Review Drakor Deserter Pursuit, Sisi Kelam Wamil Di Korea

sinopsis drakor deserter pursuit



Review Drakor Deserter Pursuit, Sisi Kelam Wamil Di Korea. Beberapa waktu yang lalu saya sempat terkiyong-kiyong karena oppa favorite saya Jang Ki Yong harus ikut wamil atau wajib militer. Tahun lalu juga oppa Ji Chan wook baru usai wamil dan debut kembali di drakor Melting Me Softly.

Saya jadi penasaran, seperti apa sih wajib militer itu sebetulnya? latihan yang sama persis dengan para tentara? latihan fisik setiap hari? latihan menembak dan lain sebagainya?

Entahlah, saya belum pernah ikut wamil or at least LDK yang biasanya ada yang dibimbing dan dilatih oleh tentara. Tapi saya pernah dapat cerita dari teman yang pernah ikut LDK waktu kerja di perusahaan minimarket dulu. Emang latihan yang diterima cukup keras dan disiplin. Tujuannya untuk membentuk mental dan fisik yang kuat dan tangguh.

Nah, kalau pengalaman para idola korea yang ikut wamil bagaimana ya? apakah diperlakukan istimewa atau "sama saja"? ternyata mostly diperlakukan "sama saja" bahkan ada artis korea yang mengalami perundungan hingga depresi dan penganiayaan selama wamil. Wah, masa sih? Tapi itu benar, salah satu nya adalah G-Dragon. Memang tidak di bullying secara fisik tapi secara mental terkait data pribadi dan privasi.

Ternyata guys, kasus perundungan selama wamil banyak terjadi. Thanks to drakor terbaru keluaran Netflix berjudul D.P , saya jadi tahu soal ini. Setelah saya cari tahu faktanya, ternyata dari tahun ke tahun selalu saja ada kasus perundungan yang dilakukan senior wamil kepada juniornya yang berakhir tragis. Tidak sedikit anggota wamil yang menjadi desersi, lantas bunuh diri atau menembak mati seniornya karena dendam. Persis seperti yang diceritakan dalam drakor D.P.

Review Deserter Pursuit ( D.P ) 2021

d.p drakor


Sutradara : Han Jun-Hee

Penulis Drama : Han Jun-Hee, Kim Bo-Tong

Pemeran :

  • Jung Hae-in
  • Koo Kyo-hwan
  • Kim Sung-kyun
  • Son Seok-koo




Genre : Drama, aksi, kejahatan ( crime )

Adaptasi : webtoon D.P: Dog Days karya Kim Bo-tong

Network : Netflix

Episode : 6

Durasi : 50 menit/episode

Release Date : August 27, 2021

Bahasa : Korea

Rumah Produksi : Lezhin Studio , Homemade Films

Rating : 4/5


D.P (Deserter Pursuit) adalah serial drama korea yang diadaptasi dari webtoon D.P: Dog Days karya Kim Bo-tong dan ditulis oleh Kim Bo-tong dan Han Jun-hee. Secara garis besar drakor ini menceritakan tentang kegiatan salah satu unit pasukan militer bernama D.P atau Desertasi Pursuit di kepolisian militer.


webtoon d.p



Saya yang tidak begitu paham soal dunia militer tentu tidak tahu soal unit militer yang satu ini. Ketika drakor ini mulai tayang pun saya masih mengira-ngira drakor ini akan mengarah kemana dan menceritakan apa.

Saya kira, D.P menceritakan tentang pengalaman seorang pria muda yang mengikuti wamil. Yah, mungkin menceritakan tentang masa latihan, adaptasi, meraih prestasi, kegagalan hingga akhirnya lulus setelah wamil selama 18 bulan.

Memang D.P menceritakan bagaimana kehidupan wamil. Tetapi D.P bukanlah film tentang kisah tentara yang mengikuti wajib militer yang membosankan dan standar. Jika memang demikian, drakor ini akan lebih pas jika diberi judul " My military experience" atau semacamnya. Sesuai judulnya, drakor ini memang menceritakan kegiatan unit pasukan D.P dan faktanya memang ada di kepolisian militer.

Ketika saya menonton episode dua hingga akhir episode, kesan nyata sangat terasa dalam drakor ini. Usut punya usut, ternyata drakor ini juga terinspirasi dari pengalaman sang penulis webtoon selama mengikuti wamil di kepolisian militer di unit D.P.

Mungkin sebagian dari kita belum tahu, deserter itu apa sih? deserter adalah mereka yang membangkang atau kabur dari wamil untuk berbagai macam alasan pribadi. Tugas dan kewajiban unit D.P lah membawa para deserter kembali ke kepolisian militer dan meneruskan wajib militer mereka hingga usai. Saya kira tugasnya mirip mata-mata sekaligus detective ala - ala James Bond lah ya.

Jadi terbayang sudah keseruan drakor yang satu ini. Bukan hanya menyajikan plot dan alur yang menarik, menegangkan, bikin gemas, sedih juga marah tapi juga banjir aktor terkenal dan sudah terbukti kemampuan aktingnya. Bahkan, ending D.P dibalut kisah tragis desersi yang ternyata diambil dari kasus nyata.


deserter pursuit cast



Drakor D.P meninggalkan kesan yang cukup mendalam bagi saya. Terlebih karakter utama yaitu An Jun-Ho yang diperankan oleh Jung Hae-In. Karakter An jun-Ho ini unik, dia pendiam dan kalem dan kaku alias gak bisa bersikap santai. Tapi dia punya semacam naluri atau sense kalau ada something wrong yang terjadi disekeliling dia, baik peristiwa maupun yang terjadi para orang - orang. karakter unik inilah yang mengantarkan dia direkrut oleh pimpinannya menjadi staff D.P.

Sinopsis Drakor D.P


Diceritakan seorang pemuda yang pendiam, kalem dan dingin tapi pekerja keras dan berhati lembut, An Jun-Ho. Pemuda yang memiliki latar belakang keluarga yang broken, yang membuat dia menjadi pria yang tangguh dan kuat.



Review-Drakor-Deserter-Pursuit-artjoka-1

deserter pursuit review



An Jun-Ho, mengikuti wamil di kepolisian militer dan mencoba beradaptasi dengan kehidupan wamil. Adaptasinya tentu tidak mudah, bukan hanya dengan sesama tentara seangkatan tapi juga senior dan atasan.

Karakter unik yang dimiliki An Jun-Ho membuat atasannya Sersan Park Beom-Gu yang diperankan oleh Kim Sung-Kyun tertarik dan merekrut An Jun-Ho menjadi bagian dari tim nya yaitu pasukan unit D.P.

Bersama dengan partnernya, Han Ho-Yeol yang diperankan Koo Gyo-Hwan mereka berdua menjalankan tugasnya menjemput dan memulangkan para deserter kembali ke kepolisian militer.

Setiap karakter dalam D.P sangat kuat. D.P tidak hanya mengisahkan bagaimana pasukan unit ini bekerja tapi juga bagaimana para deserter ini bisa melarikan diri dan apa alasannya. Seru sih, setiap kasus penangkapan memiliki kisah yang berbeda, menegangkan dan unik. Soal muatan hikmah? oh banyak sekali. Tonton deh drakornya, baru tahu deh rasanya gimana, hehe



referensi :

https://www.indozone.id/movie/3esaqoE/deretan-drama-korea-adaptasi-webtoon-terbaik-2021/read-all
https://otakukart.com/592307/preview-dp-starring-jung-hae-in/
https://kpopkuy.com/intro-webtoon-dp-dog-day-yang-akan-diadaptasi-menjadi-netflix-original-dibintangi-jung-haein/







14 komentar:

  1. Dari cast yang main, kayanya aku cuma tau Kim Sung Kyun aja deh. Dia main di Reply 1988 juga kan ya kak? Hahaha. Di sini badannya lebih berisi ketimbang di Reply 1988.

    Ulasan kakak bikin aku penasaran pengen nonton jugak! Hehehe

    BalasHapus
  2. Dari sinopsisnya keren nih. Masuk daftar watch list. Aku baru tahu kalo G-Dragon pernah kena bully an. Ku pikir artis malah diistimewakan. Minimal ditaruh di divisi yang ngga kotor2 banget gt lah. Ternyata sama aja ya.

    Ide uniknya sih ngeburu org2 yg enggan wamil. Seru sih. Secara konflik antara 2 Korea ini kan memanas. Dan wamil ini emg wajib bagi pria di Korea asal sehat ya.

    Jadi penasaran nih endingnya😁

    BalasHapus
  3. Ada lagi nih tontonan menarik, apalagi terinspirasi dari kisah nyata ya. Sebenarnya sedih sih tahu cerita kaya gini, bikin tambah sedih, ada aja bully di mana-mana, bahkan di wajib militer. Nyesek banget kalau gugur dengan cara konyol hiks..

    BalasHapus
  4. Sudah semingguan ini drama D.P ini menghantui saya. Tiap buka Netflix muncul di header, dan saya maju mundur mau nonton karena ragu bakal betah apa gak nonton drama bertema tentara. Cuma bisa centang masukin playlist. Tapi abis baca tulisan ini, saya pastikan harus nonton.

    Btw, kalau kehidupan selama wamil itu "keras", dan selalu berulang, kenapa tidak ada perubahan menjadi lebih kondusif dari tahun ke tahun nya ya? Kan bikin ngeri orang2 yang mau wamil :D
    Ngebayangin para aktor tampan wamil, lalu ada yang dibully, atau tertekan, duh, ga tega.

    BalasHapus
  5. Ini bisa masuk wishlist daku nih, karena bukan tentang menye-menye kisahnya hehe. Apalagi menguak sisi kelam tentang wamil, tentu ada banyak hal yang dikupas

    BalasHapus
  6. 18 bulan lumayan ya,.. lama

    dilatih kyak gtu
    aku ikut ldk aja udah geleng-geleng duh mentalku hiks pdhl stingkat organisasi lho

    baca ulasannya aku jadi berpikir dimaan2 itu orang mlakukan bullliying kok banyak sih sedih

    BalasHapus
  7. Ngeri banget ya, dari film itu saya bisa tau baik dan buruknya wamil di korsel, ga kebayang kalo di indo ada wamil 😔

    BalasHapus
  8. wah iya, ini drakor nya Jung HAE in ya mbak
    menarik ceritanya, tentang wamil di Korea ya, ngeri juga

    BalasHapus
  9. Menarik nih tema filmnya. Btw aku baru tahu klo artis korea yg ikut wamil ada yg kena perundungan jg. Aku kira bakal diistimewain gt.

    BalasHapus
  10. Wahhh menarik ini, aku juga pernah nulis sisi kelas korea melalui kacamata drama korea Itaewon Class. Kapan-kapan aku share di grup ya...

    BalasHapus
  11. Kalau udah tentang Korea aku selalu excited, apalagi Drakor. Dari drama Deserter Pursuit ini kita jadi tahu gambaran tentang kegiatan wamil itu seperti apa

    BalasHapus
  12. Wah udah lama nih aku ga nonton drakor apalagi kalau yang genre-nya seperti ini. Pengen nonton ih... Masukin watchlist dulu ajah.

    BalasHapus
  13. Saya kebetulan belum terlalu mengikuti perkembangan drakor seperti kehebohan orang-orang, tapi saya suka beberapa film Korea yang genrenya Thriller atau Horror kayak Parasite dan Train to Busan. Drakor ini genrenya Crime ya, sepertinya menarik. Nanti saya coba tonton deh. :D


    Thanks for sharing, Kak. Salam hangat. :)

    BalasHapus
  14. Akupun sbnrnya penasaran wamil di Korsel mba. Mau tau aja seperti apa latihannya. Secara ya pas ke Korut, itu para pemudanya walo kurus, tapi badannya ligat2 , tanda kalo sering latihan hahahaha

    Serial ini aku udh save di list. Mau langsung aku tonton kalo udh nyeleseiin serial yg skr aku sdg tonton. Kalo diborong, ntr puyeng ahahahah

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan isi artikel, tidak meninggalkan link dan tidak ditulis anonim ( atau saya hapus). Terimakasih

All illustrations created by artjoka. Diberdayakan oleh Blogger.