MPASI Pertama, untuk keponakanku Tersayang





Adik ipar saya, namanya Annisa. sering dipanggil ica sama sahabat-sahabatnya. kalo saya mah ngikutin adat keluarga aja lah, anis. 

Gara-gara dia nih, saya jadi doyan drakor dan kpop. mbo ya mau gak gimana jadi suka, wong tiap hari yang diputer lagu blekping, exo, betees dan lain sebagainya. lama-lama tuh lagu terngiang terus ditelinga dan jadi kepo kaaannn, terus liat yutub... eh ujung-ujungnya kepincut.

saya dan anis waktu saya hamil keenan, ehhmm 7 tahun yang lalu :P


Sayangnya, Beberapa waktu yang lalu anis hijrah ke Iran. Ngikutin suaminya dan menetap disana. sedih hatiku, karna gak ada Balad nge-ghibah-in kpop lagi, hiks. Tapi gak apa-apalah, namanya juga jodoh. mau ada di antartika juga pasti dijabanin ya nis, wehehehe.

Oke, saya bukan mau bahas kpop atau drakor nih. tapi mau bahas MPASI. nah loh? gak nyambung ya sama intronya! wkwkwkwk

Jadi, anis sekarang udah punya baby boy. namanya Haidar. lucu banget dia, buleud dan ndut. nah anis tuh lagi kebingungan, bentar lagi Haidar masuk usia MPASI. kalo di Indo sih gampang yah, bahan lengkap terus kalo males bikin banyak yang jual. beda cerita dengan di Iran. Disana, tumbuhan dan per-dagingan stoknya menyesuaikan musim. gak selalu ada. jadi, saya minta dia list bahan pokok apa aja yang tumbuh di musim Haidar masuk usia MPASI nanti, yaitu musim gugur. Dan inilah listnya yang dia kasih via watsapp.


  1. Bumbu aromatik nya bw bombay dan bawang putih
  2. Daging2an ayam , sapi,  kambing
  3. Sayur wortel , brokoli, bayam (rada hese tp mdh2an ada) kentang, sawi hijau (sawi putih gaada)
  4. Buncis (ga selalu ada wkwk)
  5. terong
  6. Ikan jarang beli mahal. tp buat anak boleh lah sesekali
  7. Buah yg selalu ada pisang apel jeruk


Oke, baiklah anis dan juga new mom.... kita simak yuk pilihan menu dan cara membuat MPASI berdasarkan usia bayi

Menu MPASI Sesuai Usia Bayi





















oia, hampir lupa. TELUR! pasti ada kan disana. bisa tuh pas usia 9 bulan, Haidar dikasih telur rebus, telur bagian kuningnya aja dilumatin sampai alus banget terus satuin sama bubur beras. kalo cuman telur doang bisa meleg dia, eh seset ke tenggorokan. kan kasian, hiks.

Atau dicampur sama puree kentang+wortel. tapi biasa nya sih keenan sama kilan mah dikasih telur campur begini dulu gak suka, agak bau anyir mungkin ya. Baru usia 1,5 tahun dikasih telur goreng/dadar. 

Gimana nih nis? udah jelas belum? kalo belum cobain deh  searching menu mpasi lain  yang kira-kira sesuai sama bahan- bahan yang ada di sana. atau bisa coba resep yang ada susu nya, susu favorite keenan waktu orok, yaitu SGM, hehehe. kalo ada apa-apa Wa aku lagi aja ya, hehe. Selamat ber-MPASI ria ya. 

23 komentar:

  1. Wah bener nih telur juga kesukaan hafsah anakku dan sbg bahan darurat bgt kalau bingung masak apa. Jgn lp asupan lemak anak bayi hrs lebih byk untuk perkembangan otak

    BalasHapus
  2. Haha Aku malah salfok sama ilustrasinya Kak. Keren skali gambarnya?

    Apakah buatan sendiri Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow! terimakasih kak apresiasinya. ya saya handdrawing dibantu canva

      Hapus
  3. Terimakasih ulasannya ya, kelak jadi panduan buat adikku yang sedang mengandung saat ini.
    Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, boleh disave dan share kok mas. asal masukin credit ya. makasih

      Hapus
  4. Mbaa jadi OOT nih, bikin infografisnya pakai apa? Imut imut bangett huhu. Aku selalu iri sama blognya orang yg cantik2 banget deehh 😍😍😍

    Btw masa masa mpasi anakku alhamdulillah ngga banyak drama. Mudah-mudahan kita semua sehat selalu yaa aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake software yang lagi hype dong, canva. hehe. ayo mba juga bisa pake kok. mudah, banyak template nya, juga sticker, stok foto danlainlain.

      Hapus
  5. Sedih kalo inget masa-masa MPASi itu karena aku kurang eksplorasi resep jadi anakku seringnya ku kasih mpasi instan atau beli hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. its okey mba, karna kesibukan atau kadang ketidaktauan. sama saya juga mba, malah dititik males tuh bikin mpasi, yah cerelac lah penyelamat atau yag jual pagipagi itu lho suka ada

      Hapus
  6. Wah iya, di Iran sana ternyata ikan mahal, ya? Yang aku baca memang katanya MPASI mestinya disesuaikan dengan kearifan lokal aja, jadi kalau di Indonesia enggak harus juga salmon misalnya, ikan kembung pun bagus kok gizinya. Tapi kalau di sana segala ikan tergolong kurang terjangkau, mungkin ada ya protein hewani lain yang khas setempat. Bener tuh, telur udah yang paling gampang dan luwes mau diapain juga hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, katanya adik iparku mahalnya melebihi daging sapi. i dont know why ya, mungkin karna lautnya iran gak banyak ikan, atau adanya ikan tertentu kaya salmon yang mahal harganya.
      udah telur deh yang paling bener mah, hahaha

      Hapus
  7. Buatku mpasi adalah masa2 cukup mengelola emosi, pas anak udah 1 tahun seneng banget akhirnya kafa bisa makan apa aja seperti makanan keluarga, lega rasanya lulus permpasian hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. juga ujian kesabaran, soalnya kadang suka males bikin mpasi. hahaha.
      aduh seneng ya kafa lancar mpasi nya

      Hapus
  8. Mantep Kak Eka. Jadi ada panduan lengkap nih buat new Mom. Inget banget dulu bingung MPASI hehe

    BalasHapus
  9. waahhh makasih ya Kak Eka dapat panduan engkapnya nihkeinget dulu pas masih ngasih MPASI Rafa bingungnya minta ampun maklum masih belajar jadi seorang ibu hihiii

    BalasHapus
  10. Wah saya masih single, tapi bolehlah ini sebagai bekal masa depan asiap hehe

    BalasHapus
  11. Sukaa banget nih ilmunya,aku malah merasa kurang variasi ngasih mam ke anakku pas liat infografisnya mba heheee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak nurul,
      waaah senangnya kalo artikel saya bisa membantu. makasih ya kak udah berkunjung

      Hapus