ASUS Zenbook DUO, Laptop Revolusioner Dengan Teknologi AI

Posting Komentar


ASUS Zenbook DUO, Laptop Revolusioner Dengan Teknologi AI

Siapa yang tidak kenal teknologi AI? Pastinya semua orang sudah tahu perihal teknologi artificial intelligence atau AI. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini dapat diterapkan di berbagai macam hal seperti aplikasi, platform hingga laptop seperti laptop revolusioner ASUS Zenbook Duo.

ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir dengan desain dan fitur revolusioner yang dirancang untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi dua layar serta Artificial intelligence (AI). Lantas apa saja kelebihan ASUS Zenbook DUO (UX8406)? Yuk baca selanjutnya.

ASUS Memperkenalkan Zenbook DUO (UX8406)


Pada tanggal 07 Maret 2024, ASUS resmi memperkenalkan Zenbook DUO (UX8406) sebagai laptop revolusioner dual-screen OLED terbaik yang didesain secara khusus untuk memaksimalkan produktivitas pengguna melalui teknologi dual-screen dan teknologi artificial intelligence (AI).

Laptop terbaik tahun 2024 telah tiba di Indonesia. ASUS Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, dan dilengkapi fitur eksklusif akan merevolusi bagaimana kita berinteraksi dengan laptop dan memaksimalkan produktivitas sehari-hari,” ungkap Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director “Revolusi laptop telah dimulai hari ini!.

Zenbook Duo resmi perkenalkan
Zenbook Duo resmi perkenalkan


ASUS Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop revolusioner yang memiliki fitur utama yaitu dua layar 14-inci beresolusi 3K 120Hz dan teknologi ASUS Lumina OLED dengan ukuran layar 19,8-inci ketika dibentangkan. Lebarnya ukuran layar laptop ini ketika dibentangkan sehingga memungkina pengguna dapat mengoperasikan laptop dengan lebih bebas dan fleksibel jika dibandingkan menggunakan laptop standar. Zenbook DUO (UX8406) juga dilengkapi dengan port dan konektivitas yang sangat lengkap serta lima mode penggunaan.

Desain laptop ASUS Zenbook DUO (UX840) tipis dan ringan, membuat laptop ini tampil sebagai laptop dua layar paling praktis dan terbaik di dunia.

Produktivitas pengguna Zenbook DUO (UX8406) pun akan ditingkatkan melalui bantuan AI dengan NPU (Neural Processing Unit) yang terintegrasi dengan prosesor Intel® Core™ Ultra 7 membuat laptop ini lebih pintar, gesit, dan hemat daya dalam memproses aplikasi berbasis AI.


Perjalanan Terciptanya Laptop Revolusioner, Zenbook DUO (UX8406)


Perjalanan Zenbook DUO (UX8406) dimulai ketika tim desain ASUS melihat bahwa pengguna laptop banyak yang menggunakan monitor tambahan untuk produktivitas dan memperluas fleksibilitas ruang kerja.

Monitor tambahan yang digunakan pada laptop di rumah bukanlah masalah dikarenakan posisinya yang memang stay diatas meja kerja, namun bagaimana jika hendak menggunakan laptop diluar rumah atau kantor? Tentu akan menjadi masalah bukan?

Untuk mengatasi masalah ini, tim desain ASUS perkenalkan laptop prototipe dengan dua layar di tahun 2018 bernama Project Precog yang diperkenalkan pada event Computex 2018. Pada saat diperkenalkan, Project Precog merupakan laptop konsep dikarenakan ekosistem hardware, software, serta sistem operasi saat itu belum dapat memaksimalkan penggunaan layar ganda pada laptop.

ASUS kemudian mengembangkan sistem layar ganda pada laptop dengan software dan ekosistem lainnya di ZenBook Pro 15 (UX580) melalui ScreenPad™, ZenBook Duo (UX481) dan ZenBook Pro Duo (UX581) lewat layar tambahan ScreenPad™ Plus.

Selama enam tahun ASUS terus menyempurnakan hardware serta software yang memudahkan interaksi pengguna laptop layar ganda pada produk latopnya hingga akhirnya Zenbook DUO (UX8406) hadir sebagai laptop layar ganda yang revolusioner.

Dikatakan laptop revolusioner karena Zenbook Duo telah melewati proses pengembangan dan penyempurnaan secara konsisten selama bertahun-tahun.


Desain Inovatif yang Dimiliki Zenbook DUO (UX8406)


Sebagai laptop revolusioner, value inovasi tentu akan dimiliki oleh Zenbook DUO (UX8406). DEsain inovatif pada laptop ini terletak pada dua layar 14-inci 3K 120Hz ASUS Lumina OLED yang dapat menghadirkan visual terbaik serta mendongkrak produktivitas secara maksimal disertai keyboard yang dapat digunakan secara fleksibel.

Layar Zenbook DUO (UX8406) yang Inovatif


Duaa layar 14-inch yang menjadi fitur andalan Zenbook Duo merupakan salah satu inovasi terbaik yang dimiliki Zenbook DUO (UX8406). Dilengkapi dengan detachable keyboard dan penyangga khusus membuat laptop ini dapat dengan mudah digunakan dan dibawa saat bepergian. Seluruh desain Inovasi Zenbook DUO (UX8406) tergabung dalam desain ringkas dan berfokus pada pengguna.

Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop Intel® Evo™ Edition yang menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas superior dalam bodi yang ringan dengan bobot hanya 1,35 kg saja dan ketebalan 14,6 mm.

ASUS Zenbook DUO (UX8406) menggunakan teknologi ASUS Lumina OLED tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 yang diterapkan pada kedua layar Zenbook DUO (UX8406) sehingga laptop revolusioner yang satu ini memiliki reproduksi warna terbaik dan akurat.

Kedua layar Zenbook DUO (UX8406) juga bersertifikat VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen dan dapat digunakan bersamaan dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang memiliki input secara presisi.

Keyboard yang Mampu Meningkatkan Produktivitas Pengguna


Dilengkapi dengan desain keyboard yang dapat dilepas (detachable), Zenbook Duo lebih mudah dibawa keluar ruangan dan memberikan pengguna kemudahan dalam bekerja. Keyboard ini juga dilengkapi dengan sistem pengisian daya otomatis ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop sehingga lebih mudah digunakan.

TIdak hanya itu aja, keyboard Zenbook DUO (UX8406) juga dirancang menggunakan sistem cerdas yang memungkinkan penggunaan keyboard dengan koneksi langsung ke laptop saat digunakan pada Laptop Mode dan secara otomatis dapat beralih menggunakan koneksi Bluetooth saat dilepas dari bodinya.

Laptop Zenbook DUO (UX8406) Lebih Fleksibel, Mudah, dan Nyaman Digunakan

Asus Zenbook Duo
ZEnbook Duo lebih nyaman digunakan

ASUS selalu memperhatikan pengalaman yang berfokus pada penggunanya dalam setiap produknya termasuk Zenbook Duo dimana laptop ini dilengkapi dengan :
  • Desain yang berbeda dari laptop lainnya
  • Dilengkapi Keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad yang terintegrasi
  • Kemudahan menggunakan layar dengan engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°
  • Memiliki penyangga terintegrasi yang memungkinkan lima mode yang lebih fleksibel digunakan
  • Fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan untuk memberikan pengalaman yang lebih intuitif ketika pengguna Zenbook DUO (UX8406) menggunakan laptop pada semua mode penggunaan

Lima jenis Mode Penggunaan Zenbook DUO (UX8406

Zenbook Duo nyatanya memang merupakan laptop revolusioner dan inovatif dengan lima mode penggunaan yang memudahkan pengguna bekerja dan meningkatkan produktivitas. Berikut lima mode penggunaan Zenbook DUO (UX8406), yaitu :

1. Dual-Screen Mode

Dual-Screen Mode adalah mode penggunaan yang memanfaatkan keberadaan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) dengan memposisikan laptop lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga pengguna dapat melihat kedua layarnya dengan lebih nyaman.

2. Desktop Mode

Desktop mode merupakan mode laptop dimana kedua layar Zenbook DUO (UX8406) dapat digunakan secara vertikal dan berdampingan. Desktop Mode sangat cocok digunakan untuk menulis artikel, browsing, dan coding.

3. Laptop Mode

Dengan mengaktifkan Laptop mode, pengguna dapat menggunakan Zenbook DUO (UX8406) seperti halnya menggunakan laptop clamshell pada umumnya yaitu dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan laptop mode digunakan sangat cocok ketika Zenbook DUO (UX8406) digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat.

4. Laptop Mode with Virtual Keyboard

ASUS menghadirkan ScreenXpert yaitu keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual melalui laptop mode with virtual keyboard.

5. Sharing Mode

Sharing mode merupakan mode laptop yang paling unik dimiliki Zenbook DUO (UX8406) dimana pengguna dapat berbagi layar dengan orang lain dengan lebih mudah. Pengguna hanya perlu membuka layar laptop hingga 180° dan mengaktifkan sharing mode. Ketika sharing mode diaktifkan, maka kedua layar Zenbook DUO (UX8406) akan memiliki posisi saling bertolak belakang yang memudahkan interaksi antara dua orang secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406).

Performa Terbaik Ditenagai AI


Dibekali dengan prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru dan dua layar bersertifikasi Intel® Evo™ Edition menjadikan Zenbook Duo sebagai laptop revolusioner dan inovatif dengan performa terbaik yang menggunakan teknologi AI.

Prosesor Intel® Core™ Ultra yang dilengkapi NPU atau Neural Processing Unit pada Zenbook Duo memproses penggunaan AI yang dapat dijalankan dengan baik tanpa menguras daya secara berlebihan.

Prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H juga dibekali chip grafis Intel® Arc™ yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya.

Chip grafis Intel® Arc™ yang dimiliki Zenbook DUo juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine yang tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, tetapi juga video encoding yang sangat penting untuk pengguna yang berprofesi sebagai konten kreator.

Spesifikasi Zenbook DUO (UX8406)


Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty



Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

Posting Komentar