Balada Si Roy, Film Perdana IDN Pictures Ini Membuat Penasaran

IDN Times


Balada Si Roy, Film Perdana IDN Pictures Ini Membuat Penasaran. Saya termasuk yang penasaran lho. Pasalnya, ibu saya juga penggemar novel Balada Si Roy karya karya Gol A Gong. Saya tahu itu karena saya pernah menemukan novel ini di antara koleksi novel karya Agatha Christie milik beliau. Tapi saya sendiri belum pernah membacanya, nah ini lah yang membuat saya penasaran. 

Saya rasa ibu saya juga akan sama penasarannya dengan saya, sebagai seorang penggemar pasti akan sangat bangga jika novel kesukaannya diadaptasi ke layar lebar. 

Terimakasih tak terhingga kepada IDN Picture yang mengangkat novel Balada Si Roy ke Layar lebar sebagai film perdananya. Sekilas mungkin ada sebagian teman - teman yang tidak tahu apa atau siapa IDN Pictures itu, benar kan?

Geliat IDN Pictures Di Industri Film Indonesia

Semua berawal dari proses akuisisi perusahaan film Demi Istri Production pada Mei 2020 silam oleh IDN Media . Kemudian IDN Media meluncurkan IDN Pictures sebagai bentuk dukungan terhadap industri film Indonesia . IDN Picture dipimpin oleh Fajar Nugros (Sutradara Film Balada Si Roy dan Head of IDN Pictures) dan Susanti Dewi ( Produser Film Balada Si Roy dan Head of IDN Pictures).

IDN Pictures membuktikan dukungannya terhadap perfilman Indonesia dengan mengangkat novel legendaris Balada Si Roy sebagai film pertama IDN Pictures yang dipublikasikan pada bulan November 2020 silam. Film Balada Si Roy akan dirilis pada tahun 2021 dan disutradarai oleh Fajar Nugros dan Susanti Dewi sebagai produser film.

Bagi yang belum mengenal Fajar Nugros dan Susanti Dewi mungkin bisa mengenal kedua orang hebat ini lewat karya film - film sebelumnya, yaitu seperti Cinta Brontosaurus (2013), Moammar Emka’s Jakarta Undercover (2017), Yowis Ben (2018 & 2019), dan Terbang Menembus Langit (2018). Melihat betapa suksesnya semua film besutan kedua orang hebat ini, maka saya tak ragu lagi jika Balada Si Roy akan sama bagusnya. 

Pemeran Balada Si Roy

konferensi pers virtual Balada Si Roy


Pada Desember 2020 yang lalu, IDN Pictures menggelar acara konferensi pers virtual dimana deretan nama pemain film Balada Si Roy diumumkan. Film Balada Si Roy ternyata melibatkan aktor/aktris muda dan juga senior yang kualitas aktingnya sudah tidak diragukan lagi. Siapa saja mereka? berikut deretan nama pemain di film Balada Si Roy : 
  1. Abidzar Al Ghifari sebagai Roy.
  2. Feby Rastanty sebagai Ani.
  3. Bio One sebagai Dullah
  4. Zulfa Maharani sebagai Wiwik
  5. Sitha Marino sebagai Dewi
  6. Jourdy Pranata sebagai Andi
  7. Omara Esteghlal sebagai Toni
  8. Yusuf Mahardika sebagai Edi
  9. Dea Aditya sebagai Iwan
  10. Fachri Muhammad sebagai Sodik
  11. Maudy Koesnaedi sebagai ibu dari Roy
  12. Kiki Narendra sebagai ayah dari Ani
Fil Balada Si Roy

Novel Balada Si Roy


Melihat deretan nama pemain Balada Si Roy diatas, rasa penasaran saya semakin bertambah nih. Terlebih lagi terhadap akting putra almarhum Ustad jefri sebagai tokoh utamanya, yaitu Abidzar Al Ghifari. Teman - teman juga penasaran kan?

Tanggapan Positif Dari Penggemar Balada Si Roy

Pada acara acara konferensi pers virtual film Balada Si Roy pada Desember 2020 yang lalu, IDN Pictures juga turut mengundang salah satu inisiator komunitas Sahabat Balada Si Roy, yaitu Daniel Mahendra. Pada kesempatan tersebut, Daniel Mahendra menyampaikan respon positifnya terkait novel Balada Si Roy yang akhirnya diangkat ke layar lebar oleh IDN Pictures. Daniel mengatakan, 

                             
Terkait pemilihan para pemain film Balada Si Roy, Daniel sepenuhnya mempercayakan hal ini kepada tim IDN Pictures. Daniel mengatakan, 

Membalas pernyataan dari Daniel , Fajar Nugros selaku sutradara sekaligus Head of IDN Pictures mengatakan, 

Hal yang senada pun di ungkapkan oleh Susanti Dewi yang merupakan produser film Balada Si Roy sekaligus Head of IDN Pictures, 

Wow, menurut saya IDN Pictures keren sih. Bukan hanya mengangkat novel legendaris Indonesia di era 80-90an, tapi juga menggaet komunitas penggemarnya. Saya rasa ini bentuk kepedulian yang tulus dan luar biasa hebat. Karena dalam proses pembuatan film saya yakin sudut pandang penggemar akan sangat dibutuhkan untuk menyelami apa yang diharapkan oleh para penggemar Balada Si Roy terhadap filmnya nanti. Sehingga para penggemar akan puas dengan hasil filmnya dan orang awam seperti saya akan semakin tertarik untuk menonton.    

Komunitas Balada Si Roy memiliki nama, Sahabat Balada Si Roy. Komunitas ini ternyata telah berdiri sejak 11 tahun yang lalu dengan anggota komunitas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Komunitas ini muncul pertama kali di sebuah grup Facebook. Tapi jauh sebelum komunitas ini bertemu di Facebook, ternyata penggemar Balada Si Roy sudah ada sejak awal lahirnya novel. Namun karena terbatasnya media Komunikasi agak sulit melakukan komunikasi dengan sesama penggemar. Berkat adanya platform Facebook , penggemar Balada Si Roy lebih terintegrasi dan hingga saat ini jumlah anggotanya mencapai 1982 orang.

Saya tidak menyangka lho, berawal dari satu kesamaan yang sama bisa melahirkan bentuk pertemanan yang cukup kuat dan bertahan lama. Hal ini terbukti dengan sering diadakannya gathering ke berbagai kota di Indonesia hingga saat ini. Apa sih yang dibicarakan saat para penggemar Balada Si Roy ini bertemu? Daniel mengatakan bahwa saat mereka bertemu mereka saling bercerita seputar Balada Si Roy. Daniel juga mengatakan bahwa, 
Saya semakin penasaran nih dengan film Balada Si Roy. Apalagi sekarang film Balada Si Roy telah memasuki tahap syuting di daerah Banten, seperti Serang dan Rangkasbitung. Semoga proses produksi film Balada Si Roy lancar ya, sehingga nanti saya bisa mengajak ibu saya bernostalgia  sambil nobar alias nonton bareng, saya yakin ibu akan senang. 

2 komentar:

  1. Aku juga penasaran sama film ini, secara udah 30 tahun yang lalu ya novel ini dirilis. Bisa nonton dimana ya nanti Mbak Eka?

    BalasHapus
  2. agak pangling sih waktu liat aktor utamanya, ternyata pas baca namanya eh anaknya alm ust Jefri, hihi.. aktingnya pasti keren nih, apalagi main bareng Feby, duhkan jadi penasaran akutuh, hihi..
    cari tau bisa nonton dimana ah, haha

    BalasHapus