Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Alergi

17 komentar
cara mengatasi hidung tersumbat


Pada pertengahan tahun lalu saya sering mengalami sesak nafas, batuk dan yang paling mengganggu adalah hidung tersumbat karena membuat saya sulit bernafas. Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang saya tahu adalah menggunakan inhaler dan menghirup air panas yang dicampur kayu putih. 

Setelah konsultasi dengan dokter umum langganan keluarga yaitu dr. Didi Supardi, saya dinyatakan mengalami Rhinitis Alergi yang merupakan peradangan rongga hidung akibat reaksi alergi. Penyebab alergi rhinitis beragam, bisa dikarenakan debu, serbuk, ataupun cuaca.

Apakah kamu juga mengalami hal seperti saya? Lantas apa yang harus dilakukan? Yuk baca selanjutnya terkait bagaimana saya mengatasi dan merawat hidung tersumbat karena alergi.

Alergi Rhinitis, Berbahayakah?


Anehnya, saya baru mengalami alergi rhinitis setelah saya dewasa karena sejak kecil saya tidak pernah mengalami alergi apapun sama sekali. Dokter mengatakan bahwa hal ini biasa terjadi dimana alergi baru muncul setelah kita dewasa. Penyebabnya adalah tingkat polusi yang tinggi, penyebaran kuman dan peralihan cuaca yang cukup ekstrim.

Selain penyebab di atas, terdapat faktor lain yang bisa menjadi penyebab munculnya alergi setelah kita dewasa, yaitu :
  1. Daya tahan tubuh menurun karena mengalami suatu penyakit
  2. Kesehatan pencernaan yang buruk
  3. Kekurangan Vitamin D ( Menurut pernyataan dokter Supardi)
  4. Pindah rumah
Ternyata dua dari penyebab diatas memang saya alami yaitu daya tahan tubuh menurun pasca operasi pengangkatan kantong empedu dan saya pindah rumah dari rumah ibu saya ke rumah keluarga suami yang memiliki suhu udara lebih dingin dan lebih lembab. Pasca operasi pengangkatan batu empedu, saya merasakan daya imun saya menurun. Saya mudah terserang batuk dan pilek, mudah lelah dan kecapean.

Sementara sejak pindah ke rumah keluarga suami, saya selalu kedinginan hingga hampir setiap hari mandi menggunakan air hangat. Jika tidak, tubuh saya akan menggigil dan telapak tangan serta badan memerah disertai gatal.

Lantas apakah alergi rhinitis berbahaya? Jika berlangsung terlalu lama akan berbahaya dan mengganggu aktivitas harian. Jika tidak diobati, kita akan terus mengalami gejala alergi rhinitis seperti pilek, bersin, hidung tersumbat. Hal ini juga akan berimbas terhadap menurunya produktivitas kita.

berbahayakah alergi rhinitis
Apakah alergi rhinitis berbahaya ?

Cara Merawat Kesehatan Hidung Bagi Penderita Alergi Rhinitis


Terkadang kita abai terhadap kesehatan hidung meski tidak mengalami alergi. Dulu saya begitu. Tapi sejak mengalami alergi saya melakukan hal - hal berikut untuk merawat kesehatan hidung, diantaranya :
  1. Konsumsi Obat Alergi ( Antihistamin atau Dekongestan )
  2. Membersihkan Hidung ( Menggunakan cairan saline/NaCl dan alat khusus)
  3. Menggunakan Inhaler
  4. Hindari kontak langsung dengan debu, terutama bumbu masak beraroma kuta. Saya memindahkan serbuk lada ke dalam botol khusus agar serbuknya tidak langsung mengenai hidung
  5. Menggunakan masker ketika bepergian

Memang, kalau tidak mengalami sakit ada kemungkinan abai terhadap kesehatan ya. Setelah sakit baru melakukan pencegahan dan perawatan. Belajar dari kasus alergi ini, saya mulai menjaga kesehatan tidak hanya hidung, tapi juga indera dan anggota tubuh lainnya.

Cara memelihara kesehatan hidung diatas juga saya peroleh dari situs Beranda.co.id loh. Ternyata tips menjaga kesehatan hidung tersumbat yang saya peroleh dari situs Beranda cukup ampuh.

Sudah jadi kebiasaan bagi saya jika mengalami sakit, hal pertama yang saya lakukan adalah browsing setelah itu mengunjungi dokter. Cara ini kurang tepat sih, tapi untuk pertolongan pertama cara ini cukup ampuh bagi saya. Tapi berbeda penyakit berbeda tindakan juga ya. Kalau penyakit ringan, bolehkah browsing dulu baru ke dokter. Tapi kalau gejala cukup parah dan mengganggu, jangan tunda lagi untuk mengunjungi dokter.

merawat hidung tersumbat karena alergi
Cara merawat hidung tersumbat karena alergi

Sekilas Tentang Beranda.co.id


Bagi pecinta browsing untuk mencari tahu informasi dengan cepat, Beranda.co.id adalah tujuan yang tepat. Beranda.co.id merupakan portal berita online yang menyediakan berita terupdate terkait gaya hidup, kesehatan, ekonomi, bisnis, self development dan masih banyak lagi.

Kesimpulan


Mencegah lebih baik daripada mengobati itu ada benarnya. Jangan sampai sudah jatuh sakit baru mau menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan hidung. Meski tips diatas saya tujukan untuk yang mengalami hidung tersumbat karena alergi, tetapi cara di atas juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan hidung. Seperti membersihkan hidung dengan cairan saline/NaCL dan menggunakan masker ketika pergi keluar rumah.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

17 komentar

  1. ternyata kesehatan pencernaan yang buruk bisa jadi penyebab alergi yah, gak semata-mata karena debu aja. Sayapun biasaya klo mengeluh sakit tertentu juga suka browsing dulu, setelah itu baru mengkonsumsi obat atau ke dokter

    BalasHapus
  2. Wahh, alhamdulillah belum pernah kena dan jangan sampe deh. Saya sepakat bahwa jangan nunggu sakit dulu baru aware terhadap hal hal yang bisa saja menjadi sebab tubuh menjadi sakit. Kadang kalau sudah sakit, baru terasa tuh betapa berharganya kesehatan.

    BalasHapus
  3. Terimakasih informasinya mbak, ini sangat membantu buat yang suka pilek karena alergi seperti saya. Tidak hanya mengatasi saat sakit, pencegahan juga penting bgt ya. Karena alergi ini gak enak bgt kalau kambuh hehe

    BalasHapus
  4. Wahh benar-benar kita harus aware banget ya sebelum sakit itu melanda. Lebih baik mencegah. Bener banget, kalau udah sakit pilek tuh mengganggu kerjaan banget, mood berantakan dan jadinya tidak produktif

    BalasHapus
  5. baru ngeh kalau pindah rumah jadi salah satu penyebab alergi pada rongga hidung. Related juga sih karena pasti udaranya berbeda dari rumah yang lama

    BalasHapus
  6. Nice info mbak, meskipun udah gak covid, masker memang seharusnya masih perlu untuk dipakai untuk menghindari alergi.

    BalasHapus
  7. Ooh.. ternyata kesehatan pencernaan mempengaruhi juga terhadap imunitas kita ya.. Iya nih akhir-akhir ini aku sering juga pilek saat pagi, mungkin harus cek faktor-faktor tersebut. Terima kasih sharing infonya ya...

    BalasHapus
  8. Aku sering banget ngerasa alergi yang tadinya malah engga ada, ternyata semua itu saling berhubungan satu sama lain dengan pencernaan ya

    BalasHapus
  9. Gak kebayang deh tinggal di hawa dingin. Rumah ortu saya juga cukup dingin dan kalau lagi musim kemarau sampai menggigil. Moga sehat selalu kak.

    BalasHapus
  10. Wah aku baru tau alergi rhinitis itu ternyata bisa karena pencernaan yang ga sehat... mana aku makannya omnifora segala dimakan huhu.. pantesa yaa

    BalasHapus
  11. Hidung tersunbat memang sangat mengganggu sekali, apalagi kalau terjadinya tiba-tiba di malam hari, rasanya ga nyaman waktu tidur. Memang kudu sedia dan siap dengan berbagai pertolongan pertama ya

    BalasHapus
  12. Saya juga kadang mengalami hidung tersumbat dan ini sangat mengganggu. Rupanya ini bisa dikarenakan alergi rhinitis, ya.

    BalasHapus
  13. Anak saya kadang kalau pagi-pagi suka meler hidungnya. Bisa jadi karena cuaca dingin juga. Memang setuju kalau menjaga kesehatan itu lebih penting dibandingkan mengobatinya.

    BalasHapus
  14. Nuhun ka..
    Ini tips yang sangat aku butuhin banget karena suamiku tuh kalo uda kambuh alerginya, bisa semaleman bersin-bersin dan hidung tersumbat. Kalo uda saking parahnya, sampai pusing kepala, katanya. Dan ga bisa tidur.

    Uda berbagai cara digunakan seperti pasang air purifier di beberapa titik terutama kamar, sampai selalu sedia inhaler.
    Tapi yang belum dicoba adalah menggunakan pembersih hidung. Kayanya pas pandemi aja kami rajin bersihin hidung, hihihi..

    Semoga sehat sehat selalu yaa, ka.

    BalasHapus
  15. Makasih tipsnya. Aku kadang gitu juga apalagi kalau kena debu, asap dan udara dingin. Sering bersin, kadang tersumbat juga. Untungnya gak sampai gimana-gimana sih selama ini

    BalasHapus
  16. ternyata rhinitis itu ada kaitan dengan kurangnya vitamin D? Wah langsung cukupi ah kebutuhan vitamin ini, soalnya daku juga acap kali tersumbatnya hidung dan pilek karena alergi dingin dan debu

    BalasHapus
  17. Kalo aku alhamdulillah tidak ada riwayat alergi. Tapi bukan berarti kita gak waspada sama alergi rhinitis ini ya kak. Siapa saja bisa kena

    BalasHapus

Posting Komentar