Perang Tiada akhir melawan Tikus, Bersama Racun Tikus Dora

50 komentar
review racun tikus Dora



Perang Tiada akhir melawan Tikus, Bersama  Racun Tikus Dora. Siapa yang gak tau Ratatouille? pasti pada tau kan ya. Bagaimana dengan Mickey Mouse? wah... kalo ga tau kebangetan ya. mereka berdua emang figure tikus yang gemesin ya, lucu dan imut, disukai semua orang. 
Beda sama Tikus selokan yang suka diam-diam menyelinap masuk ke rumah, lantas keluyuran sembari  kulantang kulinting di rumah kita. Tikus jenis ini juga sama bikin gemes sih, iya... bikin gemes kepalan tangan buat musnahin mereka semua! 
Itu kotorannya sih yang paling bikin jengkel, nempel di peralatan dapur bikin emak double job cuci lagi itu yang kena kotoran si tikus. Belum termasuk si tikus suka gigit sisa makanan tinggi protein di atas meja, gigit sendal dan gigit-gigit yang lain.
solusinya jadi gimana nih ngatasin si tikus rewog alias doyan makan apapun ini?? Jawabannya adalah :
DORA THE EXPLORER! eh salah, DORA SI RACUN TIKUS!!!
Saya, begitu denger ini merk langsung inget Dora yang suka bilang, " Katakan peta-katakan peta! " hihihi, padahal mah gak ada hubungannya, franchise nama juga bukan. 

Review Racun Tikus Dora, Kenapa harus Racun Tikus Dora? 


Saya udah nyoba racun tikus serupa, kurang ampuh euy. terus lem cap gajah, tikus gak nempel juga.  Jebakan tikus yang pake kawat dan kelapa digantung itu? Gak mempan juga. Dan selama ini, racun yang cukup ampuh ya si Dora ini.  Berikut saya sharing review racun tikus Dora berdasarkan pengalaman. 

review racun tikus Dora
review racun tikus Dora

Bagaiaman cara pakai racun tikus Dora? Taburin aja di atas kertas dan simpan di jalur yang sering dilewati tikus. Tunggu 1-4 hari sampai bangkai tikus tercium, itu artinya tikus berhasil terbunuh oleh racun tadi. Tinggal ambil deh bangkainya, terus buang.
Tetapi, tidak cukup loh membasmi tikus hanya dengan menggunakan racun tikus. Perlu dilakukan pembasmian hingga ke akarnya, yaitu sarangnya. 
Seperti pengalaman Saya nih, waktu kerja jadi Kepala Toko di Perusahaan waralaba/Minimarket yang punya tagline " Belanja dekat dan hemat " sekitar tahun 2009 silam. Udah hampir sepuluh tahun yang lalu ya, wkwkwk
Jadi, waktu itu saya menjabat (cieee) kepala kuncen di salah satu cabang minimarket milik perusahaan  dan pe er saya bukan cuman naikin sales toko, tapi juga jaga performa toko dan stok barang. Termasuk BASMI TIKUS! why? karena tikus rupa-rupanya udah jadi musuh bebuyutan di minimarket ini sejak dahulu kala. Sudah berbagai cara untuk musnahin tikus dicoba tapi gak ngepek
Saya sih gak rugi materi ya kalo banyak barang toko yang jadi barang retur-an karena digigit tikus, tinggal kembalikan ke gudang dan buat laporan. Tapi, kalo di kemasannya ada kotoran tikus atau bekas gigitan yang lupa gak ke-sortir lalu kena semprot konsumen ?? Wahh bahaya kan? Pada akhirnya saya dan team toko menyatakan perang melawan tikus!
Pertama, sebagai langkah awal saya pelajari jalur tikus. Iya betul, jadi tikus itu punya jalur keluar masuk ke toko yang selalu sama. Keliatannya darimana? Dari jari jejak kaki mereka yang keliatan kaya ceker ayam, kecil, banyak dan kotor di sepanjang jalur. Semakin banyak jejak, disitulah jalur yang paling banyak dilewati dan bisa jadi pintu utama keluar masuk tikus. 
Setelah saya analisa, oh ternyata si tikus ini biasa masuk lewat celah rolling door depan toko lalu mulai menjelajah se-isi toko sampai gudang bahkan toilet. Eh busyet!!! bener-bener elastis ya ini badan tikus, sampai lahan se-sempit itu bisa masuk! 
Kedua, oke, next step adalah simpan butiran racun tikus berwarna pink, si racun tikus Dora di jalur yang paling banyak di lalui tikus, yaitu di bawah shelving di bagian yang suka di gigit tikus.  Biasanya, para tikus bukan doyan makanan, tapi doyan non food  seperti pembersih toilet, pasta gigi, sabun, sikat gigi, detergen, kosmetik!! asli ya, ini tikus mau jadi beauty blogger kali ya, wkwkwk.
Ketiga, saya taburin si racun Dora di atas selembar kertas dan simpan dibawah shelving non food tadi lalu tunggu hingga 1 - 4 hari. Setelah itu si tikus pasti pada mati. 
Ketauannya dari mana? Dari bau bangkainya! nah ini yang jadi pe-er selanjutnya! nyari bangkai tikus.
Keempat, kalo udah beres basmi tikus dan yakin gak nongol-nongol lagi, mulai deh bersihkan semua jejak tikus di sepanjang jalur tikus. Terutama yang nempel di shelving dan rolling door.  Bahkan di cat ulang tembok yang ada jejaknya. 
Alhamdulillah masalah tikus aman, sampai 1 bulan kedepan. Lho kok cuman tahan sebulan? karena sebulan kemudian temen-temen tikus yang pada its dead itu pada balas dendam! mereka nyerbu toko !! wahahahaha 

Saya mengira hanya hati yang patah hati ajah yang doyan balas dendam, eh ternyata tikus juga! bisa dibilang gak percaya tapi itulah kenyataannya.

Tikus yang mati kena racun tikus seingat saya dapet empat ekor, tapi setelah itu barang toko yang di gigit tikus lebih banyak dari biasanya dan diluar akal sehat. Kadang si tikus lalu lalang keluar masuk toko layaknya konsumen yang mau beli kosmetik , gak takut sama sekali!
Aduh! entah harus gimana lagi ini cara basmi tikus gak takut mati ini!!!
Kelima, Setelah tau jejak jalur tikus, sekarang nyari MARKAS TIKUS! jadi, dari jejak keluar masuk si para tikus itu saya teliti dan akhirnya bermuara ke markas tikus yaitu, pos satpam yang udah lama gak dipakai dan jadi gudang menyimpan kardus bekas yang ada di depan toko.
Yes. udah ketemu!!! selanjutnya adalah HANCURKAN BANGUNAN! dengan begini masalah tikus pasti akan beres. Kalau udah ketemu lubangnya, tinggal di tutup permanen pake semen, beres.
Tapi sayangnya, saya gak dapet ijin dari supervisor buat hancurin itu bangunan. Jadi, yah misi saya gak berhasil dan gagal total!!! 
Jadi, setiap habis bongkar barang datang dari gudang, semua kardus langsung dibalikin dan sisanya seminimal mungkin di simpen di gudang belakang. Gak di simpen di pos satpam itu. 
Dan mau ga mau itu pos satpam di bersihin aja dari semua jejak tikus. Yah lumayan cukup berhasil mengurangi jumlah tikus yang bebas ngagares ( makan sepuasnya ) barang di toko. 
Nah, itulah cerita saya melawan tikus dengan bantuan racun tikus Dora. Sebetulnya ampuh bunuh tikus sih. Cuman karena kawanannya banyak, saya kewalahan. Apalagi ini sai tikus pakai acara balas dendam, terus markasnya gak bisa di musnahin. Ya sudah, akhirnya tetep pake si racun tikus Dora buat prevent tikus baong ( nakal ). 

Kalo mau pake Racun Tikus Dora di rumah gimana?


Tikus dirumah bagaimana? Agak bahaya kan ya untuk kesehatan kalau ada tikus dirumah? Tentu saja. Cara membasmi tius dirumah  sama aja  dengan cara aku musnahin tikus di minimarket tadi. Kamu bisa mengikuti pentunjuk di infographic berikut ini ya.





cara membasmi tikus dengan racun tikus Dora
Cara membasmi tikus dengan racun tikus Dora, infografis dok pribadi


Sebelum membersihkan perlatan dapur sekaligus bersih-bersih, jangan lupa pakai masker dan kaca mata, jangan sampai mata kelilipan terkena debu. 
Begitulah cerita saya perang tiada akhir melawan tikus yang masih berlanjut sampai sekarang dirumah.  Selain memakai Racun tikus, kita juga bisa pake predator alaminya tikus, yaitu kucing. tapi sayangnya, kucing malah suka takut duluan ngeliat tikus jaman now yang ukurannya pada gede-gede
Mungkinkah tikus selokan mengalami mutasi gen atau itu tikus eksport dari luar negeri? entahlah. Tapi yang pasti jangan si kocheng kesayagan, saya ajah ngejerit kalo liat tikus selokan lewat, gede banget bro!! hehe.

ilustrasi tikus
Bye bue tikus!!! ( ilustrasi tikus, dok pribadi)
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

50 komentar

  1. Bye bye tikuuus, jangan balik lagi yaa, ajak serta keluargamu, wkwk

    BalasHapus
  2. Saya kira awalnya bercanda, ternyata beneran ada ya racun tikus dora hhaaaha

    BalasHapus
  3. baru tau ada racun tikus dora ini, bisa dicoba nih aku lihat beberapa kali di pinggir rumah. khawatir masuk kalau malem. makasih tipsnya mbak eka

    BalasHapus
  4. Duhh aku juga paling jijik mba sama tikus. Kalau ada 1 tikus masuk rumah pasti harus kekejar dan mati saat itu juga. Saking parnonya aku sama itu binatang. Btw mbaa aku jatuh hati sama ilustrasinya huhuu. Terus nggambar ya mbaaaa. Betah aku dehh liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sih agak gimana gitu sama tikus, hahaha. makanya ada satu tikus aja ributnya udah kaya nonton konser rock, hahahaha.
      makasih kak jihan, sengaja di bikin cantik blognya biar ka jihan betah lama lama di artjoka, hahahaha

      Hapus
  5. Baru tau loh ada merk dora. Yang pernah aku pake merk gajah. Gambar ilustrasinya pasti buatan sendiri ya. Khas banget suka 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cap gajah yang lem itu ya> gak mempan aku mah, hehe.
      iya, ilustrasi bikin sendiri, hehe

      Hapus
  6. Wah kebetulan sekali aku baru aja beli racun tikus kak, disuruh Emmak tapi mereknya bukan itu wkwkwkw. Apa ya namanya (think deeply) tapi bungkusnya berwarna orange. Boleh deh next time coba saran ini. Thanks for sharing😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah apa ya yang oranye? aku juga ga tau, hehehe
      sama sama kak

      Hapus
  7. Kocak banget postingan ini asli. Apalagi dibagian hancurkan bangunan 😂🤣🤣🤣. Tapi secara ilmu sanitasi materi pengendalian vektor (trmasuk tikus di dlmnya) langkah2 nyari jejak sudah benar lhoo 👏👏👏

    BalasHapus
  8. Awalnya kupikir tulisan ini adalah sebuah cerpen. Haha.. ternyata sebuah tips berpaedah. Aku baru tau deh ada dora2 ini. Haha

    BalasHapus
  9. Iyaa bener tikus sekarang bikin syok! Makanya saya jarang buka pintu. Takut tiba2 masuk. Kalau saluran air selalu ditutup biar aman itu tikus gak lewat situ. Emang ya harus sedia racun tikus dora nih buat jaga-jaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, sedia aja kalau kalau dia ngancurin tembok buat masuk rumah. soalnya sering juga sih pipa saluran air juga di makan

      Hapus
  10. hihihi tikus yang jadi Beauty Blogger.
    Btw di Jerman juga tikusnya guede banget, kucing tetangga suka datang jalan-jalan mampir gitu tapi bukannya nyariin tikus. Doi malah milih nyari telur burung. Sebel dan sedih..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung ga ngerampok daging juga tuh meong, hahahaha.
      kalo tikusnya nyuri makanan, ntar dia jadi food blogger, wew

      Hapus
  11. Pas banget! Di rumah saya seminggu ini lagi nguber-nguber tikus. Wajib beli ini nih biar seisi rumah bisa kembali tenang. Makasii tulisannya kak

    BalasHapus
  12. Haduuuuuh aku bnran deh Ama tikus itu udh benciii sebenci2nya. Sampe kdg mikir, nih tikus diciptain gunanya apa yaaa. Kalo utk tes lab, biasanya tikus putih, bukan tikus selokan.

    Udh banyaaak cara yg aku pake juga mba. Sempet aman tuh pas pasang gelombang ultrasonic. Tp itukan ada BTS waktunya hahahaha. Setelah setahun ya hrs ganti. Dan sempet males, Krn lumayan mahal. Akhirnya racun tikus juga

    Tapi masalahnya aku Ama suami sama2 penakut. Pernah itu tikus mati di kamar mandiii, huaaaaaaa kami berdua histeris dong.

    Mana itu jam 12 tengah malam, mah ke toilet. Akhirnya pak suami kluar rumah, nyari yg sedang jaga malam, dan minta tlg buangin bangkainya. Diksh duit sih Krn udah bantuin hihihihi.

    Itu sih sebelnya kalo diksh racun. Suka2 dia aja mau mati di mana -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahaha, serem dong ya. pelihara meong aja kak, siapa tau berguna ngusir tikus. atau malah berantem kaya tom and jerry? hehehe
      iya sih ya, malesnya tuh bagian ngambil bangke tikus. baunya duuuhh minta ampun

      Hapus
  13. tikus memang menyebalkan, kalau acun aku takutnya matinya gak ketahuan, pernah bau tapi gak tahu dimana bangkainya. sekarang di pojok2 suka tak kasih bubuk kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, aku lupa. bubuk kopi juga bisa ngusir tikus nakal

      Hapus
  14. PR-nya kalau sudah tikusnya mati, tinggal nyari bangkainya yang kadang gampang-gampang susah untuk dideteksi. Tapi setidaknya gangguan tikus sudah berkurang dengan matinya mereka, ya. Bye tikus.. :)

    BalasHapus
  15. Kalau pakai racun tikus, bagian cari bangkainya ini yang agak susah ya. Soalnya kadang matinya di atas atap. Jadi harus gerilya cari sumber bau bangkai tikusnya.
    Tapi memang racun tikus paling ampuh. Kalau pakai lem atau jebakan tikus kadang gak bisa nangkep tikus.

    BalasHapus
  16. aduh bener2 deh tikus itu musuh bebuyutan :D di rumah lama sampe mesin cuci digigitin bahkan kegiling di mesin ya Allah kalau inget terlalu banget itu sampe kegiling astaghfirullah maafkan ya, tapi kalau pake lem dora tikus besar bisa ke lem juga ngga ya. pengalaman sebelumnya cuma mempan buat tikus kecil

    BalasHapus
  17. Iya, kesel banget kalau ada tikus di rumah
    Aku juga pernah pakai dora mbak
    Emang ampuh mengusir tikus

    BalasHapus
  18. andalanku banget nih si Dora, asli deh ampuh hehe.. tikus yang makin cerdik kalau pakai perangkap, bakal kalah sama dora hhe

    BalasHapus
  19. Tikus di rumah akhir2 ini mulai berani nih. Biasanya cuma di dapur aja, ini mulai berani masuk ruang keluarga dan kamar. Mau kasih racun tp mikir kalau matinya di tempat yang susah ngambil bangkainya.

    BalasHapus
  20. huaa aku sih ampun yaa kalo soal tikus. nggak berani banget.. memang mendingan kudu jaga banget rumahnya biar nggak sampai kemasukan tikus gitu

    BalasHapus
  21. Tikus tuh emang ngeseliiinnnn.. saya juga pernah kepikiran beli racun tikus tapi ga jadi..bingung kalo mati gimana ngambilnya..

    BalasHapus
  22. Mereka pada lari ke rumah-rumah, karena lahan tempat mereka tinggal sudah tidak ada. Lahan sudah menjadi rumah semua. Tapi bagaimanaun juga kalau tikus sudah masuk ke dalam rumah ga bisa dibiarkan karena membawa teman. Terkadang kasihan sih lihat tikus kalau dah kena racun. (Sugianto)

    BalasHapus
  23. Bikin jengkel banget sih tikus, termasuk kotorannya yang bikin kotor dapur. Blm lagi grogitin makanan yang dibungkus... Nanti harus dicoba nih buat di rumah.

    BalasHapus
  24. Tikus selokan memang gede kak.
    Daku aja pernah kaget pas lagi jalan pulang kaget ada yang nongol dari selokan ternyata besarnya itu tikus.
    Kudu dibasmi dengan strategi jitunya kak Eka nih sepertinya

    BalasHapus
  25. Tikus itu emang asli ngeselin banget, jadi inget rumah nenekku sering didatengin tikus dan pake racun gini, pokoknya tiba-tiba jadi bangkai deh. Kalau di rumahku si aman, ada kucing hahahha

    BalasHapus
  26. Rumahku nih lg banyak tikus bulan ini. Astaga sampe emosi. Mana banyak yg kecil2 pul. Jijik bgt 😭 udh di jebak pake lem, teus semprot baygon. Tetep aja masih banyak. Kyknya mau coba ini

    BalasHapus
  27. Dora ini udah terkenal lama yaa, inget dulu rumah teman banyak tikus. Pakai ini ampuh banget,

    BalasHapus
  28. Mau nyoba beli Dora ah, karena jujur aja, rumah sempat banyak tikus apalagi pas sebelah rumahku sering kosong. Dan itu mengganggu banget.

    BalasHapus
  29. Bisabisanya tuh sakit dihh, aku mau coba ahhh di rumah ibuku ada 1 tikus dan sampai skrg ngga ketangkep wkwkwk

    BalasHapus
  30. Sebel banget kalau sudah ada tkus di rumah, apalagi kalau gigitin barang-barang bikin kesel banget. Lebih kesel kalau tikusnya susah dibasmi, tapi sekarang tinggal pakai racun tikus Dora, ya.

    BalasHapus
  31. Tikus digudang sering kali sliweran, cocok nih buat ngerjain si tikus.
    coba beli ya kak.

    BalasHapus
  32. Paling sebel emang kalau rumah sampai kemasukan tikus ya. Udahnya jorok, juga bisa menyebarkan penyakit. Untung sekarang ada Dora yang bisa basmi tikus.

    BalasHapus
  33. alhamdulillah di rumah yg sekarang nggak ada tikus mbak, dulu di kontrakan banyak banget, dateng dari rumah tetangga dan emang ganggu banget yaa, harus banget emang diberantas hama satu ini ya

    BalasHapus
  34. Agaaa..gelai melihat tikus tuh..
    Pokoknya kalau ada si nyunyu di dalam sebuah tempat, pasti baunya juga jadi beda deh.. Bau apek dan gimanaa gitu.

    Dan kalau sudah berkaitan dengan tikus, pas nge-racunnya sih semangat ya...
    Pas matinya dan mencari mereka mati dimana nih lo..

    Pokoknya tersiksa banget kalau ada si hewan yang satu ini.

    BalasHapus
  35. Di rumahku jarang banget tikus mbak, yang banyak itu cicaaak. Plis kasih rekomendasi racun cicak dongggg.

    BalasHapus
  36. Masalah tikus ini memang tidak boleh dianggap remeh ya, Mbak. Karena bukan hanya tikus got, tikus curug juga sangat meresahkan, karena makan apa saja. Mulai makanan, kain, sampai papan, bahkan kabel listrik. Makanya dulu warung Bapak saya pintunya sempat digrogoti sampai bolong dan membuat jalan tikus masuk.

    BalasHapus
  37. nah ini pas banget, sejak ujan mulu, jadi gampang banget tikus masuk lewat jalur air halaman belakang, udh tau nih sumber masuk dan tempat dia ngubek2 sampah, bisa nih beli dora dan taburin yaa, apalagi bentar lagi banyak simpen makanan malem selama puasa

    BalasHapus

Posting Komentar