggal, kebahagiaan putrinya adalah prioritas termasuk urusan cinta. Nina bertekad untuk menjauhkan Kanaya dari luka akibat cinta.

Praha, menjadi kota dimana semua masa lalu terungkap. Cinta Kanaya dan masa lalu Nina dan Reno. Pada Musim semi di kota Praha, mereka bertemu seorang guru kehidupan yang bijak. Baik Reno maupun guru kehidupan, Keduanya mengajarkan Kanaya dan Nina bagaimana menemukan makna cinta dan kebahagiaan.

Novel dengan Paket Lengkap


Kekasih Semusim adalah novel terbaru karya Kak Dini Fitria. Secara garis besar novel ini adalah novel romansa yang menceritakan kisah cinta seorang gadis muda bernama Kanaya dengan pria beda usia bernama Reno serta konflik ibu - anak antara Kanaya dan Nina ibunya.

Lengkap saya katakan karena melalui novel ini saya bisa memahami diri saya sendiri lewat konflik batin yang dialami semua tokoh dalam novel ini. Bukan hanya kisah romansa beda usia yang tak diduga, novel ini juga mengajak saya menyelami konflik antara Kanaya dan ibunya, traveling ke kota Praha, mengenal landmark kota tersebut, sejarah di balik nya ,makanan khas Praha hingga sejarah Mozart.

Satu lagi yang menjadikan Novel Kekasih Semusim ini layak saya beri two thumbs up, yaitu belajar sejarah Indonesia melalui kisah pahit dan getir seorang Eyang Yono.

Praha adalah ibu kota Republik Ceko yang terletak di benua Eropa. Eropa dan segala daya tarik magis, romantisme, landscape yang indah, architecture building yang artistik serta memiliki nilai historical , semua itu selalu membuat saya tertarik dan ingin travel kesana suatu hari.

Beruntung saya yang saat ini belum memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menjelajahi Eropa, diajak travel lewat Novel terbarunya Kak Dini Fitria bertajuk Kekasih Semusim.

Traveling through a novel


Saya suka bagaimana Kak Dini Fitria menceritakan secara detail dan lengkap mengenai beberapa landmark di Praha. Bahkan menambahkan beberapa momen sejarah yang terjadi di landmark tersebut. Seperti Cafe Louvre yang menjadi tempat nongkrong Einstein dan menciptakan teori Relativitas.

Padahal ini novel romansa lho. Tetapi Kak Dini Fitria sangat pandai meramu novel Kekasih Semusim sehingga mampu membuat saya terpana dan merasa hadir di Praha bersama Kanaya dan Ibunya, ikut menyelami Kisah romansa beda usia yang tak biasa dan belajar sejarah Negara Indonesia dalam satu waktu yang bersamaan.

Bukan hanya itu, lewat rangkaian kata - kata dan kalimat yang tepat, novel ini bahkan memberikan tips travel ke Praha.

Julid Di Awal Pertemuan


Novel romansa pasti disukai oleh semua orang. Kisah yang disajikan sedikit banyak akan membawa kenangan dan sedikit mengusik luka lama, membawa angan ke masa lalu sambil rebahan dan menyetel lagu kenangan. Novel romansa selalu memiliki daya pikat karena terkait kebutuhan manusia akan cinta.

Namun berbeda dengan saya. Novel romansa menjadi pilihan kesekian ketika saya memutuskan membaca sebuah novel. Mengapa? karena saya tidak begitu menyukai novel genre romansa.

Seingat saya, hanya dua novel romansa yang saya baca. Follow your heart karya Susanna Tamaro dan Vita Brevis karya Jostein Gaarder. Novel karya Susanna Tamaro menceritakan kisah cinta masa lalu seorang nenek yang diceritakan lewat surat kepada cucunya, so bagi saya novel ini adalah novel romansa yang istimewa.

Sementara Vita Brevis adalah novel kisah romansa bertema falsafah dan teologi yang pelik. Bukan hanya itu, latar belakang sejarah yang unik dari Vita Brevis ini juga menarik perhatian saya mengingat saya sangat menyukai sejarah.

Beberapa kali saya mencoba membaca novel romansa namun saya kecewa dengan kisahnya yang alay dan terasa tidak realistis. Jadi seperti yang saya katakan sebelumnya, belum apa-apa saya udah julid duluan kalau ketemu novel romansa. Dan Yess, saya sempat julid di awal pertemuan dengan teaser novel Kekasih Semusim.

Teaser Kekasih Semusim menyebutkan bahwa novel ini menceritakan kisah asmara beda usia. Lalu saya berfikir, ah ini sih kayaknya kisah cinta alay deh. Kenapa harus beda usia sih? emang gak ada sosok cowok lain yang bisa jadi pasangan kekasih dalam cerita? ini kisah cinta dengan gadun atau om-om gak sih? males ah bacanya, kira -kira begitulah respon saya, hehehe

Tapi ternyata saya salah.

Novel Romansa Tak Biasa


Kejulidan saya muncul bukan tanpa alasan. Keluarga saya yang tak utuh menyebabkan saya kurang menyukai kisah romansa. Bagi saya kisah cinta itu seperti omong kosong dan dongeng yang menipu. Karena kenyataannya kisah cinta itu pahit. Meski tidak semua nya demikian sih, toh kenyataannya saya menemukan cinta dan menikah, hehehe. Bagi saya cinta itu harus logis. Itulah alasannya mengapa saya julid duluan begitu ketemu novel roman.

Bagi yang belum baca mungkin akan julid duluan seperti saya, hehe. Tetapi, kejulidan saya dibabat habis oleh tiga bab pertama dari novel ini. Jadi saran saya, baca dulu karena pasti ada alasan mengapa begini dan begitu.

Pada akhirnya saya menerima mengapa ada kisah cinta beda usia dalam novel ini. Di awal cerita, novel ini menceritakan latar belakang mengapa Kanaya bisa jatuh cinta pada pria yang usianya jauh. Bahkan hampir seusia ibunya.

Hubungan Kanaya dengan ibunya yang cenderung love - hate relationship inilah yang menjadi alasan Kanaya mencari kasih sayang dan cinta dari orang lain. Hal ini juga dipicu karena Kanaya tumbuh tanpa sosok seorang ayah. Bukan tidak mengenal, tetapi perpisahan orangtuanya yang menyakitkan meninggalkan luka yang menganga dan membuatnya kosong tak terisi, bahkan oleh cinta ibunya.

Sehingga ketika dia bertemu dengan sosok yang penyayang sekaligus mengayomi, maka Kanaya tidak akan sulit jatuh cinta pada sosok tersebut meski usianya terpaut jauh. Dan demi pujaan hatinya Kanaya bahkan menyembunyikan kisah cintanya dari Nina Ibunya karena Kanaya tahu betapa kerasnya sang Ibu kalau sudah menyangkut urusan asmara.

So relate sih. Di tengah Bab bahkan saya bisa merasakan betapa Kanaya sangat mencintai Reno dan merasa sedih, ingin menangis sejadi-jadinya sekaligus terharu setiap melihat Reno. Perasaan seperti itu mungkin hanya dirasakan para anak gadis yang tidak pernah berjumpa lagi dengan ayahnya.

Ada sosok kerinduan yang dirasakan Kanaya terhadap ayahnya yang terwakili oleh Reno. Somehow, Saya pernah merasakan hal yang sama karena sejak usia 15 tahun saya tidak berjumpa dengan ayah saya. Rasa butuh dicintai dan disayangi oleh seorang ayah begitu kuat sehingga Kanaya bisa dengan mudah jatuh cinta pada Reno yang mencintai dan mengayomi.

Setelah saya membaca hingga setengah novel ini saya juga menemukan alasan mengapa sang Ibu yang bernama Nina bersikap keras terhadap putrinya dan melarang Kanaya untuk jatuh cinta sebelum dia sukses dan berhasil. Rasa luka yang begitu dalam, selalu basah dan sulit mengering. Luka akibat cinta dan kecewa yang begitu dalam sehingga ia merasa rasa luka itu perlu diwariskan pada Kanaya agar anak semata wayangnya tidak merasakan apa yang ia rasakan. Namun bijaksana kah tindakan Nina terhadap putrinya?

Sementara Reno, saya rasa bukan tipe pria paruh baya flamboyan. Mengapa? karena saya pikir setiap orang punya kenangan tersendiri akan cinta. Reno juga punya trauma sendiri sehingga ia memilih single di usia paruh baya nya. trauma seperti apa sih? lanjut baca novelnya dong, hehehe

Satu hal lagi yang membuat julid saya sirna, beberapa kisah dalam novel ini based on true story orang - orang yang Kak Dini temui. So, ada kemungkinan konflik yang dialami Kanaya nyata adanya. Dan kenyataannya, some part of Kanaya’s life and feeling so relate sih dengan saya. Tapi saya bukan sumber inspirasi Kak Dini lho, wkwkwk, ngarep!

Menghargai Sejarah


Sejarah bagi saya selalu menjadi topik yang menyenangkan, bahkan saya bercita-cita ingin menjadi arkeolog atau antropolog tapi tidak kesampaian, hahaha. enough talking about me.

Satu hal lagi yang saya suka dari Novel Kekasih Semusim, bukan hanya sejarah Praha melalui Landmark City nya, tetapi juga bagaimana kisah seorang mahasiswa yang belajar di Praha pada masa Soekarno menjadi kehilangan kewarganegaraannya hanya karena memperjuangkan pilihan politiknya yang ia yakini benar dan mempertahankan nilai humanisnya. Pilihan yang membuatnya tak bisa kembali ke tanah air karena telah hilang hak kewarganegaraannya dan pilihan yang membuatnya selalu rindu akan tanah airnya.


eyang yono kekasih semusim
Eyang Yono


Sedih sekali saya ketika membaca bab kisah Eyang Yono. Tetiba saya begitu takjub dengan sosok yang satu ini. Saya jadi lebih mencintai Indonesia dan merasa beruntung masih bisa hidup di tanah air ini, meski dengan gejolak politik yang ritme nya bagai gelombang tiada henti. Saya berharap untuk kemajuan Indonesia, jiwa - jiwa dan semangat Eyang Yono lahir dan muncul lagi lewat Kekasih Semusim. So, generasi milenial wajib banget nih baca Kekasih Semusim. Tumbuhkan lagi semangat cinta tanah air.

Sinopsis


Kanaya adalah seorang gadis yang pintar, menarik dan kreatif. Wajah rupawan dan pribadinya yang menyenangkan memudahkan karir Kanaya sebagai seorang influencer. Kanaya Memiliki dua orang sahabat yang selalu setia menemani dan mendukung Kanaya baik dalam hal karir maupun kehidupan pribadinya. Namun kehadiran dua sahabat tidak lantas bisa menutupi lubang di hatinya akan cinta. Terlebih Kanaya tidak pernah mengenal ayah kandungnya sementara hubungan dengan ibunya tidak terlalu baik, bahkan cenderung love - hate relationship.

Hingga suatu ketika Kanaya jatuh cinta pada seorang pria paruh baya bernama Reno. Mereka bertemu ketika Kanaya melakukan Kegiatan magang di perusahaan milik Reno. Pertemuan demi pertemuan yang terjadi menciptakan benih - benih cinta diantara keduanya. Meski Reno tak pernah menyematkan “status” dalam hubungan mereka, Kanaya tidak keberatan karena dia sudah terlanjur jatuh dalam pelukan cinta Reno.

Suatu hari Nina akan melakukan perjalanan ke Praha dalam rangka bertemu dengan seorang narasumber untuk buku terbarunya sementara Reno pun akan terbang ke Praha dalam rangka perjalanan kerja. Tak membuang kesempatan, Kanaya ikut pergi bersama ibunya ke Praha dengan harapan bisa bertemu dengan Reno dan melebur semua rasa cinta dan rindu bersama Reno.

Akankah Kanaya bertemu dengan Reno di Praha?
Apakah Kanaya kan mempertemukan Reno dengan Ibunya?
Apakah ibunya akan menerima hubungan Kanaya dengan kekasih nya?
Bagaimana kelanjutan hubungan Kanaya dan Ibunya?
Bagaimana akhirnya Kanaya menerima hidupnya yang tak sempurna tanpa kehadiran seorang ayah?
Tadi diangkat soal sejarah negara Indonesia, apa hubungannya kisah cinta dan sejarah Indonesia?

Wah banyak sekali pertanyaannya ya? Hehehe

Saya yakin teman - teman pasti penasaran kan?? Iya kan?? Hehe. Sok atuh segera beli novel Kekasih Semusim ini. Dan temukan semua Jawaban atas pertanyaan - pertanyaan yang bergelayut di benak teman - teman setelah membaca ulasan saya ini.

Riset yang Tidak Main - Main


Satu hal yang saya kagumi dari novel ini adalah Kak Dini Fitria, sang penulis. Agar kisah, alur dan latar belakang novel ini terasa real Kak Dini melakukan riset yang tidak main-main. Bahkan penuh totalitas dengan terbang ke Praha untuk merasakan sendiri vibe Praha yang magis dan indah. Di Praha Kak Dini juga bertemu dengan narasumber yang menjadi inspirasi novel ini, yaitu Eyang Yono.

Kak Dini Fitria dan Eyang Yono. Sumber : IG @diary.dinifitria


novel kekasih semusim
Riset Kak Dini dengan terbang ke Praha dam mencoba makanan khas Praha


Setelah membaca novel ini, saya tahu bahwa proses membuat novel ini tidak mudah dan penuh lika liku. Dibutuhkan waktu hingga 4 tahun hingga akhirnya novel ini diterbitkan. Wow totalitas banget kan??

Membaca Novel Sambil Berdonasi


Tidak hanya menghadirkan novel dengan muatan positif, Kekasih musim juga mengajak pembaca untuk berbagi dengan sesama. Saya baru mengenal sosok Kak Dini Fitria lewat novel Kekasih Semusim, padahal sebelumnya Kak Dini sudah menghasilkan banyak Novel.

Kemana aja saya? hehehe

Saya baru tahu kalau Kak Dini memiliki kebiasaan unik yang menghangatkan hati. Di setiap penjualan novelnya, Kak Dini selalu menyisihkan hasil royalti untuk berbagi dengan sesama, termasuk Kekasih Semusim yang hingga saat ini untuk Pre Ordernya saja sudah mencapai 500 eksemplar. Dan Hasil royaltinya dibagikan kepada mereka yang membutuhkan melalui lembaga kemanusiaan ACT. 

Penyerahan sumbangan


Berikut pesan dari Kak Dini Fitria yang disampaikan melalui akun instagramnya :

Menyumbangkan keuntungan/ royalti dari penjualan buku adalah sesuatu yang selama ini saya lakukan. Sesuai amanat ibu saya, menulis untuk memberi manfaat dan menabung amal jariyah. Pesan yang akhirnya saya aminkan dan patri di hati. Saya sudah tahu saat ini akan tiba. Sesuatu yang saya bayangkan semenjak rencana penulisan buku #kekasihsemusim diikrarkan. Persis sama dengan apa yang saya lakukan dengan tiga buku sebelumnya.
Tadinya, saya ragu untuk menyampaikannya lewat sosial media. Takut perbuatan saya adalah bagian dari, Riya. Ketakutan ini perlahan padam, ketika niat baik untuk menyampaikan berita baik menjadi alasan utama. Saya ingin semua pembeli #kekasihsemusim ikut merasakan kebahagiaan yang saya rasakan. Berbuat baik untuk misi aksi kemanusiaan dari uang yang mereka sisihkan dengan membeli sebuah buku. Apa yang saya sumbangkan adalah hasil keuntungan Novel #kekasihsemusim yang sudah terjual 500 eksemplar selama masa Pre Order. Dan Insha Allah, angkanya akan terus bertambah dari hari ke hari. Semoga disaat penghitungan royalti nanti akan lebih banyak nominal yang bisa dibagikan untuk aksi kemanusiaan lainnya. Bagi teman-teman yang belum memesan, silahkan melihat infonya di link bio saya.

Kesan Terdalam


Ada satu quote dari Eyang Yono yang sangat membekas dalam diri saya,

“ Hanya jiwa-jiwa yang terluka berani mengatakan cinta sebuah kebodohan, maaf kalau kamu bagian dari itu”

Dan saya termasuk manusia yang bodoh itu karena menganggap cinta ada sebuah omong kosong dan kebodohan, merasa tersentil nih sama Eyang Yono, hehehe

Lantas bagaimana caranya mengobati luka? pssstt, ada tips eyang Yono yang bijak baget di berapa bab terakhir novel ini, bukan hanya soal cinta, mengobati luka tapi juga tips pernikahan, bahkan tips parenting!!

Ya Allah Ini novel atau buku sejarah sekaligus motivasi sih Kak Dini? kok lengkap banget? hehehehe

Ulasan saya kali ini saya tutup dengan quote Eyang Yono yang makjleb, soalnya kalau gak ditutup saya bisa nyerocos terus tanpa henti soal novel ini, hehehe

“ don't’ search for someone who will make you happy, make yourself happy and then, find someone”

 

kekasih semusim dini fitria
Senang sekali novel saya diberi note khusus dari Kak Dini :)


Selamat membaca Kekasih Semusim dan tenggelam dan kisah yang menghangatkan hati yaa.

4 komentar:

  1. Wah, kayaknya novel ini cocok banget buat aku nih, Kak Eka. Soalnya aku pecinta novel romantis 😍. Hehehe. Apalagi ini bukan novel roman picisan, melainkan novel dengan berkualitas dengan riset yang mendalam. Jadi selain bisa menikmati kisah romantisnya, kita-kita yang baca juga bisa menikmati suasana, sejarah, dan juga nasehat-nasehat yang bisa kita petik dari novel ini. 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak Roem,
      uwooowww yang suka novel romantis. iya nih kak kekasih semusim pasti cocok banget buat kak Roem. aku tunggu ya review dari kakak setelah baca novelnya, hehehe

      Hapus
  2. apikkk
    aku suka cerita cerita yang berlatar belakang negara negara kayak gini, apalagi Praha adalah salah banyaknya negara yang pengen aku kunjungi
    pengen baca kan jadinya kalau gini, noted ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kak, baca bukunya kak, seru banget deh ceritanya. aku selalu suka bagian cerita tentang landmark city nya praha sama sejarah dibaliknya, keren laah

      Hapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.