Tips Mendapat Return Maksimal dari Reksadana Pendapatan Tetap

tips dapat return rekasadana
foto dari Pexel

Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan guna memenuhi kebutuhan di masa depan. Kini investasi tidak harus membutuhkan modal besar karena bisa menggunakan Reksadana pendapatan tetap.

Investasi Reksadana pendapatan tetap terkenal sebagai jenis investasi yang bisa dimulai dengan modal fleksibel, tetapi potensi return yang akan didapatkan relatif tinggi. Apalagi jenis investasi yang satu ini memiliki risiko menengah yang bisa Anda handle dengan mudah.

Nah untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang Reksadana pendapatan tetap, sebaiknya Anda simak ulasan yang akan kami kupas habis di bawah ini tentang pengertian hingga bagaimana cara mendapatkan return yang optimal dari investasi Reksadana pendapatan tetap.

Konsep Reksadana Pendapatan Tetap


Reksadana pendapatan tetap merupakan jenis Reksadana yang dimana sebagian besar dana yang diinvestasikan oleh investor dialokasikan kepada efek utang yang memberikan pendapatan tetap.

Contohnya adalah surat utang atau obligasi yang memiliki masa jatuh tempo lebih dari 1 tahun. Instrumen pendapatan tetap akan memberikan return atau imbalan yang rutin misalnya satu bulan atau 3 bulan sekali untuk para investor.

Sekitar 80% aset yang Anda miliki akan diinvestasikan atau diputar oleh Manajer Investasi di instrument pendapatan tetap tersebut. Nantinya Anda cukup memantau dan Manajer Investasi tersebut akan menyampaikan perkembangan terhadap investasi yang dijalankan.

Reksadana pendapatan tetap memiliki risiko menengah jika dibandingkan dengan Reksadana lainnya. Sehingga sangat cocok untuk para investor dengan tipe konservatif dan moderat. Jangka waktu melakukan investasi Reksadana yang satu ini adalah 1 sampai 3 tahun.

Keuntungan dari investasi haruslah berbanding lurus dengan tingkat risikonya. Hal ini pun sama dengan Reksadana pendapatan tetap. Potensi imbalan yang akan Anda dapatkan bisa mencapai 9% asalkan mengikuti beberapa tips seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

Tips Mendapat Return Tinggi Dari Reksadana Pendapatan Tetap


cara dapat return maximal investasi reksadana
Foto dari Freepik


Reksadana pendapatan tetap terkenal sebagai investasi yang cocok untuk investor yang cari aman karena menghasilkan potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan deposito bank. Namun return tersebut akan lebih maksimal Anda dapatkan jika mengikuti 4 tips berikut ini.

1. Sisihkan Minimal 20% dari Pendapatan


Hal yang paling penting dalam menjalankan Reksadana pendapatan tetap adalah Anda perlu menyisihkan sekitar 20% dari pendapatan. Tentunya angka ini tidak terlalu besar jika mempertimbangkan potensi pertumbuhan modal yang akan didapatkan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa hasil investasi tidak akan dirasakan dalam waktu sekejap, sehingga pendapatan yang disisihkan ini bisa Anda rasakan untuk jangka panjang.

Jadi meskipun imbalannya tidak bisa langsung diterima sebaiknya Anda tetap menyisihkan sekitar 20% untuk melakukan investasi di Reksadana pendapatan tetap.

2. Pahami Tujuan Investasi


Tidak hanya itu, memiliki tujuan saat berinvestasi juga merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya jika Anda berinvestasi tanpa tujuan hasilnya pun tidak akan maksimal bahkan bisa saja Anda mendapatkan kerugian yang lebih besar.

Oleh karena itu sebaiknya Anda pahami terlebih dulu apa tujuan melakukan investasi. Jika sudah menemukan tujuannya, dijamin Anda Akan bersungguh-sungguh dalam berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Rutin


Masalah terberat dalam melalui investasi adalah disiplin dalam mengatur keuangan. Untuk memudahkan Anda mendapatkan imbalan yang diinginkan, sebaiknya rutin melakukan top up pada tanggal tertentu setiap bulannya.

Jika bisa Anda harus langsung membeli instrumen yang diinginkan setelah menerima gaji setiap bulan agar uang tersebut tidak digunakan untuk keperluan lainnya.

4. Pilih Produk yang Sesuai


Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memilih produk Reksadana pendapatan tetap yang sesuai dan memiliki performa stabil dalam beberapa periode. Kenapa demikian?

Pasalnya dengan memilih produk yang memiliki nilai stabil dapat memudahkan Anda untuk melihat potensi imbalan yang akan diterima pada periode selanjutnya. Hal ini pun dapat membantu Anda untuk mengetahui keamanan dari investasi tersebut.

Investasi Reksadana yang Tepat dengan DBS Treasures


Namun kini Anda tidak perlu lagi khawatir mencari produk Reksadana pendapatan tetap yang lebih aman dan stabil, karena Anda bisa menggunakan DBS Treasures yang terkenal sebagai mitra investasi tepat untuk mendapatkan keuntungan.

DBS Treasures sendiri merupakan priority banking yang hadir dengan keuntungan Reksadana pendapatan tetap untuk para investor yang bergelut di bidang ini.

Nah untuk meyakinkan Anda menggunakan DBS Treasures, mari simak informasi selanjutnya ini tentang apa saja kelebihan DBS Treasures yang diberikan untuk nasabahnya.

1. Manajer Investasi Profesional


Hal pertama yang akan Anda rasakan saat menggunakan DBS Treasures adalah semua jenis investasi yang ada akan dikelola oleh Manajer Investasi yang telah profesional di bidangnya. Manajer Investasi yang terkemuka akan mampu membantu dalam mengoptimalkan kinerja produk yang Anda pilih.

2. Panduan dari Tim Finansial Andal


Tidak hanya bermitra dengan Manajer Investasi yang profesional, DBS Treasures juga menawarkan dukungan dari tim ahli finansial yang andal dan proaktif dalam mempersonalisasi dan mengkomunikasikan analisis pasar dan peluang terkini untuk investor guna mendapatkan perkembangan terbaru

3. Metode Diversifikasi untuk Pengurangan Risiko


DBS Treasures memiliki cara tersendiri untuk mengurangi risiko investasi nasabahnya yaitu dengan menghadirkan berbagai pilihan diversifikasi melalui ragam produk investasi komprehensif. Diversifikasi adalah sebuah metode penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi yang berguna untuk meminimalisir risiko yang akan diterima.

4. Transaksi Mudah dan Lengkap


Hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda sudah bisa melakukan berbagai hal seperti proses analisis Reksadana yang telah didukung data dari infovesta, dan kemudahan transaksi bagi nasabah untuk melakukan jual, beli, dan switching.

Di Aplikasi digibank by DBS juga investor baru bisa mendapatkan SID atau Single Investor Identity yang dikeluarkan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia dengan mudah. Nah setelah mengetahui apa saja kelebihannya, tentunya tidak ada alasan lagi untuk tidak bermitra dengan DBS Treasures ini. Segera dapatkan keuntungan dari Reksadana pendapatan tetap bersama DBS Treasures sekarang juga.

Tidak ada komentar:

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.